15 Ide Hampers Makanan untuk Lebaran yang Enak, Dijamin Suka!

Dari yang manis-manis, sampai pedas gurih

15 Ide Hampers Makanan untuk Lebaran yang Enak, Dijamin Suka!

penulis:

Langgeng Irma Salugiasih

Bagikan:

Hari-hari jadi semakin sibuk menjelang lebaran tiba, ya. Selain beres-beres rumah, packing mudik, dan belanja baju baru, kamu juga perlu memikirkan soal hampers lebaran untuk sanak saudara, nih.

Meski tidak wajib, namun sudah sejak lama memberi bingkisan atau parsel di momen Idulfitri menjadi tradisi tersendiri bagi umat muslim. Hal tersebut merupakan ungkapan kasih sayang dan rasa syukur telah menyelesaikan ibadah di bulan Ramadan.

Nah, jika belum terpikirkan mau kasih bingkisan apa buat lebaran nanti, tak perlu khawatir. Berikut ide hampers makanan lebaran yang nikmat untuk orang tersayang. Yuk, pilih-pilih.

1. Aneka kue kering

hampers aneka kue kering
ilustrasi hampers aneka kue kering (instagram.com/humzbaked)

Rekomendasi pertama ide hampers makanan untuk lebaran yaitu aneka kue kering yang sudah jadi langganan top list hampers edisi lebaran. Supaya gak bosan nastar dan kastengel melulu, kamu bisa mix isian parselnya dengan lidah kucing, kue kacang, putri salju, semprit susu, sampai kue kering karakter kartun yang lucu.

2. Aneka olahan cokelat

hampers aneka coklat
ilustrasi hampers aneka coklat (instagram.com/yuk.cemalcemil)

Siap diserbu pasukan anak-anak, aneka olahan cokelat dalam stoples sangat cocok dikemas untuk parsel lebaran. Mulai dari cokelat Yupi, bola-bola cokelat, cokelat kacang, sampai kue buah dan cokelat. Selain kue kering, kamu pun bisa pesan atau buat sendiri olahan cokelat lain, seperti muffin, cupcake, bolu, atau pisang cokelat.

3. Bahan sembako

hampers sembako
ilustrasi hampers sembako (instagram.com/shakiraaparcelmalang)

Biasanya, isian bingkisannya terdiri dari gula, teh, kopi, sirup, minyak goreng, roti kemasan, mi instan, hingga sarden. Kamu pun bisa menentukan sendiri bahan sembakonya sesuai kebutuhan dan budget.

Supaya lebih istimewa, jangan lupa hias kemasannya dengan pita dan beri ucapan Idulfitri. Kamu bisa memberi bahan sembako pada orang tua, hitung-hitung menambah bumbu dapur untuk masak.

4. Ketupat opor

hampers ketupat opor
ilustrasi hampers ketupat opor (instagram.com/herbs_taste)

Olahan ayam dengan cita rasa gurih dan kaya rempah satu ini memang cocok disajikan saat lebaran. Tambahkan sambal goreng ati, kerupuk, taburan bawang goreng supaya makin nikmat.

Kamu bisa memasaknya sendiri agar lebih hemat, apalagi jika ingin diberikan pada beberapa saudara. Untuk kemasannya, gunakan kotak bekal besar atau mangkuk plastik reusable yang memiliki tutup agar kuah opor tidak tumpah.

Baca Juga: Resep Opor Ayam Kuning yang Gurih dan Praktis

5. Rendang

hampers rendang lebaran
ilustrasi hampers rendang (instagram.com/bungalawangid)

Lebaran juga identik dengan sajian rendang, nih. Tak ada salahnya mengirim masakan khas Nusantara satu ini ke sahabat, tetangga, dan saudara untuk menambah menu lebaran mereka di meja makan. Jika sedang hemat budget untuk beli daging sapi, kamu bisa masak rendang ayam dengan ikuti resepnya di Yummy App, lho.

Baca Juga: 10 Resep Rendang Daging Sapi, Enak  dan Empuk Semua

6. Es krim

hampers es krim
ilustrasi hampers es krim (instagram.com/tawagelato | instagram.com/tregioiacreamery))

Mengirim hampers lebaran berisi es krim bisa jadi ide yang menarik, nih. Pasti laku sebagai dessert, apalagi jika ada anak-anak.

Es krim yang mengandung susu dan perisa buah cocok untuk menghilangkan bau mulut setelah makan-makan. Selain itu, mengkonsumsi es krim dingin pun bisa bantu kembalikan kesegaran mulut.

Baca Juga: 15 Menu Makanan Khas Lebaran yang Sering Dimakan dan Wajib Ada

7. Madu, kurma, dan air zam-zam

kurma oleh-oleh umrah
ilustrasi oleh-oleh umrah (freepik.com)

Ketiga makanan tersebut biasa dijadikan buah tangan orang-orang yang naik haji atau menunaikan umrah. Tapi, memberi paket madu, kurma, dan air zam-zam di momen Idulfitri pun terasa spesial.

Madu asli dan kurma memiliki kandungan gula yang aman untuk penderita diabetes, asalkan jumlah asupannya tidak berlebihan. Sedangkan khasiat air zam-zam tak perlu diragukan lagi, mampu mengatasi asam lambung dan baik untuk pencernaan. Jadi, paket hampers makanan untuk lebaran yang satu ini sangat bersahabat bagi anak muda maupun orang tua.

8. Salad dan buah-buahan

hampers salad dan buah-buahan
ilustrasi hampers salad dan buah-buahan (instagram.com/mamayya.kitchen)

Parsel salad dan buah-buahan berhias pita cantik pun jadi primadona ketika lebaran tiba. Selain tentunya bermanfaat bagi kesehatan, harga parcel buah pun bisa disesuaikan dengan budget sendiri. Saat memilih buah, pastikan kamu juga memperhatikan ada tidaknya reaksi alergi penerima hampers terhadap buah-buahan tertentu, ya.

9. Frozen food

frozen food
ilustrasi frozen food (instagram.com/olfroze)

Makanan yang memiliki daya simpan lama tentu sangat berguna bagi penerima hampers lebaran. Jika tidak akan diolah dalam waktu dekat pasca lebaran, masih bisa disimpan di kulkas dengan tetap memperhatikan tanggal kedaluwarsanya. Karena ada banyak jenis frozen food, termasuk berbahan seafood, jadi pastikan dulu ada ridaknya alergen dari penerima hampers, ya.

10. Dessert box

hampers dessert box
ilustrasi hampers dessert box (instagram.com/yaydessert.official | instagram.com/jeng_tince)

Pecinta makanan manis dijamin bahagia deh, kalau diberi hampers dessert box. Manis dan lembutnya kue yang berpadu dengan topping lumer, sangat pas dinikmati sebagai pencuci mulut sambil bercengkerama bersama keluarga.

Kamu juga bisa bikin sendiri di rumah, lho, dengan sontek resep dessert box di Yummy App. Dari yang bertabur topping sederhana sampai versi lebih premium, lengkap!

11. Jamu tradisional

hampers jamu
ilustrasi hampers jamu (instagram.com/pawonmandiri | instagram.com/sajian.rempah)

Daya tahan tubuh bisa menurun setelah melalui sibuknya hari-hari lebaran. Ditambah konsumsi berbagai macam makanan yang berpotensi mengganggu pencernaan.

Jamu tradisional bisa jadi isian hampers yang anti mainstream, nih. Mulai dari kunyit asem, beras kencur, temulawak, sinom, hingga lemon sereh. Tak hanya menyegarkan, minuman dari rempah alami ini pun mengandung khasiat baik untuk bantu memulihkan energi dan kekebalan tubuh.

12. Puding purin

milky pudding
ilustrasi milky pudding (instagram.com/rinpurin.id)

Salah satu pilihan hampers lebaran yang murah meriah dan mudah dibuat di rumah. Mau disajikan polosan atau dengan susu, cokelat, keju, atau potongan buah tetap nikmat disantap.

Kemas dalam kotak kardus mika, hias dengan pita, dan sematkan kartu ucapan.Voila! Hampers puding purin yang lembut dan menggoda selera siap diantar.

13. Fudgy brownies

hampers fudgy brownies
ilustrasi hampers fudgy brownies (instagram.com/kiikan.cookhouse))

Jenis kue satu ini sudah langganan jadi bingkisan di berbagai acara. Kalau kamu demen baking, tak ada salahnya membuat brownies aneka rasa untuk menyambut hari kemenangan.

Tektur moist, legit, dan lembutnya pasti disukai semua orang. Jangan lupa tambahkan aneka topping supaya lebih gurih dan memanjakan lidah.

14. Jajan pasar

jajan pasar
ilustrasi jajan pasar (flickr.com/cateringsemarangcom)

Menyuguhkan jajan pasar di meja tamu saat lebaran terbilang anti mainstream dan gak membosankan, nih. Susun jajan pasar, mulai dari klepon, lumpia, lemper, kue putu, wingko, hingga kue lumpur dengan rapi mengikuti bentuk nampan atau tampah. Jangan lupa alasi dengan daun pisang untuk menambah nuansa tradisional.

15. Nasi biryani

paket nasi biryani
ilustrasi nasi biryani (instagram.com/briyani_mamanta)

Ingin rasa selain opor dan rendang? Menghidangkan masakan khas Timur Tengah ini cocok untuk menambah nuansa Islami pada momen Idulfitri. Kamu pun bisa mengemas nasi biryani menjadi parsel cantik untuk sanak saudara. Cita rasanya yang gurih dan kaya rempah, dijamin pada suka, deh!

Itulah ide hampers makanan untuk lebaran untuk orang tersayang. Mau buat sendiri pun bisa dengan mengikuti resepnya di Yummy App. Selamat mencoba!

Baca Juga: 15 Resep Minuman yang Cocok untuk Lebaran, Segar dan Nikmat!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Laila Fitria

Laila Fitria

Silky Pudding Coklat Marie Susu

Silky Pudding Coklat Marie Susu

(5.0)

7 langkah

826

Artikel Lainnya di kuliner