10 Jajanan Pasar yang Tidak Mudah Basi, Enak dan Disukai Banyak Orang

Cari jajanan yang tidak mudah basi? Yuk, simak ini!

10 Jajanan Pasar yang Tidak Mudah Basi, Enak dan Disukai Banyak Orang

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Jajanan pasar di Indonesia masih banyak diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Selain harganya yang terjangkau, rasanya yang nikmat hingga terkadang memiliki tampilan yang cantik, menjadi favorit. Sehingga kudapan tradisional ini sering disajikan di suatu acara, tak terkecuali acara formal.

Jika dalam waktu dekat kamu hendak mengadakan sebuah acara dan berencana menjadikan berbagai jajanan pasar sebagai camilannya, berikut daftar jajanan pasar yang tidak mudah basi untuk disajikan. Let’s get to the list! 

1. Onde-onde

jajanan pasar yang tidak mudah basi
ilustrasi onde-onde (instagram.com/super_mum_liliebrookes)

Siapa yang tidak tahu onde-onde? Jajan pasar bulat berbahan dasar tepung ketan dengan bermandikan wijen ini, memiliki isian kacang hijau manis yang digemari banyak orang.

Pembuatan onde-onde yakni dengan digoreng. Cara ini dapat membuat onde-onde bisa tahan hingga 2 hari pada suhu ruang.

2. Pastel

jajanan pasar yang tidak mudah basi
ilustrasi kue pastel (instagram.com/koh_aming)

Jajanan pasar yang tidak mudah basi selanjutnya yakni, kue pastel. Jajanan bercita rasa asin ini konon sejarahnya dibawa masuk ke Indonesia oleh orang-orang Belanda di kawasan perekonomian Pelabuhan Sunda Kelapa.

Tapi sumber lain mengatakan bahwa asal pastel sebenarnya dari Timur Tengah dan India. Yang pasti kue ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya memang seenak itu, dengan isian sayuran, telur, maupun daging membuat siapa saja ngiler. Kue pastel bisa tahan selama 3 hari jika disimpan di dalam lemari es.

Baca Juga: ​​15 Aneka Jajanan Pasar Favorit yang Mudah Dibuat di Rumah

3. Lemper

jajanan pasar yang tidak mudah basi
ilustrasi lemper (instagram.com/debbie_ariesthea)

Lemper menjadi salah satu jajanan pasar yang tidak mudah basi dan wajib ada di hajatan. Kudapan asin ini terbuat dari beras ketan dengan isian daging ayam berbumbu.

Meskipun termasuk jajanan basah, tapi tahan lama lemper bisa mencapai 2–3 hari lamanya.

4. Serabi

jajanan pasar yang tidak mudah basi
ilustrasi serabi (instagram.com/siswantojoevenus)

Kue serabi merupakan jajanan pasar yang tidak mudah basi dan fleksibel. Pasalnya kue ini bisa disulap dengan cita rasa manis ataupun asin, tergantung dengan topping. Mulai dari topping gula merah, cokelat, sosis, keju, ayam suwir dan masih banyak lagi.

Jika disimpan dalam lemari es, kue serabi bisa tahan hingga 4 hari lamanya.

5. Lapis Legit

jajanan pasar yang tidak mudah basi
ilustrasi kue lapis (instagram.com/fen.z)

Kue dengan banyak layer ini menjadi salah satu kue yang laris di pasar. Memiliki cita rasa yang manis dan legit seperti rasanya, lapis legit banyak digemari masyarakat.

Tak sangka, lapis legit yang termasuk ternyata memiliki dapat bertahan hingga 2 bulan lamanya jika kamu menyimpannya di dalam lemari es, lho! Tapi jika kamu menyimpannya pada suhu ruang, kemungkinan kue ini dapat bertahan sampai 1–2 minggu.

Baca Juga: Ini 10 Jajanan SD yang Bikin Kangen dan Resepnya ala Yummy App!

6. Bikang

jajanan pasar yang tidak mudah basi
ilustrasi kue bikang (instagram.com/puspita8234)

Bikang merupakan jajanan khas Jawa Tengah yang memiliki perpaduan rasa manis dan gurih. Bikang terbuat dari tepung beras dengan corak mencolok yang cantik dan bentuk seperti bunga mekar.

Kue bikang sendiri memiliki tahan lama dari basi sekitar 1 hingga 2 hari pada suhu ruang.

7. Kue Cucur

jajanan pasar yang tidak mudah basi
ilustrasi kue cucur (instagram.com/megas_kitchen97)

Populer di pasar, kue cucur menjadi jajanan pasar yang tidak mudah basi dan sekaligus primadona jajanan yang selalu diborong. Kue dengan bentuk bulat menggembung di tengah ini biasa tersedia dengan rasa gula merah, dan pandan.

Kue cucur juga kerap disajikan saat acara adat budaya Betawi. Ketahan kue cucur terhadap proses basi sekitar 3 hari.

8. Getuk

jajanan pasar yang tidak mudah basi
ilustrasi getuk (instagram.com/menumasak_harian)

Jajan tradisional khas Magelang ini terbuat dari singkong yang dikukus kemudian ditumbuk. Getuk tampil cantik dengan variasi warna merah, hijau, kuning, yang selalu disajikan dengan garnish kelapa parut.

Jika Sobat Yummy berencana menjadikan jajanan ini sebagai list camilan hajatan, kamu perlu tahu jika getuk tahan lama hingga 2 hari disuhu ruang.

9. Kue Lumpur

jajanan pasar yang tidak mudah basi
ilustrasi kue lumpur (instagram.com/resepkuegallery)

Konon katanya, penamaan lumpur pada jajanan pasar yang tidak mudah basi satu ini dikarenakan teksturnya yang lembut seperti lumpur.

Kue lumpur berasal dari Surabaya dan memiliki rasa manis dengan aroma vanili yang kuat. Jajanan ini disajikan dengan kismis di atasnya. Kue lumpur bisa tahan hingga 3 hari.

10. Kue Ku

jajanan pasar yang tidak mudah basi
ilustrasi kue ku (instagram.com/mumbulcakes)

Kue ku atau sebagian masyarakat juga menyebutnya kue tok, memiliki bentuk unik seperti tempurung kura-kura.

Kue dengan warna merah atau hijau mencolok ini, memiliki isian yang persis dengan onde-onde, yakni kacang hijau tumbuk. Kue ku dapat bertahan hingga 2–3 hari jika disimpan di dalam lemari es.

Itulah beberapa pilihan jajanan pasar yang tidak mudah basi. Rata-rata jajanan pasar di atas dapat bertahan lebih dari satu hari. Tapi jika disimpan di lemari es akan menambah waktu ketahanan dari basi. Jadi, Sobat Yummy suka kue yang mana?

Baca Juga: ​20 Jajanan Korea yang Paling Populer dan Wajib Dicoba!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Laila Dawud

Laila Dawud

Lemper Ayam Bakar

Lemper Ayam Bakar

(5.0)

60 mnt

417

Artikel Lainnya di kuliner