7 Lauk Pendamping Sayur Asem yang Paling Enak dan Populer

Ingin cicipi lauk pendamping sayur asem yang enak?

7 Lauk Pendamping Sayur Asem yang Paling Enak dan Populer

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Sayur asem adalah hidangan yang cukup populer. Biasanya Sobat Yummy akan menemukan sayur asem di warteg atau rumah makan masakan Indonesia. Makanan ini memiliki banyak versi karena tiap daerah memiliki ciri khas sayur asemnya tersendiri. Walau begitu, sayur asem akan tetap menggugah selera bila didampingi oleh lauk yang tepat. Jadi, apa saja lauk pendamping sayur asem yang paling enak dan populer? Cari tahu, yuk!

1. Ayam goreng

ilustrasi ayam goreng ketumbar
ilustrasi ayam goreng ketumbar (yummy.co.id/andrenia giawati)

Ayam goreng adalah salah satu lauk pendamping sayur asem favorit yang selalu laku keras. Sajian ayam yang digoreng garing ini membawa cita rasa yang khas. Cobalah padankan rasa gurih dari ayam goreng dengan asamnya sayur asem. Pastinya kamu akan ketagihan.

2. Ikan bawal atau mujair goreng

resep ikan goreng tepung
ilustrasi ikan goreng tepung (yummy.co.id/khayyo kitchen)

Ikan goreng tak kalah nikmatnya sebagai pilihan lauk pendamping sayur asem. Ikan bawal atau mujair goreng merupakan opsi umum yang bisa kamu temui. Rasa gurih yang dihadirkan oleh ikan goreng ini akan semakin sempurna ketika dipadukan dengan lezat dan segarnya sayur asem.

3. Ikan asin

resep kering ikan asin
ilustrasi kering ikan asin (flickr.com/gustiputu)

Kalau Sobat Yummy menyukai makanan dengan cita rasa yang kuat, tak ada salahnya umtuk mencoba menambahkan ikan asin sebagai lauk pendamping sayur asem. Ikan asin akan menambah kelezatan rasa asin, gurih, dan sedikit pedas yang ada pada sayur asem. Dijamin, kamu akan makan semakin lahap.

Baca Juga: 10 Daftar Sayuran Hijau, Baik untuk Kesehatan

4. Tahu

kandungan gizi tahu goreng
ilustrasi tahu goreng (pexels.com/ALTEREDSNAPS)

Bagi pelaku diet atau kamu yang berupaya menjaga pola makan sehat, tahu bisa menjadi salah satu lauk pendamping sayur asem favorit. Tahu dikenal sebagai sumber protein nabati yang rendah lemak dan kaya protein. Tahu dapat menambah rasa gurih pada sayur asem yang menyegarkan.

5. Tempe

kalori tempe goreng
ilustrasi tempe goreng (flickr.com/okalbum)

Tempe merupakan lauk pendamping sayur asem yang cocok untuk kamu dengan budget terbatas. Harga tempe yang terjangkau tidak menjadikannya kalah lezat. Tempe goreng ataupun tempe bacem, keduanya sangat cocok disantap dengan sayur asem yang segar.

Baca Juga: Kalori Tempe Goreng, Kandungan Gizi, Manfaat dan Tips Memasaknya

6. Telur dadar

telur dadar krispi
(yummy.co.id/Ummu Alfard)

Telur dadar adalah pilihan lauk pendamping sayur asem yang sederhana tapi lezat. Teksturnya yang lembut di dalam dan krispi di luar dengan rasa gurihnya yang nikmat, membuat telur dadar menjadi pilihan yang tepat untuk menemani sayur asem dalam setiap hidangan.

7. Udang tepung

udang goreng saus
ilustrasi udang goreng (pexels.com/RODNAE Productions)

Udang tepung bisa menjadi pilihan untuk kamu yang menginginkan lauk pendamping sayur asem dengan rasa yang lebih spesial. Gurih dan renyahnya udang tepung ditambah dengan sayur asem menjadikan setiap suapan makan menjadi santapan yang menggugah selera.

Itulah tujuh lauk pendamping sayur asem yang paling enak dan populer dari Yummy App. Setiap lauk pendamping memiliki keunikan tersendiri dan mampu menghadirkan rasa yang melengkapi kenikmatan sayur asem. Jadi, sudah siap mencoba?

Baca Juga: 10 Resep Sayur Asem Enak dan Lezat untuk Variasi Menu Harianmu

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Hamdiyah

Hamdiyah

Tahu Goreng Kencur

Tahu Goreng Kencur

(5.0)

30 mnt

59

Artikel Lainnya di kuliner