6 Makanan Khas Depok yang Unik dan Wajib Kamu Cicip

Nikmati sensasi unik dan lezat makanan khas Depok ini

6 Makanan Khas Depok yang Unik dan Wajib Kamu Cicip

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Jika Sobat Yummy memutuskan untuk berpiknik ke Depok, jangan lupa mencicipi berbagai kuliner khasnya. Mulai dari yang asin dan manis, ada beragam makanan khas Depok yang unik dan lezat, loh. Hingga sangat sulit untuk di skip dari lis kulineran kamu.

Siap-siap untuk ngiler saat baca rangkuman makanan khas Depok yang telah Yummy App siapkan. Jangan lupa sediakan note untuk memasukan daftar 6 makanan khas Depok berikut.

Baca Juga: Makanan Enak Khas Bekasi, Sudah Pernah Coba?

1. Bakso Comberan

bakso comberan khas Depok
ilustrasi bakso comberan khas Depok (google.com/maps/frederick)

Benar, comberan, kamu tidak salah baca. Tapi bukan berarti secara harfiah kuliner yang satu ini terbuat dari comberan, ya. Bakso comberan ini bisa ditemukan di Jalan Ridwan Rais. Kuahnya yang berwarna hitam mirip air comberan, menjadi ciri khas dari bakso ini.

Inovasi bakso ini pertama kali diciptakan oleh pemiliknya yang disapa Pak Bewok. Kuah bakso comberan yang menjadi khas, sengaja ditambahkan kluwek agar berwarna hitam. Pak Bewok sendiri ingin menciptakan bakso yang beda dari yang lainnya. Uniknya lagi, bakso comberan disajikan dengan tetelan dan potongan tulang ayam. Sudah pasti rasanya tidak main-main.

Gurih kaldu dari kuah hitam bakso tidak kalah dengan kuah bakso bening pada umumnya. Karena kuah bakso comberan sendiri direbus langsung dengan tulang ayam. Belum lagi pentol dari baksonya yang kaya akan tetelan daging sapi semakin memperkaya rasa. Kamu bisa menikmati seporsi bakso comberan yang disajikan melimpah ruah hanya dengan Rp15.000.

2. Perkedel Bakar

Makanan khas Depok selanjutnya yang wajib kamu coba adalah perkedel bakar. Kuliner ini merupakan salah satu warisan bangsa Belanda ketika menduduki Indonesia zaman dulu.

Perkedel bakar terbuat dari kentang tumbuk yang diberi rempah-rempah, seperti perkedel pada umumnya. Bedanya perkedel ini dipanggang di oven, bukan digoreng dengan telur.

Masyarakat Depok juga sering memberi berbagai macam topping pada pekedel bakar, seperti keju atau potongan daging sapi, yang sudah pasti menambah point kenikmatan kuliner ini. Kentang rempah yang lembut, dipadukan dengan potongan daging yang lezat dan keju dengan after taste smoky karena proses pemanggangan. Yummy App merekomendasikan untuk mencicipi perpaduan rasa nikmat ini jika kamu berkunjung ke Depok.

3. Peyek Gale

Peyek gale atau peyek kembang goyang merupakan camilan asin gurih yang terbuat dari tepung beras diberi bawang putih dan garam. Pada umumnnya, peyek gale disajikan dengan berbagai topping yang ditambahkan, seperti kacang, ebi, teri, daging kepiting, hingga bayam. Renyah dan gurihnya peyek gale berpadu dengan topping yang unik, sudah pasti akan membuat Sobat Yummy tidak cukup hanya mencicipinya sekali.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Minyak di Tenggorokan Setelah Makan Gorengan

4. Peyek Cokelat

tempe cokelat khas depok
ilustrasi tempe cokelat (instagram.com/pechocdepok)

Membahas keunikan makanan khas Depok memang tiada habisnya. Jika tempe yang Sobat Yummy santap biasanya asin gurih, kali ini tempe disulap menjadi makanan manis yang kreatif.

Tempe cokelat populer sebagai oleh-oleh dikalangan wisatawan yang mampir ke Depok. Camilan ini menyajikan tempe yang dipotong tipis dan digoreng kemudian dibalut dengan cokelat. Kerenyahan tempe yang menyatu dengan lezatnya cokelat tidak akan segera terasa akrab di lidahmu, kok. Tidak hanya cokelat hitam, camilan unik ini sekarang sudah hadir dengan berbagai rasa manis seperti, matcha dan strawberry yang menggugah selera.

5. Dodol Belimbing

dodol belimbing khas Depok
ilustrasi dodol belimbing (instagram.com/umkmcentredepok)

Sobat Yummy harus tahu, Depok juga dijuluki sebagai Kota Belimbing. Untuk menyiasati melimpahnya belimbing di Depok, masyarakat berinovasi dengan mengkreasikannya menjadi dodol.

Pembuatan camilan ini sama seperti pembuatan dodol pada umumnya, akan tetapi ada penambahan puree belimbing. Rasa belimbing alami inilah yang menjadikan dodol khas Depok sangat legit dan wangi.

6. Nastar Belimbing

Adonan nastar yang diberi jarak di loyang
ilustrasi adonan nastar di loyang (youtube.com/athanaufal)

Jika nastar isi selai nanas sudah biasa, kamu harus coba kuliner khas Depok yang satu ini. Nastar belimbing berisi selai belimbing khas Depok yang terkenal manisnya. Sobat Yummy pasti mendapatkan pengalaman baru, saat menyantap nastar yang memiliki isian selai belimbing ini.

Selain lezat, makanan khas Depok yang sudah Yummy App rangkum ini sangat terjangkau harganya. Jadi, Sobat Yummy tidak perlu bingung lagi. Kapan lagi mendapat kuliner lezat dan unik dengan budget yang pas di kantong. Wajib cicipi semua jika kamu ke Depok!

Baca Juga: 20 Makanan Khas Jambi dari Makanan Berat hingga Camilan Lezat

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

desmawati kuretangin

desmawati kuretangin

Perkedel Bakar

Perkedel Bakar

(5.0)

5 langkah

462

Artikel Lainnya di kuliner