Resep Cireng Crispy Simple yang Empuk dan Gurih 

Tidak kopong & dijamin crispy

Resep Cireng Crispy Simple yang Empuk dan Gurih 

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Makanan berbahan dasar tepung tapioka atau tepung aci mulai menjamur di masyarakat. Mulai dari cimol, cilok, hingga nama-nama baru seperti cirambay, cimin, dan lain-lain mulai digemari orang-orang.

Jenis makanan berbahan dasar aci ini laris karena rasanya yang gurih dan cocok untuk dijadikan camilan. Tak hanya itu, makanan ini juga mudah untuk dibuat. Dan salah satu makanan berbahan dasar aci yang banyak digemari adalah cireng.

Cireng merupakan salah satu camilan asal Jawa Barat yang digemari banyak orang mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang gurih membuat cireng cocok untuk disantap sebagai teman sarapan atau camilan sore hari yang disantap bersama teh atau kopi hangat.

Belakangan ini sudah banyak orang yang berinovasi dalam membuat cireng. Jika biasanya cireng tidak memiliki isian, kini telah banyak yang membuatnya dengan isian bakso, sosis, ayam suwir, kornet, hingga keju. Selain itu ada pula yang membuatnya dengan isian rasa pedas, atau dilumuri dengan bumbu rujak.

Belakangan ini sudah banyak orang yang berinovasi dalam membuat cireng. Jika biasanya cireng tidak memiliki isian, kini telah banyak yang membuatnya dengan isian bakso, sosis, ayam suwir, kornet, hingga keju. Selain itu ada pula yang membuatnya dengan isian rasa pedas, atau dilumuri dengan bumbu rujak.

Pada dasarnya cireng bumbu rujak sama dengan cireng pada umumnya, hanya saja varian ini ditambahkan dengan saus bumbu rujak sebagai cocolan. Tak hanya cireng bumbu rujak, ada pula cireng kuah yang disiram dengan kuah pedas untuk menikmatinya.

Nah kali ini Yummy App akan membahas resep cireng crispy simple yang empuk dan gurih. Mungkin cara membuat cireng telah banyak diketahui, tapi kamu tidak bisa melewatkan cireng crispy yang satu ini karena rasanya yang nikmat, tidak kopong, dan tidak alot!

Resep Cireng Crispy Simple yang Empuk, Gurih dan Antigagal

Cireng Tahu
Yummy App

Bahan-bahan:

  1. 10 sdm (sendok makan) tepung tapioka;
  2. 100 ml (mililiter) air;
  3. Daun bawang satu tangkai;
  4. Garam secukupnya;
  5. Penyedap secukupnya;
  6. 2 siung bawang putih;
  7. Minyak secukupnya.

Cara Membuat Cireng Crispy Simple yang Empuk dan Gurih

Cara membuat:

  1. Takar semua bahan terlebih dahulu. Masukkan 10 sendok makan tepung tapioka ke dalam mangkuk dan ukur air matang hingga 100 ml menggunakan gelas ukur. Sisihkan;
  2. Haluskan dua siung bawang putih menggunakan ulekan. Sisihkan;
  3. Campurkan air, bawang putih yang telah dihaluskan, penyedap dan garam secukupnya, dan satu sendok makan tepung tapioka ke dalam panci;
  4. Aduk adonan tersebut hingga merata menggunakan spatula;
  5. Nyalakan api, masak adonan yang berada di dalam panci hingga mengental. Jangan lupa untuk terus diaduk agar tidak gosong;
  6. Setelah mengental, masukkan adonan basah yang sudah jadi ke dalam sisa tepung tapioka;
  7. Potong-potong daun bawang menggunakan pisau kemudian masukkan daun bawang ke campuran adonan tadi;
  8. Uleni adonan sebentar saja menggunakan tangan. Jangan sampai adonan kalis;
  9. Setelah diuleni, bentuk adonan menjadi pipih bulat, tetapi jangan terlalu ditekan;
  10. Sisihkan adonan yang sudah dibentuk ke atas piring;
  11. Masukkan minyak ke dalam penggorengan dan nyalakan api;
  12. Goreng adonan cireng yang sudah dibentuk hingga matang. Jangan lupa dibalik-balik menggunakan sodet agar matangnya merata;
  13. Adonan yang sudah matang biasanya akan terlihat crispy di luar. Tiriskan cireng yang sudah matang menggunakan saringan;
  14. Setelah minyak tiris, sajikan cireng yang masih hangat di atas piring. Cireng siap dihidangkan.

Itu dia resep cara membuat cireng crispy simple yang empuk, gurih dan antigagal dari Yummy App! Mudah untuk diikuti dan lengkap sekali bukan? Jika sebelumnya kamu belum berhasil membuat cireng crispy yang lezat, kamu wajib banget cobain resep cireng yang satu ini!

Penulis: Muhammad Rafik Harisi

Baca Juga: ​8 Makanan dari Aci dan Cara Membuatnya yang Mudah

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Cireng Tahu

Cireng Tahu

(4.6)

30 mnt

49 rb

Artikel Lainnya di kuliner