​15 Macam Soto di Indonesia yang Lezat dan Bikin Nagih!

Makanan berkuah dan gurih yang jadi favorit semua kalangan

​15 Macam Soto di Indonesia yang Lezat dan Bikin Nagih!

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Berbicara tentang keanekaragaman kuliner yang dimiliki, setiap daerah di Indonesia memiliki karakteristiknya masing-masing meskipun terdapat banyak makanan yang serupa.

Salah satu makanan yang terbilang umum namun memiliki keunikannya tersendiri untuk tiap-tiap daerah yang ada di Indonesia adalah soto. Soto yang dibuat di Kota Medan, berbeda dengan soto betawi yang ada di Kota Jakarta. Hmm, menarik sekali ya!

Tapi tahukah kamu, ternyata soto merupakan makanan hasil akulturasi dari hidangan negara Cina dan menyebar di kota-kota yang ada di Indonesia.

Nah supaya kamu lebih tau ragam macam pilihan soto yang ada di Indonesia beserta dengan karakteristiknya, yuk simak artikel seputar macam-macam soto di Indonesia yang telah Yummy App rangkum di bawah ini!

1. Soto Betawi

1. Soto Betawi

Kalau kamu lagi ada di daerah ibu kota Jakarta, jangan lupa untuk mencicipi soto betawi! Soto ini menggunakan santan dan susu sebagai kuah. Ketimbang manis, rasanya sangat gurih lho! Isiannya sendiri terdiri dari daging sapi, jeroan sapi seperti paru, hati, babat, hingga torpedo.

Untuk komponen pelengkapnya biasanya ditambahkan dengan tomat, daun bawang, bawang goreng, kerupuk emping dan jeruk limau untuk menyegarkan rasa. Sudah pernah coba?

2. Soto Kuning Bogor

2. Soto Kuning Bogor

Soto kuning menjadi salah satu kuliner legendaris dari Kota Bogor. Sama seperti soto betawi, soto kuning khas Bogor ini juga menggunakan santan sebagai kuahnya. Sedikit perbedaannya adalah, santan pada kuah soto ini berwarna kuning karena menggunakan kunyit.

Isian dari soto ini biasanya menggunakan daging sapi, kikil sapi, hingga jeroan sapi seperti paru, babat, iso, dan masih banyak lagi. Buat kamu pecinta jeroan sapi, wajib banget buat coba soto ini di Bogor!

3. Soto Medan

Lagi jalan-jalan ke Kota Medan? Jangan lupa buat cobain soto medan, ya! Soto ini punya ciri kuah santan yang pekat dengan cita rasa rempah yang khas. Hampir sama seperti soto kuning dari Bogor, soto medan ini juga memiliki kuah kental berwarna kuning. 

Nah, yang membedakan kelezatan kedua soto tersebut tentunya adalah penggunaan rempahnya. Soto medan menggunakan bunga tawang, lengkuas, serai, jintan, lada hitam, jahe, hingga kunyit pada campuran kuahnya. Dijamin bikin kamu ketagihan!

Ada apa aja isian dari soto ini? Di soto medan ini kamu bisa memilih daging sapi, paru sapi, atau daging ayam sebagai pilihan isian. Selain itu di dalamnya juga disertai dengan kikil sapi yang lembut dan empuk. Nikmat!

4. Soto Bandung

Disiram dengan kuah bening dari kaldu sapi yang segar, soto bandung dilengkapi dengan isian potongan lobak, bihun, daging sapi, dan kacang tanah. Secara tampilan bisa terbilang sederhana, namun rasanya yang ringan dan menyegarkan selalu membuat orang ketagihan ketika menyantap soto bandung!

5. Soto Grombyang

5. Soto Grombyang

Seringkali dikira rawon, soto grombyangan adalah soto khas dari Kota Pemalang, Jawa Tengah.

Soto dengan kuah hitam pekat ini terbuat dari bumbu kluwek yang gurih. Isian soto ini juga cukup banyak, mulai dari serundeng, tauco, daging sapi, hingga beberapa cabai utuh. Penasaran seperti apa rasanya? Yang jelas nikmat!

6. Soto Banjar

6. Soto Banjar

Soto banjar memiliki rasa asin dan rempah yang sangat kuat. Ini karena pada saat pembuatannya menggunakan rempah-rempah seperti kapulaga, cengkeh, kayu manis, dan pala. 

Rasa unik lainnya pada soto banjar terdapat pada rebusan ayam kampung yang memang digunakan menjadi isian utama soto ini.

7. Soto Kudus

Salah satu soto yang terkenal di Indonesia adalah soto kudus. Soto ini terkenal karena ciri khas penyajiannya di dalam mangkuk kecil. Walaupun menggunakan mangkuk kecil, soto kudus ini punya isian yang banyak banget!

Berisikan toge, suwiran daging ayam, perkedel kentang, hingga sate-satean. Walaupun tampak sedikit, tapi setelah disantap selalu mengenyangkan.

Kuah soto kudus cenderung lebih encer dan berwarna kuning karena menggunakan kunyit. Pas banget buat menu makan siang kamu!

8. Soto Ayam Kediri

8. Soto Ayam Kediri

Sesuai dengan namanya, soto ayam khas Kediri ini memang dibuat dengan bahan utama ayam. Soto ini juga terkenal dengan kuah kuning yang lezat karena dibuat dengan menggunakan kunyit dan rempah-rempah lainnya. Kuahnya yang gurih ini bakal bikin kamu susah lupa dengan rasa soto ayam kediri!

9. Soto Lamongan

9. Soto Lamongan

Sesuai namanya, soto ini merupakan soto khas dari Kota Lamongan, Jawa Timur. Ciri khas soto ini adalah penggunaan serbuk koya pada kuah sotonya.

Apa itu koya? Koya adalah bubuk yang terbuat dari kerupuk udang dan juga bawang goreng yang ditumbuk halus. 

Selain itu, kuah yang gurih pada soto lamongan ini terbuat dari beberapa bumbu halus seperti bawang, merica, kemiri sangrai, kunyit, hingga ketumbar. Isiannya pun sangat bervariatif, kamu bisa menemukan daging ayam, ceker, telur, irisan sayur kol, dan juga bihun. Menarik banget, kan?

10. Soto Bangkong

10. Soto Bangkong

Meskipun namanya bangkong, bukan berarti bahan utama soto ini katak, ya! Soto yang populer di Kota Semarang ini memiliki ciri khas kuah yang bening dengan warna kecoklatan karena penggunaan kecap.

Ketika kamu memesan satu porsi soto bangkong, kamu akan mendapatkan soto dengan isian daging ayam, bihun, taoge, taburan bawang, dan juga irisan tomat. Kebanyakan orang menyantap soto ini dengan langsung mencampurkannya dengan sepiring nasi.

11. Coto Makassar

11. Coto Makassar

Coto makassar adalah salah satu warisan kuliner yang berasal dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Isian coto makassar terdiri dari jeroan sapi, daging sapi, dan campuran bumbu kacang yang diracik khusus untuk kuah coto makassar! 

Berbeda dengan soto-soto lainnya, cita rasa dari coto makassar wajib untuk kamu rasakan!

12. Soto Madura

12. Soto Madura

Soto madura merupakan soto yang terkenal dengan kuah kuningnya. Berbeda dengan soto kuah kuning lainnya, soto madura tidak dibuat dengan menggunakan santan.

Isian dari soto madura biasanya terdiri dari bihun tebal, daging sapi, dan jeroan sapi.

13. Soto Babat

13. Soto Babat

Siapa di sini yang suka banget makan babat? Jika kamu salah satunya, maka kamu wajib mencoba soto yang satu ini!

Masih berasal dari Kota Madura, babat yang menjadi bahan utama dalam soto babat selalu diolah dengan baik hingga terasa empuk dan tidak berbau. Tak hanya babat, kamu juga akan menemukan potongan daging sapi atau daging ayam di dalamnya.

Memiliki kuah berwarna kuning pekat, kuah soto babat terbuat dari rempah-rempah seperti lengkuas, jahe, serai, daun jeruk, daun salam, lada, pala, hingga kapulaga. Dari bahannya sudah terbayang akan kekayaan cita rasanya, ya!

14. Soto Mie Bogor

14. Soto Mie Bogor

Bisa dibilang soto yang satu ini merupakan trademark dari Kota Bogor. Bahkan ketika kamu sedang di Kota Jakarta pun, soto mie bogor ini akan seringkali kamu temui!

Memiliki isian tomat, risol, mie kuning, kentang, dan juga daging sapi, soto ini memiliki kuah yang terbuat dari kaldu daging. Kuahnya bening dan segar sehingga tidak terasa berminyak. 

Yang menjadi keunikan utama dari soto mie bogor adalah risol di dalamnya. Tekstur risol yang gurih dan kriuk, membuat hidangan soto semakin lezat!

Wah, kalau begitu kamu harus coba keduanya agar bisa membedakan kedua soto mie ini, ya!

Nah, itulah dia beberapa macam soto lezat yang harus kamu coba! Langsung ngiler kan ngeliat 15 macam soto yang ada di Indonesia tadi? Soto dari daerah mana yang jadi favorit kamu? 

15. Soto Padang

Makanan khas Sumatra Barat ini wajib kamu coba apabila berkunjung! Soto padang biasanya disajikan dalam mangkuk kecil yang isiannya sangat penuh. Umumnya orang-orang menyantap soto padang dengan sepiring nasi dan dilengkapi kerupuk merah khas Sumatra Barat.

Dibuat dari kuah kaldu sapi dengan isian bihun, irisan daging sapi yang digoreng kering, dan sepotong perkedel kentang, soto padang memiliki cita rasa yang khas dan meninggalkan kesan di lidah!

Bukan makanan khas Sumatra jika tak disertai sambal merah yang merona, ketika menyantap soto padang kamu juga wajib menuangkan sambal merahnya.

Itu dia macam-macam soto di Indonesia yang menyebar di berbagai kepulauan yang ada! Unik-unik semua ya, Sobat Yummy? Soto dari daerah mana sajakah yang sudah pernah kamu coba?

Jika masih banyak ragam soto di Indonesia yang belum kamu coba, sekarang kamu wajib memasukkannya ke daftar makanan yang wajib kamu coba di tahun ini!

Penulis: Anna Novita Rachim

Baca Juga: 15 Macam-Macam Dimsum Terpopuler di Dunia, Mana Favorit Kamu?

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Soto Kudus

Soto Kudus

(4.6)

90 mnt

recooks-0
Yummy Official

Yummy Official

Coto Makassar

Resep Teruji

Coto Makassar

(4.8)

2719,9 Kj

recooks-0
recooks-1
recooks-2

+4

Retno Adiesty

Retno Adiesty

Soto Mie Bogor

Soto Mie Bogor

(5.0)

10 langkah

2.3 rb

Artikel Lainnya di kuliner