​19 Makanan Khas Lombok, Enak dan Harus Kamu Coba

Wajib cobain kalau kamu lagi liburan ke Pulau Seribu Masjid!

​19 Makanan Khas Lombok, Enak dan Harus Kamu Coba

penulis:

Tim Yummy

Bagikan:

Lombok adalah salah satu pulau di Indonesia yang terletak di sebelah timur Bali dan sebelah barat Sumbawa. Pulau ini terkenal akan pantai dan surfing spot.

Selain pantainya, apabila kamu berencana mengunjungi Lombok, maka wajib untuk mencicipi makanan khas lombok yang lezat. Berikut telah Yummy App sajikan aneka makanan khas Lombok untuk dicoba!

1. Ayam Taliwang

ayam taliwang makanan khas lombok
ilustrasi ayam taliwang (dok. Yummy App)

Menyebut ayam taliwang sebagai makanan khas Lombok dan menempatkannya pada urutan pertama kali ini serta termasuk makanan yang paling populer bukanlah berlebihan.

Sensasi segar dan pedas yang bisa kamu dapatkan dalam satu gigitan dijamin akan memberikan pengalaman kuliner yang berbeda bagi kamu. Resep ayam taliwang menggunakan ayam kampung sebagai bahan utama sehingga rasanya terasa lebih nendang!

2. Plecing Kangkung

Selain ayam taliwang, plecing kangkung juga termasuk salah satu makanan khas Lombok yang paling terkenal.

Plecing kangkung adalah hidangan kangkung khas lombok. Resep plecing kangkung memanfaatkan kangkung rebus sebagai bahan utama yang disajikan dengan sambal terasi khas Lombok di bagian atasnya. Hidangan ini lezat disantap bersama nasi hangat dan juga kacang atau kedelai goreng sebagai pelengkap penyajian.

Baca Juga: 6 Resep Tumis Kangkung untuk Pelengkap Santapan Anti-bosan!

3. Mie Taliwang

sepiring makanan khas lombok, mie ayam taliwang
ilustrasi mie ayam taliwang (https://www.yummy.co.id/Siti Mudrikah)

Mie taliwang adalah variasi dari masakan ayam taliwang yang menggunakan mie sebagai komponen utama. Mie taliwang disajikan dengan potongan ayam taliwang dan sayuran, serta dibumbui dengan bumbu khas Lombok yang pedas.

Baca Juga: 23 Menu Mie Gacoan Terbaru 2023 dan Harga Lengkapnya

4. Taliwang Ikan

sepiring salah satu makanan khas lombok, taliwang ikan
ilustrasi taliwang ikan (https://www.yummy.co.id/Rayna Kitchen)

Versi lain dari ayam taliwang adalah taliwang ikan juga tidak kalah lezat. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan laut seperti kakap atau kerapu, yang dibumbui dengan campuran bumbu khas Lombok dan dibakar hingga matang.

Rasanya yang gurih dan pedas, serta teksturnya yang lembut, menjadikan Taliwang ikan sebagai pilihan yang sempurna bagi Sobat Yummy pencinta seafood.

Baca Juga: 6 Merk Kecap Ikan Terbaik 2023 dan Nutrisinya

5. Plecing Udang

sepiring salah satu makanan khas Lombok, plecing udang
iliustrasi plecing udang (https://www.yummy.co.id/Ummu Alfrad)

Ini adalah variasi lain dari plecing kangkung, yaitu plecing udang yang merupakan hidangan laut khas Lombok yang patut dicoba. Udang segar dibumbui dengan sambal pelecing yang terbuat dari cabai rawit, terasi, dan tomat. Sambalnya yang pedas dan udangnya yang segar membuat pelecing udang menjadi hidangan yang menggoda selera.

Baca Juga: Cara ​Membersihkan Udang dengan Tepat dan Mudah

6. Nasi Balap Puyung

balap puyung makanan khas lombok
ilustrasi balap puyung dan suwiran ayam (dok. Yummy App)

Nasi balap Puyung adalah nasi campur khas Lombok yang sederhana. Hidangan ini terdiri dari nasi putih, ayam suwir pedas, kacang kedelai yang digoreng, dan sambal terasi.

Selain itu terdapat topping seperti kentang kering, tumis buncis dan telur untuk melengkapi nasi balap puyung. Hidangan ini biasa dimakan sebagai hidangan sarapan dan hanya dijual di pagi hari di Lombok.

7. Sate Bulayak

sate bulayak makanan khas lombok
ilustrasi sate bulayak (indonesiakaya.com)

Sate merupakan salah satu makanan yang paling populer, selain banyak variasinya, rasanya juga tentun saja nikmat. Karena hal tersebut, kini kita membahas beberapa sate yang merupakan makanan khas Lombok.

Jika sudah berbicara sate khas Lombok, tentunya sate bulayak adalah yang paling terkenal. Sate bulayak terbuat dari daging sapi sebagai bahan utama dan siraman sambal kacang menguatkan kenikmatannya.

Bulayak adalah lontong yang dibungkus dengan daun aren. Dalam resep sate bulayak, juga terdapat gula merah dan kelapa parut yang menambah kelezatan.

Baca Juga: ​Tips dan Cara Bikin Daging Sate Jadi Super Empuk

8. Sate Rembiga

sate rembiga makanan khas lombok
ilustrasi sate rembiga (dok. Yummy App)

Variasi sate khas Lombok selanjutnya adalah sate rembiga. Sate Rembiga adalah salah satu dari aneka makanan khas Lombok yang memiliki cita rasa pedas memikat.

Sate ini terbuat dari daging sapi yang sebelum dimasak, direndam dengan bumbu cabai. Dalam resep sate rembiga, hidangan ini juga memanfaatkan asam jawa, daun pepaya, dan nanas sebagai bahan utama yang memberikan aroma segar.

9. Sate Tanjung

Terbuat dari daging ikan yang dilumuri dengan bumbu seperti santan dan rempah-rempah membuat sate tanjung menjadi salah satu kuliner yang wajib kamu cicipi di Lombok. Makanan khas Lombok ini juga menjadi salah satu kuliner paling populer di Lombok. Tidak hanya unik, resep sate tanjung juga mudah dibuat dan sederhana.

10. Sate Pencok

sepiring salah satu makanan khas Lombok, sate pecok
ilustrasi sate pencok (youtube.com/KA_PUT_AN Project)

Ada dua varian sate pencok yang bisa kamu coba di Lombok. Varian yang pertama adalah varian yang menggunakan kulit sapi sebagai bahan utama. Sedangkan versi kedua adalah yang menggunakan sagu sebagai pengganti kulit sapi.

Kedua bahan tersebut bertekstur kenyal dan dibakar di atas arang. Siraman bumbu pelalah juga menambah kelezatan hidangan ini.

11. Sate Pusut

Variasi sate khas Lombok yang terakhir akan dijelaskan Yummy App kali ini adalah sate pusut.

Penampilannya seperti sate lilit, namun sate pusut memiliki bahan dan tusukan yang berbeda. Sate pusur terbuat dari daging sapi atau daging ayam yang digiling halus dan dicampur dengan parutan kelapa.

Dengan bumbu yang khas, rasa sate pusut sangat gurih dan bercita rasa rempah. Sate ini biasa dinikmati dengan nasi campur khas Lombok beserta sambal.

12. Ayam Rarang

ayam rarang makanan khas lombok
ilustrasi ayam rarang (dok. Yummy App)

Makanan khas Lombok yang berikutnya adalah ayam rarang, juga terdapat ayam rarang yang menjadi kuliner yang wajib kamu cicipi di Lombok. Bumbunya yang mirip dengan sambal menciptakan rasa pedas dan gurih yang lezat. Sama seperti dengan ayam taliwang, resep ayam rarang menggunakan ayam kampung sebagai bahan utama. Selain itu, asam jawa dan gula merah juga digunakan.

Baca Juga: ​10 Resep Ayam Sederhana Enak untuk Menu Sehari-hari

13. Sayur Ares

sayur ares makanan khas lombok
ilustrasi sayur ares (visitbali.id)

Sayur ares adalah makanan khas lombok yang menggunakan pelepah pisang yang masih muda sebagai bahan utama. Sayuran ini juga dimasak dengan santan dan potongan daging sapi yang dibumbui rempah-rempah. Meski begitu, ada pula beberapa daerah di lombok yang tidak menggunakan daging sapi sebagai lauk sayur ini.

14. Beberuk Terong

beberuk terong makanan khas lombok
ilustrasi beberuk terong (dok. Yummy App)

Rekomendasi aneka makanan khas Lombok selanjutnya adalah beberuk terong. Bahan utama dari beberuk terong adalah terung lalap.

Bumbu yang digunakan adalah bawang merah, terasi, gula, dan garam. Kesegaran dan pedas terung menjadikan beberuk terong sebagai hidangan yang berbeda dengan jenis sambal lain di Indonesia. 

15. Bebalung Sapi

Bebalung sapi adalah sup khas lombok yang berbahan utama sapi. Salah satu sajian paling populer di Lombok ini sangat cocok disajikan ketika hangat dan saat cuaca sedang dingin.

Sup ini juga diyakinin sebagai sumber tenaga dan stamina yang enerjik oleh masyarakat setempat. Kamu juga dapat menemukan hidangan ini di acara adat tradisional di Lombok.

Baca Juga: 7 Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas Agar Awet dan Enak!

16. Poteng Jaje Tujak

poteng jaje tujak makanan khas lombok
ilustrasi poteng jaje tujak (instagram.com/buburinas)

Aneka makanan khas Lombok selanjutnya adalah poteng jaje tujak yang merupakan kudapan tradisional di Lombok. Kudapan ini terbuat dari bahan makanan sejenis tape yang diolah kembali menjadi makanan ringan.

Umumnya, poteng jaje tujak disajikan ketika lebaran atau upacara adat tertentu. Rasanya dijamin membuat kamu ketagihan!

17. Kue Keciput

kue keciput makanan khas lombok
ilustrasi kue keciput (dok. Yummy App)

Kue keciput adalah salah satu aneka makanan khas Lombok yang sering dijadikan oleh-oleh. Kue ini terlihat seperti onde-onde dengan ukuran lebih kecil namun tidak memiliki isian. Selain itu, teksturnya yang renyah cocok dinikmati sebagai snack. Kamu bisa menemukan kue keciput ini di toko oleh-oleh yang tersebar di Pulau Lombok.

18. Kelaq Batih

Rekomendasi aneka makanan khas Lombok yang selanjutnya adalah kelaq batih. Kelaq batih adalah sayur khas Lombok yang sayangnya mulai jarang ditemukan.

Bahan utama sayur ini adalah kacang buncis tua yang dimasak dengan daun singkong muda dan kuah bumbu ragi beleq. Meski jarang, kamu masih bisa menemukan sayur ini di rumah makan khas Lombok tertentu.

19. Gecok

Dalam daftar terakhir makanan khas Lombok dari Yummy App kali ini adalah gecok. Gecok adalah makanan khas Lombok yang terbuat dari daging sapi yang diiris tipis dan dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas.

Biasanya disajikan dengan nasi hangat, gecok memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit pedas, menjadikannya sajian yang menggugah selera.

Lombok adalah pulau yang indah dengan alamnya. Selain itu, kuliner khasnya juga tidak kalah menarik untuk dicoba. Yummy App merekomendasikan 19 makanan khas lombok yang bisa kamu cicipi ketika berkunjung ke Pulau Lombok.

Apabila kamu belum berkesempatan, temukan juga resep berbagai makanan khas Lombok di Yummy App untuk kamu coba di rumah!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Zunita Salim

Zunita Salim

Ayam Panggang Taliwang Ala Yummy

Ayam Panggang Taliwang Ala Yummy

(5.0)

60 mnt

346

Artikel Lainnya di kuliner