10 Jenis Sushi Paling Populer yang Patut Dicoba

Tidak semua digulung, loh.

10 Jenis Sushi Paling Populer yang Patut Dicoba

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Saat pergi ke restoran ala Jepang, pernah gak kamu dibuat bingung dengan banyaknya jenis sushi yang ada di menu makan?

Well, itu sangat wajar karena memang ada puluhan nama sushi yang punya isian bermacam-macam. Kesamaan dari jenis-jenis sushi itu adalah berbahan dasar nasi yang dicampur cuka beras, garam, dan gula.

Lalu segumpal nasi putih berbumbu itu dibentuk dan ditambah bahan pelengkap seperti seafood, daging, buah dan sayur. Racikan itulah yang akan menentukan jenis sushi apa yang kamu nikmati.

Nah, ada 10 jenis sushi paling umum yang harus diketahui biar ga salah order, nih.

1. Nigiri Sushi

ilustrasi tuna yang dijadikan sushi
ilustrasi tuna yang dijadikan sushi (freepik.com/stockking)

Nigiri adalah jenis sushi paling populer yang banyak diminati para pecinta makanan laut.

Jenis sushi ini sangat khas karena disajikan dengan irisan ikan mentah segar yang ditumpuk di atas nasi pulen. Bahan primadona bagi nigiri adalah ikan tuna dan salmon yang teksturnya juicy.

Bagi pemula, kamu disarankan untuk menikmati nigiri apa adanya tanpa mencelupkan ke saus. Dengan begitu kamu bisa merasakan kompleksitas rasa dan tekstur yang dihasilkan dari nigiri. 

2. Maki Sushi

Jenis sushi selanjutnya yang sudah akrab di lidah kita adalah maki. Berbeda dengan nigiri, penyajian maki berupa gulungan nasi yang dibalut rumput laut kering (nori). 

Sekilas, maki sushi ini mirip makanan kimbab ala Korea, tapi bedanya maki punya isian lebih beragam. Mulai dari makanan laut mentah, makanan laut matang, hingga aneka sayur yang ramah vegan. 

Tergantung variasinya, maki juga kerap dihidangkan dengan tambahan telur ikan di atasnya yang mempecantik visual.

3. Uramaki Sushi

salmon sushi
ilustrasi salmon sushi (pexels.com/valeriaboltneva)

Uramaki dan maki adalah jenis sushi yang memiliki banyak kesamaan, tapi perbedaan keduanya terletak pada cara penyajian. 

Uramaki ini dibuat dengan gulungan nasi di bagian luar, diikuti selembar nori yang membungkus isian sushi. Selain itum tidak banyak yang membedakan antara uramaki dan maki. 

Jika kamu tidak terbiasa makan ikan mentah, pilihlah isian dan pugasan sushi dari olahan seafood yang matang. 

4. Uni Sushi

Dalam bahasa Jepang, uni berarti bulu babi. Jadi, jenis sushi yang memakai komposisi telur landak laut ini dinamakan uni. 

Cara paling umum untuk menyajikan uni adalah dengan membentuk nasi sushi menjadi bulat pipih dengan dililit nori. Uni kemudian diletakkan di atas nasi, sehingga penampilannya tertutup oleh warna oranye alami.

Dari segi rasa, uni berkualitas tinggi harus lembut dan umami, dengan rasa manis alami dan diisi dengan catatan lautan asin.

5. Temaki Sushi

potret jenis sushi temaki
potret jenis sushi temaki (pexels.com/Matheus Bertelli)

Jenis sushi yang umum ditemui selanjutnya adalah temaki yang berarti gulungan tangan. Bentuk sushi ini terbilang unik, karena nasi dan bahan-bahan isiannya dibungkus dengan nori yang berbentuk contong. 

Saat menikmati temaki, istirahatkan sumpitmu dan ambil langsung dengan tangan. Itu mungkin sedikit berantakan, tapi penyajian kreatif ini menawarkan beragam rasa dan tekstur yang mengesankan. 

Temaki juga biasanya dimaksudkan untuk dinikmati secara pribadi. Jadi tidak disajikan pada pertemuan besar yang harus menjaga kerapihan. 

Baca Juga: ​4 Cara Membuat Nasi Sushi, Mirip ala Restoran! 

6. Tamago Sushi

Hasil tangkapan laut bukan satu-satunya bahan unggulan di sushi. Karena olahan berbahan dasar telur juga temasuk komposisi sushi yang rasanya oishi!

Kalau kamu penggemar tamagoyaki, maka jenis sushi ini pasti cocok dengan selera kamu. Omelet Jepang memiliki rasa yang lebih manis karena tambahan gula dan mirin yang dicampur ke telur. 

Dalam penyajian sushi, potongan telur dadar lembut ditaruh di atas nasi sebagai nigiri. Tamago sushi kerap dihidangkan pada sesi terakhir sebagai makanan penutup.

7. Temari Sushi

potret jenis sushi temari
potret jenis sushi temari (flickr.com/plainliving)

Jenis sushi lain yang mudah ditemui di Jepang adalah temari sushi. Temari berarti "bola tangan" yang mendiskripsikan bentuk bola-bola berisi nasi dan irisan topping-nya. 

Bentuk bulatan yang rapi dan irisan dari ikan mentah, sayur, atau seafood lain membuat temari tampil sangat cantik. Agar pugasannya bisa menempel sempurna dengan nasi, irisannya harus dibuat tipis dan direkatkan dengan cara ditekan-tekan perlahan.

8. Inari Sushi

Jenis sushi ini sangat berbeda dengan tipe sushi lain yang sudah disebutkan. Inari adalah bekal piknik yang populer di mana nasi dimasukkan ke dalam tahu goreng berbumbu. 

Kantong tahu goreng (abura-age) sebelumnya direbus dalam kaldu yang dicampur kecap dan mirin. Hasilnya inari punya rasa yang sedikit gurih dan manis. 

9. Chirashi Sushi

potret jenis sushi chirashi
potret jenis sushi chirashi (flickr.com/Olli Ronimus)

Kebanyakan orang lebih familiar dengan sushi gulung. Tapi ada juga jenis sushi yang punya gaya eksentrik bernama chirashi atau chirashizushi.

Arti chirashizushi sendiri adalah "sushi yang berserakan". Itu tercermin dari penyajian dekonstruksi yang mengekspos bahan-bahan dalam satu mangkuk. 

Pada dasarnya chirashizushi dibuat dengan semangkuk nasi sushi dan ikan mentah yang ditambah berbagai hiasan, seperti nori, telur ikan salmon, dan telur suwir.  

Jenis sushi ini umum dihidangkan di pesta atau pertemuan besar, karena mudah dibagikan dan persiapannya tidak terlalu melelahkan.

10. Gunkan

Gunkan dalam bahasa Jepang berarti kapal, dan seperti itulah bentuk jenis sushi ini. Komposisi gunkan terdiri dari nasi yang dibentuk lonjong, lalu dikelilingi nori yang lebih tinggi dan menyisakan ruang untuk topping.

Pugasan populer untuk gunkan biasanya ada telur salmon dan tuna pedas. Gunkan dapat dikonsumsi begitu saja atau dengan kecap ikan. 

Nah, itulah 10 jenis sushi paling populer yang mudah dijumpai di restoran Jepang. Beragam jenis sushi dibedakan oleh cara penyajiannya, sementara bahan sushi pada umumnya mirip-mirip. 

Dengan penyajian sushi yang sangat kreatif, pengalaman bersantap jadi makin nikmat dan berkesan spesial. Jadi, sushi apa nih yang akan kamu coba, Sobat Yummy?

Baca Juga: ​Cara Membuat Sushi Mentai Rumahan, Rasa Restoran! 

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Galia Salfitri

Galia Salfitri

Salmon Mayo Sushi

Salmon Mayo Sushi

(5.0)

6 langkah

1.2 rb

Artikel Lainnya di kuliner