Lezatnya Aneka Jajanan Pasar Modern, Dulunya dari Pasar Tradisional

Aneka jajanan klasik di pasar modern yang banyak peminat!

Lezatnya Aneka Jajanan Pasar Modern, Dulunya dari Pasar Tradisional

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Jajanan tradisional selalu menjadi bintang yang kerap dicari banyak orang di pasar. Beragam kue dengan cita rasa manis ataupun asin yang lezat, serta tampilan jajanan pasar yang menarik, plus harga yang ekonomis, tak ayal jika kue-kue tersebut memiliki banyak penggemar.

Sekarang pun banyak produsen yang memodernisasi jajanan pasar, hingga memiliki cita rasa unik dan inovatif, kemudian menjualnya ke pasar modern, seperti mall. Masyarakat yang gemar nongkrong di mall pun bisa menikmati lezatnya jajanan pasar tersebut. So, apa saja sih aneka jajanan pasar modern? Simak terus artikel Yummy App kali ini dan let’s get to the list!

1. Kue Sus

aneka jajanan pasar modern
ilustrasi kue sus pasar modern (unsplash.com/gurble tan)

Jajanan yang cukup populer di pasar tradisional yang kini juga banyak hadir di toko-toko kue pasar modern, yakni kue sus. Kue sus klasik memiliki filling krim vanila yang manis. Saat hadir di pasar modern, kue sus jadi lebih modern dengan cita rasa yang upgrade.

Kue sus di pasar moden memiliki cita rasa butter yang kuat pada kulitnya dengan tambahan topping gula-gula, atau disebut craquelin, yang memberi tekstur crunchy. Kemudian fillingnya pun tidak hanya krim vanila, tapi sudah memiliki berbagai varian rasa, seperti cream cheese, cokelat, stroberi, earl grey tea, dan masih banyak lagi.

2. Risoles

aneka jajanan pasar modern
ilustrasi risoles pasar modern (instagram.com/risoeltan.id)

Risoles cukup populer di pasar tradisional, bahkan jajanan ini menjadi kue yang harus ada saat buka puasa di bulan Ramadan. Risoles klasik memiliki isian rogut dengan wortel dan kentang.

Saat zaman makin modern, banyak produsen yang meremake risoles dengan isian yang inovatif, seperti salted egg, beef mayo, mentai, dan truffle mushroom. Ragam isian risoles pada pasar modern ini pun, banyak menarik pelanggan yang bosan dengan rogut dengan rasa itu-itu saja. Bahkan kemasan risoles pun kini dibuat cantik, sehingga tidak hanya disukai dari segi rasa saja.

3. Donat

aneka jajanan pasar modern
ilustrasi donat pasar modern (unsplash.com/annie spratt)

Dari dulu, donat menjadi kesukaan diberbagai kalangan, mulai dari anak kecil, anak muda, hingga orang tua. Karena banyak penggemarnya, banyak produsen yang juga menjual donat di mall.

Di pasar tradisional, donat tampil dengan terselimuti gula halus ataupun topping meses. Sedangkan di pasar modern, donat lebih bervariatif lagi. Adonan donat ditambah dengan campuran kentang tumbuk, sehingga cita rasa dari adonan sendiri semakin gurih dan nikmat.

Tidak hanya kentang, Sobat Yummy juga bisa menemui donat dengan campuran ubi ungu, bit, wortel, dan lainnya pada toko-toko kue di mal. Selain itu, donat dipercantik dengan varian topping yang lezat dan menarik, seperti glaze, matcha, choco crunchy, keju, red velvet, oreo and cream, tiramisu, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 10 Pilihan Jajanan Pasar yang Tidak Mudah Basi!

4. Bolu Gulung

aneka jajanan pasar modern
ilustrasi bolu gulung pasar modern (instagram.com/ojiobachanok)

Jajanan pasar lain yang tidak kalah populer, yakni bolu gulung. Kue basah ini biasanya selalu hadir di suatu hajatan. Bolu gulung versi pasar tradisional, biasanya memiliki filling yang terbatas. Hanya selai nanas, stroberi atau butter cream, dengan rasa kue yang original ataupun pandan.

Saat memasuki mall, bolu gulung memiliki banyak sekali varian filling, seperti cream cheese, cokelat, mocha, keju parut, hingga krim susu. Rasa kue spongenya juga bisa dipilih mulai dari vanila, pandan, cokelat, red velvet, hingga terdapat juga bolu gulung pelangi.

Bahkan beberapa toko kue juga menghias permukaan atas bolu gulung dengan lukisan dari adonan berwarna. Toppingnya juga beragam, seperti chocolate ganache, nougat, keju, dan buah segar.

5. Kroket

aneka jajanan pasar modern
ilustrasi kroket pasar modern (instagram.com/nyah_laper)

Kroket juga termasuk kue basah yang masuk di pasar modern. Jajanan satu ini mirip dengan risoles. Bedanya, risoles dibalut dengan adonan tepung yang tipis kemudian ditutup dengan tepung roti, sedangkan kroket tanpa dibalut dengan adonan tepung tipis, hanya terlapis coating basah dan tepung roti. Isi kroket di pasar tradisional biasanya dari kentang tumbuk ataupun rogut.

Setelah masuk pasar modern, kroket dengan filling klasik masih menjadi incaran pelanggan. Tapi kroket juga memiliki varian filling lainnya yang lebih modern, seperti bechamel (saus kental dari keju), krim kepiting, ayam, hingga daging cincang.

6. Lapis Legit

aneka jajanan pasar modern
ilustrasi lapis legit (instagram.com/keikcakery)

Jajanan di pasar modern selanjutnya, yakni lapis legit. Eits! Jangan salah, kue klasik dari Indonesia ini sudah mendunia akan kelezatannya, lho! Hingga pada 2016, kue yang disebut seribu lapis ini terdaftar sebagai kue terlezat di dunia, bersanding dengan tiramisunya Italia.

Maka dari itu, selain populer di pasar tradisional, lapis legit juga populer di mall, bahkan terkadang toko yang menjual kue basah satu ini terkesan mewah. Di pasar modern, lapis legit juga hadir dengan varian rasa yang beragam, seperti keju, plum, cokelat, hingga Ovomaltine. Bahkan permukaan atas kue ditambah dengan berbagai topping yang disusun cantik.

7. Lemper

aneka jajanan pasar modern
ilustrasi lemper (instagram.com/hollandbakeryjatim)

Lemper mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pasalnya jajan bercita rasa asin ini, selalu eksis di acara-acara hajatan. Lemper juga banyak penggemarnya, lho! Hingga kue basah satu ini juga hadir di tok-toko kue mall besar.

Isian lemper klasik yakni ayam suwir dengan bumbu gurih asin manis, di pasar modern pun lemper klasik masih menjadi incaran. Tapi juga lemper kini disajikan dengan varian isi, seperti tuna suwir.

Jadi, jangan meragukan kelezatan jajanan pasar tradisional dulu. Cita rasa yang nikmat membuat beberapa kue-kue tersebut juga dijual di pasar modern, bahkan ramai pelanggan juga.

Saat masuk ke pasar modern, jajanan tersebut mengalami modernisasi dengan varian rasa yang lebih unik dan lezat, bahkan terkemas dengan cantik. Jadi, kue favorit Sobat Yummy yang mana?

Baca Juga: 10 Cara Membuat Jajanan Kekinian untuk Dijual, Pasti Laku!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Laylla gama

Laylla gama

Palm Cheese Roll Cake

Palm Cheese Roll Cake

(5.0)

8 langkah

181

Artikel Lainnya di kuliner