Makanan Enak Khas Bekasi, Sudah Pernah Coba?

Cocok disantap ketika ngeteh atau ngopi

Makanan Enak Khas Bekasi, Sudah Pernah Coba?

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Meskipun sering dijadikan humor sebagai kota yang berada di luar planet, ternyata Kota Bekasi dari segi etnografis termasuk suku Sunda, Betawi, serta Jawa-Banten, lho! Hal ini karena letak geografis kota tersebut yang berada di provinsi Jawa Barat dan dekat dari Kota Jakarta.

Mungkin Sobat Yummy juga sudah sering berkunjung atau mungkin tinggal di Kota Bekasi. Tapi sudahkah kamu mencoba 12 rekomendasi makanan khas Bekasi berikut ini?

1. Soto tangkar

description
ilustrasi soto tangkar

Yap, Kota Bekasi mengadopsi makanan khas Betawi yang satu ini, yaitu Soto Tangkar. Soto berbahan dasar iga sapi memiliki warna kuah kuning kecoklatan dengan santan yang gurih. Biasanya akan ditambah tomat, emping, dan jeruk limau agar semakin segar. Faktanya, Tangkar sendiri memang memiliki arti "Iga Sapi" dalam bahasa Betawi.

2. Kue rangi

description
ilustrasi kue rangi (Turisian.com)

Makanan dari tepung kanji dan parutan kelapa ini dicetak menggunakan cetakan pukis lalu di bakar. Kemudian, disajikan dengan gula merah. Yummy!

3. Kue cincin

3. Kue cincin
ilustrasi kue cincin (idntimes.com)

Memiliki bentuk yang mirip dengan donat, kue cincin terbuat dari tepung beras dan gula merah yang dicampur lalu kemudian digoreng. Biasanya kue ini muncul di acara-acara besar seperti hajatan.

4. Bandeng rorod

description
ilustrasi bandeng rorod

Ikan bandeng kerap menjadi bahan dari makanan khas dari berbagai daerah. Kalau yang ini disebutnya Bandeng Rorod. Rorod sendiri merupakan suatu istilah untuk cara menarik tulang bandeng secara paksa. 

5. Sayur gabus pucung

description
ilustrasi sayur gabus pucung

Nah, makanan khas Bekasi yang satu ini menggunakan ikan gabus sebagai bahan utama serta pucung untuk membuat kuah menjadi warna hitam. Sebutan lain untuk pucung adalah kluwak. Kebayang dong rasanya yang segar dan mantap!

6. Wajik ketan

description
ilustrasi wajik ketan

Katanya, kue ini dapat mempersatukan dan mempererat silaturahmi antarwarga. Terbuat dari beras ketan, santan, dan gula merah, biasanya wajik ketan disajikan dengan bentuk segitiga atau kotak.

7. Kue sagon

description
ilustrasi kue sagon

Siapa yang tidak tahu kue yang satu ini? Kue sagon terbuat dari tepung beras dan kelapa parut. Untuk cara masaknya, tepung disangrai terlebih dahulu untuk rasa yang khas lalu dicampur dengan kelapa parut. Rasanya manis namun ringan di lidah.

8. Kue biji ketapang

description
ilustrasi kue biji ketapang

Makanan khas Bekasi yang satu ini berbentuk mirip biji ketapang yang lonjong dan pipih, makanya dinamakan sebagai kue biji ketapang. Meskipun teksturnya agak keras, tapi renyah dan rasanya pas untuk di makan sambil minum teh atau kopi lho Sobat Yummy!

9. Kue telur gabus

description
ilustrasi kue telur gabus

Jika dikunyah, kue ini seperti gabus. Ringan dan lembut dengan rasa gurih dan asin sebagai rasa originalnya. Camilan ringan ini juga banyak lho varian rasa lainnya, seperti ditambah dengan bubuk asin perasa yang membuat rasanya semakin nikmat!

10. Es durian patal

description
ilustrasi es durian

Es durian merupakan salah satu jenis es yang banyak digemari oleh banyak orang, apakah kamu salah satunya Sobat Yummy?

Biasanya es durian berisikan es, kacang, susu kental manis coklat, dan dilengkapi dengan taburan keju. Tak lupa, buah durian dengan daging yang "gendut" melengkapi es ini. Rasanya lezat banget!

11. Sop janda

description
ilustrasi sop janda

Nama makanan khas dari Bekasi yang satu ini memang unik. Tapi artinya bukan "janda" yang itu ya, Sobat Yummy! Kata 'janda' sendiri merupakan singkatan dari Jawa-Sunda. Sop ini berbahan dasar daging dan tulang sapi. Rempah-rempah pilihan menjadi penambah nikmat untuk kuahnya yang mancing rasa lapar di perut saat kita mencium aromanya!

12. Oblok tongki

Rekomendasi makanan khas Bekasi yang terakhir adalah oblok tongki. Pernah dengar?

Meski namanya terdengar asing, oblok tongki adalah makanan dari daging bebek lunak dengan bumbu pedas khas. Kamu wajib coba masakan yang satu ini ketika berkunjung ke Bekasi, karena masih banyak yang belum tahu.

Itu dia 12 rekomendasi makanan khas Bekasi yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Kota Patriot ini. Meskipun katanya ke Kota Bekasi harus menempuh jarak yang jauh dan menghadapi cuaca yang panas, pastinya ada makanan lezat yang siap untuk kamu santap!

Baca Juga: ​12 Tempat Makan Keluarga di Bogor yang Nyaman dan Terfavorit

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

dapurVY

dapurVY

Sop Janda

Sop Janda

(4.7)

6 langkah

2.4 rb

Artikel Lainnya di kuliner