Advertisement

Advertisement

Advertisement

5 Cara Membedakan Jahe, Lengkuas, Kunyit dan Kencur

​Bumbu dapur yang serupa tapi tak sama

5 Cara Membedakan Jahe, Lengkuas, Kunyit dan Kencur

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Permasalahan utama buat kamu yang baru belajar masak adalah mengenal berbagai bumbu dapur. Indonesia sendiri memiliki berbagai bumbu tradisional yang memiliki bentuk yang sama dan sering membuat keliru. Beberapa bumbu dapur yang sering dianggap sama adalah jahe, lengkuas, kunyit dan juga kencur.

Keempat rempah ini memiliki bentuk yang mirip seperti ruas jari. Kalau kamu tidak terbiasa menggunakan rempah-rempah ini memang sering membuat keliru. Tapi, nggak perlu khawatir. Kali ini Yummy App merangkum cara membedakan jahe, kencur, kunyit, dan lengkuas. Buat kamu yang baru belajar masak, simak penjelasannya di bawah ini, ya.

Advertisement

1. Perbedaan ukuran dan bentuk

ilustrasi jahe
ilustrasi jahe (freepik.com/racool_studio)

Meskipun terlihat sama, jika diperhatikan lebih teliti, jahe, kencur, kunyit, dan lengkuas memiliki perbedaan ukuran dan bentuk.

Bentuk jahe lebih berisi dibandingkan rempah lainnya. Kulitnya berwarna cokelat muda yang cenderung pucat. Sementara itu, kencur memiliki bentuk yang berisi namun lebih pendek jika dibandingkan jahe. Warna kulit kencur juga berwarna putih cenderung cokelat kekuningan.

Lengkuas memiliki bentuk yang hampir mirip dengan jahe. Namun perbedaannya adalah ada di warna kulitnya, di mana kulit lengkuas lebih gelap dibandingkan jahe. Sedangkan kunyit memiliki bentuk yang agak berbeda dari yang lain, yakni bercabang dan memiliki kulit berwarna cokelat yang mencolok.

Advertisement

2. Perbedaan rasa dan aroma

ilustrasi kunyit
ilustrasi kunyit (flickr.com/aishasingh)

Membedakan jahe, lengkuas, dan kunyit melalui aromanya bisa lebih mudah untuk dilakukan. Sebab masing-masing rempah memiliki aroma yang sangat khas.

Jika dideskripsikan, wangi jahe terasa pedas ketika dicium namun akan meninggalkan kesan hangat. Lengkuas juga memiliki wangi yang pedas, namun aroma pedasnya lebih kuat dibandingkan jahe.

Sementara itu, kencur dan kunyit memiliki wangi yang cenderung asam. Perbedaanya adalah wangi asam pada kencur lebih tajam di indera penciuman. 

Baca Juga: Cara Mudah Menyimpan Jahe Agar Awet, Sudah Tahu?

3. Perbedaan warna daging

ilustrasi kencur
ilustrasi kencur (flickr.com/masnarang)

Cara membedakan lainnya adalah dengan melihat warna daging dari masing-masing rempah. Untuk cara ini, kamu bisa membelah sedikit ujung rempah untuk melihat isi dagingnya.

Jika kamu ingin membedakan antara kencur dan jahe dengan cara ini, mungkin akan sedikit sulit. Kencur dan jahe memiliki warna yang hampir mirip yaitu putih susu. Perbedaan kencur dan jahe yang akan sedikit terlihat adalah warna jahe yang sedikit kekuningan.

Sementara itu, kunyit dan lengkuas memiliki perbedaan warna yang cukup mencolok. Kunyit memiliki warna kuning yang sangat menyala, sementara lengkuas memiliki warna cokelat kemerahan.

4. Perbedaan kegunaan

cara membedakan jahe, kencur, kunyit, dan lengkuas
ilustrasi lengkuas (flickr.com/imipolexG)

Kegunaan dari rempah-rempah ini juga berbeda, lho. Misalnya, jahe yang memiliki sifat hangat dan rasa pedas sering digunakan sebagai minuman penghangat tubuh. Selain itu, jahe juga sering digunakan untuk menghilangkan bau amis pada makanan. Sedangkan lengkuas yang memiliki aroma tajam dan rasa pedas mampu membuat makanan menjadi lebih segar dan sedap. 

Kunyit memiliki warna yang cerah dan dapat mentransfer warnanya ke dalam makanan. Karenanya, banyak yang menggunakan kunyit sebagai bahan pewarna alami makanan dan untuk memberikan aroma yang khas. Sementara itu, kencur yang memiliki rasa khas ini sering dijadikan jamu atau penambah rasa makanan agar lebih segar.

5. Perbedaan tekstur

ilustrasi lengkuas
ilustrasi lengkuas (flickr.com/jerushy44)

Cara terakhir, kamu bisa membedakan keempat rempah ini melalui teksturnya. Bagaimana cirinya?

Jahe memiliki tekstur yang keras. Jika kamu mengusap bagian kulitnya, akan terasa banyak sekali serat di sana. Sama dengan jahe, lengkuas juga memiliki tekstur yang keras, namun bedanya lengkuas memiliki sedikit serat. Sementara itu, kencur memiliki tekstur yang keras dan padat namun tidak memiliki serat di kulitnya. 

Berbeda dengan ketiga rempah diatas, kunyit memiliki tekstur yang lembut dan mudah untuk diiris ataupun diparut.

Nah, sekarang kamu sudah gak kebingungan lagi, deh, cara membedakan jahe, kencur, kunyit, dan lengkuas yang ternyata tidak sulit. Mulai sekarang, kamu bisa menggunakan keempat bumbu tersebut dengan tepat sesuai kegunaannya.

Baca Juga: 8 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Kunyit di Tangan dengan Mudah

Bagikan:

Advertisement

Artikel Terpopuler

Advertisement

resep masakan terkait

Riska Wijaya

Riska Wijaya

Kopi Susu Jahe Serai

Kopi Susu Jahe Serai

(5.0)

6 langkah

366

Astri Anjarwati

Astri Anjarwati

Sego Kencur

Sego Kencur

(5.0)

7 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di kuliner

Advertisement