5 Jenis Durian Paling Enak dan Populer, Pernah Coba?

Harus coba durian enak ini!

5 Jenis Durian Paling Enak dan Populer, Pernah Coba?

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Sebagai penikmat buah durian, Sobat Yummy harus tahu, nih, jenis-jenis durian paling populer dan nikmat berikut.

Durian, sering disebut sebagai rajanya buah karena ukurannya yang besar serta kulitnya yang tajam nan tebal. Aslinya berasal dari Borneo dan Sumatera. Selain itu, durian juga tersebar di Malaysia, Singapura, Thailand, Kamboja, dan negara-negara di Asia Tenggara lainnya.

Beberapa manfaat jika kamu mengonsumsi buah durian, yaitu mengurangi resiko kanker, menurunkan resiko penyakit jantung, mengontrol gula darah, dan memperlancar pencernaan. Hal tersebut dikarenakan nutrisi yang dikandung dalam buah durian.

Setidaknya, dalam 100 gram buah durian mengandung:

  1. Energi/kalori: 147
  2. Karbohidrat: 27,1 g
  3. Protein: 1,47 g
  4. Lemak: 5,33gr
  5. Serat makanan: 3,8 g
  6. Vitamin A: 2 mcg
  7. Vitamin C: 19,7 mg
  8. Magnesium : 30 mg
  9. Zat besi: 0,43 mg
  10. Tembaga: 0,2 mg
  11. Kalsium: 6 mg
  12. Kalium: 436 mg
  13. Fosfor: 39 mg

1. Durian Monthong

Jenis durian terenak dan terpopuler
ilustrasi durian (freepik.com/Mrsiraphol)

Durian monthong memiliki ukuran yang terbilang besar, sekitar 3 hingga 5 kilogram. Biasanya, jenis durian ini berwarna hijau pucat, cokelat muda, atau cokelat keemasan.

Diklasifikasikan sebagai varietas Durio Zibethinus, monthong sendiri dalam bahasa Thailand memiliki arti "bantal emas", menggambarkan isi dagingnya yang tebal dan berwarna cerah keemasan. Harga durian monthong ini berkisar Rp100.000,-.

Tahukah kamu, Sobat Yummy, meskipun jenis durian ini berasal dari Thailand, tapi bibitnya dari Indonesia, lho! Tepatnya dari Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia. 

2. Durian Musang King

Durian terenak dan terpopuler
ilustrasi durian (pexels.com/Tom Fisk)

Berukuran relatif lebih kecil dari durian monthong, sekitar 2 sampai 4 kilogram serta berbentuk cenderung ke oval. Durian musang ming merupakan salah satu jenis durian yang terkenal dari Malaysia. Warnanya beraneka ragam, biasanya kuning, cokelat ke hijau. Harganya berkisar Rp200.000,- hingga Rp500.000,-.

Jenis durian ini berasal dari Malaysia dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990, lho. Awalnya, nama musang king lebih dikenal dengan "mao shan wang" yang berarti raja kucing. Nah, meskipun biasanya jenis durian ini tumbuh di daratan dengan ketinggian 400 - 600 mdpl, tapi durian musang king juga dapat hidup di dataran tinggi, sekitar 1.000 mdpl.

Baca Juga: ​4 Perbedaan Matcha dan Green Tea yang Perlu Kamu Tahu

3. Durian Petruk

Jenis durian terenak dan terpopuler
ilustrasi buah durian (freepik.com/Jcomp)

Nah, jenis durian satu ini termasuk yang paling digemari oleh penikmat durian di Pulau Jawa. Durian petruk pertama kali ditemukan dari pemilik pohonnya, yaitu Pak Petruk dari Jepara.

Jenis durian ini merupakan salah satu jenis durian unggul milik negeri yang sedang terus dikembangkan. Durian petruk berciri memiliki duri kecil dan rapat-rapat, memiliki biji sangat kecil sehingga daging buahnya banyak, serta ukuran buah 1 hingga 2,5 kilogram. Kalau Sobat Yummy berniat mencoba buah ini, harga dibanderol dari Rp50.000,- hingga Rp150.000,-.

4. Durian Bintan

Jenis durian terenak dan terpopuler
ilustasi buah durian (unsplash.com/Mufid Majnun)

Durian ini merupakan salah satu jenis durian dengan kualitas terbaik di Indonesia. Cara penanamannya langsung ditanam, sehingga tidak mengalami rekayasa ilmiah. Jenis durian ini memiliki ciri daun oval, berbentuk bulat lebar, serta berwarna kulit kuning kehijauan. Jika kamu cicipi, rasa manisnya menempel di lidah. Untuk bisa membeli durian bintan ini dapat dibeli dengan harga Rp60.000,- hingga Rp300.000,-.

Saat panen tiba, durian bintan biasanya akan banjiri kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Warung-warung pinggir jalan akan meyediakan jenis durian ini untuk dijajakan. Tak hanya dari dalam kota, buah tersebut juga diburu oleh penggemarnya dari luar kota. 

5. Durian Bokor

Jenis durian terenak dan terpopuler
ilustrasi durian (unsplash.com/Mufid Majnun)

Durian bokor, dijuluki jenis durian monthong versi lokalnya asal Banyumas. Istilah tersebut menggambarkan kemiripan kualitas dengan berdaging tebal legit dan berbiji kecil. Hal inilah yang ditunggu-tunggu oleh para penikmat durian bokor.  

Bibitnya pun dari rumahan yang dimiliki oleh keluarga tertentu. Biasanya berwarna hijau dan berbentuk hampir bulat sempurna. Durian dalam negeri ini memiliki harganya berkisar Rp20.000,-.  

Dari kelima jenis durian di atas, Sobat Yummy paling suka yang mana? Durian monthong, musang king, petruk, bintan, atau durian bokor?

Baca Juga: 4 Cara Mematangkan Alpukat, Mudah dan Cepat

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Naila Rizqa

Naila Rizqa

Martabak Telur Mini

Martabak Telur Mini

(5.0)

5 langkah

249

Artikel Lainnya di kuliner