6 Kreasi Masakan dari Ikan Salmon, Ada Apa Saja, ya?

Ikan salmon bisa dikreasikan menjadi berbagai masakan lezat!

6 Kreasi Masakan dari Ikan Salmon, Ada Apa Saja, ya?

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Kamu bosan gak, sih, dengan masakan dengan berbahan dasar daging ayam dan sapi? Sudah saatnya kamu mulai melakukan kreasi pada masakan untuk makan sehari-hari di rumah, dengan mengganti bahan dasar masakan menggunakan ikan, contohnya ikan salmon.

Mungkin banyak dari kamu yang tahu kalau ikan salmon seringnya dinikmati saat masih mentah. Namun, jika kurang suka dengan makan-makanan yang mentah, kamu bisa memasak ikan salmon terlebih dahulu, supaya lebih enak untuk dinikmati bersama keluarga. Lalu, ikan salmon enaknya dimasak apa, ya?

Nah, kali ini Yummy App punya beberapa rekomendasi masakan, nih, untuk membuat masakan ikan salmon jadi lebih enak dan bisa menggugah selera makan kamu. Yuk, simak di sini, ya!

1. Salmon Mentai

salmon mentai
ilustrasi salmon mentai (yummy.co.id)

Bagi kamu yang ingin mencoba cita rasa makanan dari negara lain, kamu bisa coba memasak ikan salmon menjadi salmon mentai. Mentai merupakan makanan khas dari Jepang, yang berupa saus dari telur ikan pollock berwarna merah. Telur ikan ini juga sering digunakan dalam hidangan sushi, dan berbagai hidangan lainnya. 

Salmon mentai merupakan salah satu makanan yang sedang cukup hits dan digemari kaum muda. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan salmon mentai juga tergolong cukup mudah ditemukan di supermarket.

Kamu hanya perlu menyiapkan bahan makanan seperti ikan salmon fillet, nasi sushi, kecap asin, mayonaise, minyak wijen, saus sambal, mirin (bisa diganti dengan madu dan gula). Kamu juga bisa melakukan variasi sesuka hati kamu, misalnya dengan menambahkan rumput laut sebagai topping.

2. Salmon Crispy

salmon crispy
ilustrasi salmon crispy (instagram.com/cleaneatingmag)

Seperti daging sapi, daging ayam, maupun udang, ikan salmon bisa juga dimasak menjadi salmon crispy. Makanan yang dibuat crispy, biasanya lebih mudah untuk diterima oleh anak-anak, hingga orang dewasa. Tak hanya rasanya yang mudah diterima, cara memasak salmon crispy juga sangat mudah, bahkan jauh lebih mudah dari membuat mentai.

Kamu memerlukan bahan-bahan, seperti ikan salmon fillet, telur, kaldu jamur, lada bubuk, tepung maizena, tepung terigu, garam dan lada. Mudah, kan? Salmon crispy tidak memerlukan banyak bahan, dan juga tidak menghabiskan waktu lama untuk membuatnya.

Rasa salmon crispy juga sudah tidak perlu diragukan lagi, dan kamu bisa menikmatinya sambil menonton film sebagai cemilan.

Baca Juga: 10 Tips Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket di Wajan

3. Salmon Asam Pedas

salmon asam pedas
ilustrasi salmon asam pedas (instagram.com/twinhouse.id)

Kali ini, kamu bisa mengolah ikan salmon dengan rasa yang Indonesia banget, dengan memasaknya menjadi salmon asam pedas. Mendengar namanya saja sudah sangat menggiurkan, ya.

Untuk masakan asam pedas, mungkin memang sedikit lebih sulit jika dibandingkan dengan masakan salmon lain. Tapi kamu tidak perlu takut, karena sekarang sudah banyak sekali tutorial untuk memasak yang bisa memudahkan kamu dalam proses memasak.

Bahan yang kamu perlukan juga sebenarnya tidak terlalu rumit, hanya saja cukup banyak. Bahan-bahan yang kamu harus siapkan di antaranya adalah, salmon fillet, asam jawa, cabai, tomat hijau, daging nanas, garam, gula, dan merica. Kamu bisa mampir ke yummy.co.id, untuk melihat cara memasak salmon asam pedas yang benar.

4. Salmon Sushi

salmon sushi
ilustrasi salmon sushi (pexels.com/valeriaboltneva)

Salmon sushi gak cuman bisa kamu makan di restoran saja, loh. Kini kamu bisa membuat salmon sushi sebagai variasi masakan di rumah, supaya lebih menarik. Sushi merupakan makanan khas Jepang yang berbahan dasar nasi, dan divariasikan dengan berbagai lauk, salah satunya salmon.

Biasanya, salmon sushi yang ada di restoran, disajikan dengan ikan salmonnya yang mentah. Tapi, kamu bisa memasak ikan salmonnya terlebih dahulu jika tidak suka memakan ikan mentah. Tentu kamu tidak perlu mengikuti sama persis seperti sushi yang ada di restoran, dan buatlah sushi sesuai dengan selera kamu.

Jika kamu mau membuat salmon sushi di rumah, kamu bisa menyiapkan beberapa bahan, seperti ikan salmon, rumput laut, kaldu jamur, cuka sushi, dan nasi sesuai kebutuhan.

5. Salmon Kari

salmon kari
ilustrasi salmon kari dengan nasi (pexels.com/catscoming)

Ide masakan dari ikan salmon selanjutnya adalah salmon kari. Siapa, sih, yang tidak suka rasa kuah kari? Banyak sekali orang yang tidak mampu menahan godaan dari rasa gurih kari yang menggiurkan. Apalagi jika yang dimasak adalah salmon kari, lengkap sudah rasanya kenikmatan berkumpul di dalamnya.

Beberapa bahan penting dalam pembuatan salmon kari yang perlu kamu persiapkan adalah, ikan salmon, santan, pasta kari merah, saus ikan, air jeruk nipis (jika kamu suka), dan rempah-rempah. Kamu bisa makan salmon kari bersama nasi, untuk mengisi perut kamu yang kosong.

6. Nasi Goreng Salmon

nasi goreng salmon
ilustrasi nasi goreng salmon (instagram.com/eightyninejkt)

Terakhir, ada nasi goreng salmon yang menjadi kreasi menu masakan berbahan dasar ikan salmon. Kamu bisa mulai dengan memasak nasi goreng seperti biasanya, lalu mencampurkan ikan salmon ke dalam nasi yang sedang digoreng.

Bahan-bahannya tidak jauh berbeda dengan nasi goreng yang biasa kamu masak. Tetapi, kamu bisa menambahkan beberapa potongan ikan salmon dan kecap ikan, untuk sedikit membedakan rasa dari nasi goreng biasa.

Sekarang kamu tidak lagi perlu bingung ikan salmon enaknya dimasak apa. Karena Yummy App, sudah merangkum beberapa kreasi masakan ikan salmon di atas, yang bisa langsung kamu coba di rumah. Jadi, kamu mau masak apa hari ini?

Baca Juga: ​15 Manfaat Ikan Salmon bagi Kesehatan Tubuh dan Kandungan Gizinya

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Pan Seared Salmon

Pan Seared Salmon

(4.1)

20 mnt

1.7 rb

Artikel Lainnya di kuliner