Advertisement

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

15 Lauk Pendamping Nasi Kuning yang Lezat dan Jadi Favorit

Pilih kering tempe atau kering kentang?

15 Lauk Pendamping Nasi Kuning yang Lezat dan Jadi Favorit

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Nasi kuning adalah lambang dari momen penting di Indonesia, mulai dari perayaan ulang tahun, hari jadi pernikahan, hingga peringatan kemerdekaan. Keistimewaannya terletak pada lauk nasi kuning yang beragam dan cocok dinikmati sebagai pendamping yang saling melengkapi. 

Dari sekian banyak lauk pauk yang disajikan bersama nasi kuning, Yummy App telah merangkum beberapa di antaranya yang jadi favorit banyak orang. Cek selengkapnya di sini, ya! 

1. Kering tempe

potret kering tempe
potret kering tempe (flickr.com/Nugrahini Tj)

Lauk nasi kuning yang wajib ada di setiap hidangan adalah kering tempe. Sajian yang terkenal dengan rasa manis khas kecap ini biasa dikombinasikan dengan kacang tanah dan teri goreng yang memperkaya tekstur. 

Pulen dan gurihnya nasi kuning sangat cocok dinikmati dengan kering tempe yang terkaramelisasi. Sebagian resep kering tempe juga dilengkapi tumisan cabai merah untuk menghadirkan sensasi pedas ringan. 

2. Mi goreng

ilustrasi mi goreng untuk lauk nasi kuning
ilustrasi mi goreng untuk lauk nasi kuning (freepik.com/Freepik)

Meski kita dianjurkan tidak memadukan dua karbo dalam piring yang sama, tapi mi goreng nyatanya tak terpisahkan dari lauk nasi kuning, lho. 

Pendamping yang wajib hadir dalam seporsi nasi kuning adalah mi goreng yang ditumis dengan bumbu dasar putih, ditambah sedikit kecap, dan dilengkapi wortel atau kol. 

Porsi mi goreng yang diimbuhkan juga berkisar hanya 1–2 sendok makan, jadi tidak berlebihan untuk nasi kuning yang sarat karbohidrat. 

3. Kering kentang

ilustrasi kering kentang untuk lauk nasi kuning
ilustrasi kering kentang untuk lauk nasi kuning (flickr.com/Herman Saksono)

Lauk pendamping yang juga digemari banyak orang adalah kering kentang. Tidak hanya untuk nasi kuning, kering kentang biasanya cocok dimakan dengan berbagai hidangan. 

Karena diiris menyerupai batang korek api, tekstur krispi masih mendominasi kering kentang yang dibalut bumbu balado. Potongan tipis itu membuat bumbu mudah merasuk, sehingga kamu pasti sulit menghentikan suapan karena ketagihan.

4. Sambal goreng ati

ilustrasi sambal goreng ati untuk lauk nasi kuning
ilustrasi sambal goreng ati untuk lauk nasi kuning (flickr.com/Andini Miriam)

Sajian legendaris yang tidak luput menjadi lauk nasi kuning berikutnya adalah sambal goreng ati. Makanan dengan tipe semi basah ini dibuat dari potongan kentang, hati hewan, dan tahu, yang digoreng setengah matang. 

Bahan utama itu lalu ditumis bersama bumbu dasar merah dan ditambah santan kental untuk memunculkan rasa gurih serta minyak alami dari kelapa.

Hasilnya adalah masakan dengan bumbu yang medok dan wangi. Buat sambal goreng ati lebih spesial dengan mencemplungkan petai dan bawang goreng di akhir sesi memasak, ya!

5. Sambal dan lalapan

ilustrasi sambal dan lalapan untuk lauk nasi kuning
ilustrasi sambal dan lalapan untuk lauk nasi kuning (flickr.com/Eko Juniarto)

Pelengkap sajian nasi kuning berikutnya adalah makanan khas dari Indonesia yang mustahil terlewatkan. Sambal adalah olahan sederhana yang bisa membuat nasi kuningmu terasa istimewa. 

Campuran rempah-rempah yang terdiri dari cabai, bawang merah, dan terasi yang dihaluskan, ternyata adalah ramuan terbaik nenek moyang kita. Apalagi kalau dibuat dengan ulekan tangan, wah tiada duanya! 

Kenikmatan sambal akan berlipat manakala kita menyantapnya bersama lalapan yang segar. Kamu bisa menemukan mentimun, kemangi, hingga selada, di piring-piring berisi nasi kuning dengan mudah.  

Baca Juga: ​Resep Nasi Uduk Magic Com Anti Gagal, Menu Praktis Anak Kos

6. Irisan telur dadar

ilustrasi lauk nasi kuning
ilustrasi lauk nasi kuning (flickr.com/Belanga Indonesia)

Beralih ke sumber protein hewani untuk lauk nasi kuning, telur dadar yang diiris tipis cukup jadi idaman. Bukan sembarang telur dadar, sajian ini terbuat dari kocokan telur yang digoreng sebentar dengan sedikit minyak. 

Kuncinya ada pada durasi memasak dan takaran minyak yang digunakan. Kamu tidak boleh membuatnya menjadi garing dan berwarna kecokelatan. Jadi, cukup goreng dengan 1 sendok teh minyak dan biarkan di atas wajan sekitar 4 menit. 

Selepas dingin kamu bisa melipatnya jadi dua bagian dan memotongnya memanjang. Resep ini mempertahankan tekstur lembut dan warna cerah telur dadar yang jadi daya tarik nasi kuning. 

7. Ayam goreng

ilustrasi lauk nasi kuning
ilustrasi lauk nasi kuning (flickr.com/Thank You (23 Millions+) views)

Pilihan lauk nasi kuning lainnya berasal dari olahan daging ayam yang dimasak di minyak panas. Pertama-tama, potongan ayam diungkep dengan bumbu kuning sampai dagingnya lunak. Kemudian daging digoreng sampai menghasilkan warna golden brown

Bumbu yang meresap sempurna akan menjaga teksur juicy di dalam, sementara bagian luar akan kering. Rasa asin adalah padanan yang pas untuk nasi kuning. Apalagi jika dicocol sambal, wah rasanya tidak ada yang bisa mengalahkan kelezatan ayam goreng!

8. Rendang

ilustrasi lauk nasi kuning
ilustrasi lauk nasi kuning (flickr.com/Arista Palembang)

Sebagai makanan yang kelezatannya telah diakui secara global, rendang adalah hidangan kehormatan untuk lauk nasi kuning. Potongan daging yang dimasak lama dalam rempah-rempah dan santan, membuat rendang berlimpah bumbu yang bisa membuat lidah terkesan. 

Nasi kuning yang cenderung kering, bisa berpadu selaras dengan bumbu rendang yang basah. Sehingga kombinasi rendang yang empuk akan menghasikan cita rasa yang seimbangkan dengan gurihnya nasi kuning. 

9. Telur balado

ilustrasi lauk nasi kuning
ilustrasi lauk nasi kuning (flickr.com/stevan kenzo)

Selain telur dadar, telur balado juga terkenal menjadi lauk pelengkap nasi kuning, lho. Telur utuh akan direbus sampai matang, lalu digoreng sebentar untuk menjaga bentuknya agar tidak hancur. 

Nah, untuk bumbu baladonya terbuat dari campuran cabai, bawang, dan tomat yang dihancurkan. Bumbu pedas itu ditumis sampai wangi, dan telur dimasukkan berikutnya.

Kalau bumbu sudah surut dan agak mengering, tandanya telur balado siap dihidangkan bersama nasi kuning. Pedas dari telur balado akan jadi pelengkap sempurna untuk nasi kuning yang gurih.

10. Perkedel kentang

ilustrasi lauk nasi kuning
ilustrasi lauk nasi kuning (flickr.com/orukasan)

Ayam goreng bukan satu-satunya hidangan gorengan yang menjadi lauk nasi kuning. Kamu bisa dengan mudah menemukan perkedel kentang mendampingi nasi kuning. 

Kalau kamu menyukai kentang, perkedel barangkali adalah olahan yang akan sangat kamu nikmati. Kentang rebus yang dihancurkan akan dicampur bumbu dan bawang goreng. Lalu adonan yang dibentuk bulat pipih itu dibalur telur dan digoreng sampai kecokelatan. 

Saat dimakan bersama nasi kuning, perkedel akan memperkuat rasa gurih di mulut. Teksturnya yang lembut juga gampang diterima oleh berbagai kalangan usia.

11. Sate lilit

ilustrasi sate lilit
ilustrasi sate lilit (flickr.com/Pencar Seafood & Grill)

Sate lilit yang biasa hadir di nasi campur khas Bali, juga diadaptasi menjadi lauk nasi kuning. Daging giling yang dicampur rempah plus parutan kelapa adalah perpaduan yang rasanya tidak perlu diragukan. 

Apalagi aroma rempah adonan yang dililitkan ke batang serai lalu dibakar, pasti berhasil menggugah selera. Cara pengolahan itu juga memunculkan harum khas smoky yang hanya ditemui pada sate. 

12. Abon

ilustrasi abon untuk lauk nasi kuning
ilustrasi abon untuk lauk nasi kuning (flickr.com/Adhi Nugraha)

Abon adalah hasil olahan daging yang dimasak dengan membuang kadar air sehingga tertinggal serat-seratnya bersama bumbu. Abon jadi salah satu opsi lauk nasi kuning yang sangat masuk di lidah orang Indonesia. 

Rasanya yang gurih-manis sudah cukup menjadi alasan jikalau abon jadi satu-satunya lauk nasi kuning. Dibanding lauk lain, abon bisa bertahan paling lama dan bisa diperoleh secara instan di toko-toko. Jadi, kalau kamu mendambakan nasi kuning enak dan simpel, pilihlah abon untuk menu sampingannya.

13. Sambal cumi

ilustrasi lauk nasi kuning yang beragam
ilustrasi lauk nasi kuning yang beragam (flickr.com/Thanathip Moolvong)

Perpaduan antara nasi kuning dan sambal cumi mungkin tidak seumum pilihan lauk yang lain. Namun, jangan salah, menu sambal cumi telah banyak dijajakan di tempat makan dan dihidangkan bersama nasi kuning. 

Daging cumi yang kenyal dan dibalut sambal pedas, nyatanya adalah variasi lauk nasi kuning yang dinikmati banyak orang. Rasa gurih dari nasi kuning adalah elemen yang menyeimbangkan keduanya. Penasaran bagaimana kombinasi dari itu? Silakan dicoba!

14. Acar

ilustrasi lauk nasi kuning lengkap
ilustrasi lauk nasi kuning lengkap (flickr.com/Kenneth)

Beberapa orang yang tidak suka sensasi seret dari nasi kuning, mungkin akan menyukai acar mentimun yang menyegarkan. Irisan mentimun bersama potongan cabai dan bawang merah akan dimasak dalam cuka sampai sedikit layu. 

Dengan tambahan sedikit gula, kamu akan mendapat rasa asam-manis yang membuat lidah bergoyang. Pun saat dimakan dengan nasi kuning, kenikmatan acar tidak akan berkurang. Malah, tekstur kriuk acar akan memperkaya rasa. 

15. Urap

ilustrasi lauk nasi kuning
ilustrasi lauk nasi kuning (flickr.com/ Herman Saksono)

Daftar lauk nasi kuning yang terakhir berasal dari olahan sayur mayur, nih. Urap adalah campuran aneka sayur seperti daun singkong, bayam, kecambah, dan kacang panjang, yang diaduk bersama parutan kelapa berbumbu. 

Bumbu merah khas urap biasanya terbuat dari bawang, cabai, kencur, dan gula merah yang dihaluskan bersamaan. Lalu dimasak bersama parutan kelapa. 

Dengan rasa gurih-manis urap, nasi kuning akan semakin nikmat. Apalagi varian sayur yang beragam bisa menambah tekstur dan nutrisinya terjaga karena direbus sebentar. 

Lauk nasi kuning yang sangat bervariasi adalah bukti kekayaan kuliner khas Indonesia. Itu juga menunjukkan ada banyak cara menyantap nasi kuning, yang nyatanya cocok dipadukan dengan beragam lauk pauk.  Nah, dari menu pendamping nasi kuning itu, mana yang paling kamu sukai, nih?

Yuk, download aplikasi Yummy sekarang untuk dapatkan informasi dan resep masakan terbaru setiap hari.

Baca Juga: 10 Lauk Pelengkap Nasi Liwet Komplit yang Mantap, Wajib Ada!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Susi Sandra

Susi Sandra

Nasi Kuning Aron

Nasi Kuning Aron

(5.0)

45 mnt

571

Artikel Lainnya di kuliner