10 Makanan yang Terbuat dari Singkong, Simpel tapi Nikmat!

Macam-macam olahan singkong legendaris

10 Makanan yang Terbuat dari Singkong, Simpel tapi Nikmat!

penulis:

Ikhsanny Novira Ishlah

Bagikan:

Singkong atau ketela pohon merupakan makanan sumber karbohidrat yang cukup merakyat. Pasalnya, bahan makanan ini bisa didapat dengan mudah dan tentunya murah. Pada musim kemarau atau paceklik di beberapa daerah, singkong kerap kali dijadikan makanan pokok alternatif pengganti nasi.

Makanan dari singkong juga bisa diolah dengan cara yang beragam, selain hanya direbus atau digoreng. Dari sinilah hadir beragam kreasi makanan yang terbuat dari singkong yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain sebagai makanan pokok pengganti nasi, kamu juga bisa menikmati olahan singkong sebagai kudapan. Penasaran apa saja olahan makanan dari singkong tersebut? Simak daftar makanan dari singkong dari Yummy App berikut ini untuk mengetahuinya.

1. Tapai

makanan yang terbuat dari singkong
ilustrasi tapai singkong (pinterest.com/mutiaassalamualaikum)

Daftar pertama dalam olahan makanan dari singkong adalah tapai atau tape. Tapai singkong merupakan makanan hasil proses fermentasi singkong dengan ragi yang menghasilkan tekstur lunak, basah atau lengket, dan memiliki cita rasa yang agak asam.

Tapai biasanya dapat diolah atau dicampur dengan makanan lain untuk dapat dinikmati. Paling populer, tapai sering kali menjadi isi atau campuran dari cendol, es campur, atau es doger. Selain itu tapai juga lazim diolah dan dinikmati dengancara digoreng.

Tapai memiliki kandungan vitamin B1, bakteri asam laktat, dan merupakan salah satu sumber probiotik yang baik. Kandungan ini menjadikan tapai sebagai salah satu cara meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam tubuh, sehingga dapat mendukung sistem pencernaan.

2. Cenil

makanan yang terbuat dari singkong
ilustrasi kue cenil (app.yummy.co.id/mama-fr)

Daftar olahan makanan dari singkong yang kedua adalah cenil. Jajanan pasar yang satu ini hadir dengan tampilan yang sangat cantik dan bewarna-warni. Cenil yang di beberapa daerah disebut juga cethil biasanya dibentuk bulat-bulat atau memanjang.Teksturnya yang padat dan kenyal dengan rasa manis yang pas dari taburan gula pasir dan kelapa parut, menjadikannya sebagai jajanan favorit banyak orang.

Makanan yang terbuat dari singkong ini berasal dari daerah Jawa, khususnya Jawa Timur dan Jawa Tengah. Menurut sejarah, cenil memiliki asal-usul yang cukup panjang, dimulai sejak era Mataram Kuno pada abad ke-8 sebagai alternatif makanan pokok pengganti nasi saat musim paceklik.

Sekarang, cenil justru merupakan jajanan atau camilan yang biasa dikonsumsi di waktu senggang. Memang makanan dari singkong yang satu ini rasanya pas dan gak akan bikin bosan.

3. Getuk Lindri

makanan yang terbuat dari singkong
ilustrasi getuk lindri yang terbuat dari singkong (pinterest.com/ratna_8075)

Penganan warna-warni ini merupakan makanan dari singkong rebus yang digiling bersama gula pasir. Agar tampilannnya semakin cantik, getuk lindri diberi pewarna makanan lalu dicetak atau dipotong kecil-kecil.

Makanan yang terbuat dari singkong ini merupakan jajanan pasar tradisional ini berasal dari Magelang, Jawa Tengah dan sudah legendaris sejak dulu, sehingga mudah dijumpai di banyak tempat terutama di pulau Jawa.

Getuk lindri memiliki cita rasa yang manis dan gurih dengan tambahan gula merah dan parutan kelapa di atasnya. Berkat tekstur lembutnya, getuk lindri jadi salah satu makanan yang cukup menyenangkan untuk dinikmati.

4. Kue Talam Gula Aren

makanan yang terbuat dari singkong
ilustrasi kue talam singkong gula aren (app.yummy.co.id/michico-octavian)

Siapa yang masih sering menjumpai jajanan tradisional berbahan dasar singkong ini? Makanan dari singkong ini memiliki cita rasa manis dan legit karena dicampur gula aren, dengan tekstur lengket dan basah. Bentuknya menyerupai persegi atau persegi panjang dengan dua lapisan bertumpuk bewarna cokelat dan putih. 

Kue talam jenis ini biasanya lebih banyak dan populer dijumpai di daerah Sumatera Barat. Selain kue talam singkong, jenis lainnya yang berbahan dasar ubi ungu, labu, jagung, hingga kentang, juga banyak diminati masyarakat Indonesia.

Baca Juga: ​Resep Bola Ubi Kopong yang Kenyal dan Mudah Dibuat

5. Combro

makanan yang terbuat dari singkong
ilustrasi combro (app.yummy.co.id/pawonalit914)

Beralih ke gorengan khas Sunda berikut, yaitu combro atau comro, yang merupakan singkatan dari oncom di jero atau dalam bahas Indonesia oncom di bagian dalam. Combro terbuat dari parutan singkong yang dibulatkan kemudian diisi dengan tumisan oncom atau sambal yang dihaluskan.

Oncom sendiri merupakan makanan yang diolah dengan proses fermentasi dari campuran kapang, kacang tanah, ampas tahu, ampas kedelai, atau ampas kelapa. Makanan ini merupakan hasil kreativitas masyarakat Sunda sejak abad ke-17 yang populer disantao sebagai lauk makan sehari-hari.

Combro juga biasa disantap dengan rabai rawit agar pedasnya terasa makin nikmat. Rasanya pun gurih dengan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Jika kamu menginginkan camilan yang mengenyangkan, combro adalah jawabannya.

6. Tiwul

makanan yang terbuat dari singkong
ilustrasi tiwul gula merah (app.yummy.co.id/dapoer-anoe)

Dalam daftar olahan makanan dari singkong selanjutnya dari Yummy App adalah tiwul. Tiwul atau sego thiwul, yang dalam bahasa Indonesia disebut nasi tiwul, merupakan penganan khas masyarakat Gunungkidul, Yogyakarta. Tiwul juga banyak dikonsumsi masyarakat di daerah lain di Jawa seperti di Pacitan, Blitas, dan Wonogiri

Sebagai sumber karbohidrat, makanan yang terbuat dari singkong ini dikonsumsi masyarakat sebagai makanan pokok pengganti nasi. Tiwul terbuat dari tepung singkong yang dikeringkan dan ditumbuk. Biasanya sering dimakan dengan lauk ikan asin, oseng melinjo, sayur, tahu, tempe, dan tidak ketinggalan dengan sambal.

Namun, tiwul juga memiliki jenis lain yang dikonsumsi sebagai kudapan. Biasanya memiliki rasa yang manis karena dimasak dengan gula merah.

7. Lemet

makanan yang terbuat dari singkong
ilustrasi lemet singkong (app.yummy.co.id/frisna-nugroho)

Termasuk salah satu jajanan tradisional legendaris, olahan makanan dari singkong yang bernama lemet ini pasti kamu suka. Lemet adalah jajanan tradisional legendaris yang terbuat dari parutan singkong dan kelapa. Lemet memiliki cita rasa manis yang legit karena diisi dengan gula merah. Makanan ini juga memiliki tekstur yang lembut dan sedikit lengket.

Mengolahnya adalah dengan cara mencampurkan parutan singkong, kelapa, tepung tapioka, dan gula merah. Adonan kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus beberapa saat. Hasilnya adalah kue lemet yang manis, legit, dan nikmat

8. Keripik Singkong

makanan yang terbuat dari singkong
ilustrasi keripik singkong balado (app.yummy.co.id/wenyta-weny)

Jika berbicara tentang olahan makanan dari singkong, tentunya keripik singkong harus masuk dalam daftar. Siapa, sih, yang tidak suka ngemil kerupuk atau keripik? Teksturnya yang renyah, garing, dan gurih, jadi makanan selingan menarik yang gampang sekali disantap sehingga bikin ketagihan. Kadang, kamu bisa tidak sadar sudah menghabiskan hampir satu toples keripik singkong sendirian saking enaknya.

Makanan yang terbuat dari singkong ini tersebar rata hampir di seluruh wilayah kepulauan Indonesia. Saat ini, keripik singkong banyak hadir dalam berbagai varian rasa baik manis, asin, pedas, dan gurih. Salah satu yang paling banyak diminati biasanya adalah keripik singkong balado yang bercita rasa pedas manis.

Di daerah Sumatera Barat, tepatnya Bukittinggi, makanan ini biasanya disebut dengan keripik sanjay yang populer dibawa pulang wisatawan sebagai oleh-oleh.

9. Kue Mata Roda

makanan yang terbuat dari singkong
ilustrasi kue mata roda (app.yummy.co.id/iis-purwati)

Kue mata roda, yang juga biasa disebut kue putri no'ong atau kue mendut, merupakan makanan yang berasal dari singkong parut dengan isian pisang. Disajikan dengan taburan parutan kelapa yang sudah dikukus dan ditambahkan garam serta pandan.

Dinamakan kue mata roda karena bentuknya yang bundar sehingga mirip dengan roda. Perpaduan rasa manis yang pas dari buah pisang dan olahan singkong ini membuatnya menjadi jajanan jadul yang masih jadi favorit hingga kini.

10. Stik Singkong Keju

makanan yang terbuat dari singkong
ilustrasi stik singkong keju (app.yummy.co.id/laily-puspitasari)

Olahan makanan dari singkong yang terakhir dari Yummy App kali ini adalah stik singkong keju. Mengolah stik singkong keju juga terbilang gampang dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Singkong yang sudah dikupas kulitnya, direbus hingga empuk kemudian dihaluskan dan dicampur dengan parutan keju, tepung maizena atau tepung tapioka, dan bumbu halus. Untuk menikmatinya, kamu juga bisa mencocolnya dengan beragam jenis saus, baik yang manis maupun asin.

Beragam olahan makanan dari singkong yang telah Yummy App di atas merupakan contoh dari hasil kreativitas masyarakat Indonesia dalam mengolah bahan pangan yang ada. Tertarik untuk mencoba bikin sendiri di rumah? 

Baca Juga: ​​15 Aneka Jajanan Pasar Favorit yang Mudah Dibuat di Rumah

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Farida Rahmadhani

Farida Rahmadhani

Tape Colenak

Tape Colenak

(5.0)

5 langkah

347

Artikel Lainnya di kuliner