Cara Mudah Membuat Dimsum Sendiri di Rumah

Simak cara membuat dimsum yang mudah dan lezat di rumah

Cara Mudah Membuat Dimsum Sendiri di Rumah

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Dimsum adalah hidangan khas Asia yang terkenal dengan cita rasa lezat dan keanekaragamannya. Dimsum sebenernya adalah sebutan untuk kumpulan makanan pendamping dalam porsi kecil yang biasanya disajikan di restoran Tiongkok dan terdiri dari berbagai jenis seperti gyoza, xiao long bao, bakpao, dsb. Namun, sebagian besar masyarakat Indonesia mengerucutkan istilah dimsum sebagai salah satu jenis dimsum yakni siomai.

Nah, tahukah Sobat Yummy kalau kalian juga bisa membuat dimsum sendiri di rumah? Dengan beberapa bahan dan langkah-langkah yang mudah diikuti, Sobat Yummy dapat menikmati dimsum enak dan sehat tanpa harus pergi ke restoran. Yuk simak selengkapnya!

Baca Juga: 15 Macam Jenis Dimsum Terpopuler di Indonesia dan Dunia

Resep dimsum

resep dimsum ayam
ilustrasi dimsum ayam (youtube.com/atha naufal)

Untuk membuat dimsum, Sobat Yummy membutuhkan bahan-bahan utama seperti kulit dimsum, daging ayam, udang. Berikut bahan-bahannya lengkapnya:

  1. 300 gram paha ayam giling
  2. 300 gram udang kupas, cincang kasar
  3. 1 batang daun bawang kecil, iris tipis
  4. 3 siung bawang putih, cincang
  5. 1 butir putih telur
  6. 3 sdm tepung sagu
  7. 1 sdm minyak wijen
  8. 1 sdt garam
  9. ½ sdt merica bubuk
  10. 1 sdm gula pasir
  11. Parutan wortel secukupnya
  12. 100 gr tepung tang mien
  13. 50 gr tepung tapioka
  14. 1 sdt garam
  15. 200 ml air panas

Cara membuat dimsum

Berikut adalah cara membuat dimsum yang gurih dan enak:

  1. Pastikan semua bahan sudah tersedia di dapur sebelum memulai proses pembuatan dimsum.
  2. Membuat adonan kulit dimsum dengan mencampur tepung tang mien, tepung tapioka dan garam hingga rata. Kemudian, tambahkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk.
  3. Uleni sampai kalis atau tidak lengket. Kemudian istirahatkan selama 15 menit sambil ditutup lap bersih. Gilas dan pipihkan adonan hingga agak tipis lalu cetak hingga berbentuk lingkaran.
  4. Langkah selanjutnya, campurkan ayam cincang, udang, sayuran, bawang putih, saus tiram, dan beberapa bumbu lainnya untuk membuat adonan isian yang lezat.
  5. Kemudian, ambil sejumput adonan kulit dimsum, letakkan isian di tengah kulit dimsum dan rapatkan menjadi bentuk bulat atau segitiga, sesuai dengan preferensi. Ulangi proses ini hingga semua adonan kulit dan isian habis.
  6. Siapkan panci berukuran sesuai dengan pengukus bambu yang akan digunakan atau langsung kukus di dalam panci untuk kukusan.
  7. Panaskan air di panci hingga mendidih, lalu letakkan pengukus bambu di atas panci. Susun dimsum di atas lembaran daun pisang atau kertas minyak dalam pengukus. Pastikan jarak antara dimsum tidak terlalu dekat agar tidak saling menempel saat dimasak.
  8. Tutup pengukus dengan rapat dan masak dimsum selama sekitar 10-15 menit atau hingga matang.
  9. Angkat dan sajikan selagi hangat bersama saus pendamping kesukaan Sobat Yummy.

Baca Juga: Resep Saus Dimsum Enak dan Gampang Dibuat

Membuat dimsum sendiri di rumah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menghasilkan hidangan yang lezat. Dengan mengikuti langkah-langkah yang mudah dijelaskan di atas, Sobat Yummy tidak perlu pergi ke restoran untuk menikmati dimsum favorit. Selamat mencoba dan nikmati dimsum enak dan sehat hasil buatan sendiri!

Nah, jika ingin melihat inspirasi lebih banyak lagi mengenai dimsum, yuk, unduh dan jelajahi Yummy App.

Penulis: Bella Charina Putri

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Retno Adiesty

Retno Adiesty

Dimsum Isi Keju Oles

Dimsum Isi Keju Oles

(5.0)

60 mnt

1.1 rb

Artikel Lainnya di kuliner