​8 Jenis Pastry dan Macam-Macam Karakteristiknya

Gak cuma croissant, pastry punya banyak jenis!

​8 Jenis Pastry dan Macam-Macam Karakteristiknya

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Pastry adalah salah satu jenis adonan yang dibuat dengan menggunakan tepung, air, dan shortening. Adonan kue yang biasa dipanggang ini biasanya memiliki dua rasa, yaitu manis dan juga gurih. Selain itu, pastry yang sering kita jumpai di toko-toko kue juga biasanya bisa dihidangkan dengan isian ataupun polos. 

Pastry memiliki tekstur yang sangat unik dan mudah dikenali, seperti kulitnya yang kering bersisik, sedikit rapuh, dan cita rasa mentega yang sangat kuat di lidah. Tidak seperti kue pada umumnya yang sering dihidangkan sebagai makanan penutup, pastry ini sering juga dihidangkan sebagai makanan utama dengan isian daging di dalamnya. Menarik bukan?

Kamu sendiri sudah pernah coba jenis pastry apa, nih? Croissant? EclairsNah ternyata berdasarkan karakteristiknya, pastry dibagi menjadi 8 jenis lho! Berikut ini jenis-jenis pastry di dunia yang harus kamu tahu!

1. Shortcrust Pastry

1.

Shortcrust pastry ini paling sering digunakan dan paling mudah dibuat di rumah. Bentuknya tidak mengembang seperti kue kering lainnya dan memiliki tekstur yang rapuh sehingga cocok untuk dijadikan bahan dasar hidangan manis dan gurih. 

Pastry jenis ini terbuat dari tepung, lemak, dan cairan yang digunakan untuk mengikat setiap lapisan pastry. Penggunaan lemak di adonan pastry shortcrust ini juga harus berjumlah setengah dari jumlah tepung yang digunakan. 

Selain itu, tepung yang digunakan juga harus mengandung gluten, karena tepung jenis ini bisa mengembangkan dan menguatkan pastry agar tidak terlalu rapuh. 

Nah, pastry jenis ini juga terbagi lagi atas beberapa jenis lain lagi, dan perbedaanya terdapat pada bahan pembuatannya.

  • Pâte brisée

Salah satu pastry shortcrust ini dibuat dengan tidak menggunakan gula dan mengandung lebih banyak mentega di dalamnya. Jenis ini sangat ideal digunakan untuk kue pai yang gurih!

  • Pâte sucrée

Pastry shortcrust yang satu ini memiliki cita rasa yang lebih manis. Bahan yang digunakan untuk jenis pastry ini adalah kuning telur dan juga gula.

  • Pâté Sablé

Jenis shortcrust pastry yang satu ini memiliki tekstur yang lebih renyah dan tidak rapuh. Bahan yang digunakan adalah tepung, krim gula, dan juga mentega. Biasanya jenis ini digunakan untuk dasar kue tar dan juga biskuit!

2. Suet Crust Pastry

Jenis pastry ini adalah salah satu kue tradisional dari Inggris, lho! Teksturnya sendiri lebih keras dan elastis dari pastry pada umumnya. 

Nah, bahan yang digunakan untuk membuat pastry ini adalah tepung, parutan suet, dan sedikit baking powder yang bisa membuat adonan jadi lebih mengembang. Biasanya suetcrust pastry ini digunakan untuk beberapa makanan gurih, seperti steamed dumplings, steak, hingga kidney puddings!

3. Puff Pastry

3.

Siapa yang nggak tau jenis pastry ini? Yup, puff pastry adalah salah satu pastry yang memiliki banyak lapisan dan sedikit tricky untuk dibuat! Saat chef membuat pastry ini, biasanya akan menggunakan peralatan profesional khusus untuk membuat puff-nya.

Nah, saat membuat puff pastry, adonan pastry dan mentega akan ditumpuk secara bergantian. Lalu, adonan yang sudah tertumpuk menjadi beberapa lapis digulung dan dilipat menjadi satu. Setelah itu, adonan di laminasi.

Biasanya puff pastry digunakan untuk makanan yang gurih, seperti pie crusts hingga digunakan untuk makanan berbahan dasar daging.

4. Filo Pastry

4.

Filo pastry adalah salah satu jenis pastry yang sering digunakan di makanan-makanan Timur Tengah. Pastry ini tidak menggunakan ragi dan lebih tipis dari pastry kebanyakan. Teksturnya pun lebih halus karena menggunakan lapisan minyak atau mentega cair. 

Meskipun memiliki tekstur yang halus, tapi pastry ini juga bisa menjadi renyah saat kamu mengolahnya dengan cara dipanggang. 

Nah, pastry ini biasanya bisa kamu temui di beberapa makanan manis Turki, seperti baklava, samosa, hingga lumpia.

5. Choux Pastry

5.

Choux pastry bisa dibilang sebagai pastry yang paling ringan yang ada di jejeran pastry lainnya. Pastry ini terbuat dari bahan dasar mentega, tepung, air, dan telur. Tekstur choux sendiri sangat renyah ketika dimakan, bagian tengah pastry ini juga biasanya berlubang dan seringkali diisi dengan krim agar rasanya lebih nikmat!

6. Hot Water Crust Pastry

Apakah kamu tahu? Ternyata, jenis hot water crust pastry ini lagi tren, lho, sekarang! Pastry ini berasal dari Inggris yang biasanya digunakan untuk membuat pai daging ataupun pasties

Pastry ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung dan lemak panas yang meleleh. Setelah itu, ketika dua bahan tersebut sudah tercampur dan membentuk adonan seperti pasta, adonan diuleni di papan kue. Nah, bagian terakhirnya adalah adonan akan dicetak menjadi bentuk pai!

7. Flaky Pastry

Flaky pastry adalah pastry yang sering dihidangkan untuk makanan penutup. Biasanya pastry ini digunakan untuk bahan dasar pai manis ataupun quiche. Nah, jika dibandingkan dengan pastry lainnya, pastry jenis ini lebih mudah hancur karena bertekstur ringan dan berlapis-lapis.

8. Rough Puff Pastry

8.

Rough puff pastry adalah perpaduan antara dua pastry, yaitu flaky pastry dan puff pastry. Jenis pastry ini sering juga dikenal sebagai quick pastry dan sangat perkenal di kalangan chef pastry! Kenapa? Karena pastry jenis ini bisa kamu buat dengan mudah dan kamu bisa mendapatkan pengalaman memakan puff pastry a la bakery di rumah!

Nah, beberapa makanan yang menggunakan pastry ini adalah, croissant, pie crust,pastrybraid, dan lainnya.

Itulah jenis-jenis pastry yang perlu kamu tahu! Ternyata, beberapa pastry yang sering kamu temui di toko kue itu memiliki karakteristik yang berbeda, ya? Jenis pastry mana sajakah yang ternyata sering kamu makan?

Penulis: Anna Novita Rachim

Baca Juga: ​10 Resep Kue Kering Oven Tangkring dan Cara Menggunakannya

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Astri Anjarwati

Astri Anjarwati

Choux Pastry Vla Vanilla

Choux Pastry Vla Vanilla

(5.0)

9 langkah

410

Artikel Lainnya di kuliner