​7 Makanan Khas Parepare yang Unik dan Wajib Dicoba

Kaya rempah dan rasanya khas

​7 Makanan Khas Parepare yang Unik dan Wajib Dicoba

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Kota Parepare berada di provinsi Sulawesi Selatan dengan luas wilayah sebesar 99,33 kilometer persegi. Kota yang memiliki julukan Kota Bandar Madani ini terletak di jalur lalu lintas laut yang menghubungkan Kepulauan Maluku, Jawa-Makassar, hingga Kalimantan Timur. 

Kota yang berada di wilayah pesisir ini ternyata memiliki banyak sekali tempat wisata yang wajib dikunjungi. Selain perbukitan yang menampilkan pemandangan indah, Parepare memiliki beragam cagar budaya yang bisa menambah pengetahuanmu. 

Kalau kamu ingin mengunjungi kota ini untuk berwisata, jangan lupa juga untuk mencicipi makanan khas Parepare, ya! Mau tau apa saja makanan khas dari Parepare? Berikut ini Yummy App sudah merangkumnya untuk kamu. 

1. Roti berre

Oleh-oleh roti berre khas Parepare
ilustrasi roti berre (youtube.com/laurentcooking)

Bagi masyarakat Bugis, roti berre adalah makanan favorit yang wajib hadir di berbagai acara. Roti berbahan dasar tepung beras dan pisang ini dimasak di atas wadah tanah liat hingga kedua sisinya matang. Cara penyajiannya yang sederhana ini, membuat roti berre juga sering disantap sebagai menu sarapan.

Uniknya lagi, makanan ini juga dianggap sebagai pengganti nasi oleh masyarakat Parepare, lho! Biasanya, mereka akan memakan roti berre ini dengan tambahan saus madu atau pun kuah kari yang gurih. Menarik sekali, bukan?

Kalau kamu mengunjungi parepare kamu akan melihat bagaimana para pedagang roti berre sangat piawai membuat hidangan ini.

2. Nasi Kanse

description
Youtube

Kalau masyarakat Sunda mengenal nasi uduk, di Parepare ada yang namanya nasi kanse. Makanan berbahan dasar nasi santan ini  biasanya disuguhkan dengan tambahan kuah gulai dan berbagai lauk, seperti telur, perkedel kentang, daging bebek, dan lainnya. 

Makanan murah meriah ini cocok banget untuk kamu pencinta makanan gurih. Makanan ini bisa mudah kamu temui mulai dari pagi hari hingga malam hari.

3. Baje Canggoreng

Oleh-oleh baje canggorang khas Parepare
ilustrasi baje canggoreng (youtube.com/ghabalfaazkazielfaaz)

Pnecinta camilan kacang, wajib sekali mencoba makanan yang satu ini. Baje canggoreng kacang yang dibalut dengan gula merah ini sangat populer di Parepare. Cita rasanya yang manis dan bertekstur garing ini sukses menarik perhatian banyak orang!

Cara membuat makanan ini juga cukup unik. Kacang terlebih dahulu dicampurkan dengan saus gula merah. Lalu, adonan dibentuk menjadi bulatan kecil dan didiamkan hingga mengeras dan bertekstur garing ketika digigit. Karena waktu penyimpanannya juga lama, baje canggoreng ini juga bisa kamu beli sebagai oleh-oleh khas Parepare.

4. Kacipo

Oleh-oleh kacipo khas Parepare
ilustrasi kacipo (youtube.com/yuniarlolikitchen)

Siapa yang kenal dengan onde-onde? Di Parepare onde-onde ini disebut juga dengan nama kacipo. Berbeda dengan onde-onde pada umumnya, kacipo ini memiliki ukuran yang lebih kecil tanpa isian di dalamnya. 

Teksturnya yang renyah ketika digigit dan rasanya yang gurih ini wajib kamu coba ketika berkunjung ke Parepare.

5. Nasu Palekko

description
Youtube

Indonesia terkenal dengan makanan kaya rempah yang gurih, bukan? Begitu juga dengan makanan khas dari Parepare. Nasu palekko adalah olahan daging itik atau bebek yang dicincang.

Untuk bumbunya, nasu palekko ini menggunakan banyak sekali rempah tambahan, seperti sereh, lengkuas, daun salam, kunyit, daun jeruk, asam jawa, dan lainnya. 

Bahan-bahan tersebutlah yang membuat makanan ini memiliki beragam cita rasa yang bikin ketagihan. Kalau makan hidangan ini jangan takut daging itik atau bebeknya berbau amis, ya. Sebab, sebelum diolah daging dilumuri perasan jeruk nipis dan cuka agar bau amisnya hilang. Hidangan ini bisa dengan mudah kamu temui di berbagai rumah makan di Parepare dengan harga yang affordable banget.

6. Apang Paranggi

Oleh-oleh kue apang paranggi khas Parepare
ilustrasi kue apang paranggi (youtube.com/melisachristy)

Pencinta makanan manis wajib merapat! Di Parepare ada makanan khas bercita rasa manis yang ternyata sudah ada sejak zaman Portugis. Apang paranggi memiliki adonan seperti kue brownies yang bertekstur lembut dan rasa yang manis.

Biasanya makanan ini ramai diburu ketika bulan Ramadan tiba. Harganya juga sangat murah. Wajib dicoba untuk menemani kamu berwisata di Parepare!

7. Mantau

Oleh-oleh mantao khas Parepare
ilustrasi mantao khas Parepare (flickr.com/kaltimbox)

Kalau kamu ke Parepare pasti akan sering melihat pedagang roti mantau di sepanjang jalan. Ternyata, makanan khas dari Parepare ini termasuk salah satu makanan yang sering dicoba para wisatawan. Biasanya roti mantau dijual dengan pilihan rasa, mulai dari keju, coklat, hingga kacang.

Unik-unik sekali bukan makanan khas Parepare di atas? Makanan mana yang berhasil menarik perhatianmu, nih? Jangan lupa untuk dicoba, ya! 

Baca Juga: ​10 Oleh-oleh Khas Parepare yang Wajib Dibeli saat Traveling

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

melyni

melyni

Mantau

Mantau

(5.0)

5 langkah

1.0 rb

Artikel Lainnya di kuliner