​20 Jajanan Street Food Korea 2024 Paling Populer dan Wajib Dicoba

Macam-macam jajanan Korea yang bisa bikin mood naik!

​20 Jajanan Street Food Korea 2024 Paling Populer dan Wajib Dicoba

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Kalau kamu suka nonton drama Korea, pasti udah gak asing lagi dengan street food di sana bukan? Makanan jalanan atau juga disebut dengan nama bunsik (분식 bunsik) adalah jenis makanan yang dijual oleh pedagang kaki lima. Makanan ini sangat digemari warga Korea Selatan karena memiliki cita rasa yang enak, bervariasi, dan harganya yang affordable!

Nah, kalau kamu berencana untuk bepergian ke Korea Selatan, rasanya nggak akan lengkap tanpa mencicipi street food di sana! Kamu gak usah repot mencari penjual street food di negara ini, karena street food di Korea Selatan sangat mudah ditemukan di mana-ana, seperti di stasiun kereta bawah tanah hingga kios di pinggir jalan. 

Bukan hanya di Korea, kok. Di Indonesia juga ada banyak kedai kuliner yang khusus menyediakan makanan ringan yang berasal dari Korea Selatan ini! Supaya kamu nggak bingung pilih jajanan Korea apa yang harus dicoba, berikut ini ada 20 jajanan Korea yang paling populer dan wajib kamu coba!

1. Tteokbokki (떡볶이)

jajanan korea

Salah satu jajanan Korea yang tidak pernah habis dimakan zaman adalah tteokbokki! Kalau kamu pecinta drama Korea, pasti sering banget lihat para pemain sedang memakan hidangan ini bukan? Tteokbokki adalah hidangan kue beras Korea yang dimasak dengan bumbu pedas. 

Nah, karena banyak banget yang suka dengan hidangan ini, sekarang udah banyak banget yang memodifikasi bumbu tteokbokki dengan berbagai rasa, seperti tteokbokkicarbonara, tteokbokki curry, tteokbokki bacon, dan masih banyak lagi! 

Sedikit informasi tambahan buat kamu yang lagi melancong ke Korea Selatan, jangan lupa untuk berkunjung ke Tteokbokki Town! Tempat ini merupakan tempat makan tteokbokki terbaik yang ada di daerah Sindang, Korea Selatan!

2. Soondae (순대)

2. Soondae (순대)

Soondae atau sosis brisi bihun dan darah babi juga jadi makanan jajanan Korea terpopuler di sana. Soondae biasanya dihidangkan sebagai pelengkap dari hidangan tteokbokki. Biasanya pedagang kaki lima di Korea Selatan akan menjual combo tteok soon (tteok dari kata tteokbokki dan soon dari kata soondae) kepada pembelinya.

Soondae sendiri dianggap sebagai hidangan yang tak biasa untuk beberapa orang. Yup, benar banget, karena bahan dasarnya adalah darah! Tapi nggak usah khawatir, karena kamu nggak akan merasakan bau amis saat memakan hidangan ini karena sudah diolah sedemikian rupa! Kalau kamu pernah mencicipi paru-paru atau hati, rasanya nggak akan jauh beda dengan dua makanan itu, lho!

Hal unik lainnya dari jajanan Korea ini adalah saus celupannya. Kenapa? Ternyata, saus celupan soondae di berbagai daerah di Korea itu berbeda, lho! Ada yang hanya memakai garam, saus oenjang, dan juga saus gochujang

Namun, perlu ada yang perlu kamu perhatikan nih, makanan ini tidak halal karena komposisi yang digunakan.

Baca Juga: 12 Makanan Korea yang Halal beserta Cara Membuatnya

3. Mandu (만두)

3. Mandu (만두)

Mandu harus ada dalam list street food terpopuler di Korea Selatan! Kenapa? Alasannya adalah mandu merupakan makanan yang selalu disajikan secara turun temurun di Istana saat Dinasti Joseon. Makanan yang sangat bersejarah, bukan? 

Pangsit khas dari Korea Selatan ini sering dibuat dengan isian daging, tahu, bawang putih, sohun, dan juga daun bawang. Ada beberapa pilihan mandu yang bisa kamu coba, seperti mandu kukus, mandu goreng, dan mandu rebus.

4. Ice Cream Waffles (아이스크림 와플)

4. Ice Cream Waffles (아이스크림 와플)

Salah satu jajanan Korea yang populer yang bercita rasa manis adalah es krim waffle. Makanan ini merupakan salah satu hidangan yang sangat digandrungi di Korea Selatan. Perpaduan waffle dan juga es krim dalam satu wadah ini pas banget kamu nikmati sebagai dessert!

5. Eomuk (어묵)

5. Eomuk (어묵)

Eomuk atau fish cake khas Korea ini termasuk salah satu jajanan Korea yang populer dan terbuat dari adonan tepung serta ikan bubuk. Biasanya hidangan ini akan disajikan dengan kuah khas, yaitu kecap asin yang ditambahkan dengan daun bawang dan minyak wijen. 

Ada dua jenis eomuk yang bisa kamu coba nih, yaitu fish cake folded (yang dilipat), fish cake zigzag (yang ditusuk zigzag), dan fish cake yang bentuknya memanjang. Rasa dari setiap jenis fish cake-nya cukup sama kok, bedanya adalah fish cake yang memanjang lebih bisa menahan panas dan ada tekstur bouncy dari adonan fish cake-nya.

6. Twigim (튀김)

6. Twigim (튀김)

Sama seperti di Indonesia, di Korea Selatan juga punya gorengan, lho! Nama dari jajanan Korea yang satu ini adalah twigim. Biasanya, twigim ini dibuat dengan menggunakan tepung kanji, remah roti, dan tepung terigu pada umumnya. Nah, ada berbagai jenis twigim yang dijual di street food Korea, yaitu sayur goreng, ubi goreng, mie goreng rumput laut, dan masih banyak lagi.

7. Gimbap (김밥)

7. Gimbap (김밥)

Siapa yang tidak tahu jajanan Korea yang satu ini? Gimbap atau kimbap adalah hidangan yang terbuat dari nasi putih dan bahan lainnya yang digulung dalam lembaran rumput laut dan diiris menjadi potongan-potongan kecil. Hidangan ini bisa kamu temui di sepanjang kedai kaki lima dan supermarket di Seoul. Meskipun tampilannya mirip seperti sushi, ada sedikit perbedaan, yaitu penggunaan minyak wijen untuk bumbunya.

Isian gimbap ini bisa bervariasi, umumnya gimbap akan diisi dengan sayur, ikan, daging, hingga telur. Nah, gimbap ini memiliki variasi lain, yaitu samgak gimbap. Samgak gimbap merupakan gimbap yang berbentuk segitiga dengan isian yang unik dan juga lezat. Biasanya, samgak gimbap terdapat di toko serba ada sebagai makanan cepat saji yang mudah dibawa kemana-mana.

8. Hotteok (호떡)

8. Hotteok (호떡)

Jika kamu penikmat makanan Korea, pasti tau dong dengan hotteok? Hotteok merupakan hidangan penutup yang terdiri dari kue yang di goreng di atas hot plate dan diisi dengan isian manis, seperti gula, buah-buahan, dan juga sirop. Makanan ini pas banget dimakan saat udara dingin, lho!

Baca Juga: ​10 Referensi Korean Bento Cake dengan Beragam Design 

9. Bungeoppang (붕어빵)

9. Bungeoppang (붕어빵)

Bungeoppang merupakan makanan unik lainnya yang ada di Korea Selatan. Kue yang dibuat dengan cetakan berbentuk ikan ini memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Biasanya, bungeoppang diisi dengan sirop coklat atau juga es krim! Wah, pasti enak banget nih!

10. Dalgona (달고나)

10. Dalgona (달고나)

Siapa yang pernah nonton serial Squid Game? Di film tersebut ada scene yang menampilkan para pemain sedang diberi misi untuk membelah permen dalgona, bukan? Nah, permen dalgona merupakan salah satu jajanan Korea yang harus kamu coba! 

Permen dalgona sendiri dibuat dengan cara melelehkan gula dengan menggunakan sedikit soda kue. Nah, pada saat pembuatan permen ini, biasanya sebelum permen mengeras para penjual akan membentuk bagian tengah permen dengan beberapa bentuk, seperti bintang, hati, atau ikan. Unik banget kan?

Nah, karena dalgona semakin terkenal, banyak para pengusaha kuliner yang melakukan invasi makanan dengan menggunakan dalgona ini, seperti dalgona coffee dan dalgona cake!

11. Hweori Gamja (회오리 감자)

11. Hweori Gamja (회오리 감자)

Hweori gamja di Indonesia dikenal sebagai kentang tornado atau kentang spiral. Ini merupakan jajanan Korea yang populer dan menjadi favorit orang Negeri Ginseng. Kentang ini dibuat dengan cara dipotong menjadi spiral dengan menggunakan mesin khusus dan kemudian digoreng hingga garing dengan menggunakan tusuk sate. Setelah matang, kamu bisa memilih bumbu sesuai selera, seperti bumbu keju, pedas, dan bawang.

Baca Juga: Daechang, Usus Sapi Panggang ala Korean Food yang Terkenal

12. Gyeranppang (계란빵)

12. Gyeranppang (계란빵)

Gyeran artinya 'telur' dalam bahasa Korea dan ppang artinya adalah 'roti'. Meski dari namanya jajanan Korea ini terdengar sangat sederhana, tapi ternyata jajanan Korea ini tetap menjadi favorit bagi banyak orang di Korea, lho! Perpaduan rasa manis dan gurih pada makanan ini yang membuat penikmatnya jadi ketagihan!

Adonan rotinya sendiri terbuat dari tepung, baking powder, susu, telur, mentega, gula, dan garam. Nah, ketika adonan dimasukkan ke dalam mesin, saat itu juga telur utuh dituangkan ke atas adonan roti. Roti ini jadi cemilan yang pas untuk musim dingin karena biasanya akan dihidangkan saat masih panas!

13. Hodu Gwaja (호두 과자)

13. Hodu Gwaja (호두 과자)

Kalau kamu butuh makanan yang manis, kamu bisa coba membeli kue kenari! Kue dengan nama hodu gwaja ini adalah kue yang diisi dengan kacang-kacangan dan juga kenari. Uniknya lagi adalah makanan ini biasanya dibuat dengan menggunakan cetakan berbentuk bunga! Unik banget kan?

14. Tteokkochi (떡꼬치)

14. Tteokkochi (떡꼬치)

Tteokkochi merupakan camilan ayam panggang yang ditusuk dengan menggunakan tusuk sate. Sekilas tampilannya mirip dengan sate di Indonesia bukan? Namun, ada perbedaan mencolok dari kedua hidangan tersebut, yaitu bumbunya! Tteokkochi dilapisi dengan saus manis dan pedas yang bisa bikin kamu ketagihan!

Gak cuma saus manis dan pedas, tteokkochi juga sering dihidangkan dengan saus mustard, mayones, bahkan hanya menggunakan garam saja. Wah, ada banyak pilihan bumbu nih, kamu mau coba bumbu yang mana?

15. Goguma Seutik (고구마 스틱)

15. Goguma Seutik (고구마 스틱)

Untuk kamu pecinta kentang goreng, kamu harus mencoba jajanan Korea satu ini, yaitu goguma seutik! Makanan yang berbahan dasar ubi jalar ini diolah persis seperti kentang goreng! Meskipun diolah dengan cara yang sama, ubi jalar sudah terbukti memiliki nutrisi yang lebih baik dari pada kentang, maka dari itu gogumaseutik ini banyak diincar warga Korea untuk camilan.

16. Hotbar (핫바)

16. Hotbar (핫바)

Hotbar adalah pasta ikan goreng yang dihidangkan dengan menggunakan tusukan sate. Jajanan Korea ini memiliki banyak varian isi, seperti keju, rice cake, daun perilla, cabai, rumput laut, sosis, dan daging ham. Adonan hotbar sendiri terbuat dari ikan putih giling, tepung, telur, dan sayuran. 

Biasanya, para pembeli bisa memilih isian lebih dari satu macam, misalnya keju dan sosis, atau rumput laut dan daging ham. Kamu bisa pilih isiannya sesuai selera!

17. Gamja Hot Dog (감자핫도그)

17. Gamja Hot Dog (감자핫도그)

Gamja hotdog adalah salah satu makanan hits yang ada di Korea Selatan! Makanan unik ini terdiri dari hotdog yang dilapisi dengan kentang goreng dan di hidangkan dengan tusukan khusus. Banyak orang asing yang datang ke Korea dan merekomendasikan makanan ini sebagai jajanan Korea yang wajib dicoba!

Isian gamja hotdog sendiri bisa kamu pilih sesuai selera, seperti keju, sosis, atau bahkan dua-duanya. Setelah gamja hotdog matang, kamu juga bisa menambahkan saus sesuai selera, biasanya saus yang disediakan adalah saus cabai, tomat, dan mayones. 

18. Ojingeo Twigim (오징어 튀김)

18. Ojingeo Twigim (오징어 튀김)

Kalau kamu pecinta makanan laut, pasti pernah dong makan gurita goreng? Tapi, pernah nggak sih makan gurita utuh yang digoreng kering? Makanan unik ini disebut juga dengan ojingeo twigim, gurita utuh yang digoreng dengan balutan terigu ini sangat digemari warga lokal Korea. 

Nah, setelah gurita selesai digoreng, biasanya penjual akan menaburkan beberapa bumbu agar rasanya lebih sedap! Tertarik untuk mencoba?

19. Kkwabaegi (꽈배기)

19. Kkwabaegi (꽈배기)

Makanan manis dari Korea Selatan yang wajib kamu coba adalah kkwabaegi! Camilan yang bertekstur lembut dan kenyal ini dibuat dengan tepung beras ketan dan mentega cair. Adonan digoreng di dalam minyak dan dilumuri gula halus dan juga bubuk kayu manis. Siapa yang mau coba kkwabaegi?

20. Jjinppang (찐빵)

20. Jjinppang (찐빵)

Makanan terakhir yang menjadi penutup rekomendasi jajanan Korea kali ini adalah jjinppang! Tau nggak, sih? Makanan ini ternyata diperkenalkan di Korea sejak 250 tahun yang lalu. Nah, karena popularitasnya semakin meningkat, camilan ini akhirnya dinobatkan sebagai camilan favorit orang Korea hingga saat ini!

Jjinppang biasanya diisi dengan pasta kacang merah yang manis. Nggak cuma itu, ada juga jjinppang yang menggunakan isian sayur dan daging, lho! Kamu bisa pilih isian jjinppang sesuai selera!

Nah itulah 20 jajanan Korea yang wajib kamu coba! Beberapa street food Korea sekarang ini juga bisa kamu temui di beberapa kedai makanan di Indonesia, lho! Wah, harus coba street food yang mana dulu, yah?

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Red Bean Hotteok

Resep Teruji

Red Bean Hotteok

(4.7)

929,5 Kj

8.6 rb

Artikel Lainnya di kuliner