Advertisement

Advertisement

Advertisement

15 Macam Jenis Dimsum Terpopuler di Indonesia dan Dunia

​Dimsum ternyata nggak cuma satu jenis, lho!

15 Macam Jenis Dimsum Terpopuler di Indonesia dan Dunia

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Kamu pasti udah nggak asing dong dengan makanan bernama dimsum? Dimsum adalah makanan tradisional khas Tionghoa yang terdiri dari sepotong kecil pangsit dan makanan ringan lainnya, biasanya makan ini dihidangkan untuk menemani waktu minum teh tiba. Hidangan ini juga biasanya dijadikan sebagai makanan bingkisan yang diberikan ke keluarga atau kerabat!

Awal mulanya, dimsum adalah makanan yang berasal dari wilayah Guangdong, China Selatan. Setelah beberapa waktu kemudian, makanan ini semakin dikenal dan mulai populer di Hong Kong karena terbawa arus oleh para pelancong dan juga kaum pedagang pada masanya.

Di China sendiri, dimsum umumnya dikonsumsi selama jam makan pagi maupun siang. Namun, semakin populernya makanan ini, akhirnya dimsum bisa dihidangkan di waktu kapanpun yang kamu mau! Nah, kamu tau nggak sih, ternyata dimsum itu nggak hanya satu jenis makanan lho! Ada banyak macam-macam dimsum yang pastinya sering kamu dengar namanya. Ada apa saja? Berikut ini macam-macam dimsum yang harus kamu tahu!

Advertisement

1. Har Gow (Shrimp Dumplings)

1.

Dari berbagai macam-macam dimsum, kita akan awali dengan Har gow atau pangsit udang yang merupakan dimsum tradisional kanton yang paling terkenal. Makanan ini berasal dari sebuah keluarga di Wufeng, Wucun, yang terletak di pinggiran kota Guangzhou pada awal abad ke-20. 

Sekilas dimsum ini terlihat mirip dengan siomay udang, bukan? Tapi kulit pangsit yang digunakan har gow ini ternyata berbeda, lho! Kulit siomay teksturnya sedikit lebih kenyal, sedangkan har gow memiliki kulit yang lebih tipis, bening, dan terlihat mengkilap ketika dimasak. 

Kulit har gow yang tipis ini digunakan agar udang yang ada di dalamnya tetap terjaga kesegarannya dan juga teksturnya. Nah, isian har gow juga bukan hanya udang, lho! Biasanya, akan ada tambahan rebung dan daging yang menambah cita rasanya!

Ada sedikit perbedaan saus yang digunakan saat memakan har gow di asia tenggara dan asia selatan. Di Asia Tenggara, har gow biasanya dihidangkan dengan tambahan saus cabai yang cenderung manis. Sementara di Hong Kong, har gow dihidangkan dengan saus minyak cabai pedas (chili oil).

Advertisement

2. Siu May (Steamed Dumplings)

2.

Selanjutnya dalam macam-macam dimsum dari Yummy App kali ini, adalah siu may, shumai, atau siomay pasti sering kamu temui di berbagai negara. Namun, cita rasa siomay dari negara China ini nggak bisa dilewatkan untuk kamu coba! Siomay dari China ini biasanya menggunakan berbagai isian yang menggugah selera, seperti beras ketan, jamur, water chestnut, daging sapi, hingga udang. 

Pangsit kukus ini disajikan dengan kulit yang kenyal dan berwarna kuning yang khas. Bukan cuma itu, ketika siomay ini dikukus mereka akan mengeluarkan wangi khas yang bakal bikin kamu tergoda!

3. Nai Wong Bao (Steamed Custard Buns)

3.

Dari berbagai macam-macam dimsum, salah satu jenis dimsum favorit semua orang adalah custard buns! Makanan ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu aroma susu dan rasa dari kuning telur yang kuat, tetapi tidak amis. Penampilan buns ini juga sangat menarik, custard buns terlihat putih bersih di bagian luarnya, tetapi berwarna kuning cerah di bagian dalamnya. 

Para penjual custard buns ini biasanya menjual custard buns dengan berbagai ukuran dan bentuk yang unik. Nah, last but not least, makanan ini mengandung banyak kalori, jadi sebaiknya dihindari kalau kamu sedang mengontrol asupan kalori yah!

4. Bean Curd Sheet Rolls

4.

Pasta daging yang digulung rapat di dalam kembang tahu adalah salah satu dimsum yang populer saat ini dibandingkan berbagai macam-macam dimsum lainnya. Daging yang digunakan di hidangan ini adalah daging udang, babi, atau campuran antara keduanya. 

Nah, ada dua penyajian yang bisa kamu pilih ketika menemukan makanan ini, yaitu digoreng atau dikukus dengan kuah kaldu yang sedap! Namun, biar kamu gak penasaran, kamu harus coba keduanya dan rasakan sensasinya!

5. Fried Spring Rolls

5.

Berbeda dari berbagai macam-macam dimsum sebelumnya, apakah kamu termasuk pecinta dimsum goreng? Ada baiknya kamu coba dimsum yang satu ini. Yup, fried spring roll! Makanan yang juga dikenal dengan nama lumpia goreng ini memiliki beberapa jenis lainnya, yaitu lumpia sayur dan lumpia daging. Biasanya lumpia goreng ini akan disajikan dengan saus gurih yang dapat menambah cita rasa lumpia goreng yang renyah!

6. Steamed Sponge Cake

6.

Setelah mengenal macam-macam dimsum yang asin dan gurih, saatnya kenalan dengan dimsum manis yang satu ini! 

Yup, steamed sponge cake menjadi salah satu dimsum yang punya banyak peminat di dunia. Terbuat dari gula merah, terigu, susu, dan telur makanan ini memiliki hasil akhir yang sangat lembut dan sangat ringan di mulut. Makanan yang juga dinamai mai lai gou ini biasanya dihidangkan sebagai makanan penutup, lho!

Baca Juga: ​20 Jenis Pasta Berdasarkan Bentuknya, Apa Bedanya?

7. Cheong Fun (Steamed Rice Rolls)

7.

Cheong fun adalah dimsum yang berasal dari Luoding, provinsi Guangdong, China. Daya tarik dari makan ini adalah karena gulungan nasi yang tipis dan diberi isian daging berbumbu barbeku. Saat menghidangkan makanan ini, biasanya penjual akan memberikan saus yang berbahan dasar kedelai.

8. Xiaolongbao

8.

Tidak kalah terkenal dengan berbagai macam-macam dimsum sebelumnya, si putih cantik xiaolongbao ini adalah dimsum yang paling terkenal di dunia. Xiaolongbao pada dasarnya adalah sebuah pangsit mini yang diisi dengan daging cincang dan dihidangkan dengan kaldu sup yang memiliki aroma yang khas.

Ada cara yang tepat untuk memakan hidangan ini, yaitu dengan meletakkan pangsit di atas sendok dan membuat lubang kecil di tengah pangsitnya. Setelah itu biarkan kaldu panas mengalir keluar. Cara ini bisa menjauhkanmu dari xiaolongbao yang super panas!

9. Steamed Chicken Feet

9.

Steamed chicken feet atau ceker memang jadi makanan primadona di negara mana pun. Salah satunya adalah di China. Ceker yang ada di dimsum ini memiliki cita rasa yang unik, karena pada saat pembuatannya makanan ini dibuat dengan berbagai macam bumbu, seperti bawang putih cincang, jahe, kayu manis, minyak ladam minyak wijen, sari ayam, dan masih banyak lagi.

10. Deep Fried Meat Dumplings

10.

Kalau kamu tanya dari berbagai macam-macam dimsum, hidangan dimsum yang paling umum di China, jawabannya adalah deep fried meat dumpling! Pangsit daging ini memiliki isian daging, daun bawang, jamur hitam kering, dan juga jicama. Teksturnya yang garing dan lembut di dalam membuat makanan ini menjadi favorit semua orang.

11. Egg Tart

11.

Egg tart menjadi makanan yang masuk ke dalam jenis dimsum di China. Menurut sejarahnya, egg tart dibuat karena adanya persaingan ketat antar koki di berbagai departemen store Guangdong pada tahun 1920-an. Setelah itu, egg tart akhirnya muncul di Guangzhou dan secara bertahap masuk menjadi salah satu jenis dimsum di China.

Egg tart adalah pai ala negeri barat yang diisi dengan isian daging dan telur. Makanan ini memiliki lapisan luar yang renyah dan lapisan dalam yang lembut seperti bubur telur yang dipadatkan. Siapa yang sudah coba dimsum jenis ini?

12. Turnip Cake

12.

Turnip cake adalah dimsum yang menjadi favorit masyarakat provinsi Fujian Selatan dan provinsi Guangdong, China. Makanan ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang lezat. 

Bahan utama pembuatan turnip cake ini adalah tepung beras, lobak putih, dan juga daging asap mentah.

13. Taro Cake

13.

Taro cake menjadi makanan spesial yang ada di jejeran hidangan dimsum lainnya. Kue yang berbahan dasar talas ini adalah makanan khas yang berasal dari Guangdong. Namun, lambat laun semakin terkenal hingga ke Hong Kong dan Makau. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lengket menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar taro cake ini.

14. Water Chestnut Cake

14.

Water chestnut cake, menjadi salah satu dimsum yang sudah ada bahkan sejak kejayaan Dinasti Tang (618–907M). Hidangan ini memiliki ciri khas berwarna kuning gelap dan bening, rasanya cenderung manis dan bertekstur lembut. Hanya ada dua bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini, yaitu water chestnut powder dan juga sirup khusus.

15. Lo Mai Gai (Sticky Rice with Chicken Chunks)

15.

Dari berbagai macam-macam dimsum dari Yummy App kali ini, inilah jenis dimsum terakhir yang akan dibahas, yaitu lo mai gai, yang merupakan hidangan dimsum yang terbuat dari beras ketan. Selain itu, isian dari makanan ini menggunakan potongan daging ayam, sosis China, dan juga telur rebus. 

Dimsum jenis ini sudah terkenal di berbagai negara di Asia. Tapi, kalau kamu mau coba rasa Lo Mai Gai yang autentik, kamu bisa cari makanan ini di Hongkong! Nah, biasanya para pedagang akan menyajikan makanan ini di dalam daun teratai.

Itu dia macam-macam dimsum dari Yummy App kali ini yang harus kamu coba. Nggak perlu jauh-jauh ke China kok, di Indonesia pun udah banyak banget kedai makanan khas China yang menyediakan makanan ini. Selamat mencoba!

Baca Juga: ​Resep Ngohiong Ayam yang Simple dan Halal ala Chinese Food

Bagikan:

Advertisement

Artikel Terpopuler

Advertisement

resep masakan terkait

matcha

matcha

Mini Vegan Spring Rolls #JagoMasakMinggu3Periode2

Mini Vegan Spring Rolls #JagoMasakMinggu3Periode2

(5.0)

6 langkah

794

Artikel Lainnya di kuliner

Advertisement