​15 Makanan Khas Natal dari Indonesia hingga Mancanegara

Menyambut suka cita natal dengan menu hidangan spesial

​15 Makanan Khas Natal dari Indonesia hingga Mancanegara

penulis:

Ikhsanny Novira Ishlah

Bagikan:

Tentunya pada setiap perayaan besar, akan ada makanan spesial yang tersaji, apalagi di perayaan Natal yang dirayakan oleh sebagian masyarakat dunia termasuk di Indonesia. Biasanya berbagai makanan khas Natal disajikan untuk santapan keluarga besar terutama saat malam Natal. 

Di berbagai belahan dunia, meski perayaannya sama, namun hidangan Natal yang tersaji di meja makan masing-masing rumah bisa jadi berbeda. Yuk, intip bagaimana masyarakat Indonesia dan juga mancanegara merayakan Natal dengan menu makanan spesial khas Natal.

1. Ikan Kuah Kuning

makanan khas natal
ilustrasi ikan kuah kuning (app.yummy.co.id/laila-dawud)

Seperti namanya, ikan kuah kuning memiliki kuah bewarna kuning yang didapat dari warna kunyit dan bumbu rempah lainnya seperti jahe, kencur, kemiri, bawang merah, bwang putih, dan lada.

Kamu akan menemukan sajian ikan kuah kuning pada saat perayaan Natal oleh masyarakat bagian Timur Indonesia, seperti Maluku dan Papua. Sajian ini biasanya makin nikmat disantap menjadi pendamping papeda. Kamu sudah pernah coba?

2. Arsik Ikan

makanan khas natal
ilustrasi ikan arsik (app.yummy.co.id/judith-tobing)

Ikan bumbu arsik merupakan salah satu makanan yang biasanya hadir pada perayaan Natal di Sumatera Utara. Biasanya ikan bumbu menggunakan bahan baku ikan mas, namun juga dapat menggunakan jenis ikan lainnya seperti ikan gurame atau ikan nila, tergantung selera.

Namun, ternyata ada sedikit perbedaan antara arsik ikan Karo dan arsik ikan Batak. Arsik ikan Karo menggunakan penambahan santan untuk kuahnya, sementara arsik ikan Batak cukup menggunakan air saja. Untuk bumbu lainnya yang dibutuhkan adalah bawang merah, serai, asam gelugur, lengkuas, daun jeruk, kunyit, andaliman, lokio, dan garam. Hmm, sudah kebayang kan aroma bumbunya yang enak dan rasanya yang nikmat?

3. Babi Panggang Karo

makanan khas natal
ilustrasi babi panggang karo (app.yummy.co.id/mama-cooking-and-culinary)

Bagi masyarakat Sumatera Utara, khususnya suku Batak, menyantap makanan saat perayaan Natal memang tidak lengkap tanpa hidangan babi panggang khas Karo ini.

Daging babi yang sudah dilumuri bumbu seperti bawang merah dan bawang putih, ketumbar, kecap manis, asam cakala, minyak wijen, dan perasan jeruk nipis, selanjutnya dipanggang hingga empuk dan juicy. Natal pasti jadi lebih meriah dengan menyantap hidangan istimewa ini, ya, Sobat Yummy!

4. Sup Brenebon

ilustrasi sup brenebon
ilustrasi sup brenebon (app.yummy.co.id/sriyuliastuti)

Sup brenebon biasanya jadi hidangan Natal wajib bagi warga Minahasa di Sulawesi Utara. Sup ini adalah hidangan yang terbuat dari kacang merah. Brenebon sendiri berasal dari bahasa Belanda bruine bonen yang berarti brown atau warna coklat dan bonen yang berarti kacang.

Selain kacang merah, juga terdapat sayuran seperti wortel yang dimasak dengan kuah kaldu dari kaki babi atau daging babi. Namun, bisa juga diganti dengan kaldu daging sapi atau iga.

5. Pa'piong

Daftar makanan selanjutnya yang kerap hadir memeriahkan perayaan Natal di Indonesia adalah pa’piong. Makanan yang satu ini berasal dari Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Selain dalam perayaan Natal, beberapa perayaan besar lainnya seperti upacara adat juga kerap menghadirkan pa’piong sebagai sajian.

Makanan ini dimasak dan disajikan di dalam batang bambu besar. Untuk membuatnya, diperlukan daun miana sebagai pembungkus yang diisi dengan daging babi, daging ayam kampung, atau ikan mas. Kemudian dibumbui menggunakan bumbu rempah, lalu dimasak selama 1 hingga 2 jam pada bara api.

6. Selat Solo

makanan khas natal
ilustrasi selat solo (app.yummy.co.id/pipit-wawa)

Berikutnya adalah menu yang biasanya hadir menemani perayaan natal masyarakat Jawa. Selat Solo adalah modifikasi steak ala Eropa yang disesuaikan dengan lidah raja-raja kasunanan Solo dan dipadukan dengan salad.

Nama selat sendiri berasal dari bahasa Belanda slachtje yang berarti salad, karena disajikan bersama sayuran seperti wortel, bunci, tomat, dan daun selada. Sumber karbohidrat didapat dari kentang kentang goreng. Kombinasi bahan-bahan ini menjadikan tampilan selat solo sangat menarik dan sangat menggugah selera.

Baca Juga: ​20 Ide Makanan yang Wajib Ada di Malam Tahun Baru, Favorit Semua!

7. Klappertaart

makanan khas natal
ilustrasi klapetart (app.yummy.co.id/depaykitchen)

Klappertaart merupakan kudapan Natal khas Manado yang creamy, gurih, dan dengan rasa kayu manis yang terbuat dari kelapa, telur, tepung terigu, gula, mentega, dan susu. Biasanya klappertaart dibuat dengan cara dipanggang dan juga dikukus. Melihat tampilannya saja sudah menggiurkan, ya, Sobat Yummy!

8. Kue bagea

makanan khas natal
ilustrasi kue bagea (app.yummy.co.id/mom-zie)

Camilan ini hanya akan dijumpai di daerah Kepulauan Maluku. Rasanya enak, gurih, dan renyah. Bahan utama kue ini adalah sagu. Selain itu juga ditambahkan kayu manis dan kacang-kacangan seperti kacang kenari.

9. Nastar

makanan khas natal
ilustrasi kue nastar (app.yummy.co.id/kiena123

Nah, yang satu ini selalu hadir menemani perayaan besar dan momen-momen penting masyarakat Indonesia, salah satunya adalah perayaan Natal. Kelezatannya sudah tersohor dan jadi favorit banyak orang di mana-mana. Tidak heran jika nastar selalu jadi bagian tak terpisahkan dari momen-momen perayaan di Indonesia.

Nastar sebebetulnya berasal dari Belanda yang namanya diambil dari gabungan kata ananas (nanas) dan taartjes (tart). Terbuat dari adonan tepung terigu, mentega, dan telur yang diisi dengan selai nanas, kemudian dipanggang di dalam oven, membuat siapa pun bisa ketagihan dengan legitnya kue kering yang satu ini.

10. Kue Lampet

makanan khas natal
ilustrasi kue lapet (app.yummy.co.id/dapoer-sriwidi)

Kue lampet merupakan jajanan khas Batak yang terbuat dari tepung beras dan kelapa, kemudian diberi isian gula merah dan dibungkus menggunakan daun pisang berbentuk kerucut.

Selain hadir dalam perayaan Natal, kue ini juga dihidangkan dalam acara kenduri. Sebagai salah satu jenis jajanan, kue ini juga banyak dijual di pusat-pusat jajanan tradisional di Sumatera Utara.

11. Kalkun Panggang - Amerika Serikat

makanan khas natal
ilustrasi kalkun panggang (freepik.com/freepik)

Saking legendarisnya, hidangan kalkun panggang ini seringkali kita lihat di film-film Hollywood tampil menghiasi meja makan di rumah-rumah saat perayaan Natal. Selain perayaan Natal, kalkun panggang juga biasanya disajikan dalam perayaan Thanksgiving di bulan November.

Kalkun berukuran jauh lebih besar dari ayam, dengan aroma rempah yang nikmat, cocok disantap bersama-sama sekeluarga di malam Natal yang dingin. Memang hidangan ini bisa memabawa suasana hangat di tengah-tengah keluarga yang sedang bersuka cita menyambut Natal.

12. Pavlova - Australia dan New Zealand

makanan khas natal
ilustrasi pavlova (freepik.com/chandlervid85)

Pavlova adalah makanan penutup asal Australia yang berbahan dasar meringue, putih telur, gula kastor, dan buah. Memiliki tampilan yang cantik, pavlova juga sering dihidangkan pada perayaan-perayaan tertentu seperti perayaan musim panas yang juga bertepatan dengan perayaan Natal di Australia. Kue ini sangat ringan, memiliki tekstur yang berkerak di luar, namun lembut di dalam.

13. Kurisumasi Keiki - Jepang

makanan khas natal
ilustrasi kurisumasi keiki atau japanese christmas cake (freepik.com/topntp26)

Makanan asal Jepang yang juga dikenal sebagai kue Natal Jepang atau Japanese Christmas cake ini jadi salah satu sajian yang disantap warga Jepang saat perayaan Natal. Kue ini ramai dijual di sepanang toko kue di Jepang menjelang Natal.

Kurisumasu keiki merupakan strawberry sponge cake dengan whipped cream dan potongan buah stroberi di atasnya. Penyajian kue ini saat natal merupakan tradisi yang sudah dimulai sejak lebih dari 100 tahun yang lalu.

14. Panettone - Italia

makanan khas natal
ilustrasi panettone (freepik.com/freepik)

Italia sebetulnya punya banyak sekali menu hidangan tradisional khas Natal kue panettone ini adalah salah satunya. Panettone merupakan kue manis yang berisi potongan-potongan kecil buah kering, kismis, dan kacang-kacangan di dalamnya. Layaknya roti, tekstur panettone sangat empuk dan lembut

15. Tamales - Kosta Rika

makanan khas natal
ilustrasi tamales (freepik.com/freepik)

Tamales merupakan menu hidangan khas Natal di Kosta Rika yang terbuat dari adonan jagung yang biasanya diisi dengan daging babi, daging sapi, atau daging ayam. Isian ini ditambahkan beberapa bumbu seperti bawang putih, dan tambahan kentang serta kismis.

Daftar makanan khas Natal di Indonesia dan mancanegara di atas, bisa juga, lho, kamu jadikan referensi untuk menu hidangan Natal di keluargamu tahun ini. Bisa bikin suasana kumpul di meja makan pada malam natal jadi makin hangat dan spesial.

Baca Juga: 10 Hadiah Makanan di Hari Ibu, Dijamin Spesial dan Lezat!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Rich Chocolate Christmas

Rich Chocolate Christmas

(4.7)

10 mnt

recooks-0
Yummy Official

Yummy Official

Fruity Pavlova

Fruity Pavlova

(4.7)

90 mnt

9.9 rb

Artikel Lainnya di kuliner