15 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Menggoda Selera

Wajib coba untuk variasi hidangan harian, nih!

15 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Menggoda Selera

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Mengunjungi Kalimantan Timur, khususnya Kota Samarinda yang menjadi pusat kegiatan ekonomi dan sosial sekaligus ibu kota baru, membawa kamu pada pengalaman wisata kuliner yang tak terlupakan.

Dengan diresmikannya Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara sebagai pusat administrasi baru Indonesia, Samarinda mendapatkan sorotan sebagai pusat bisnis dan budaya, serta destinasi kuliner yang memikat.

Kalimantan Timur menawarkan lebih dari sekadar pemandangan alam yang mengesankan; kuliner lokalnya yang autentik juga menjadi daya tarik utama. Mulai dari sajian berbahan dasar ikan segar dari sungai lokal, hingga rempah-rempah eksotis yang digunakan dalam setiap resep, masing-masing hidangan mencerminkan identitas dan tradisi daerah ini.

Mengenal lebih dalam tentang Kalimantan Timur melalui kulinernya adalah cara yang menarik untuk memahami bagaimana tradisi dan modernitas bisa berpadu sempurna.

Dari penjelajahan kuliner ini, kamu tidak hanya mendapatkan kenikmatan rasa, tetapi juga pengalaman yang memperkaya pengetahuan tentang keanekaragaman budaya Indonesia. Nah, berikut beberapa makanan khas Kalimantan Timur yang wajib kamu coba.

1. Sate Payau

sate payau khas kalimantan timur
ilustrasi sate payau (flickr.com/ichfan)

Di Kalimantan Timur, sate tidak hanya berbahan dasar daging sapi atau ayam, tetapi juga daging rusa, yang dikenal dengan nama lokal "payau".

Sate payau memiliki tekstur daging yang lebih empuk dan rasa yang khas manis-asing. Diolah dengan cara yang mirip dengan sate tradisional, potongan daging rusa ditusukkan ke tusuk bambu dan dipanggang di atas api besar hingga matang sempurna.

Biasanya, hidangan ini hanya tersedia pada saat-saat tertentu, seperti selama festival atau upacara adat. Sate payau biasanya disajikan dengan bumbu kacang atau saus kecap, menambah kekayaan rasa pada setiap gigitan.

2. Nasi Bekepor

nasi bakepor khas kalimantan timur
ilustrasi nasi bakepor (yummy.co.id/Lila Wahyu Lestari)

Nasi bekepor menawarkan cita rasa yang unik. Hidangan ini memiliki rasa yang kaya, menggabungkan nasi putih dengan ikan asin, rempah-rempah, dan minyak sayur, serta ditaburi dengan jeruk nipis yang memberikan kesegaran khas.

Nasi bekepor dikenal sebagai makanan warisan dari Raja Kutai Kartanegara. Menurut tradisi, Nasi Bekepor ini dulunya merupakan sajian eksklusif untuk para raja di Kutai, menggambarkan pentingnya hidangan ini dalam budaya setempat.

Untuk membuat nasi bekepor, beras dan bumbu dimasak bersamaan. Ketika hampir matang, ikan asin dan aneka tambahan seperti cabai, daun kemangi, dan jeruk nipis ditambahkan.

Poin utama dari hidangan ini adalah kerak garing yang terbentuk di pinggir ketel, memberikan tekstur yang menyenangkan pada setiap suapan. Saat disajikan, nasi bekepor biasanya ditemani oleh 'sambal raja'.

Selain itu, nasi bekepor juga sering dipadukan dengan hidangan lain seperti garang asem atau sayur ikan asam Kutai untuk menambah kekayaan dan keragaman dalam setiap pengalaman makan di Kalimantan Timur.

3. Sayur Gangan Asam Kutai

sayur asam kutai
ilustrasi sayur asam kutai (youtube.com/Mona Rendra)

Sayur asam Kutai adalah salah satu makanan khas Kalimantan Timur yang sangat merepresentasikan keunikan kuliner daerah tersebut. Dibuat dengan bahan-bahan lokal seperti daging ikan gabus yang dikenal dengan kelezatannya, sayur asam Kutai juga menggabungkan kangkung, talas, dan jantung pisang batu yang menambah kekayaan tekstur dan rasa.

Keistimewaan dari sayur asam Kutai terletak pada kaldu ikan dan ikan tawar dari sungai lokal yang kaya rasa. Tambahan jeruk nipis dan terong Dayak, memberikan sentuhan asam yang menyegarkan, menjadikan sayur ini sangat populer di kedai-kedai dan warung makan sekitar Kutai Kartanegara.

4. Gence Ruan

gence ruan khas Kalimantan Timur
ilustrasi gence ruan khas Kalimantan Timur (wikimedia.org/Ezagren)

Makanan khas Kalimantan Timur yang menggunakan ikan haruan, atau lebih dikenal sebagai ikan gabus. Gance ruan adalah salah satu hidangan populer berbahan ikan haruan yang dipersiapkan dengan dua cara berbeda.

Pertama, ikan haruan bisa digoreng atau dibakar kering sebelum akhirnya dimasak kembali dengan bumbu rempah setempat. Perpaduan rasa pedas dan manis dari bumbu ini menciptakan rasa yang khas dan menarik.

Di sisi lain, ada juga varian ikan haruan yang dibakar lengkap dengan sisiknya hingga kehitaman. Proses pembakaran yang unik ini tidak hanya mempertahankan kelembutan daging, tetapi juga menambahkan aroma asap yang pekat.

Ikan haruan bakar kemudian dibumbui dengan sambal merah gence, sambal tradisional Kalimantan Timur yang bertekstur kasar dan memiliki rasa pedas yang kuat. Sambal ini melengkapi tekstur ikan dengan rasa pedas yang menggigit, menciptakan pengalaman makan yang intens.

5. Rabo Ruan

rabo ruan khas kalimantan timur
ilustrasi rabo ruan (youtube.com/Sajian Sedap)

Selain digoreng atau dibakar, ikan gabus atau ikan haruan juga dapat dihaluskan dan dibumbui dengan bumbu rabo yang kaya rasa. Bumbu rabo merupakan perpaduan dari rempah lokal yang memberikan rasa yang khas dan menggugah selera.

Setelah dibumbui, ikan gabus kemudian dikukus hingga matang dan biasanya disajikan hangat bersama nasi putih. Hidangan ini menawarkan kelezatan yang sederhana namun memuaskan, dengan rasa rempah yang meresap dalam daging ikan yang lembut.

Variasi kedua dari ikan gabus adalah rabo ruan, di mana daging ikan gabus disuir-suir setelah dikukus. Daging yang telah disuir ini kemudian dimasak bersama bumbu rempah khas dan santan, diberi waktu untuk meresap dan matang sempurna. Proses memasak ini menciptakan hidangan yang kaya akan tekstur dan rasa, dengan kekentalan santan yang menambah keistimewaan pada setiap suapan.

6. Sambal Raja

sambal raja khas Kalimantan Timur
ilustrasi sambal raja khas Kalimantan Timur (yummy.co.id/Galia Salfitri)

Sambal raja, makanan khas Kalimantan Timur, dikenal sebagai pendamping yang sempurna untuk berbagai hidangan lokal, termasuk nasi bekepor. Sambal ini merupakan campuran lezat dari aneka sayur dan bahan-bahan pilihan lain yang menghasilkan cita rasa yang kaya dan menggugah selera.

Keistimewaan sambal raja terletak pada komposisi bumbunya yang unik, menjadikannya tidak hanya ideal sebagai pelengkap nasi bekepor, tetapi juga memperkaya rasa dari berbagai hidangan lainnya. Kelezatan sambal raja bisa menambah dimensi rasa pada setiap makanan, memperkaya pengalaman kuliner kamu selama berada di Kalimantan Timur.

Sambal raja nikmat disantap dengan hidangan berbasis nasi atau sebagai tambahan pada berbagai jenis makanan, menawarkan sensasi rasa yang akan membuat setiap makanan menjadi lebih spesial.

Baca Juga: 12 Resep Sambal Indonesia dengan Aneka Rasa, Enak dan Mudah Dibuat

7. Ayam Cincane

ayam cincane khas kalimantan timur
ilustrasi ayam cincane (yummy.co.id/Robin)

Ayam cincane adalah salah satu kuliner khas Kalimantan Timur yang tak boleh dilewatkan. Hidangan ini terbuat dari ayam kampung yang dimasak dengan aneka rempah-rempah pilihan, menghasilkan aroma dan rasa yang memikat.

Cita rasa dari ayam cincane ini gurih dan manis, dengan keharuman rempah yang khas. Kombinasi rasa gurih ayam dengan sambal yang memiliki sedikit rasa pedas dan asam menciptakan harmoni rasa yang sempurna. Menjadikannya favorit dalam acara-acara besar seperti pernikahan, acara adat, dan pertemuan keluarga. 

8. Amplang

amplang khas kalimantan timur
ilustrasi amplang (mmc.kotawaringinbaratkab.go.id)

Di Samarinda, amplang sangat populer dan banyak dicari baik oleh penduduk lokal maupun wisatawan. Camilan ini dibuat dari ikan tenggiri atau ikan belida, yang dicampur dengan tepung tapioka dan rempah-rempah pilihan, menciptakan rasa yang gurih dan tekstur yang renyah.

Di Kalimantan Timur, variasi amplang yang menggunakan ikan gabus juga populer, menawarkan cita rasa ikan yang kaya dan memikat. Amplang ini menjadi simbol dari kekayaan kuliner Kalimantan Timur, menggambarkan keragaman dan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki provinsi ini.

Amplang biasa dinikmati sebagai camilan di siang hari atau sebagai buah tangan. Amplang menawarkan pengalaman rasa yang unik dan memuaskan, menjadikannya salah satu ikon kuliner dari Kalimantan Timur yang harus dicoba.

9. Gangan Manok

gangan manok khas kalimantan timur
ilustrasi gangan manok (youtube.com/Keyko Fisabilillah)

Gangan manok adalah sebuah kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kutai Timur, Kalimantan Timur. Nama 'gangan' dalam bahasa setempat berarti sayur, sedangkan "Manok" berarti ayam.

Gangan manok unik karena memadukan sayuran bayam yang kaya serat dengan oyong, dan bola daging yang terbuat dari adonan tepung maizena, menghasilkan rasa yang gurih dan segar.

Hidangan ini sering dijuluki sebagai "baksonya Kalimantan Timur" karena bentuk dan cara penyajiannya yang mirip dengan bakso yang umum dikenal. Namun, gangan manok menawarkan tekstur yang lebih lembut dibandingkan bakso daging sapi. Bisa dinikmati dengan saus atau sambal sesuai selera, menambah kelezatan dan keunikan dari hidangan ini.

10. Kue Gegicak

kue gegicak khas kalimantan timur
ilustrasi kue gegicak (yummy.co.id/Lina Dwi S)

Salah satu camilan yang wajib dicoba di Kalimantan Timur adalah kue gegicak yang menawarkan kelezatan yang empuk, manis, dan menggugah selera. Kue tradisional ini dibuat dari tepung ketan dan ditaburi dengan kelapa parut yang gurih, menghasilkan tekstur dan rasa yang sempurna.

Kue gegicak biasanya mudah ditemukan di toko kelontong lokal dan dijual dengan harga yang terjangkau. Camilan ini tidak hanya memuaskan rasa manis, tetapi juga memberikan pengalaman otentik dari kekayaan kuliner Samarinda, Kalimantan Timur.

Baca Juga: 15 Oleh-Oleh Khas Manado Paling Populer dan Terkenal

11. Kue Bingka Kentang

kue bingka kentang khas kalimantan timur
ilustrasi kue bingka kentang (yummy.co.id/Nungki Wardani)

Selain kue gegicak, ada lagi camilan tradisional yang tak boleh terlewatkan saat kamu berada di Kalimantan Timur, yaitu kue bingka kentang. Kue ini dibuat dari campuran tepung, telur, gula, dan santan, lalu dipanggang hingga teksturnya empuk dan memiliki cita rasa manis yang khas.

Kue bingka kentang ini merupakan pilihan sempurna untuk dinikmati bersama secangkir teh hangat. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut menjadikan kue ini favorit banyak orang, baik sebagai camilan di sore hari atau sebagai hidangan penutup setelah makan besar.

12. Pulut Nasi

nasi pulut khas kalimantan timur
ilustrasi nasi pulut (flickr.com/ckk2011)

Pulut nasi adalah salah satu makanan khas Kalimantan Timur yang mungkin jarang ditemukan. Hidangan ini terbuat dari nasi yang dibungkus dengan daun pisang, dan di dalamnya terdapat campuran santan kental serta sayur-sayuran yang menambah kekayaan rasa.

Tekstur dari pulut nasi yang lunak dan gurih ini sangat pas dipadukan dengan isian sayur yang pedas. Pulut nasi paling nikmat disantap bersama sambal kacang, yang tidak hanya menambahkan dimensi rasa gurih tetapi juga mengintensifkan kesan pedas.

Camilan ini ideal sebagai sajian khusus dalam berbagai acara atau sebagai santapan lezat yang menggugah selera di setiap kesempatan.

13. Pisang Gapit

pisang gapit khas kalimantan timur
ilustrasi pisang gapit (yummy.co.id/Hemi Chanel)

Pisang gapit adalah camilan populer dan sangat diminati di Kalimantan Timur, yang terkenal akan kehabisannya setiap kali disajikan. Camilan ini dibuat dari pisang kepok atau pisang raja, yang dipanggang sempurna dengan margarin hingga aroma bakarnya menarik perhatian. Setelah dipanggang, pisang ini kemudian disiram dengan gula merah leleh yang menambahkan kegurihan dan kemanisan legit pada setiap gigitan.

Keunikan dari pisang gapit tidak hanya dari cara pengolahannya tapi juga dari kombinasi tekstur dan rasa yang ditawarkannya. Gurihnya margarin berpadu dengan manisnya gula merah menciptakan harmoni rasa yang khas dan memanjakan lidah.

Makanan khas Kalimantan Timur ini sangat cocok dinikmati sebagai penutup makan atau sebagai teman minum teh di sore hari, menawarkan pengalaman kuliner yang tidak hanya lezat tapi juga unik dan mengesankan.

14. Lempok Durian

lempok durian makanan khas kalimantan timur
ilustrasi lempok durian (flickr.com/Steven Geovano)

Lempok durian memiliki tekstur yang mirip dengan dodol dan umumnya dibuat dari tepung beras yang dikombinasikan dengan buah durian yang kaya rasa. Namun, tersedia juga variasi lempok durian yang dibuat tanpa tepung beras, menggunakan hanya buah durian sebagai bahan dasarnya, yang menawarkan rasa yang lebih manis dan legit.

Lempok durian, dengan kekhasannya yang tahan lama, menjadi pilihan sempurna untuk dibawa pulang sebagai buah tangan. Tidak hanya memuaskan keinginan untuk rasa manis dan gurih, tetapi juga membawa sebagian dari kekayaan kuliner Samarinda yang bisa dinikmati lama setelah perjalanan berakhir.

Baik dalam versi tepung beras maupun 100% durian, lempok durian menjanjikan pengalaman rasa yang unik dan memikat, menjadikannya suvenir yang tidak hanya mengingatkan pada tempat tetapi juga pada pengalaman kuliner autentik Kalimantan Timur.

15. Daging Masak Bumbu Hangus

daging masak bumbu hangus khas kalimantan timur
ilustrasi daging masak bumbu hangus (yummy.co.id/Laila Fitria)

Kalimantan Timur, meskipun dikenal sebagai sumber olahan ikan yang beragam, juga menawarkan kekayaan kuliner dari daging, salah satunya adalah daging masak bumbu hangus. Hidangan ini menggunakan daging sapi sebagai bahan utama yang dimasak dalam waktu yang lama dengan bumbu kecap khas.

Nama "bumbu hangus" berasal dari teknik memasak di mana kecap diolah hingga mendekati titik hangus, namun dengan penambahan air secara periodik untuk mencegah kecap benar-benar gosong. Ini menciptakan rasa yang unik dan lezat, memberikan kedalaman dan kekentalan pada saus yang melapisi daging sapi.

Daging masak bumbu hangus merupakan contoh bagus dari adaptasi dan inovasi dalam kuliner tradisional Kalimantan Timur. Makanan ini menawarkan pengalaman rasa yang berani dan memuaskan, cocok untuk dinikmati sebagai makan besar.

Keunikan cara memasaknya tidak hanya menjaga rasa tetapi juga menambah cerita yang menarik dari kuliner Kalimantan Timur, menjadikan daging masak bumbu hangus sebagai hidangan yang wajib dicoba bagi pecinta kuliner yang mengunjungi wilayah tersebut.

Baca Juga: 8 Makanan Khas Singkawang yang Lezat dan Gurih

Itulah berbagai makanan khas Kalimantan Timur yang wajib kamu coba. Kamu pun bisa membuat hidangan di atas dengan melihat resepnya di Yummy.

Mau lebih gampang cari resep dan rekomendasi kuliner lainnya? Yuk, download Yummy App! Karena akan ada banyak resep, dan wawasan kuliner yang harus kalian ketahui.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Deniza Ika

Deniza Ika

Kue Cubit Coklat

Kue Cubit Coklat

(5.0)

45 mnt

550

Artikel Lainnya di kuliner