​10 Makanan Khas Makassar yang Terkenal 

Menjelajahi rekomendasi wisata kulliner Khas Makassar

​10 Makanan Khas Makassar yang Terkenal 

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Makassar adalah kota pelabuhan di bagian timur Pulau Sulawesi, Indonesia. Kota yang juga dikenal sebagai Ujung Padang ini terkenal akan keindahan pantainya.

Namun, selain pantai, kamu juga wajib mencicipi makanan khas Makassar yang sangat menggugah selera. Berikut ini adalah kompilasi rekomendasi dari Yummy App sebagai guide kuliner di Makassar.

1. Singkolo Bagadang

1. Singkolo Bagadang

Terbuat dari nasi ketan hitam dengan serundeng memberikan cita rasa berbeda pada makanan khas Makassar yang satu ini. Selain itu, kamu juga akan menemukan telur, ikan asin, dan sambal kuning sebagai pelengkap.

Sajian menggugah selera ini biasa disajikan di upacara adat Sulawesi. Kamu juga bisa menemukannya di banyak rumah makan di Makassar.

2. Coto Makassar

2. Coto Makassar

Coto Makassar atau coto mangkasara adalah makanan khas Makassar yang paling terkenal. Bahan utama hidangan ini adalah jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan tersebut diiris bersama daging sapi yang lalu dibumbui dengan bumbu halus khusus. Coto dihidangkan dengan siraman kuah coto dan ketupat.

3. Pisang Epe

3. Pisang Epe

Pisang epe adalah kudapan yang terbuat dari pisang kepok bakar. Pisang kepok tersebut dipipihkan dengan penjepit khusus lalu dibakar. Penyajiannya dengan menyiram pisang bakar dengan lelehan gula merah. Selain itu, sering pula disajikan dengan taburan cokelat, kacang, maupun keju. 

4. Jalangkote

4. Jalangkote

Mirip dengan pastel, jalangkote memiliki perbedaan dari ketebalan kulitnya. Selain itu, makanan khas Makassar ini biasa disajikan bersama sambal cair yang merupakan campuran cuka dan cabai.

Jalangkote berisi kentang, wortel, taoge, dan laksa yang ditumis dengan bumbu. Beberapa jalangkote diberi tambahan telur rebus atau daging cincang sebagai isi.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata Kuliner Khas Solo, Wajib Dikunjungi!

5. Mi Titi

5. Mi Titi

Makanan khas Makassar yang satu ini cukup unik. Saat memikirkan hidangan mi, mungkin kamu akan memikirkan mi basah, tetapi mi titi merupakan hidangan mi kering yang disiram dengan kuah kental.

Kuah tersebut terbuat dari larutan tepung kanji, telur, dan air. Selain itu, hidangan ini juga dilengkapi dengan potongan ayam, udang, bakso, dan sawi hijau.

6. Pisang Ijo

6. Pisang Ijo

Pisang ijo adalah salah satu makanan khas Makassar yang cukup populer dan sering ditemukan di kaki lima. Pisang ijo adalah makanan penutup yang berbahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau dari pewarna makanan alami. Pisang terbalut tersebut disajikan dengan bubur sumsum yang lembut juga sirup atau bersama es serut.

7. Kapurung

7. Kapurung

Kapurung berbahan dasar sagu yang telah dilarutkan ke dalam air panas dan dibiarkan hingga mengental. Larutan sagu tersebut dibentuk bulat-bulat kecil seukuran bakso lalu disajikan dengan kuah bumbu kacang dan sayur. Lauk pada hidangan ini adalah daging ikan. Hidangan yang segar dan memiliki cita rasa Makassar.

Baca Juga: 11 Oleh-oleh Khas Makassar untuk Dibawa Pulang

8. Pallubasa

8. Pallubasa

Makanan khas Makassar yang satu ini diolah dari daging sapi yang disiram dengan kuah rempah kental khas Makassar. Pallubasa artinya adalah makanan basah atau berkuah.

Hidangan ini lezat disajikan dengan nasi hangat dan tambahan kuning telur ayam kampung. Kamu dapat menemukan pallubasa di rumah makan masakan khas Makassar.

9. Konro Bakar

9. Konro Bakar

Konro bakar adalah hidangan khas Makassar yang merupakan pengolahan iga khas daerah tersebut. Iga sapi yang siap dibakar akan dilumuri dengan saus kacang yang gurih. Setelah itu, iga akan dibakar di atas api panas dan diolah dengan kaldu khas Makassar setelahnya. Hidangan populer dari Makassar ini wajib bagi para penggemar iga bakar!

10. Sop Konro

10. Sop Konro

Selain konro bakar, makanan khas Makassar lain yang merupakan olahan iga adalah sop konro. Dalam hidangan ini, iga atau daging sapi direbus hingga empuk dengan dibumbui kayu manis. Selain coto makassar, sop konro juga merupakan hidangan khas setempat yang paling populer. Hidangan ini sedap disajikan bersama dengan ketupat.

Selain keindahan Pantai Losari, kuliner khas Makassar yang autentik juga wajib untuk dicicipi apabila kamu sedang berkunjung ke sini. Apabila belum berkesempatan, kamu juga dapat menemukan resep makanan khas Makassar di Yummy App untuk dimasak di rumah.

Baca Juga: 20 Makanan Khas Solo, Dijamin Enak dan Bikin Ketagihan!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Alvina Sartikawati

Alvina Sartikawati

Pisang Epe khas Makassar

Pisang Epe khas Makassar

(5.0)

5 langkah

283

Artikel Lainnya di kuliner