Comscore Tracker

20 Menu Masakan Harian Sederhana dan Murah

Bingung menentukan ide menu harian? Berikut rekomendasinya! 
20 Menu Masakan Harian Sederhana dan Murah

Manusia membutuhkan makan tiga kali sehari agar tubuh mereka berenergi. Selain makanan bergizi, kita juga membutuhkan makanan yang lezat agar nafsu makan meningkat. Namun, ada lagi faktor yang perlu diperhatikan: sederhana dan murah. Makanan sederhana dan murah dapat membantu kita untuk berhemat baik dari segi waktu dan uang. Nah, Yummy punya rekomendasi menu masakan harian sederhana dan murah, nih, guys! Yuk, disimak!

1. Sayur Sop

Salah satu makanan berkuah gurih ini bisa berisi apa saja sesuai selera. Yang paling umum adalah sop sayuran yang berisi wortel, kentang, buncis, jagung, dan kol. Beberapa juga menambahkan protein seperti daging sapi, tetelan, daging ayam, bakso, atau tahu.

2. Ayam Goreng

Makanan kaya protein ini juga mudah dibuat. Resep yang tersebar pun bermacam-macam. Ada ayam goreng lengkuas yang gurih, ayam goreng bumbu kuning, ayam goreng kalasan, dan yang paling digemari adalah ayam goreng tepung.

3. Ikan Goreng

Sama seperti ayam, ikan goreng pun makin banyak diminati masyarakat. Menu yang tersebar pun bermacam-macam. Ikan goreng bumbu kuning adalah menu yang paling umum. Macam-macam ikan digunakan pula sebagai bahan utama. Ada ikan bandeng, ikan bawal, ikan gurami, ikan lele, dan lain-lain.

4. Ayam Bakar

Varian lain jika bosan makan ayam goreng, ya, ayam bakar. Dewasa ini pun sudah banyak menu ayam bakar dengan berbagai bumbu. Ada ayam bakar bumbu rujak, ayam bakar kecap, ayam bakar pedas, ayam bakar taliwang, dan masih banyak lagi.

5. Ikan Bakar

Sama seperti ikan goreng, ikan bakar pun digemari semua orang. Dengan atau tanpa bumbu, ikan bakar memang enak untuk dinikmati karena rasa daging ikan sendiri yang sudah manis. Biasanya ikan bakar akan ditambah bumbu kecap dan dimakan dengan sambal kecap. Hmm, sedap!

6. Sapo Tahu

Makanan perpaduan antara China dan Indonesia ini menggunakan bahan dasar tahu sutra yang dipotong kemudian disiram dengan kuah kental. Sebagai pelengkap, ditambah juga sayuran seperti wortel, sawi, kembang kol, jamur, jagung putren, dan lain-lain. Bisa juga ditambah dengan protein hewani seperti ayam, bakso, otak-otak, atau boga bahari.

7. Orek Tempe

Menu masakan harian sederhana ini sangat mudah untuk dibuat. Orek tempe terbuat dari tempe yang ditumis menggunakan kecap, jadi rasa manis lebih mendominasi. Bisa juga ditambahkan cabai atau paprika jika ingin ada rasa pedasnya.

8. Bihun Goreng

Jika bosan makan nasi, bihun goreng bisa, lho, dijadikan sumber karbohidrat. Rebus bihun, kemudian tumis dengan minyak, kaldu, kecap, dan sambal. Tambah protein seperti ayam atau bakso dan tambah sayuran seperti sawi, kol, atau wortel membuat cita rasa bihun goreng makin nikmat.

9. Mi Goreng

Sama halnya dengan bihun goreng, mi goreng bisa dijadikan alternatif sumber karbo jika bosan makan nasi. Bahan-bahan dan cara membuatnya pun tak jauh beda dengan bihun goreng. Hanya saja, tekstur mi yang kenyal lebih mendominasi.

10. Sambal Goreng Kentang

Sambal goreng kentang pun juga bisa jadi alternatif karbohidrat. Masakan harian ini terbuat dari kentang yang digoreng matang, kemudian ditumis dengan sambal goreng. Bisa ditambahkan juga dengan ati ampela, udang, atau petai untuk menambah cita rasa.

11. Tempe Bacem

Mirip dengan orek tempe yang dimasak menggunakan kecap, tempe bacem juga dimasak menggunakan kecap. Bedanya tempe bacem dimasak menggunakan gula merah, air kelapa, dan ketumbar dan dibiarkan hingga meresap sebelum akhirnya digoreng. Rasa manis dan berempah berpadu jadi satu.

12. Tahu Bacem

Bumbu dan cara memasak tahu bacem sama dengan tempe bacem. Hanya saja tahu bacem menggunakan bahan dasar berupa tahu. Tekstur lembut tahu akan berpadu dengan rasa manis dan gurih dari bumbu bacem membuat selera makan makin meningkat.

13. Sayur Bayam Bening

Salah satu menu masakan harian yang murah dan mudah untuk dibuat adalah sayur bayam bening. Berbahan dasar bayam rebus yang dibumbui rempah, sayur bayam bening juga dapat ditambah sayuran lain seperti wortel dan jagung. Rasanya hangat dan segar.

14. Cah Kangkung

Cah kangkung merupakan masakan harian yang mudah dibuat. Tinggal tumis kangkung dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, terasi, dan cabai, cah kangkung siap dimakan bersama nasi hangat.

15. Sayur Asem

Seperti namanya, sayur asem menggunakan asem sebagai bahan dasar sehingga kuahnya terasa segar. Biasanya isinya terdiri dari sayuran seperti labu, jagung, kacang panjang, dan melinjo. 

16. Capcay

Sama seperti sapo tahu, capcay juga makanan perpaduan antara Indonesia dan China. Capcay berbahan dasar berbagai macam sayuran seperti wortel, sawi, sawi putih, jagung, jagung putren, brokoli, kembang kol, dan jamur. Protein hewani atau nabati biasa melengkapi capcay seperti ayam, bakso, atau tahu.

17. Cah Buncis

Cara membuat cah buncis mirip dengan cah kangkung, hanya saja cah buncis memakai buncis. Kadang ada beberapa resep yang menambahkan protein ke dalamnya seperti daging cincang atau tempe.

18. Cah Taoge

Pembuatan cah taoge mirip dengan cah kangkung dan cah buncis, hanya saja bahan dasarnya berbeda. Kadang ada juga yang menambahkan tahu atau ikan asin ke dalam cah taoge agar lebih nikmat.

19. Tumis Tahu Taoco

Bumbu taoco adalah bumbu berbahan dasar kedelai yang difermentasi. Rasanya yang asin cocok dipadukan dengan tahu, kemudian ditumis hingga matang. Tumis tahu taoco adalah masakan harian yang murah dan mudah dalam membuatnya.

20. Telur Balado

Telur balado sejatinya adalah telur yang ditumis dengan sambal. Hanya saja penyajian telurnya berbeda-beda. Ada yang digoreng mata sapi, didadar, atau direbus bulat-bulat.

Itu dia tadi rekomendasi menu masakan harian sederhana dan murah versi Yummy. Semua makanan cocok untuk disantap bersama keluarga saat makan siang atau makan malam. Jadi, kamu mau recook yang mana, nih?