15 Tempat Wisata Kuliner Khas Solo, Wajib Dikunjungi!

Sempurnakan trip ke Solo kamu dengan wisata kuliner berikut!

15 Tempat Wisata Kuliner Khas Solo, Wajib Dikunjungi!

penulis:

Ikhsanny Novira Ishlah

Bagikan:

Sebagai salah satu kota tujuan wisata di Jawa Tengah, Solo atau Surakarta tidak hanya menawarkan wisata sejarah dan budaya, tetapi juga wisata kuliner. Beragam kuliner khas yang patut dicoba dan masuk dalam wishlist kunjunganmu selama di Solo.

Tempat wisata kuliner di Solo juga banyak yang sudah berdiri puluhan tahun dan masih tetap eksis hingga kini karena terus menjaga kualitasnya.

Jika kamu punya rencana untuk melakukan perjalanan ke Solo, berikut 15 rekomendasi tempat wisata kuliner di Solo yang wajib dikunjungi. Jangan sampai menyesal melewatkan kenikmatan kuliner-kuliner berikut, selagi kamu masih di Solo!

1. Pecel Solo Resto

ilustrasi pilihan makanan dan suasana santap di Pecel Solo Resto
pilihan makanan dan suasana santap di Pecel Solo Resto (instagram.com/pecelsolopusat_)

Pecel Solo Resto atau Warung Pecel Solo menyajikan kuliner tradisional dengan interior restoran yang sangat lekat dengan budaya Jawa. Menu favorit yang bisa kamu pesan adalah nasi pecel ndeso, yakni nasi merah hangat yang dipadukan dengan lauk-pauk pecel lengkap. Cocok jadi menu makan siangmu, bahkan bagi kamu yang lagi diet sekalipun!

Selain nasi pecel ndeso, kamu juga bisa memesan menu makanan khas Solo lainnya seperti brambang asem dengan sayur ubi jalar dan bumbu gula jawa yang pedas manis. Ada juga gudangan atau uripan, nasi liwet komplet, hingga aneka pilihan gorengan dan jajanan tradisional yang sayang banget jika tidak kamu coba, mumpung sedang berkunjung ke Solo.

Restoran ini juga sangat pas dipakai untuk kumpul bersama keluarga dan sahabat. Kamu bisa reservasi terlebih dahulu jika ingin datang rombongan. Buka mulai pukul 08:00–16:00 WIB, beralamat di Jalan Prof. DR. Supomo No.55, Mangkubumen, Surakarta.

2. Mi Gajah Mas

ilustrasi mi gajah mas
ilustrasi mi gajah mas (instagram.com/migajahmas)

Mi Gajah Mas bisa jadi persinggahan selanjutnya untuk menikmati mi ayam enak. Selain mi kuning, kamu juga bisa memanjakan lidah dan mata sekaligus dengan memesan mi warna-warni, mulai dari mi hijau, mi ungu, mi merah, dan mi oren, yang dibuat dan diberi pewarna alami dari sayur-sayuran seperti ketela, wortel, dan sayuran hijau. Menarik, bukan?

Untuk dapat menikmatinya, kamu bisa berkunjung ke Jalan Suryopranoto No. 1 di depan Pasar Gede Solo. Jangan takut nyasar, karena letaknya persis di pusat kota, kok!

3. Serabi notosuman

ilustrasi serabi notosuman
ilustrasi serabi notosuman legendaris khas solo (instagram.com/srabinotosuman.surabaya)

Jelajah kuliner di Solo belum lengkap jika belum mampir mencicipi serabi Notosuman yang legendaris ini. Berdiri sejak 1923, serabi ini masih menjadi salah satu kuliner khas Solo favorit banyak wisatawan, terutama untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Adonan serabi dibuat dari tepung beras dan santan, kemudian diproses di atas tungku-tungku kecil dan diberi toping cokelat. Serabi kemudian dikemas dengan cara digulung dengan daun pisang, dan dapat dinikmati secara langsung, berbeda dengan serabi di daerah lain yang dinikmati dengan kuah santan manis.

Serabi Notosuman yang terkenal di Solo adalah Serabi Notosuman Ny. Lidia dan Serabi Notosuman Ny. Handayani yang berada di Jalan Moh. Yamin, Jayengan, Serengan, Surakarta.

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Makanan khas Samarinda yang Lezat dan Wajib Dibeli

4. Selat Solo Mbak Lies

ilustrasi selat solo mbak lies
ilustrasi selat bistik, selat galantin, dan selat lidah (instagram.com/selat.mbaklies)

Pertama kali memasuki warung selat yang satu ini, kamu akan berdecak kagum dengan interior yang unik dan terkesan meriah. Cocok untuk jadi spot foto yang instagramable sambil kamu menunggu makanan datang.

Selat adalah bentuk lain dari steak yang merupakan perpaduan antara bistik, yaitu potongan daging sapi has luar dan beragam jenis sayuran yang disebut selat, kemudian disajikan dengan kuah manis yang encer.

Untuk menunya, kamu bisa menikmati selat lidah, selat bistik, dan selat galantin. Selain menu selat, kamu juga bisa menikmati gado-gado, sup galantin, sup manten, hingga stup makaroni.

Kamu bisa berkunjung ke Jl. Yudhistira No. 9 Gang II/42, Srengan, Surakarta. Meski lokasi warung tersembunyi di dalam gang, dijamin kamu tidak akan menyesal sudah datang.

5. Selat Vien's

ilustrasis elat solo viens
ilustrasi selat solo viens (instagram.com/viens_selat)

Tempat wisata kuliner di Solo berikutnya yang wajib dikunjungi adalah Selat Vien’s yang selalu ramai mendekati jam makan siang. Selain menu selat solo yang terkenal, di sini kamu juga bisa memesan kuliner khas Solo yang lain seperti sup matahari, soto ayam, dan timlo yang siap memanjakan lidah.

Tidak perlu khawatir dengan harga, makan enak di sini bisa mulai dari Rp10,000-an saja per orang. Sangat terjangkau, bukan? Silakan berkunjung ke alamat mereka di Jalan Hasanudin No. 99 D/E, Punggawan, Banjarsari, Surakarta.

6. Sate Buntel Mbok Galak

ilustrasi sate buntel mbok galak solo
ilustrasi sate buntel mbok galak (instagram.com/satembokgalak_solo)

Seperti namanya, sate buntel adalah buntelan daging kambing yang yang dilapisi lemak tipis kemudian diolah seperti sate pada umumnya, yaitu dengan cara dibakar kemudian diberi bumbu.

Untuk menikmati sate buntel, salah satu tujuan kuliner yang bisa kamu sambangi adalah Warung Mbok Galak. Selain sate buntel yang jadi favorit, kamu juga bisa memesan menu olahan daging kambing lainnya seperti tengkleng dan tongseng.

Warung Mbok Galak juga sudah menjadi langganan banyak pejabat negara, dan termasuk salah satu favoritnya Presiden Joko Widodo untuk menikmati sate buntel. Berlokasi di Jalan Ki Mangunkarso No. 122, mulai buka pukul 06.00–16.00 WIB setiap harinya.

7. Sate Kere Yu Rebi

ilusrasi sate kere yu rebi solo
ilustrasi sate kere yu rebi solo (instagram.com/soloculinery)

Sate kere bisa jadi tujuan kulinermu selanjutnya di Solo. Makanan yang lahir dari kreativitas rakyat jelata pada zaman dulu ini, tercipta untuk memenuhi keinginan mereka yang ingin makan sate namun tidak mampu membeli daging. Jadilah sate kere yang dibuat dari tempe gambus, yaitu tempe dari ampas tahu dan jeroan sapi.

Salah satu tempat favorit untuk menikmati kuliner ini di Solo adalah Sate Kere Yu Rebi yang berada di Jalan Kebangkitan Nasional, Sriwedari, Laweyan, Surakarta. Warung yang sudah ada sejak tahun 1986 ini juga disebut sebagai salah satu tempat kuliner favorit keluarga Jokowi.

8. Kuliner Pasar Gede Solo

ilustrasi pukis kuliner pasar gede
ilustrasi pukis salah satu kuliner di pasar gede (instagram.com/pukispasargede)

Pasar Gede Hardjonagoro atau Pasar Gede Solo merupakan salah satu tujuan wisata kuliner para pelancong di Solo yang wajib kamu kunjungi. Aneka kuliner khas dapat kamu jumpai, seperti Dawet Selasih Bu Dermi yang populer, Tahok Pak Citro, Nasi Liwet Bu Sarmi, hingga Pukis Pasar Gede.

Jika kamu ingin berwisata kuliner, kamu bisa menuju ke Pasar Barat dan memarkirkan kendaraan di parkir barat. Pasar ini terletak di pusat kota dan sangat mudah diakses. Pasar ini juga merupakan pasar tertua sejak tahun 1930, jadi tidak heran kamu bisa menemukan kuliner khas Solo yang lengkap di sini.

9. Bale Padi Resto

Bale Padi Resto merupakan rumah makan dengan sajian makanan khas Jawa dan seafood, ditambah dengan interior bangunan seperti rumah panggung yang dapat mendukung suasana santap.

Rumah makan ini menawarkan suasana makan di tengah area persawahan, yang membuatmu dapat merasakan semilir angin sejuk karena memiliki konsep semi-indoor. Jika berkunjung ke restoran ini pada pagi dan siang hari, kamu akan disuguhi menu santapan khas Jawa mulai pukul 08.00 hingga 15.00. Setelah itu, kamu dapat menikmati aneka olahan seafood.

Lokasinya berada di Jalan Ovensari raya, Kadilangu, Baki, Sukoharjo.

10. Soto Gading 1

ilustrasi soto gading 1
ilustrasi soto gading 1 solo (instagram.com/sotogading1)

Soto gading merupakan menu kuliner berikutnya yang bisa kamu coba di Solo. Bercita rasa gurih dengan pilihan toping yang nikmat, yaitu pilihan soto daging sapi dan soto ayam. Disajikan dengan kuah kaldu bening dan kental dan kaya aroma rempah, kemudian disiram di atas nasi dan mi soun.

Soto ini jadi selera banyak pejabat termasuk Jokowi yang juga sudah menjadi langganan di sini. Soto Gading 1 berlokasi di Jalan Brigjen Sudiarto No. 75 Pasar Kliwon, alun-alun selatan keraton Solo.

Baca Juga: 15 Masakan Khas Surabaya yang Terkenal Enak

11. Es Krim Tentrem

ilustrasi es krim tentrem solo
ilustrasi es krim tentrem solo (instagram.com/neweskrimtentrem)

Beralih ke sesuatu yang bisa menyegarkan dahaga, yaitu es krim! Kamu bisa mampir ke warung es krim legendaris yang satu ini. Es Krim Tentrem adalah warung es krim yang sudah ada sejak tahun 1952 dan masih terus eksis hingga kini.

Es Krim Tentrem juga merupakan warung es krim produksi rumahan dan terus mempertahankan kualitas. Banyak pilihan menu es krim yang bisa kamu coba dengan harga mulai dari Rp12.000, saja. Pasti kamu bisa menemukan rasa es krim favoritmu di sini.

Jika kamu ingin berkunjung, kamu bisa datang ke Jalan Slamet Riyadi No. 132, Keprabon, Banjarsari, Surakarta. Buka mulai pukul 11.00–20.00 WIB.

12. Susu Segar Shi Jack

ilustrasi susus egar shi jack solo
ilustrasi susu segar shi jack solo (instagram.com/shijack.kotabarat_)

Ini adalah salah satu tempat nongkrong malam yang cukup terkenal di kota Solo. Susu Segar Shi Jack menyajikan berbagai macam racikan minuman susu segar sejak pertama kali hadir di Solo tahun 1982.

Kamu bisa berkunjung ke beberapa cabangnya di Solo, seperti yang berada di Jalan Kapt. Mulyadi depan Benteng Vastenberg, kemudian di depan Lapangan Kota Barat, Alun-Alun Sukoharjo, dan yang berada di kuliner malam Solo di Galabo.

13. Timlo Sastro

ilustrasi timlo sastro khas solo
ilustrasi timlo sastro khas solo (instagram.com/timlosastro.id)

Timlo merupakan makanan wajib jika ke Solo. Timlo adalah kuliner khas Solo yang terpengaruh dari kuliner Tionghoa, yaitu sup kimlo. Timlo merupakan makanan berkuah yang terasa seperti gabungan sup dan soto dengan isian ayam suwir, telur pindang, ati ampela, mi sohun, telur semur, dan wortel sebagai sayuran pelengkap

Hampir di setiap sudut kota, kamu bisa menemui warung atau penjual timlo. Namun, warung timlo terkenal yang sudah melegenda adalah Timlo Sastro yang sudah berdiri sejak tahun 1952 dan tetap menyajikan timlo dengan rasa yang tidak berubah sampai sekarang.

Dulunya warung ini berlokasi di Pasar Gede Solo, tetapi kini kamu bisa berkunjung ke lokasi baru mereka di Jalan Abdul Muis No. 32A, Kepatihan Kulon, Jebres, Surakarta.

14. Wedangan Pendhopo

ilustrasi makanan di wedangan pendhopo
ilustrasi suasana dan pilihan makanan di wedangan pendhopo (instagram.com/kulinersoloenak)

Wedangan Pendhopo merupakan lokasi wisata kuliner selanjutnya yang bisa kamu kunjungi. Tidak seperti wedangan yang umumnya di pinggir jalan, Wedangan Pendhopo menempati sebuah bangunan dengan konsep unik dan klasik, mulai buka pukul 3 sore, sangat pas untuk kamu yang ingin menikmati suasana malam.

Di sini, kamu bisa menikmati makanan khas wedangan atau angkringan dan dapat mengambilnya sendiri sesuai selera. Ada tempe, tahu, sate, dan berbagai macam lauk. Untuk menu spesialnya, kamu bisa memesan sayur ndeso atau sayur lombok ijo, kemudian menikmati secangkir jahe hangat. Cocok untuk menutup harimu yang telah seharian menikmati keseruan di Solo.

15. Galabo - Gladag Langen Bogan

ilustrasi suasana malam di galabo solo
suasana malam di Galabo Solo (instagram.com/galabo_solo)

Tempat wisata kuliner di Solo yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Galabo atau Gladag Langen Bogan. Galabo merupakan pasar kuliner malam di Solo yang buka mulai pukul 5 sore hingga 5 pagi. Cocok untuk kamu yang sering tiba-tiba kelaparan saat tengah malam.

Di sini, kamu bisa menemukan ragam kuliner khas Solo yang memanjakan lidah. Tinggal pilih ingin pesan apa, seperti tengkleng, cabuk rambak, nasi liwet, mi thoprak, hingga sate kere Yu Rebi pun buka cabang di sini dan bisa kamu temui.

Tempat kuliner malam ini berlokasi di Jalan Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu Pasar Kliwon. Kalau siang, fungsi tempat ini hanya sebagai jalan raya biasa.

Itulah 15 rekomendari tempat wisata kuliner di Solo yang wajib dikunjungi. Apakah kamu sudah punya pilihan untuk dikunjungi dalam waktu dekat?

Baca Juga: ​10 Oleh-oleh Khas Parepare yang Wajib Dibeli saat Traveling

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Enggar Nugraheni Putri

Enggar Nugraheni Putri

Timlo Solo #JagoMasakMinggu8Periode3

Timlo Solo #JagoMasakMinggu8Periode3

(5.0)

5 langkah

3.5 rb

Artikel Lainnya di kuliner