​20 Makanan Khas Aceh yang Populer dan Legendaris, Wajib Dicoba!

Kota Aceh punya makanan yang kaya akan rempah, lho!

​20 Makanan Khas Aceh yang Populer dan Legendaris, Wajib Dicoba!

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam memiliki pesona alam yang indah karena letaknya yang dekat dengan laut. Selain itu, makanan khas Aceh juga sukses bikin wisatawan ketagihan.

Bukan tanpa alasan, masakannya diminati wisatawan sebab Aceh merupakan penghasil rempah terbesar di Indonesia. Setiap makanan diolah menggunakan rempah-rempah pilihan yang menjadi ciri khas tersendiri di mata wisatawan.

Nah, kalau kamu mau berlibur ke Aceh, jangan sampai melewatkan wisata kulinernya, ya. Sebagai referensi, berikut Yummy rangkum 20 makanan khas Aceh yang lezat dan bisa kamu contek juga untuk menu harian di rumah.

1. Mie Aceh

resep mie aceh
ilustrasi mie aceh (dok. Yummy App/Aisah)

Siapa sih, yang tak tahu makanan legendaris dari kota Aceh ini? Mie yang dimasak dengan rempah-rempah ini memberikan cita rasa yang otentik banget sejak suapan pertama.

Kalau kamu ke Aceh, wajib makan mie Aceh dari kotanya langsung. Tapi, kamu juga bisa kok recreate mie Aceh di rumah. Ini dia resepnya!

Bahan utama:

  • 1 bungkus mie kering pipih
  • ¼  buah kubis, iris
  • 50 gr tauge
  • 5 buah bakso sapi
  • 10 ekor udang
  • 5 ekor cumi-cumi
  • 50 gr daging ayam tanpa tulang
  • 1 butir telur
  • 3 sdm kecap manis
  • 1,5 sdm kecap ikan
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt kaldu rasa sapi
  • ½ sdt lada hitam bubuk
  • 1.5 sdt bubuk kari
  • 2 batang daun bawang
  • 5 siung bawang merah, iris
  • 1 buah tomat
  • 2 batang seledri
  • 500 ml air

Bumbu halus:

  • 10 buah cabe keriting kering, rendam air hangat
  • 8 buah cabe segar merah keriting
  • 7 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 50 ml minyak goreng

Bahan pelengkap:

  • Kacang tanah goreng secukupnya
  • Acar timun secukupnya
  • Kerupuk secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan bahan bumbu halus. Blender hingga halus dengan tambahan minyak goreng.
  2. Selanjutnya, tumis bumbu hingga matang. Angkat dan sisihkan terlebih dulu.
  3. Siapkan mie, rebus mie sebentar dan jangan terlalu lembek. Tiriskan.
  4. Siapkan wajan yang sudah berisi minyak panas. Tumis ayam, udang, dan cumi. Aduk hingga semua bahan matang.
  5. Masukkan bahan tambahan, seperti bakso, daun bawang, bawang merah iris, bumbu halus, dan tomat. Aduk hingga rata.
  6. Tambahkan kecap manis, kecap ikan, gula, garam, bubuk kari, dan kaldu bubuk. Aduk rata.
  7. Masukkan air, aduk hingga tercampur rata.
  8. Terakhir, masukkan kubis, tauge, mie dan irisan daun seledri. Aduk hingga semua bahan merata. 
  9. Mie Aceh siap disajikan.

2. Ayam Tangkap

ayam tangkap khas Aceh
ilustrasi ayam tangkap khas Aceh (dok. Yummy App/Raihana F)

Makanan yang kaya rempah ini memiliki cita rasa gurih yang dijamin bikin nagih. Mau bikin di rumah? Yummy sudah siapkan resepnya buat kamu.

Bahan utama:

  • 500 gr dada ayam

Bahan bumbu halus:

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri bakar
  • 5 cm lengkuas
  • 250 ml air kelapa
  • 1 sdt garam
  • 4 lembar daun pandan
  • 1 genggam daun kari kering
  • minyak goreng

Cara membuat:

  1. Siapkan ayam yang sudah dicuci bersih. Potong menjadi beberapa bagian.
  2. Rebus ayam dengan air kelapa dan garam hingga air menyusut.
  3. Setelah air menyusut, goreng ayam dan bumbunya dengan minyak sampai ayam terendam.
  4. Masukkan juga daun pandan dan daun kari ke dalam gorengan ayam agar lebih wangi.
  5. Goreng dan balik ayam hingga bumbu mengering dan warna ayam berubah menjadi kecoklatan.
  6. Angkat dan tiriskan ayam dari minyak. Ayam tangkap siap disajikan.

3. Kembang Goyang

resep kembang goyang
ilustrasi kembang goyang (dok. Yummy App/Hemi Chanel)

Penasaran dengan makanan ringan dari kota Aceh? Kamu bisa coba yang namanya kembang goyang.

Camilan dengan cita rasa asin dan manis ini enak banget mendampingi waktu soremu sambil ditemani dengan seduhan teh atau kopi. Kriuknya pasti bikin nagih!

Bahan utama:

  • 250 gram tepung beras
  • 100 gram tepung tapioka
  • 130 gram gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 2 butir telur
  • 300 ml santan peras
  • 1 sdt vanili extract
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, masukkan telur, gula, garam, dan vanili dalam wadah.
  2. Kemudian kocok lepas hingga campurannya larut dengan sempurna.
  3. Setelah dirasa larut, masukkan tepung beras dan tapioka. Aduk sampai tercampur rata.
  4. Tambahkan perasan santan, aduk lagi hingga merata.
  5. Masukan cetakan yang akan kamu gunakan ke dalam minyak selama 5 menit.
  6. Jika sudah baru mulai cetak adonan kembang goyang.
  7. Goyang-goyang adonan di dalam minyak agar terlepas dengan sendirinya.
  8. Jangan lupa untuk goreng dengan api kecil, ya.
  9. Sajikan jika kembang goyang sudah berwarna keemasan.

4. Kue Bhoi

resep roti bhoi
ilustrasi roti bhoi (dok. Yummy App/pipi)

Kue ini simpel banget lho, cara buatnya, karena hanya menggunakan 3 bahan saja.Mau coba buat? Yuk, lihat resepnya berikut.

Bahan utama:

  • 2 butir telur
  • 150 gr gula pasir
  • 150 gr tepung terigu (ayak)

Cara membuat:

  1. Masukkan telur ke dalam wadah mixer. Aduk telur menggunakan mixer hingga berbusa. Tambahkan gula sedikit demi sedikit hingga adonan mengembang menjadi putih kental.
  2. Masukan sedikit demi-sedikit tepung terigu dan mixer sebentar.
  3. Angkat mixer, aduk balik adonan menggunakan spatula hingga tercampur rata. 
  4. Tuang adonan pada cetakan dan panggang di dalam suhu 160 derajat Celsius selama 15 menit.
  5. Sajikan kue bhoi selagi hangat.

5. Pacri Nanas

resep pancri nanas
ilustrasi pancri nanas (dok. Yummy App/Ria Tri Windarti)

Hidangan dari kota Aceh ini memiliki ciri khas rasa yang unik. Kesegaran nanas dan bumbu rempah yang disatukan menjadi hidangan yang lezat. Pas banget untuk menemani makan siang kamu, nih. Yuk, buat resepnya di bawah ini.

Bahan utama:

  • 1 buah nanas matang
  • 3 sdm kelapa sangrai atau koya kelapa
  • 1 sdm gula merah
  • 1 sdt bubuk kari
  • ½ sdt bubuk kayu manis, boleh pakai 2 cm kayu manis batang
  • 300 ml air
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula
  • 3 biji kapulaga
  • 3 biji cengkeh
  • 1 biji bunga lawang
  • 6 buah cabai merah keriting
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Secukupnya minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, potong nanas menjadi 4 bagian. Hilangkan juga inti buah nanas dan potong setebal 1 cm.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah keriting.
  3. Panaskan minyak dalam wajan dan masukkan bumbu, tumis hingga harum dan halus.
  4. Masukkan nanas. Aduk hingga merata.
  5. Setelah itu, tambahkan juga rempah, seperti kapulaga, cengkeh, dan bunga lawang. Aduk rata kembali.
  6. Tambahkan air dan masak hingga mendidih.
  7. Tambahkan bubuk kayu manis dan bubuk kari. Aduk rata.
  8. Masukan bumbu penyedap, gula merah, dan garam. Tes rasa sambil terus diaduk.
  9. Terakhir, masukkan bubuk koya kelapa. Aduk rata, masak hingga kuah menyusut.
  10. Pacri nanas siap dihidangkan.

6. Nasi Gurih

resep nasi gurih
ilustrasi nasi gurih (yummy.co.id)

Kalau nasi uduk ada di Jawa, di Sumatera tepatnya di Aceh ada yang namanya nasi gurih. Makanan ini menggunakan beberapa rempah yang bikin nasi lebih lezat dan wangi. Cobain yuk, resep nasi gurih simpel ala rumahan!

Bahan utama:

  • 100 gr beras (cuci bersih)
  • 4 siung bawang merah (iris)
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang serai (geprek)
  • 200 ml air
  • 150 gr ayam (potong-potong)
  • 10 buah cabai rawit utuh
  • 1 sdt penyedap rasa jamur

Cara membuat:

  1. Masukkan beras, bawang merah dan juga batang serai ke dalam magic com.
  2. Beri daun salam, potongan ayam, cabai rawit, dan penyedap rasa. 
  3. Tuangkan air, dan aduk semua bahan hingga merata.
  4. Masak nasi selama 30 menit atau hingga magic com memberikan tanda nasi sudah matang.
  5. Aduk-aduk nasi hingga tercampur semuanya. Nasi gurih siap disantap dengan lauk pauk kesukaanmu.

7. Pisang Salai

resep pisang salai
ilustrasi pisang salai (dok. Yummy App/Wennita Utami)

Camilan satu ini sudah menjadi makanan tradisional orang Aceh dari zaman dulu. Pisang salai di daerah Aceh ini melumuri pisangnya dengan gula tebu yang diasap. Terbayang rasa manis dan aroma bakaran yang khasnya? Yuk, recreate pisang salai di rumah dengan resep berikut

Bahan utama:

  • 1 sisir pisang susu
  • 200 gram tepung beras
  • Seujung sdt kapur sirih
  • ½ sdt garam
  • 1 sdt vanili bubuk
  • Secukup nya air
  • Secukupnya minyak goreng

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, kupas pisang dan belah menjadi dua bagian.
  2. Jemur pisang di bawah sinar matahari hingga berubah warna menjadi kecoklatan.
  3. Setelah itu, oven sebentar pisang yang sudah kecoklatan selama 10 menit dengan suhu 150 derajat celcius.
  4. Campurkan tepung beras, garam, vanili, dan kapur sirih.
  5. Tambahkan air ke dalam adonan kering, aduk hingga tidak menggumpal.
  6. Perhatikan juga konsistensinya, jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental.
  7. Masukkan pisang ke dalam adonan basah satu persatu.
  8. Siapkan minyak yang sudah dipanaskan dalam wajan, goreng pisang salai dengan api kecil. 

8. Gulai Kambing

resep gulai kambing
ilustrasi gulai kambing (yummy.co.id)

Kamu pecinta olahan daging kambing? Pas banget, karena masakan khas Aceh juga ada yang mengolah daging kambing menjadi santapan lezat, nih! 

Gulai kambing khas Aceh selalu jadi incaran para wisatawan. Gulai ini dimasak di dalam kuali besar dan mencampurkan berbagai bumbu yang juara. Dijamin deh, kamu tidak akan mencium bau prengus kambing.

Bahan utama:

  • 300 gr daging kambing (potong dadu 3 cm)
  • 1 batang serai (memarkan)
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 sdm air asam jawa
  • 3 sdm kecap manis 
  • 1 ½ liter santan encer dari 1 butir kelapa
  • 4 sdm minyak (untuk menumis)

Bahan yang harus dihaluskan:

  • 2 sdt garam
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 buah cabai hijau
  • 3 buah cabai merah
  • 3 butir kemiri, sangrai.
  • ¼ sdt jinten
  • 1 buah pekak
  • 1 cm jahe
  • 2 butir cengkeh
  • 3 cm kayu manis
  • 1 butir kapulaga
  • 2 cm kunyit

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu yang harus dihaluskan pada minyak panas dalam panci.
  2. Tambahkan serai dan daun jeruk.
  3. Masukkan air asam jawa dan juga daging kambing ke dalam panci. Masak hingga berubah warna.
  4. Tambahkan kecap dan santan. Aduk dan masak hingga daging empuk.
  5. Sajikan gulai kambing selagi panas.

9. Bubur Kanji Rumbi

bubur kanji rumbi khas Aceh
ilustrasi bubur kanji rumbi khas Aceh (dok. Yummy App/Fadil's Kitchen)

Setiap daerah pasti punya bubur dengan daya tariknya tersendiri. Seperti di Aceh, ada bubur kanji rumbi yang sering dihidangkan di waktu tertentu seperti saat bulan Ramadan. 

Mau coba rasanya bubur khas Aceh ini? Yuk, ikuti resepnya.

Bahan utama:

  • 50 gram beras putih
  • 50 gram daging sapi (potong dadu)
  • 50 gram wortel (potong dadu)
  • 50 gram kentang (potong dadu)
  • 1500 ml air mendidih
  • 100 ml susu cair bisa diganti santan atau krimer nabati
  • ½ sdt secukupnya garam

Bahan bubuk:

  • ⅓ sdm bubuk ketumbar
  • ⅓ sdt bubuk pala
  • ⅓ sdt bubuk jinten putih

Bumbu utuh:

  • 2 biji cengkeh
  • 2 biji kapulaga
  • 1 buah pekak
  • Seruas jari kayu manis
  • Seruas jari jahe (keprok)
  • ½ batang serai (keprok)

Bumbu iris:

  • 2 siung bawang putih
  • 1 siung bawang putih
  • 1 batang bawang prei
  • 1 tangkai seledri
  • ½ buah tomat

Bahan pelengkap:

  • Bawang goreng

Cara membuat:

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah merebus daging dengan sedikit air yang mendidih. Lalu, buang air rebusannya.
  2. Rebus kembali daging dengan air mendidih hingga empuk menggunakan api yang sedang. 
  3. Tambahkan beras ke dalam rebusan daging, masak beras hingga mekar dan jangan lupa untuk diaduk.
  4. Tambahkan juga wortel dan bumbunya (bumbu bubuk dan bumbu utuh).
  5. Jika beras sudah terlihat hancur, tambahkan bawang merah dan bawang putih dan masak hingga 10 menit. 
  6. Setelah 10 menit, tambahkan susu dan tomat. Masak bubur hingga mengental.
  7. Ketika adonan sudah mulai mengental (berbentuk bubur), kamu bisa tambahkan daun bawang, seledri, dan garam. Aduk lagi hingga rata.
  8. Sajikan bubur kanji rumbi dengan taburan bawang merah goreng.

10. Sambal Ganja

resep sambal ganja khas Aceh
ilustrasi sambal ganja khas Aceh (yummy.co.id)

Jangan salah kaprah nih, dengan namanya. Sambal ganja khas Aceh aman dan tidak mengandung arti yang sebenarnya.

Kata ganja dipakai untuk menggambarkan orang-orang yang ketagihan saat menyicip sambal ini. Penasaran seperti apa rasa sambalnya? Langsung masak resepnya, deh!

Bahan utama:

  • 15 butir cabai rawit merah
  • 4 siung bawang merah
  • 5 buah belimbing wuluh
  • 100 gr udang kupas rebus
  • 1 sdt garam
  • 3 lembar daun jeruk (iris)

Cara membuat:

  1. Ulek semua bahan menjadi satu.
  2. Masukkan juga udang, dan hancurkan hingga halus dan tercampur rata dengan semua bahan.
  3. Masukkan lagi belimbing wuluh, hancurkan kasar, dan aduk hingga rata.
  4. Siram sambal dengan minyak panas.
  5. Sambal ganja siap menemani makan siangmu.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Samarinda Wajib Coba dan Jadi Oleh-Oleh

11. Bingkang Aceh

resep kue bingkang khas Aceh
ilustrasi kue bingkang khas Aceh (dok. Yummy App/Diena Kitchen)

Kue ini memiliki bentuk dan tekstur yang mirip dengan bolu. Rasa pandannya yang menjadi ciri khas, menjadikan kue bingkang sebagai jajanan favorit yang diincar wisatawan. Mau tahu bagaimana cara buatnya? Let's check it out!

Bahan utama:

  • 1 butir telur
  • 175 gram gula pasir
  • 150 gram terigu
  • 700 ml santan
  • 4 lembar daun pandan
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt vanili bubuk

Cara membuat:

  1. Blender daun pandan dengan 200 ml air santan.
  2. Saring dan peras air daun pandan.
  3. Campurkan bahan kering, terigu, garam, dan vanili. Aduk rata.
  4. Blender telur dan gula pasir hingga teksturnya halus.
  5. Masukkan air daun pandan tadi ke dalam adonan telur, blender lagi.
  6. Masukkan bahan kering dan blender lagi.
  7. Masukkan sisa santan yang ada dan blender hingga tercampur rata.
  8. Tuang adonan ke loyang dan panggang selama 1 jam dengan suhu 100 derajat celcius.
  9. Angkat dan potong-potong sesuai selera.

12. Tumis Keumamah Khas Aceh

resep tumis keumamah khas Aceh
ilustrasi tumis keumamah khas Aceh (dok. Yummy App/Arif Susanto)

Tumisan ini bakal klop banget sama kamu yang suka hidangan ikan! Yuk, coba resepnya!

Bahan utama:

  • 150 gram ikan kayu (ikan tongkol kering)
  • 1 buah kentang
  • 2 siung bawang merah (iris)
  • 2 batang daun kari
  • 1 buah belimbing wuluh
  • 3 buah cabai hijau
  • 1 lembar daun pandan
  • 500 ml air

Bahan yang dihaluskan:

  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 10 buah cabai rawit hijau
  • 1 sdm ketumbar
  • 2 ruas jari kunyit
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 sdm garam
  • ¼ sdt merica bubuk
  • ¼ sdt jintan bubuk
  • ¼ sdt adas manis
  • 7 buah asam sunti (asam belimbing wuluh yang kering)

Cara membuat:

  1. Potong ikan kayu sesuai selera.
  2. Siapkan bahan yang hendak dihaluskan, giling hingga semua bahan halus. 
  3. Iris kembali bawang merah, cabe hijau, dan belimbing wuluh.
  4. Tumis bumbu merah hingga tercium aroma wangi. Masukkan bumbu giling, tumis hingga wangi.
  5. Tambahkan daun dalam, daun pandan, dan ikan kayu. Masak hingga bumbu meresap.
  6. Masukkan air dan kentang, masak hingga tekstur kentang berubah empuk.
  7. Terakhir, tambahkan perasan jeruk nipis, belimbing wuluh, dan potongan cabe hijau.
  8. Sajikan selagi hangat.

13. Soto Khas Aceh

resep soto khas Aceh
ilustrasi soto khas Aceh (dok. Yummy App/Arif Susanto)

Di kota Aceh juga menyajikan soto yang khas dengan rasa rempah yang menggugah selera. Tak perlu jauh-jauh ke Aceh kalau mau mencicip soto khasnya, karena kamu bisa coba resep ini di rumah!

Bahan utama:

  • 650 gram ayam
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt kunyit
  • 4 biji asam jawa
  • 1 sdt garam
  • 200 ml air

Bahan soto:

  • 2 siung bawang merah, iris tipis
  • 1 buah wortel, potong
  • 2 buah kentang ukuran besar
  • 3 batang daun bawang
  • 2 batang daun seledri
  • 2 buah tomat, potong
  • 1 sdm garam
  • 2 liter santan encer

Bumbu halus:

  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • ½ sdt merica bubuk
  • 5 buah cabai rawit hijau
  • 1 sdt kunyit bubuk
  • 1 sdt ketumbar butiran
  • 2 buah kemiri
  • 1 ruas jari jahe
  • ⅓ sdt jintan
  • ¼ sdt pala bubuk

Bumbu rempah:

  • 2 ruas jari lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 buah kapulaga
  • 3 cm kayu manis
  • 4 buah cengkeh
  • 2 buah bunga lawang

Bahan pelengkap:

  • Jeruk nipis secukupnya
  • Perkedel kentang secukupnya
  • Sambal secukupnya
  • Tauge secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan ungkep. Lalu, ungkep ayam hingga kuash menyusut.
  2. Suwir ayam yang sudah diungkep.
  3. Giling bumbu halus dengan tambahan garam hingga teksturnya halus.
  4. Kemudian, tumis bawah merah yang sudah diiris hingga wangi, masukkan bumbu halus dan tumis hingga harum. 
  5. Masukkan bumbu rempah, aduk kembali.
  6. Masukkan santan, sambil diaduk tunggu kuah hingga mendidih. 
  7. Masukkan ayam, kentang, wortel, dan masak hingga semua bahan empuk.
  8. Terakhir masukkan irisan tomat segar, seledri, dan bawang. Masak terus soto hingga mendidih.
  9. Sajikan soto dengan tambahan perkedel, tauge, dan juga perasan jeruk nipis

14. Asam Udeueng

resep asam udeueng khas Aceh
ilustrasi asam udeueng khas Aceh (dok. Yummy App/putri umar)

Asam udeueng ini biasanya disajikan sebagai makanan pendamping sambal ganja, lho. Rasanya yang gurih dan asam menjadikan makanan ini memiliki ciri khasnya tersendiri.

Bahan utama:

  • 10 buah udang besar (marinasi sedikit garam)
  • 5 buah cabai rawit
  • 4 buah bawang merah
  • 4 buah belimbing wuluh
  • Sedikit garam (sejumput)
  • Minyak untuk menggoreng udang

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, goreng udang hingga berubah warna.
  2. Uleg kasar bahan bumbu bawang merah dan cabai rawit.
  3. Masukkan udah yang sudah digoreng ke dalam ulekan. Ulek kasar dan beri garam.
  4. Masukkan belimbing wuluh, ulek sambil dipipihkan.
  5. Sajikan asam udeueng dengan nasi dan sambal ganja!

15. Sayur Oyong Kuah Lada

resep sayur oyong kuah lada khas Aceh
ilustrasi sayur oyong kuah lada khas Aceh (dok. Yummy App/putri umar)

Ada satu hidangan simpel yang bisa kamu bikin kalau lagi buru-buru, nih. Sayur oyong kuah lada merupakan salah satu masakan khas Aceh yang legendaris. Yuk, coba bikin untuk keluarga di rumah!

Bahan utama:

  • 1 buah oyong atau gambas
  • 2 sdm udang kering
  • 300 ml air
  • 1 buah belimbing wuluh
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sdm garam
  • ¼ sdt gula

Bahan ulek:

  • 2 buah cabai rawit
  • 3 butir lada

Cara membuat:

  1. Uek terlebih dahulu cabe rawit dan lada.
  2. Marinasi oyog dengan bumbu yang sudah ulek, daun jeruk, dan sedikit garam.
  3. Selanjutnya, didihkan air. Masukkan oyong, belimbing wuluh dan udang kering.
  4. Masak hingga belimbing wuluh melunak dan rasa asamnya keluar.
  5. Berikan garam dan gula. Lalu, aduk rata.
  6. Sajikan selagi hangat. 

16. Gulai Singkong

resep gulai singkong khas Aceh
ilustrasi gulai singkong khas Aceh (dok. Yummy App/putri umar)

Gulai singkong atau sering juga disebut dengan gulee leumak oleh orang Aceh adalah makanan rumahan yang jadi primadona di sana. Dimasak dengan santan dan bumbu halus lainnya, gulai ini dijamin bikin nagih.

Bahan utama:

  • 200 gr daun ubi atau singkong (yang sudah direbus)
  • 2 buah terong tunjuk (potong-potong)
  • 1 btg serai
  • 3 buah cabe hijau (belah 2)
  • 10 butir cempokak atau rimbang
  • 1 pcs santan Kara 65ml
  • 1,5 sdt garam
  • ½ sdt gula

Bumbu halus:

  • 3 buah bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 5 buah asam sunti
  • seruas jari kunyit
  • se-iris jahe

Cara membuat:

  1. Siapkan panci, masukkan singkong, terong, cempokak, cabe hijau, dan serai.
  2. Tambahkan bumbu halus dengan santan.
  3. Tuangkan air, aduk rata. Masak hingga mendidih dan aduk terus supaya santan tidak pecah.
  4. Bumbu gulai dengan garam, dan gula sesuai selera. 
  5. Sajikan gulai singkong selagi hangat.

17. Martabak Aceh

resep martabak khas Aceh
ilustrasi martabak khas Aceh (youtube.com/Hobby Rasa)

Kalau kamu pecinta martabak, wajib mencoba martabak Aceh! Seperti apa cara buatnya? Langsung intip resepnya, yuk!

Bahan utama:

  • 1 buah roti canai atau maryam
  • 1 butir telur
  • 2 siung bawang putih (iris-iris)
  • 2 siung bawang merah (Iris-iris)
  • 3 helai daun bawang (iris-iris)
  • Garam secukupnya
  • ¼  sdt merica bubuk
  • 1 sdt mentega atau margarin

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah, kocok lepas telur dan tambahkan irisan daun bawang, bawang merah, bawang putih, lada, dan garam. Sisihkan.
  2. Siapkan teflon anti lengket, panaskan, tambahkan sedikit mentega dan panaskan roti canai dengan api sedang. Bolak balik roti hingga berubah warna menjadi kecoklatan.  
  3. Tuang kocokan telur dan ratakan, lakukan sedikit demi sedikit hingga roti canai habis.
  4. Masak sampai matang kedua sisinya. Angkat. Martabak Aceh siap disajikan dengan acar bawang dan cabai rawit.

18. Kuah Sie Itek

kueh sie tiek khas Aceh
ilustrasi kueh sie tiek khas Aceh (budaya-indonesia.org)

Makanan dengan bahan dasar itik atau ayam ini memiliki warna kuah yang merah menggoda. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat hidangan ini penuh dengan rempah yang bikin kuah sie itek jadi super enak.

Tak perlu usah jauh-jauh ke Aceh, Yummy punya resep kuah sie tiek yang bisa kamu tiru, nih!

Bahan utama:

  • 1 ekor itik bebek atau ayam
  • 25 gram kelapa gongseng
  • 1 gelas santan kental
  • Minyak secukupnya (untuk menumis)

Bahan untuk bumbu:

  • 50 gram ketumbar
  • 1 sdm lada putih merica
  • 3 sdm jintan
  • 1 sdm jintan ikan
  • 6 butir kapulaga putih
  • 3 butir bunga lawang keeling pekak, star anise
  • 1 butir biji pala
  • 3 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10 cabai merah kering
  • 1 kelingking kayu manis
  • 1 kelingking kunyit
  • 1 kelingking jahe
  • 5 butir kemiri
  • 1 batang serai 
  • 1 genggam daun temurui
  • 5 lembar daun pandan
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Bersihkan daging bebek atau ayam. Potong-potong menjadi beberapa bagian.
  2. Ikat potongan daging dengan daun pandan.
  3. Semua bahan untuk bumbu ditumbuk menjadi satu. Kecuali, batang serai, kayu manis, dan temurui yah.
  4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Lalu, masukkan potongan bebek. 
  5. Tambahkan santan hingga daging terendam.
  6. Masukkan serai, kayu manis, dan temurui. Aduk rata.
  7. Masak terus dengan api kecil sampai daging matang dan empuk.

19. Kuah Plik Eungkot Suree

resep kuah plik eungkot suree
ilustrasi kuah plik eungkot suree (dok. Yummy App/putri umar)

Masakan khas Aceh yang lainnya adalah kuah plik eungkot suree. Sekilas bentuknya mungkin seperti sayur lodeh, tapi berbeda, Lagi-lagi, lidah kamu akan dimanjakan dengan rempah yang kaya banget di hidangan ini. Yuk, coba resepnya!

Bahan utama:

  • 1 ekor ikan tongkol yang sudah direbus
  • 5 sdm plik atau patarana atau kelapa yang difermentasi
  • 1 batang serai (geprek)
  • 2 batang daun kari
  • 2 lembar daun jeruk (sobek)
  • 3 buah terong tunjuk (potong-potong)
  • 3 buah cabai hijau, belah 2
  • 1 bungkus santan instan kara 65 ml
  • 600 ml air
  • 6 lembar daun pepaya jepang (iris-iris)
  • 1 sdm garam
  • ½ sdt gula pasir
  • 1 sdt kaldu bubuk

Bumbu halus:

  • 7 buah cabai rawit
  • 2 buah cabai merah
  • ½ sdt lada bubuk
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 keping asam sunti
  • 2 ruas jari kunyit
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih

Cara membuat:

  1. Cuci plik dengan air manas sebanyak dua kali. Lalu, rendam plik kembali dengan air panas selama 5 menit (untuk menghilangkan bau plik)
  2. Sediakan panci, masukkan terong, ikan tongkol (belh menjadi dua bagian), dan cabe hijau.
  3. Tuang bumbu halus, daun kari, serai, dan daun jeruk.
  4. Blender plik dengan tambahan santan. Sarong dan masukkan ke dalam panci.
  5. Tuang air jus plik sedikit-demi sedikit.
  6. Masak hingga matang dan mendidih. Jangan lupa diaduk agar santan tidak pecah.
  7. Bumbui hidangan dengan gula, garam, dan kaldu bubuk sesuai selera. Sajikan.

20. Gulai Patarana Aceh

resep gulai patarana aceh
ilustrasi gulai patarana aceh (dok. Yummy App/Raihana F)

Makanan khas Aceh yang terakhir adalah gulai patarana. Berbahan dasar patarana dan sayur-sayuran, manakan ini dibumbui dengan cita rasa khas Aceh yang penuh dengan rempah! Mau coba? Kamu bisa ikuti resep di bawah ini.

Bahan utama:

  • 1 buah terong ungu
  • 1 buah labu siam
  • 1 ikat kacang panjang
  • 1 genggam buah melinjo
  • 100 gr daun melinjo
  • 200 gr patarana atau pliek 
  • 1 liter santan cair
  • 200 ml santan kental
  • 200 gr udang rebon atau udang segar

Bahan halus:

  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 10 buah cabe rawit hijau
  • 8 buah asam sunti
  • ½ sdt ketumbar bubuk
  • ½ sdt lada bubuk

Bumbu rajang:

  • 3 siung bawang merah
  • 5 buah cabe hijau besar saya pakai cabe merah keriting
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 genggam daun kari
  • 2 batang serai geprek

Cara membuat:

  1. Rendam patarana dengan air hangat agar dagingnya melunak.
  2. Blender patarana dengan bumbu hingga halus.
  3. Siapkan wajan, masukkan santan cair, bumbu halus, bumbu rajang, dan sauh serai. Masak hingga mendidih.
  4. Tambahkan sayuran yang telah dipotong-potong,
  5. Masukkan ketumbar dan juga lada.
  6. Tambahkan rebon, masak hingga mendidih. Tambahkan santan kental, aduk rata.
  7. Beri garam dan kalu bubuk. Aduk hingga merata.
  8. Gulai patarana aceh siap dihidangkan.

Menarik semua kan, makanan khas dari daerah Aceh yang direkomendasikan oleh Yummy. Kamu bisa coba susun menu makan untuk seminggu dengan masakan khas Aceh di atas.

Baca Juga: 10 Masakan Khas Papua yang Unik, Sulit Ditemukan di Daerah Lain

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Linda agustin

Linda agustin

Kare Ayam Kampung (Khas Aceh)

Kare Ayam Kampung (Khas Aceh)

(5.0)

7 langkah

398

Artikel Lainnya di kuliner