10 Makanan Khas Aceh yang Enak dan Wajib Dicoba

Mulai dari mie Aceh sampai kue tare, semua nikmat!

10 Makanan Khas Aceh yang Enak dan Wajib Dicoba

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Aceh yang sering disebut Serambi Mekah, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan aneka makanan khasnya yang lezat. Makanan khas Aceh merupakan perpaduan unik dari rempah-rempah, cita rasa pedas, dan berbagai bahan makanan yang menghasilkan masakan yang begitu istimewa.

Sobat Yummy, kali ini Yummy App akan membahas 10 makanan khas Aceh yang enak dan wajib dicoba. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kuliner lezat ini saat mengunjungi Serambi Mekah!

1. Mie Aceh

Mie aceh adalah makanan khas yang populer di Aceh dan telah menjadi favorit di berbagai daerah di Indonesia. Mie ini terbuat dari adonan tepung terigu yang dibentuk menjadi mie dan disajikan dengan kaldu gurih dan bumbu pedas.

Biasanya ditambahkan juga dengan daging sapi, daging kambing, atau seafood seperti udang dan cumi. Rasanya yang kaya rempah dan pedas menjadikan mie aceh menjadi hidangan yang menggugah selera. Jika Sobat Yummy mengunjungi Aceh, jangan lupa mencicipi mie aceh ini!

2. Nasi Gurih Aceh

nasi gurih Aceh
ilustrasi nasi gurih Aceh (instagram.com/cut_irnaa)

Nasi gurih Aceh adalah nasi yang dimasak dengan santan serta rempah-rempah seperti serai, daun pandan, dan daun jeruk. Biasanya disajikan dengan lauk-pauk seperti gulai ikan, ayam tangkap, atau rendang. Kelezatan nasi gurih Aceh terletak pada rempah-rempah yang digunakan dan cara memasaknya.

Ketika mencicipi nasi gurih Aceh, Sobat Yummy akan merasakan aroma harum dari santan dan rempah-rempah yang begitu menggugah selera. Pastikan mencicipi nasi gurih Aceh saat Sobat Yummy berada di Aceh!

3. Ayam Tangkap

Ayam tangkap adalah hidangan khas Aceh yang menggoda selera. Ayam tangkap terbuat dari ayam yang digoreng kering dengan menggunakan bumbu rempah seperti serai, lengkuas, daun jeruk, dan cabai.

Rasanya yang gurih dan renyah membuat ayam tangkap menjadi menu yang sangat disukai di Aceh. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi gurih Aceh atau mie Aceh. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi ayam tangkap saat Sobat Yummy berkunjung ke Aceh!

4. Gulai Pliek U

gulai pliek u makanan khas aceh
ilustrasi gulai pliek u (mediakom.kemkes.go.id)

Gulai pilek u adalah gulai khas Aceh yang terbuat dari daging kambing atau daging sapi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah seperti lengkuas, jahe, bawang merah, serai, daun salam, dan cabai.

Rasanya yang kaya rempah dan gurih membuat gulai pliek u menjadi hidangan yang lezat dan menggugah selera. Biasanya hidangan ini disajikan dengan nasi gurih aceh atau lontong. Jangan lupa mencicipi gulai pliek u saat berkunjung ke Aceh.

5. Meuseukat

Meuseukat adalah jajanan khas Aceh yang terbuat dari beras ketan hitam yang diolah dengan santan kelapa dan gula merah.

Biasanya makanan ini dibungkus dengan daun pisang dan memiliki tekstur yang kenyal serta memiliki rasa manis yang khas. Meuseukat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan oleh-oleh saat Sobat Yummy berkunjung ke Aceh. Jangan lupa mencicipi makanan ringan Meuseukat ini!

Baca Juga: 10 Makanan Khas Cirebon yang Wajib Kamu Coba

6. Bubur Manado Aceh

bubur Manado Aceh
ilustrasi bubur Manado Aceh (indonesiakaya.com)

Bubur manado aceh adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari singkong yang dimasak dengan santan dan gula merah. Rasanya yang manis dan lezat membuat bubur manado Aceh sering disajikan sebagai hidangan penutup yang menggugah selera.

Biasanya bubur manado Aceh disajikan dengan taburan kelapa parut atau kacang yang membuat rasanya semakin nikmat. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi bubur manado aceh saat Sobat Yummy berkunjung ke Aceh!

7. Martabak Aceh

Martabak aceh adalah salah satu makanan yang terkenal di Aceh. Martabak ini terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan campuran daging cincang, telur, bawang, daun bawang, dan rempah-rempah seperti bumbu kari. Kemudian adonan tersebut digulung dan digoreng hingga matang.

Rasanya yang gurih dan sedikit pedas membuat martabak aceh menjadi hidangan yang lezat dan wajib dicoba saat berkunjung ke Aceh!

8. Sate Matang

sate matang khas Aceh
ilustrasi sate matang khas Aceh (ksmtour.com)

Sate Matang adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari daging sapi atau ayam yang dipanggang dengan bumbu kacang yang kental dan gurih. Rasanya yang sedikit manis dan gurih membuat sate matang menjadi hidangan yang lezat dan cocok dijadikan menu makan siang atau malam.

Biasanya sate matang disajikan dengan lontong, ketupat, atau nasi gurih Aceh. Pilihan yang tepat untuk menikmati hidangan tradisional Aceh!

9. Kue Tare

Kue tare adalah makanan kue tradisional yang populer di Aceh. Kue ini terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa dan gula merah. Kemudian adonan tersebut dikukus hingga matang dan memiliki tekstur yang kenyal.

Rasanya yang manis dan gurih membuat kue tare menjadi camilan yang lezat dan enak. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kue tare saat berkunjung ke Aceh!

10. Keumamah Ikan

keumamah ikan khas Aceh
ilustrasi keumamah ikan khas Aceh (yummy.co.id/Raihana F)

Keumamah Ikan adalah masakan khas Aceh yang terbuat dari ikan segar yang direbus dengan bumbu rempah seperti lengkuas, jahe, daun salam, serai, dan cabai. Rasanya yang gurih dan pedas membuat keumamah Ikan menjadi hidangan yang enak dan menggugah selera.

Biasanya disajikan dengan nasi gurih Aceh atau lontong. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi keumamah Ikan saat berkunjung ke Aceh!

Aceh memiliki banyak makanan khas yang lezat dan menggugah selera. Dari mie aceh yang pedas, nasi gurih Aceh yang harum, hingga ayam tangkap yang renyah, semua makanan khas Aceh patut dicoba.

Jangan lupa juga untuk mencicipi gulai pliek u yang kaya rempah, meuseukat yang manis, dan martabak Aceh yang gurih. Tidak ketinggalan sate matang yang nikmat dan kue tare yang kenyal. Setelah itu, jangan lewatkan keumamah ikan yang lezat.

Nah Sobat Yummy, jangan lupa mencoba 10 makanan khas Aceh yang enak dan wajib dicoba saat berkunjung ke Serambi Mekah ini!

Baca Juga: 15 Oleh-oleh Khas Aceh yang Paling disukai Wisatawan 

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Whenie Beckham

Whenie Beckham

Mie Aceh Daging Kambing #KURCEPPEJUANGRESEPNUSANTARA

Mie Aceh Daging Kambing #KURCEPPEJUANGRESEPNUSANTARA

(5.0)

120 mnt

183

Artikel Lainnya di kuliner