​15 Makanan Khas Balikpapan yang Wajib Kamu Cicipi Saat Traveling!

​Ada seafood hingga onde-onde, dijamin enak

​15 Makanan Khas Balikpapan yang Wajib Kamu Cicipi Saat Traveling!

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Balikpapan adalah salah satu kota yang paling ramai dikunjungi di Provinsi Kalimantan Timur. Terkenal sebagai kota penghasil minyak terbesar di Indonesia, membuat Balikpapan dijuluki sebagai kota minyak. 

Tak hanya itu, Kota Balikpapan juga memiliki sektor pariwisata yang berkembang pesat karena letaknya yang dekat dengan kawasan perairan. Banyak pantai indah yang dijaga dengan baik di kota ini

Selain indah, kota ini juga dikenal dengan kuliner seafood-nya yang khas. Ikan lautnya yang segar membuat kamu wajib untuk mencoba olahan seafood dari Balikpapan ketika berkunjung.

Tak hanya seafood, berikut ragam pilihan makanan khas Balikpapan yang wajib kamu cicipi ketika berkunjung! Dicatat ya, Sobat Yummy!

1. Kepiting Kenari

description
Flickr

Kalau berwisata ke Balikpapan, tidak lengkap rasanya kalau belum merasakan kelezatan kepiting kenari. Ada banyak restoran di Balikpapan yang menyediakan pilihan seafood ini, dan salah satu yang paling terkenal adalah Restoran Kenari.

Kepiting kenari ini menggunakan kepiting laut yang ukurannya besar-besar dan diolah dengan ragam pilihan saus seperti saus padang, saus lada hitam, dan saus tiram.

2. Mantau

description
Flickr

Roti dengan tekstur empuk dan lembut satu ini wajib kamu coba! Varian isinya beragam, ada isian daging yang gurih namun ada pula pilihan isian dengan rasa manis seperti coklat, kacang merah, dan kacang hijau. Mirip dengan bakpau ya?

Tapi di Balikpapan roti mantau ini sering ditemukan dengan pilihan rasa gurih dan biasa disantap sebagai menu sarapan dan ditambah dengan cocolan sambal. Harga makanan ini juga tergolong murah.

3. Bingka Kentang

description
Flickr

Makanan identik Balikpapan lainnya adalah bingka kentang. Sesuai dengan namanya, bingka kentang terbuat dari kentang dengan campuran terigu yang dicetak seperti bunga.

Makanan ini memiliki berbagai rasa yang menggugah selera, seperti rasa gula merah, pandan, keju, coklat, dan lainnya.

4. Peyek Kepiting

description
Flickr

Tak hanya diolah ala masakan seafood di restoran, olahan kepiting di Kota Balikpapan juga diolah ke dalam bentuk peyek kepiting. Menarik banget!

Memiliki tekstur yang renyah seperti peyek pada umumnya, peyek kepiting dari Balikpapan lebih lezat karena rasa kepiting yang legit dan khas. Peyek kepiting ini menjadi salah satu pilihan oleh-oleh favorit wisatawan yang berkunjung ke Kota Balikpapan juga lho, Sobat Yummy.

5. Kue Lidah Sapi

description
Flickr

Bukan terbuat dari lidah sapi asli, makanan khas Balikpapan yang satu ini ternyata bercita rasa manis! Kue lidah sapi khas Balikpapan terbuat dari tepung, gula merah, dan telur. Bahan-bahan tadilah yang membuat makanan ini menjadi gurih, manis dan legit!

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Makanan khas Samarinda yang Lezat dan Wajib Dibeli

6. Nasi Bakar Seafood

description
Flickr

Jika nasi bakar pada umumnya diisi dengan ikan teri atau ayam suwir, di Balikpapan nasi bakarnya diisi dengan isian seafood!

Nasi bakar seafood dari Balikpapan ini menggunakan bumbu khas yang membuat cita rasanya menjadi unik. Tambahan seafood yang dibalut dengan daun pisang ini dibakar bersamaan sehingga rasanya menjadi lebih lezat dan tetap hangat!

7. Pisang Gapit

description
Youtube

Olahan pisang yang satu ini menjadi ikon dari Kota Balikpapan. Bahkan banyak wisatawan yang memborong pisang gapit sebagai pilihan oleh-oleh untuk dibawa ke kerabatnya.

Pisang yang dibuat dengan cara dijepit dan dibakar ini dilumuri dengan saus gula merah dan santan yang membuat rasanya sangat lezat dan khas. Wajib coba nih, Sobat Yummy!

8. Amplang

8. Amplang
Flickr

Makanan ringan yang satu ini wajib kamu coba juga! Amplang merupakan makanan yang berbahan dasar ikan tenggiri dan gabus. Makanan ini juga diproduksi dengan berbagai macam bumbu, seperti bumbu ayam bawang, lada hitam, dan lainnya.

9. Bakpia Balikpapan

description
Youtube

Ternyata bukan cuma Yogyakarta saja yang makanan khasnya bakpia, ternyata Kota Balikpapan juga! Berbeda dengan bakpia Jogja, bakpia Balikpapan memiliki ukuran yang lebih besar dan rasa yang tidak terlalu manis.

10. Bubur Gunting

description
Youtube

Bisa dibilang bubur adalah makanan yang hampir ada di seluruh penjuru wilayah di Indonesia. Tak terkecuali dengan Balikpapan, bubur juga menjadi salah satu makanan khas Balikpapan.

Bukan bubur putih yang ditabur dengan suwiran ayam, di Kota Balikpapan bubur yang umum disantap dikenal dengan nama bubur gunting. Terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan air daun suji dan kapur sirih, bubur gunting memiliki hint rasa yang gurih.

Tapi rasa gurih tersebut dikombinasikan pula dengan rasa manis dari saus gula merah dan santan. Ketika diaduk, rasanya jadi gurih gurih manis!

11. Onde-onde Ubi Ungu

description
Youtube

Pecinta makanan manis, pasti tahu dengan makanan tradisional onde-onde! Makanan manis khas Balikpapan ini menggunakan bahan dasar ubi ungu yang manis alami. Ada dua isian yang digunakan di onde-onde Balikpapan ini, yaitu kacang hijau dan coklat.

12. Mageli

description
Yummy Apps

Kalau kamu berwisata ke Kota Balikpapan, jangan lupa untuk membeli camilan bernama mageli. Gorengan yang terbuat dari kacang hijau ini memiliki rasa yang sedikit pedas, asin dan gurih. Pas banget untuk menemani kamu berwisata keliling Kota Balikpapan.

13. Mie Hijau

description
Yummy App

Di Kota Balikpapan ada sebuah warung mie terkenal yang menyediakan menu mie berwarna hijau. Tempat makan ini dikenal dengan nama Warung Mie Hijau Sepinggan.

Kenapa warnanya bisa hijau? Warna hijau tersebut didapat dari proses perebusan mie yang digabung dengan sawi hijau. Jadi mie hijau ini tidak menggunakan pewarna sama sekali, Sobat Yummy.

Tak sampai di situ, mie hijau ini juga tidak memakai tambahan MSG, tanpa pengenyal, dan tentunya tanpa pengawet. Ala ala mie sehat!

Untuk menambah cita rasa yang semakin lezat, mie hijau ini biasanya ditaburi dengan kepiting atau ayam. Wajib coba deh!

14. Abon Kepiting

description
Yummy Apps

Masih dengan olahan kepiting, Kota Balikpapan juga terkenal dengan abon kepitingnya yang sering pula dijadikan sebagai pilihan oleh-oleh. 

Daging kepiting pada abon ini diolah hingga lembut dan ditambah dengan bumbu yang membuat rasanya menjadi gurih.

15. Sate Cumi Bakar

description
Yummy Apps

Selain kepiting, cumi-cumi juga menjadi pilihan seafood yang sering disantap di Kota Balikpapan. Biasanya cumi-cumi diolah menjadi menu sate cumi bakar.

Di dalam satu tusuk sate cumi bakar biasanya ditambah dengan pilihan menu lain seperti bakso dan sosis, sehingga rasa sate menjadi lebih bervariasi dan nikmat.

Menu sate cumi bakar ini mungkin umum ditemukan di kota-kota lain, tapi di Balikpapan saus yang digunakan untuk proses pembakaran sate terbilang unik dan khas. Jadi kamu harus coba, ya!

Banyak sekali pilihan yang lezat ya, Sobat Yummy, pilihan makanan khas Balikpapan di atas. Jika kamu akan atau sedang berkunjung ke Kota Balikpapan, jangan lupa untuk mencoba salah satunya ya!

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Makanan khas Samarinda yang Lezat dan Wajib Dibeli

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Puspitasari Anggradewi

Puspitasari Anggradewi

Bingka Kentang khas Banjar KalSel #JagoMasakMinggu9Periode3

Bingka Kentang khas Banjar KalSel #JagoMasakMinggu9Periode3

(5.0)

10 langkah

925

Retno Adiesty

Retno Adiesty

Sate Cumi Bakar Sosis Thailand #JagoMasakPeriode4Week7

Sate Cumi Bakar Sosis Thailand #JagoMasakPeriode4Week7

(5.0)

8 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di kuliner