Advertisement

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Kopi Terbaik di Indonesia 2023, Enak Bikin Nagih!

Para pecinta kopi, jangan dilewatkan ya!

10 Kopi Terbaik di Indonesia 2023, Enak Bikin Nagih!

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Indonesia, dengan segala keindahan alamnya, juga terkenal sebagai salah satu produsen kopi terbaik di dunia. Kopi Indonesia memiliki cita rasa yang khas dan unik, dengan berbagai jenis yang membuat para pencinta kopi ketagihan.

Jika kamu seorang pecinta kopi sejati, maka Indonesia adalah surga bagimu. Pada artikel ini, Yummy App sudah membuat daftar kopi Indonesia terbaik yang patut kamu coba di tahun 2023 ini, simak selengkapnya ya.

1. Kopi gayo

Biji kopi gayo dengan dengan cangkir
ilustrasi kopi gayo (flickr.com/Mediatama Sumedang)

Kopi Indonesia pertama yang akan Yummy bahas adalah kopi gayo. Kopi gayo yang berasal dari daerah Gayo, Aceh ini, merupakan salah satu varietas kopi yang sangat dihargai. Kopi gayo dikenal karena memiliki karakteristik yang unik dan memikat bagi para pencinta kopi. Salah satu ciri khas utama kopi ini adalah rasa yang kuat dan aroma yang khas.

Keasaman kopi gayo sangat seimbang, memberikan kesan yang harmonis pada setiap cangkir yang disajikan. Tak hanya dari segi rasa, biji kopi gayo juga memiliki ukuran yang cenderung besar, yang menambahkan dimensi ekstra pada pengalaman meminumnya.

2. Kopi toraja

Biji kopi dan cangkir putih
ilustrasi kopi (flickr.com/Atto Sampetoding)

Kopi Indonesia kedua yang akan Yummy bahas adalah kopi toraja. Kopi toraja, yang berasal dari daerah Toraja, Sulawesi Selatan, adalah perwakilan yang berani dan menawan dalam dunia kopi. Kopi ini dikenal karena memiliki karakteristik yang sangat kompleks dan menciptakan pengalaman yang unik bagi para pecinta kopi.

Setiap cangkir kopi toraja membawa rasa yang menakjubkan. Sering kali diidentifikasi dengan nuansa buah-buahan segar seperti anggur dan citrus, yang memberikan sentuhan segar dan fruity yang menawan pada cita rasanya.

Selain itu, kopi toraja juga memunculkan nuansa rempah-rempah yang mendalam, seperti cengkeh, yang menambah lapisan kedalaman pada pengalaman meminumnya. Kopi toraja dari Sulawesi Selatan adalah bukti keahlian petani kopi setempat dalam mengolah biji kopi menjadi sebuah karya seni yang memanjakan lidah, dan menjadi salah satu yang patut dicoba oleh para penggemar kopi di seluruh dunia.

3. Kopi java

Kopi jawa
ilustrasi kopi jawa (flickr.com/bennylin)

Kopi Indonesia berikutnya adalah kopi Java, yang merupakan salah satu yang tertua di Indonesia, mengusung sejarah panjang dan legenda dalam dunia kopi. Kopi ini dikenal dengan karakteristik rasa yang unik, cenderung ringan, namun penuh dengan sentuhan manis yang menggoda dan sedikit bumbu yang memberikan dimensi tambahan pada citarasa kopi. Salah satu ciri khasnya adalah bijinya yang biasanya berumur lebih lama, yang memberikan nuansa berbeda pada rasa kopi ini.

Berasal dari daerah Jawa yang kaya akan tradisi kopi, Kopi Java mencerminkan warisan budaya dan ketelitian dalam proses penanaman dan pengolahan biji kopi. Setiap tegukan kopi java menggabungkan keindahan alam dan seni dalam menyajikan secangkir kopi yang luar biasa. Itulah mengapa Kopi jawa tetap menjadi salah satu yang paling dicari oleh para pencinta kopi di seluruh dunia.

Baca Juga: Selamat! Soto Ayam Kuah Santan Rempah Jadi Resep Terbaik Bulan Ini ūüéČ

4. Kopi flores

Seorang petani kopi sedang memetik biji kopi yang telah matang
ilustrasi petani kopi flores (flickr.com/Australian Embassy Jakarta)

Pembahasan kopi Indonesia dari Yummy kali ini akan beralih ke daerah timur Indonesia, yaitu kopi flores, yang berasal dari Pulau Flores, adalah salah satu varietas kopi yang semakin dikenal dan dihargai oleh pencinta kopi di seluruh dunia. Kopi ini menawarkan karakteristik rasa yang sangat kaya, menjadikannya sebagai pilihan yang menarik bagi mereka yang mencari pengalaman kopi yang unik.

Setiap tegukan kopi flores menghadirkan sentuhan cokelat yang lembut, ditambah dengan nuansa bunga yang elegan dan aroma buah-buahan tropis yang memikat.

Daya tarik kopi flores tidak hanya terletak pada kekayaan rasanya, tetapi juga pada kompleksitasnya yang memikat. Setiap cangkir adalah perpaduan harmonis dari berbagai elemen rasa yang menggabungkan keindahan alam Pulau Flores dengan keahlian petani kopi setempat.

Kopi Flores adalah bukti kecintaan dan dedikasi dalam merawat tanaman kopi, serta kemampuan dalam menghasilkan biji kopi yang menggoda hati para pecinta kopi di seluruh dunia.

5. Kopi bali

Kopi bali dan alatnya
ilustrasi kopi bali (flickr.com/Kunal Kundaje)

Kopi Indonesia yang terkenal berikunya adalah kopi bali, yang tumbuh subur di Pulau Bali, merupakan perwakilan yang unik dalam dunia kopi. Salah satu aspek menariknya adalah variasi rasa yang dapat ditemui tergantung dari daerahnya di pulau ini.

Meskipun demikian, ada ciri khas yang umumnya terdapat dalam Kopi Bali, yaitu rasa yang cenderung manis dan kadang-kadang dihiasi dengan nuansa rempah-rempah yang menarik.

Rasa yang manis menggoda dan sentuhan rempah-rempah memberikan rasanya tersendiri. Kopi bali adalah pilihan yang menarik bagi para pencinta kopi yang selalu mencari hal baru dalam setiap cangkir kopi mereka, dan merupakan ekspresi keanekaragaman alam dan budaya yang membuat Pulau Bali begitu istimewa.

6. Kopi mandailing

Kopi mandailing dan alat pengaduk
ilustrasi kopi mandailing (flickr.com/Noor Hilmi)

Kopi Indonesia berikutnya adalah kopi mandailing, yang tumbuh subur di daerah Mandailing, Sumatra, adalah salah satu yang paling diakui dan terkenal di seluruh dunia. Kopi ini telah memenangkan hati para pecinta kopi dengan rasa yang khas dan penuh karakter. Ciri utama kopi mandailing adalah rasa yang pekat dan kuat, yang menjadi tanda khasnya.

Tak jarang, kopi mandailing diidentifikasi oleh sentuhan rempah-rempah yang mendalam dan nuansa tanah yang alami. Rasanya yang unik mengundang pencinta kopi untuk menjelajahi kompleksitasnya secara perlahan, setiap tegukan membawa perasaan kedalaman dan kekuatan. 

Baca Juga: Jangan Keliru, Ini Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika 

7. Kopi manipi

Biji kopi
ilustrasi biji kopi (flickr.com/Belanga Indonesia)

Seperti yang terdapat pada namanya, kopi Indonesia ini berasal dari kota kecil bernama Manipi, yang berada di perbatasan tiga kabupaten utama, yakni Sinjai, Bone, dan Gowa, yang sering disebut sebagai daerah Segitiga Emas karena melimpahnya hasil bumi di wilayah ini. Kopi jenis arabica tumbuh subur di kaki Gunung Bawakaraeng, yang juga terletak di wilayah tersebut.

Kopi manipi dikenal memiliki aroma yang harum dan rasa yang unik, yang berbeda dari jenis kopi lainnya. Rasa kopi ini lebih menonjolkan kepahitan yang khas, yang hanya dimiliki oleh biji kopi asal Sulawesi Selatan.

8. Kopi bisang luwu

Biji kopi sedang di dalam wadah
ilustrasi biji kopi (flickr.com/Iwan Bandung)

Kopi Indonesia ini berasal Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, hampir mirip dengan kopi luwak. Perbedaannya adalah bahwa kopi bisang berasal dari muntahan bisang, hewan endemik Sulawesi Selatan. Sensasi nikmatnya terasa saat kamu mulai menikmati kopi ini. Kopi bisang bahkan telah dipatenkan sebagai salah satu kekayaan Luwu oleh pemerintah setempat.

9. Kopi malabar

Tanaman biji kopi berwarna merah dan hijau
ilustrasi tanaman biji kopi (flickr.com/Teeje)

Pangalengan, Jawa Barat, di mana merupakan titik kawasan pegunungan Malabar yang menjadi asal dari kopi satu ini. Kualitas kopi yang dihasilkan pun bukan main. 

Biasanya, mengalami proses pemanggangan tingkat medium khusus untuk menghadirkan rasa yang khas, seperti aprikot dan madu, serta aroma bunga yang segar. Metode pemanggangan ini juga mempertajam aroma yang menyegarkan.

Untuk benar-benar menikmati karakteristik unik ini, disarankan untuk menyeduh biji kopi malabar ini menggunakan teknik seperti metode tuang V60, French press, atau sistem tuang Kalita Wave. Metode-metode penyeduhan ini memungkinkan biji kopi mengeluarkan rasa yang kaya dan aroma yang memikat, sehingga menghasilkan secangkir kopi yang memuaskan dan aromatik.

10. Kopi sindikalang

Biji kopi
ilustrasi biji kopi (flickr.com/Tim Sona)

Kopi Indonesia terakhir yang akan dibahas oleh Yummy kali ini adalah kopi sindikalang adalah jenis kopi yang berasal dari Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Kopi ini terkenal karena kualitasnya yang luar biasa, yang dipengaruhi oleh lokasi penanamannya di dataran tinggi dan iklim sejuk di sekitar wilayah Bukit Barisan. Cita rasanya sangat kaya dan berat, dan menggabungkan nuansa alam sekitar pegunungan yang kaya akan mineral.

Kopi sindikalang biasanya diproses menggunakan metode dry-processed (pengolahan kering) dan semi-washed (pengolahan semi-basah), yang memberikan karakter unik pada biji kopi ini. Kopi sindikalang juga memiliki reputasi yang mencapai tingkat internasional dan sering dibandingkan dengan kopi Brazil dalam hal kenikmatan rasa. Bagi para pecinta kopi yang mencari pengalaman kopi yang kuat dan istimewa, kopi sindikalang adalah pilihan yang sangat menarik.

Setiap kopi Indonesia yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia tersebut memiliki karakteristik rasa yang unik, dan mencoba semuanya adalah petualangan rasa yang luar biasa. Selamat mengeksplorasi keanekaragaman kopi Indonesia yang mengagumkan!

Baca Juga: ‚ÄčNappuccino, Kombinasi Minum Kopi dan Tidur Siang Biar Tubuh Energik!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Laila Dawud

Laila Dawud

Brown Sugar Coffee Latte

Brown Sugar Coffee Latte

(3.0)

20 mnt

recooks-0
Heny Rosita

Heny Rosita

Es Kopi Rum

Es Kopi Rum

(5.0)

15 mnt

715

Artikel Lainnya di kuliner