6 Kue Lebaran Jaman Dulu yang Menggugah Kenangan

Temukan beragam kue khas lebaran jaman dulu yang lezat

6 Kue Lebaran Jaman Dulu yang Menggugah Kenangan

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Menjelang Lebaran, suasana akan semakin meriah dengan kehadiran kue-kue khas Idul Fitri. Kue-kue lebaran tak hanya dinikmati karena kelezatannya, tetapi juga sarat akan kenangan manis. Terlebih bagi para Sobat Yummy yang sudah beranjak dewasa, tentunya ikut merindukan aneka kue lebaran jaman dulu yang selalu mengisi toples di rumah sanak saudara.

Nah, berikut Yummy App bagikan enam kue lebaran jaman dulu yang dapat Sobat Yummy nikmati di hari raya Idul Fitri tahun ini. Yuk simak selengkapnya!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kue Kaleng Lebaran Terbaik untuk Mengisi Moment Spesial

Biskuit Gem Rose

biskuit gem rose
Ilusrasi biskuit gem rose (blibli.com/Camilan 354)

Siapa yang bisa melupakan lezatnya biskuit gem rose? Kue kering ini merupakan salah satu kue lebaran jaman dulu yang paling populer. Biskuit gem rose juga dikenal dengan sebutan kue monas, kue kancing, atau kue bahagia.

Bentuknya yang unik yakni berbentuk bulatan kecil dengan topping kembang gula warna-warni yang mirip bunga mawar membuatnya semakin menarik dan selalu dinantikan saat momen lebaran tiba.

Kue Semprong

resep kue semprong
ilustrasi kue semprong (instagram.com/keriuksnack)

Kue semprong adalah kue lebaran jaman dulu yang punya tekstur garing dan rasa yang manis. Kata 'semprong' berasal dari bahasa Jawa yang merujuk pada teknik pengolahan memasak dengan memanggang menggunakan cetakan semprong yang kemudian digulung menyerupai lampu semprong.

Rasa kue semprong sendiri tidak terlalu manis. Dan dengan teknik pengolahannya yaitu memanggang adonan hingga kering, akan membuatnya terasa renyah di tiap gigitan. Oleh karena itu, tak heran jika kue semprong menjadi salah satu penganan wajib yang ada di rumah saat lebaran.

Kue Jahe

kue kering jahe
Ilustrasi kue kering jahe (yummy.co.id/Kiena)

Kue jahe memang sudah sejak lama menjadi ciri khas lebaran. Kue ini memiliki rasa yang unik, perpaduan antara rasa manis dan pedas dari jahe. Tak hanya enak, kue jahe juga baik untuk kesehatan karena jahe memiliki khasiat sebagai penghangat tubuh.

Kue Putu Kacang

kue putu kacang
Ilustrasi kue putu kacang (youtube.com/mochu mochi)

Kue khas lebaran selanjutnya adalah kue putu kacang. Kue putu kacang memiliki bentuk yang unik dan rasa yang tak terlupakan. Kue ini terbuat dari adonan tepung ketan yang dicampur dengan kacang tanah atau kacang hijau giling dan kemudian dipanggang hingga matang.

Kembang Goyang

kembang goyang
iStockphoto.com

Mengingat kue lebaran jaman dulu, tak akan komplit jika tidak menyebut kembang goyang. Kue satu ini memiliki bentuk cantik  yang mirip dengan kembang (bunga). Beberapa sumber menyebutkan bahwa kue kembang goyang berasal dari daerah Betawi, Jakarta.

Adaonan kue kembang goyang terbuat dari tepung terigu, gula, air, dan telur. Setelah adonan jadi, adonan akan dimasukkan ke dalam cetakan khusus yang kemudian digoreng sambil digoyang-goyang hingga matang.

Kue kembang goyang memiliki cita rasa manis dan sedikit gurih. Kelezatan dan teksturnya yang renyah menjadikannya favorit banyak orang dan menjadi kue yang selalu dicari saat lebaran.

Kue Koya

kue koya
Ilustrasi kue koya (ceritakulinerindonesia.blogspot.com)

Kue koya atau juga dikenal dengan nama kue terang bulan adalah kue yang selalu ada saat lebaran. Kue koya terbuat dari bahan-bahan yang mudah ditemui seperti kacang hijau, gula pasir halus, perisa vanili, dan sedikit air. Namun, proses pembuatannya ternyata cukup sulit dan perlu kehati-hatian. Mulai dari penyangraian dan penghalusan kacang hijau, lalu diayak dan dicampur dengan bahan-bahan lain, kemudian dicetak satu persatu. Adonan harus cukup padat agar ketika diambil tidak langsung hancur.

Proses pembuatan yang sempurna akan menghasilkan tekstur yang halus dan langsung meleleh didalam mulut. Rasanya yang khas membuat kue ini masih eksis hingga sekarang.

Baca Juga: 5 Kue Coklat Lebaran yang Harus Kamu Coba!

Itu dia enam kue lebaran jaman dulu yang penuh dengan kenangan. Meski zaman terus berubah, kelezatan dan kenangan dari kue-kue tersebut tak pernah pudar. Selain itu, berbagai kue lebaran jaman dulu yang Yummy App bagikan di atas tentu dapat dijadikan inspirasi Sobat Yummy yang ingin membuat kue lebaran sendiri di rumah.

Nah, jika ingin melihat inspirasi lebih banyak lagi mengenai kue lebaran, yuk unduh dan jelajahi Yummy App.

Penulis: Bella Charina Putri

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Atika

Atika

Kue Putri Salju

Kue Putri Salju

(5.0)

6 langkah

472

Artikel Lainnya di kuliner