15 Makanan Khas Thailand dan Minumannya, Wajib Dicoba Semua!

Beragam makanan dan minuman khas Thailand yang lezat

15 Makanan Khas Thailand dan Minumannya, Wajib Dicoba Semua!

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Thailand merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang kerap kali disebut mirip dengan Indonesia. Bukan hanya terkenal dengan tempat wisatanya, Thailand juga mempunyai banyak makanan dan minuman khas yang tidak boleh dilewatkan para wisatawan.

Sayang sekali kalau kamu pergi ke Thailand, tanpa sempat mencoba makanan khas Thailand yang berbeda dengan makanan di Indonesia. 

Kalau kamu punya rencana berkunjung ke Thailand, baca dulu artikel Yummy App yang satu ini. Agar kamu tahu beragam makanan khas Thailand dan minumannya. Berikut ulasannya!

1. Gai Yang

gai yang
ilustrasi gai yang (pexels.com/vladimirsladek)

Kalau di Indonesia kamu suka dengan sajian ayam bakar, kamu wajib banget coba gai yang makanan khas Thailand. Ini juga merupakan olahan ayam panggang yang disajikan dengan bumbu khas Thailand. 

Makanan ini bisa kamu makan bersama dengan saus jaew bong khas Thailand, maupun dicampur dengan nasi ketan dan sayur-sayuran mentah. Gai yang sangat cocok untuk kamu yang ingin tetap makan ayam walaupun sedang berada di Thailand.

2. Khao Soi

khao soi
ilustrasi khao soi (instagram.com/portlandveg)

Makanan khas Thailand yang satu ini mungkin masih sangat terdengar asing di telinga kamu. Berasal dari Thailand Utara, khao soi dibuat dari mie beras yang dicampur dengan kuah kari santan, dan berisikan daging sapi atau daging ayam yang bisa kamu pilih sesuai selera.

3. Khao Pad

khao phad
ilustrasi khao phad (pexels.com/augustinusmartinusnoppe)

Khao pad merupakan nasi goreng versi Thailand, yang mana nasinya dimasak dengan campuran dari telur, bawang, saus kecap, dan saus tiram. Walaupun sekilas terlihat sama seperti nasi goreng yang biasa kamu santap, tapi tentu khao pad memiliki rasa khas Thailand yang tidak bisa kamu temukan di Indonesia.

4. Mango Sticky Rice

mango sticky rice
ilustrasi mango sticky rice (pexels.com/augustinusmartinusnoppe)

Sebagian dari kamu mungkin pernah mencoba mango sticky rice yang sudah banyak dibuat di Indonesia. Makanan khas Thailand yang bernama mango sticky rice berisikan buah mangga yang disandingkan dengan nasi ketan dan juga santan. Rasanya tentu akan berbeda dan terasa lebih lezat, jika kamu makan mango sticky rice di tempat asalnya.

5. Pad Thai

pad thai
ilustrasi pad thai (pexels.com/augustinusmartinusnoppe)

Makanan khas Thailand selanjutnya adalah pad thai. Pad thai merupakan sajian mie yang dibuat dari beras, yang biasa disiram dengan kuah asam atau kuah yang diolah dari gula aren. Pad thai juga biasa ditambahkan dengan seafood seperti udang untuk menambah kelezatan sajiannya.

6. Tom Yum Soup

tom yum
ilustrasi tom yum soup (pexels.com/augustinusmartinusnoppe)

Tom yum merupakan makanan khas Thailand yang juga sudah cukup dikenal di Indonesia. Tom yum khas Thailand ini terbagi menjadi tiga jenis yaitu tom yum isi udang (tom yum goong), tom yum isi seafood (tom yum po taek), dan tom yum isian ikan (tom yum pla). Tom yum dibuat dari rempah-rempah dan juga campuran pasta nam prik pao khas Thailand.

Baca Juga: 12 Makanan Korea yang Halal beserta Cara Membuatnya

7. Khao Tom

khao tom
ilustrasi khao tom (instagram.com/samesamethai)

Khao tom merupakan sajian nasi yang diolah menjadi bubur, dengan topping daging ataupun seafood di bagian atasnya. Seperti tom yum, khao tom juga terbagi menjadi beberapa jenis tergantung topping yang digunakan.

Khao tom pla merupakan bubur nasi yang dicampur ikan. Sedangkan khao tom goong dicampur dengan udang, dan kaho tom moo dicampur dengan daging babi.

8. Gai Med Ma Moung

gai med ma moung
ilustrasi gai med ma moung (instagram.com/crazydark1)

Namanya yang cukup unik ini sama dengan sajiannya yang juga unik. Gai med ma moung terbuat dari ayam yang ditumis dan ditambahkan kacang mete sebagai topping. Pastinya menjadi pengalaman baru bagi menyantap ayam kacang mete yang bisa dimakan bersama dengan nasi.

9. Banana Pancake

banana pancake
ilustrasi banana pancake thailand (instagram.com/phuket_cheaptour)

Jika sedari tadi kita banyak membahas makanan berat saja, kini ada kudapan yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Thailand. Banana pancake serupa seperti martabak pisang yang di atasnya disiram dengan susu kental manis dan juga cokelat.

10. Tod Man Pla

tod man pla
ilustrasi tod man pla (instagram.com/face_kitchen_jakarta)

Tod man pla terbuat adonan kentang halus yang di dalamnya diisi dengan olahan ikan seperti salmon dan haddock, setelah itu ditambahkan remah roti untuk membuat sajian tod man pla menjadi lebih kriuk. Tod man pla sering kali disajikan dengan saus cabai yang rasanya manis atau bisa juga dengan pasta kari merah.

11. Thai Tea

thai tea
ilustrasi thai tea (unsplash.com/markuswinkler)

Minuman thai tea yang banyak kita jumpai di kafe, ternyata merupakan minuman khas Thailand, loh. Thai tea merupakan minuman Thailand yang berbahan dasar dari teh ceylon dan susu untuk menambah rasa manis.

12. Nam Gek Huai

nam gek huai
ilustrasi nam gek huai (pexels.com/charlottemay)

Bukan hanya thai tea, Thailand juga mempunyai minuman khas lainnya seperti nam gek huay. Minuman khas Thailand ini berbahan dasar bunga krisan yang dikatakan mampu memperlancar aliran darah. Minuman ini cocok diminum dengan campuran es untuk menambah kesegarannya.

13. Nam Kra Jeab

nam kra jeab
ilustrasi nam kra jeab (instagram.com/itravelce)

Kalau nam gek huai terbuat dari bunga krisan, nam kra jeab merupakan minuman khas Thailand yang berbahan dasar dari bunga rosella. Kamu bisa menambahkan gula dengan takaran secukupnya untuk menambah rasa manis sesuai selera.

14. Nam Ma Toom

nam ma toom
ilustrasi nam ma toom (instagram.com/cookingwithnart)

Nam ma toom berbahan dasar dari buah maja yang dipercaya masyarakat Thailand bisa mengatasi diare. Minuman ini memang cukup pahit, namun rasanya tetap enak untuk dinikmati.

15. Nom Yen

nom yen
ilustrasi nom yen (instagram.com/mayabayto)

Berbeda dari minuman yang lainnya, nom yen terbuat dari susu kental manis yang dicampur dengan es. Walaupun terlihat sederhana, namun minuman dari Thailand ini jangan sampai dilewatkan untuk kamu minum saat sedang haus setelah lelah berwisata.

Itu dia makanan khas Thailand dan minumannya yang harus kamu coba. Kalau belum berkesempatan terbang ke Thailand, kamu tetap bisa cobain makanan khasnya dengan sontek resepnya di Yummy App, lho. Yuk, mulai berkreasi!

Baca Juga: 20 Makanan Khas Malaysia yang Memanjakan Lidah!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Whenie Beckham

Whenie Beckham

Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice

(5.0)

60 mnt

recooks-0
Lina Subrata

Lina Subrata

Tom Yum Goong

Tom Yum Goong

(5.0)

60 mnt

335

Artikel Lainnya di kuliner