14 Makanan Khas Magelang Legendaris yang Wajib Dicoba

Ternyata Magelang punya banyak makanan unik, lho!

14 Makanan Khas Magelang Legendaris yang Wajib Dicoba

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Magelang merupakan salah satu kota tua di Indonesia yang terletak di Jawa Tengah. Selain memiliki Candi Borobudur sebagai keajaiban dunia, kota yang dijuluki kota sejuta bunga ini juga kaya akan makanan lezat! 

Seperti yang kita tahu, makanan di Indonesia identik dengan penggunaan rempah yang melimpah, begitu juga dengan makanan khas dari Magelang. Ciri makanan khas dari kota Magelang umumnya memiliki rasa yang manis, gurih, pedas, dan kaya rempah. Karena itu, ketika kamu berkunjung ke kota ini gak ada salahnya untuk menyempatkan berwisata kuliner!

Kali ini Yummy App punya berbagai pilihan kuliner khas Magelang yang harus banget kamu coba saat travelling. Mau tahu apa aja? Yuk, catat list kuliner Magelang di bawah ini!

1. Kupat tahu

kupat tahu Magelang
Ilustrasi kupat tahu Magelang (youtube.com/domobramantyo)

Makanan khas Magelang yang paling terkenal adalah kupat tahu. Isi dari makanan ini lebih lengkap dibandingkan kupat tahu dari Solo.

Lupat tahu Magelang terdiri dari kol, mie, bakwan, kecambah, ketupat, dan tahu putih. Selain itu, makanan ini akan lebih nikamt dan gurih dengan paduan saus kacang cair yang akan melumuri semua isi kupat tahu. 

Buat kamu yang suka makanan manis dan gurih, kupat tahu bakal cocok banget untuk kamu santap. Selain lezat, semua bahan makannnya juga fresh dan sehat!

2. Mangut lele

mangut lele makanan khas magelang
Ilustrasi mangut lele (youtube.com/ikamardatillah)

Pecinta ikan lele, wajib untuk menjajal mangut lele kalau sedang berada di Magelang. Mangut lele adalah makanan khas Magelang yang dihidangkan dengan kuah santan merah yang gurih dan juga pedas.

Selain itu, lele yang digunakan pada hidangan ini digoreng dengan bumbu yang khas. Makanan ini selalu diburu oleh para pelancong karena rasanya yang lezat dan segar!

3. Cenil

cenil makanan khas magelang
Ilustrasi cenil (youtube.com/cookingwithhel)

Cenil menjadi salah satu ikon makanan khas Magelang yang populer sejak dahulu kala. Makanan kenyal dan manis ini berasal dari ketela pohon atau singkong.

Hidangan ringan ini juga semakin lezat karena disajikan dengan taburan kelapa parut dan juga gula aren cair yang manis. Pecinta makanan manis, wajib untuk coba makanan yang satu ini, ya!

4. Opor entok

opor entok makanan khas magelang
Ilustrasi opor entok (youtube.com/domobramantyo)

Umumnya opor disajikan dengan potongan ayam, di Magelang ada opor yang menggunakan entok atau itik sebagai bahan utamanya, lho! Seperti opor lainnya, opor entok ini juga menggunakan kuah santan kuning yang lezat.

Hal yang membedakan opor entok dan ayam adalah minyak yang keluar dari entoknya sendiri. Menurut banyak orang, minyak entok atau angsa inilah yang membuat opor entok semakin gurih!

5. Buntil daun talas

buntil daun talas khas magelang
Ilustrasi buntil daun talas (youtube.com/kembangmangkok)

Pecinta sayuran harus coba makanan khas Magelang yang bernama buntil daun talas. Makanan yang menggunakan daun talas sebagai bungkusnya ini berisi ikan teri, petai, dan parutan kelapa.

Selain itu, buntil daun talas ini juga direbus di dalam kuah santan yang creamy. Daun talas ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, lho, salah satunya adalah bagi kesehatan pencernaan dan kesehatan mata.

6. Nasi lesah

nasi lesah makanan khas magelang
Ilustrasi nasi lesah (youtube.com/Magelangfoodhunter)

Makanan khas Magelang lainnya yang wajib kamu coba adalah nasi lesah. Sesuai dengan namanya, nasi lesah menggunakan nasi sebagai bahan utamanya dan dihidangkan dengan kuah kuning.

Bukan hanya itu, nasi lesah juga menggunakan isian seperti daging ayam suwir, tauge, bawang goreng dan lainnya. Kuahnya sendiri terbuat dari santan yang dipadukan dengan rempah-rempah yang memberikan rasa gurih.

Baca Juga: ​15 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Murah dan Kekinian  

7. Kluban

kluban makanan khas magelang
Ilustrasi kluban (youtube.com/dapurmamakyna)

Kalau kamu suka banget dengan urap, di Magelang ada makanan bernama kluban. Makanan sejenis urap ini menggunakan berbagai bahan utamanya, makanya kluban sering disebut yang sehat.

Nah, beberapa sayuran yang digunakan yaitu, tauge, wortel, kacang panjang rebus, kol rebus, dan parutan kelapa. Mirip urap banget, kan?

8. Sego megono

sego megono makanan khas magelang
Ilustrasi sego megono (youtube.com/dapurtomatceri)

Makanan sederhana dengan rasa luar biasa dari Magelang adalah sego megono. Makanan ini menghidangkan nasi berbumbu rempah, seperti kencur, cabai, dan jerut.

Lalu, nasi akan disandingkan dengan kluban dan gorengan lainnya. Di Magelang sendiri, makanan ini sering disajikan untuk sarapan.

9. Mie godog

mie gedog khas magelang
Ilustrasi mie godog (flickr.com/suryoboediono)

Di Jawa Barat ada mie tektek, di Jawa Tengah ada yang namanya mie godog. Mie putih atau kuning yang direbus dengan kuah kental akan memberikan cita rasa yang khas.

Selain kuahnya yang menjadi daya tarik tersendiri, mie godog ini juga disajikan dengan berbagai isian seperti daging ayam, telur, kol, dan bawang goreng. Biasanya mie godog dinikmati di waktu malam. Pas banget buat kamu yang ada rencana wisata kuliner malam di Magelang!

10. Sop senerek

Sop senerek makanan khas magelang
Ilustrasi sop senerek (youtube.com/dapurmasbrewok)

Sop senerek adalah salah satu kuliner berkuah yang paling banyak dicari pelancong. Isian dari sop senerek ini tidak jauh beda dengan sop pada umumnya.

Namun, penggunaan kacang merah dan bayam menjadikan sop ini semakin unik. Untuk penyajiannya, biasanya sop senerek akan dipadukan dengan nasi putih hangat dan potongan daging.

Menurut sejarah, sup senerek ini adalah peninggalan Belanda yang sudah disesuaikan rasanya sesuai dengan selera warga Indonesia.

11. Blendrang

Blendrang makanan khas magelang
Ilustrasi blendrang (youtube.com/firdanurhalisa)

Blendrang adalah sajian bubur yang terbuat dari tepung gandum yang dicampur dengan tulang ayam atau kambing di dalamnya. Rasa lezat dan gurih blendrang dikarenakan sumsum tulang yang bercampur dengan adonan buburnya. Nah, biasanya bubur ini disajikan untuk sarapan oleh masyarakat Magelang.

12. Sego godog

Sego godog makanan khas magelang
Ilustrasi sego godog (youtube.com/makankeliling)

Sego godog adalah makan unik yang satu ini harus kamu coba saat berwisata ke Magelang. Sego godog merupakan hidangan nasi yang direbus dengan air kaldu dan dihidangkan dengan tambahan telur. Selain itu, makanan ini juga jadi tambah segar karena tambahan acar timun!

13. Mangut beong

Mangut beong makanan khas magelang
Ilustrasi mangut beong (youtube.com/emzyardiwinata)

Setelah mangut lele, kamu juga perlu mencoba hidangan mangut beong. Mangut ini menggunakan ikan jenis air tawar yang bernama ikan baung. Sama seperti mangut lele, ikan baung akan digoreng terlebih dahulu sebelum dihidangkan dengan kuah segar.

14. Nasi goreng magelangan

Nasi goreng magelangan makanan khas magelang
Ilustrasi nasi goreng Magelangan (youtube.com/.yonbj)

Hal yang wajib saat berwisata adalah mencoba nasi gorengnya yang beda dari yang lain. Di Magelang ada hidangan bernama nasi goreng magelangan yang merupakan hidangan nasi dan mie yang digoreng menjadi satu.

Selain itu, bumbu kemiri yang digunakan pada hidangan ini juga membuat cita rasanya lebih gurih dan sedap. Jangan lupa untuk menambahkan acar dan kerupuknya saat makan nasi goreng magelangan.

Makanan khas Magelang tadi jangan sampai terlewatkan saat sedang pulang kampung atau traveling di Magelang. Kira-kira makanan mana, nih, yang bikin kamu penasaran?

Baca Juga: 20 Makanan Khas Maluku, Kuliner Unik Indonesia Timur

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Ummu Alfard

Ummu Alfard

Kupat Tahu Magelang

Kupat Tahu Magelang

(5.0)

7 langkah

8.0 rb

Artikel Lainnya di kuliner