Cara Membuat Yoghurt Sendiri di Rumah

Enak dan segar!

Cara Membuat Yoghurt Sendiri di Rumah

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Yoghurt, si creamy penuh kebaikan. Tidak hanya lezat dan menyegarkan, produk hasil fermentasi susu ini juga memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Yoghurt mengandung banyak nutrisi penting. Mengutip dari Medical News Today, yoghyurt kaya akan protein, kalsium, vitamin, dan probiotik yang membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di usus dan memberi banyak manfaat untuk sistem pencernaan, seperti mengurangi kadar gas, mencegah diare dan sembelit. Selain itu, kandungan proibiotik pada yoghurt juga membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Membuat yoghurt sendiri tenyata cukup mudah dan hemat. Sobat Yummy juga bisa mengontrol bahan-bahannya sendiri. Jadi, bisa dipastikan yoghurt yang dibuat bebas pemanis buatan maupun bahan pengawet.

Penasaran bagaimana cara membuat yoghurt sendiri di rumah? Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui langkah-langkah mudahnya!

Bahan-Bahan

Ada 2 bahan utama untuk membuat yoghurt, yaitu:

  1. 1 liter susu cair
  2. 1 cup yoghurt plain (biokul)

Untuk susunya, kamu bisa memilih sesuai keinginanan. Kamu bisa menggunakan skim milk jika ingin yoghurt yang rendah lemak, atau bisa menggunakan susu murni untuk yoghurt yang lebih creamy dengan kandungan lemak yang tinggi.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Skimmed Milk, Low Fat Milk, dan Full Cream Milk

Cara Membuat

Sebelum membuat yoghurt, pastikan semua alat-alat yang digunakan sudah dalam kondisi steril. Selanjutnya, ikuti tahap-tahap berikut:

  1. Panaskan susu pada panci menggunakan api kecil sambil diaduk. Jangan sampai mendidih, kira-kira hingga suhu 70°C.
  2. Matikan kompor lalu diamkan sejenak agar suhunya turun, hingga hangat-hangat kuku.
  3. Campurkan yoghurt ke susu, lalu aduk merata.
  4. Pindahkan ke wadah steril, lalu tutup rapat.
  5. Letakkan wadah yang dibungkus kain ke dalam oven dalam kondisi lampu oven menyala, dan diamkan selama 8-10 jam. Pastikan pintu oven tetap tertutup selama proses fermentasi.
  6. Pindahkan yoghurt ke dalam kulkas. Kamu bisa menyimpannya hingga 2 minggu kedepan. 

Itu dia cara membuat yoghurt, sangat mudah bukan? Tidak hanya menjaga kesehatan pencernaan, yoghurt juga punya banyak manfaat lain loh Sobat Yummy!

Yoghurt sangat baik dikonsumsi saat sedang menjalani diet. Kandungan proteinnya yang tinggi, dapat membuat Sobat Yummy merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Selain itu, mengonsumsi yoghurt dapat mengurangi resiko berbagi penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi, jantung, kanker, serta mengatur kadar gula darah pada tubuh.

Banyak banget kan manfaat yoghurt untuk tubuh? Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi yoghurt secara teratur!

Penulis: Citra Irhamna

Baca Juga: 7 Jenis Yoghurt dan Manfaatnya untuk Tubuh

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

pawonkulo

pawonkulo

Pie Susu Keju Tanpa Oven #JagoMasakMinggu2Periode3

Pie Susu Keju Tanpa Oven #JagoMasakMinggu2Periode3

(5.0)

5 langkah

914

Artikel Lainnya di kuliner