Pecinta Kuliner Merapat, Ini 15 Makanan Khas Banjar yang Ngeunah!

​Kota Banjar, Jawa Barat ternyata punya kuliner yang lezat!

Pecinta Kuliner Merapat, Ini 15 Makanan Khas Banjar yang Ngeunah!

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat sering dikenal sebagai Gerbangnya Jawa Barat, karena berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Siapa sangka, kota yang diresmikan pada tahun 2003 ini ternyata memiliki beberapa kuliner yang enak dan nagih, lho!

Jika Sobat Yummy melancong ke Kota Banjar, kurang afdol kalau tidak mencicipi 15 makanan khas Kota Banjar yang telah Yummy App rangkum di bawah ini. Yuk, simak!

1. Kupat Tahu

kupat tahu makanan khas banjar
ilustrasi kupat tahu (instagram.com/foodgallerybdg)

Kupat tahu merupakan makanan khas Banjar yang cukup terkenal. Kuliner ini memadukan ketupat, tahu, taoge, disiram dengan saus kacang yang bersantan.

Menikmati kupat tahu tidak lengkap jika tidak dengan kerupuk gurih yang renyah dan biasanya berwarna pink. Cita rasa dari kupat tahu sangat ramah dan bikin nagih para penikmatnya. Sobat Yummy harus coba kuliner satu ini, saat kamu bertandang ke Kota Banjar.

2. Pepes Sidat

Makanan khas Kota Banjar paling laku, dan selalu dicari para pelancong salah satunya pepes sidat. Kuliner ini berbahan dasar ikan sidat yang dilumuri bumbu pepes kuning, daun bawang, dan kemangi.

Cita rasa dari pepes sidat, yakni manis dari daging ikan sidat dipadukan dengan bumbu kuning yang gurih, dan wangi dari kemangi. Tidak salah, jika kuliner ini paling dicari oleh pencari oleh-oleh khas Banjar.

3. Pepes Lubang

pepes lubang makanan khas banjar
ilustrasi pepes lubang (instagram.com/sedekahresep)

Tidak hanya pepes ikan sidat, Kota Banjar juga punya pepes yang terbuat dari belut. Makanan unik sama terkenalnya dengan pepes sidat dan banyak diburu. Selain, pepes sidat kamu juga jangan lupa untuk mencicipi pepes lubang saat ke Kota Banjar!

4. Kacang Umpet

Kota Banjar memiliki jajanan berupa kacang umpet yang khas. Camilan satu ini divariasikan dengan bumbu kekinian yang membuat rasa dari kacang umpet tidak membosankan dan cocok di lidah. Kacang umpet kini hadir dengan rasa balado, barbeque, keju, karamel, dan rasa kekinian lainnya.

5. Rangicok

rangicok jajanan khas banjar
ilustrasi rangicok (instagram.com/kumpulinresep)

Camilan enak khas Kota Banjar yang tidak kalah terkenal yakni Rangicok. Kuliner satu ini cukup unik, karena terbuat dari rangginang beras ketan yang dicelupkan pada cokelat.

Rangicok memadukan kudapan tradisional dan modern menciptakan cita rasa unik yang lezat. Renyahnya rengginang dan manisnya cokelat dari Rangicok harus kamu coba saat berkunjung ke Banjar, Jawa Barat. Yummy App sarankan jangan hanya membeli satu, karena kudapan ini sangat nagih!

6. Mie Bebek

Mie bebek menjadi makanan khas Kota Banjar selanjutnya yang wajib dicoba jika kamu pecinta kuliner bebek. Konon katanya, mie bebek sudah ada di Jawa Barat sejak tahun 1950an, pertama kali muncul yakni di Pasar Langensari, Kota Banjar.

Tidak hanya warga lokal, kuliner satu ini sudah terkenal kelezatannya di warga dari berbagai daerah. Jenis mie yang digunakan yakni berukuran lebar mirip kwetiau. Penyajian mie entok dilengkapi dengan kuah gurih berasal dari kaldu rebusan entok.

7. Galendo

galendo makanan khas banjar
ilustrasi galendo (instagram.com/widodo.sasmito)

Banjar, Jawa Barat terkenal dengan keunikan kulinernya, salah satunya yakni galendo. Bagaimana tidak unik, kudapan satu ini terbuat dari ampas kelapa dari pembuatan minyak klentik.

Ampas kelapa dipadatkan kemudian digoreng dan jadilah kudapan enak yang cocok dicamil dengan teh manis. Di masa sekarang yang semakin banyak bermunculan jajanan kekinian, membuat posisi galendo semakin tergeser dan semakin langka. Maka dari itu beberapa penjual galendo mengkreasikan jajanan ini dengan berbagai rasa, seperti cokelat, susu, coklat dan sebagainya.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Kendari yang Legendaris, Pernah Mencoba?

8. Nasi Timbel

Kuliner khas Kota Banjar satu ini merupakan makanan berat yang terdiri dari nasi putih, dengan lauk pauk seperti ayam kremes, tempe, telur, lalapan, dan sambal. Uniknya adalah terletak dari pembungkus dari makanan ini, yakni daun pisang yang telah dilayukan terlebih dahulu diatas api. Ini merupakan cara membungkus makanan khas daerah Sunda.

9. Sale Pisang

sale pisang jajanan khas banjar
ilustrasi sale pisang (instagram.com/beledag_duaputra)

Kudapan khas Banjar seperti sale pisang sudah menjadi kesukaan tersendiri oleh wisatawan pemburu oleh-oleh yang berkunjung ke Kota Banjar. Kudapan ini terbuat dari pisang yang dijemur untuk mengurangi kadar air di dalamnya. Cita rasa yang ditawarkan adalah manis legit dan harum dari pisang.

10. Otok Owo

Kudapan asal Kota Banjar satu ini memiliki nama yang unik. Otok owo memiliki cita rasa manis dan renyah yang cocok menemani aktivitas ngeteh atau ngopi.

Jajanan yang sangat digemari oleh masyarakat Kota Banjar ini bahkan juga para pemburu oleh-oleh dari masyarakat luar Kota Banjar. Otok owo juga telah dipamerkan oleh Wali Kota Kota Banjar dalam Gelaran Festival Kuliner peringatan hari jadi Provinsi Jawa Barat tahun 2022.

11. Mie Lidi

mi lidi jajanan khas banjar
ilustrasi mie lidi (instagram.com/hylind14)

Jika kamu berkunjung ke Kota Banjar jangan lupa untuk membeli oleh-oleh mie lidi khas dari kota tersebut. Jajanan satu ini terbuat dari pasta super tipis seperti lidi yang digoreng garing. Mie lidi hadir dengan berbagai varian rasa kekinian yang pastinya selera diberbagai kalangan usia, seperti keju, pedas, dan lainnya.

12. Sate Nikmat Putra

Sate Nikmat Putra sudah menjadi kuliner andalan dari Kota Banjar, tepatnya di Jalan Raya Cikadu, Banjar Jawa Barat.

Bagaimana tidak, untuk merasakan kenikmatan Sate Nikmat Putra kamu harus rela antre karena peminatnya sangat banyak. Tapi dijamin terbayar saat menyantap kuliner sate satu ini. Tidak hanya sate, kedai ini juga menyediakan menu gulai yang tidak kalah dalam urusan memanjakan lidah.

13. Goreng Manuk

goreng manuk makanan khas banjar
ilustrasi goreng manuk (instagram.com/depotliarajarasa)

Goreng manug sebenarnya ialah burung dara goreng yang bisa kamu temukan di Kota Banjar. Gurih, dan renyahnya burung dara goreng disajikan dengan sambal dan lalapan akan menambah kenikmatan dalam menyantap kuliner khas banjar satu ini.

14. Mie Ayam Osis

Mie ayam memang kuliner yang umum di Indonesia. Eits, tapi Kota Banjar punya mie ayam andalannya tersendiri.

Mie ayam Osis yang berlokasi di Jalan Hamara Efendi, Kota Banjar ini tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Kedai satu ini tidak pernah sepi pengunjung dan ramai peminatnya tidak hanya dari masyarakat lokal Kota Banjar.

15. Mie Bakso Gawier

bakso gawier makanan khas banjar
ilutrasi bakso gawier (instagram.com/bakso_gawier)

Jika kamu melancong ke Kota Banjar, kamu wajib berkunjung ke Kedai Mie Bakso Gawier, di Jalan Mekarsari Kota Banjar.

Mie Bakso ini terkenal akan kenikmatannya di masyarakat Kota Banjar. Berbagai varian menu bakso juga tersedia di kedai ini. Mulai dari bakso biasa, bakso tetelan, bakso rusuk, dan lainnya yang bisa cicipi kelezatannya.

So, itu tadi beberapa makanan khas Banjar, Jawa Barat yang dijamin akan menggoyang lidah. Jika Sobat Yummy berencana bertandang ke Kota Banjar, jangan lupa untuk mencicipi daftar rekomendasi makanan khas diatas, ya! Buktikan sendiri kelezatannya.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Depok yang Unik dan Wajib Kamu Cicip

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Heny Rosita

Heny Rosita

Opor Ayam Banjar

Opor Ayam Banjar

(5.0)

6 langkah

1.8 rb

Artikel Lainnya di kuliner