Tutup

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Resep Mie Goreng Jawa ala Kaki Lima yang Enak

Mau buat mie goreng ala kaki lima yang enak? Simak ini.

Jika Sobat Yummy senang jalan-jalan di malam hari, tentunya tidak asing dengan menu yang satu ini, Mie Jawa.

Yup, mie jawa. Mie yang biasanya dijual oleh abang-abang kaki lima dengan gerobaknya. Biasanya menu ini juga dijual dengan nasi  goreng, mie rebus, jap cay, dan masih banyak lagi.

Namun, saat ini Sobat Yummy tidak perlu khawatir karena kamu bisa menikmatinya di rumah. Berikut merupakan resep membuat Mie Goreng Jawa ala Kaki Lima yang rasanya tidak akan kalah dengan resep abang-abang mie jawa.

Siapkan bahan-bahan mie goreng jawa

Ilustrasi bahan mie (pexels.com/Katerina Holmes)

Bahan Utama:


Bahan bumbu halus:

2. Rebus mie hingga matang sempurna

Ilustrasi rebus mie (youtube.com/Devina Hermawan)

Rebus mie hingga matang sempurna menggunakan panci yang sudah berisikan air yang mendidih. Pastikan mie matang dan masih kenyal, tidak terlalu lembek. Jika mie sudah matang tiriskan dengan segera dan bilas menggunakan air yang mengalir. Pembilasan dilakukan agar kotoran yang ada di mie ikut terbawa air mengalir.

3. Potong bahan-bahan lainnya

Ilustrasi potong sayur (pixabay.com/semenovp)

Setelah mie matang, tahap selanjutnya adalah dengan memotong bawang merah dan bawang putih lalu blender dengan terasi dan sedikit minyak sampai bumbu tercampur dengan halus

Siapkan pula kol, sawi hijau, daun bawang, seledri, cabe rawit dan bakso. Kemudian, potong sesuai dengan keinginan Sobat Yummy.

4. Masukkan semua bahan ke wajan, dan masak hingga matang merata

Ilustrasi memasak mie (youtube.com/Devina Hermawan)

Kemudian, siapkan wajan dan panaskan minyak. Siapkan telur dan pecahkan di atas minyak yang sudah panas, aduk bersama bakso, cabai rawit, daun bawang dan bumbu halus yang sudah di blender sebelumnya.

Jika, sudah tercium bau harum tuangkan kecap manis, kecap asin, saus sambal, dan saus tiram ke dalam wajan. Aduk perlahan, lalu masukkan mie yang telah matang sampai tercampur rata. Jangan lupa, tambahkan merica, gula, dan kaldu bubuk dan aduk kembali hingga semuanya tercampur dengan sempurna.

Setelah tercampur, masukkan potongan sayuran dan tambahkan air mineral sesuai dengan selera kamu. Setelah semuanya tercampur dengan rata, mie jawa siap dihidangkan.

5. Mie goreng jawa siap dihidangkan

Ilustrasi mie goreng jawa spesial (instagram.com/hestri.susilowati)

Setelah semuanya tercampur dengan rata, tiriskan mie di piring saji dan taburi bawang goreng di atasnya sebagai penambah cita rasa. Sobat Yummy, juga bisa menambahkan timun, selada atau bahkan kerupuk sebagai pelengkap mie goreng jawa.

Baca Juga: Kalori Indomie Goreng, Indomie Kuah, dan Indomie Soto, Sudah tahu?

Jadi bagaimana Sobat Yummy? 

Dengan menggunakan resep di atas sudah dipastikan makan akan menjadi lebih lahap. Jadi, tunggu apalagi Sobat Yummy? Jangan lupa untuk merecook segera resep di atas.

Gunakan aplikasi Yummy App untuk mendapatkan resep nikmat lainnya. Selamat Mencoba!

Bagikan: