14 Makanan Khas Riau yang Menggugah Selera

Kaya cita rasa, wajib cicip saat ke Riau!

14 Makanan Khas Riau yang Menggugah Selera

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Riau memiliki kekayaan kuliner yang tidak kalah menarik dengan destinasi wisatanya. Dengan beragam suku dan budaya yang ada di Riau, tidak heran jika makanan khas Riau begitu beragam dan lezat.

Jika Sobat Yummy sedang berada di Riau atau berencana mengunjungi provinsi ini, jangan lupa mencicipi makanan khasnya. Berikut ini adalah makanan khas Riau yang patut kamu coba!

1. Sup Tunjang

sup tunjang makanan khas riau
ilustrasi sup tunjang (yummy.co.id/novi andriani)

Sup tunjang adalah salah satu makanan khas Riau yang terbuat dari tulang kaki sapi. Cita rasa yang dihasilkannya sangat gurih dan lembut, dengan sumsum sapi yang menyajikan pengalaman makan yang unik dan menggugah selera. Cocok disantap sebagai penghangat setelah perjalanan panjang.

2. Laksa Riau

laksa Riau makanan khas riau
ilustrasi laksa Riau (youtube.com/mbok midut)

Laksa Riau adalah salah satu makanan khas Riau yang terkenal. Laksa ini terbuat dari mie berbahan dasar tepung beras yang disajikan dengan kuah santan yang gurih. Di dalam kuahnya terdapat ikan kerapu, daun jeruk purut, asam kandis, dan rempah-rempah lainnya.

Laksa Riau dihidangkan dengan berbagai pelengkap seperti tauge, irisan bawang merah, bawang goreng, dan sambal pedas. Rasanya yang khas dan kuah santannya yang lezat membuat laksa Riau tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Riau.

Selain itu, laksa Riau juga memiliki cerita dan sejarah yang menarik. Konon katanya, makanan ini diperkenalkan oleh seorang ulama yang berasal dari Palembang saat ia melakukan perjalanan ke Pekanbaru. Sejak saat itu, laksa pekanbaru menjadi salah satu makanan ikonik yang populer di Riau.

3. Mie Sagu

mie sagu makanan khas riau
ilustrasi mie sagu (riau.go.id)

Mie sagu adalah makanan khas Riau yang terbuat dari sagu. Mie ini memiliki tekstur yang kenyal dan biasanya disajikan dengan kuah kaldu ayam yang gurih. Mie sagu biasanya disajikan dengan irisan daging ayam, tauge, daun bawang, dan bawang goreng sebagai pelengkapnya. Rasanya yang lezat dan unik membuat mie sagu menjadi makanan favorit di Riau.

Proses pembuatan mie sagu juga cukup unik. Sagu yang berasal dari umbi sagu diolah dan dijadikan seperti mie menggunakan alat khusus. Setelah itu, mie sagu dikukus dan siap disajikan dengan kuah kaldu ayam yang gurih.

4. Gulai Ikan Patin

gulai ikan patin makanan khas riau
ilustrasi gulai ikan patin (flickr.com/intan's ie)

Gulai ikan patin adalah makanan khas Riau yang merupakan gulai dengan bahan utama ikan patin. Ikan patin yang digunakan biasanya berukuran besar dan dagingnya lembut serta memiliki rasa yang gurih.

Gulai ikan patin diolah dengan rempah-rempah seperti lengkuas, daun salam, serai, dan santan kelapa. Rasanya yang gurih dan lezat membuat gulai ikan patin menjadi salah satu hidangan favorit di Riau.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal pedas. Gulai ikan patin juga sering dihidangkan dalam acara-acara spesial seperti pernikahan dan khitanan.

5. Gulai Belacan

gulai belacan makanan khas riau
ilustrasi gulai belacan (yummy.co.id/Ummu Alfard)

Gulai belacan, dengan olahan udang dan kuah santan yang kental, menawarkan rasa yang khas dan memikat. Campuran kemiri, lada, dan asam jawa memberikan cita rasa yang istimewa. Baik udang air tawar maupun laut bisa digunakan, menjadikan gulai belacan sebagai sajian yang nikmat bersama nasi putih.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Bengkulu yang Wajib Kamu Coba

6. Nasi Lemak

nasi lemak makanan khas riau
ilustrasi nasi lemak (yummy.co.id/Jeehan Kitchen)

Nasi lemak, sering diidentifikasi sebagai makanan khas Malaysia, namun makanan ini juga populer di Riau. Disajikan dengan berbagai lauk dan sambal, nasi lemak menawarkan rasa yang kaya dan memuaskan, cocok untuk sarapan atau makan siang.

7. Sambal Lado

sambal lado makanan khas riau
ilustrasi sambal lado (menara.co.id)

Sambal lado adalah sambal khas Riau yang terkenal dengan kepedasannya. Sambal ini terbuat dari cabai merah besar yang digoreng kering dan diolah dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, gula, dan garam. Rasanya yang pedas dengan aroma dan tekstur yang khas membuat sambal lado menjadi makanan pendamping yang lezat.

Sambal lado biasanya disajikan dengan hidangan makanan seperti nasi, ikan bakar, atau nasi goreng. Jika kamu menyukai makanan pedas, jangan lewatkan untuk mencoba sambal lado saat berkunjung ke Riau.

8. Tempoyak

tempoyak makanan khas riau
ilustrasi tempoyak (yummy.co.id/Hana Arnin)

Tempoyak adalah makanan khas Riau yang terbuat dari durian yang difermentasi. Rasanya yang asam dan gurih membuat Tempoyak menjadi makanan yang unik dan berbeda. Tempoyak biasanya dimakan dengan nasi hangat dan hidangan ikan atau sayur.

Selain rasanya yang lezat, tempoyak juga memiliki manfaat kesehatan. Durian yang difermentasi ini mengandung probiotik alami yang baik untuk pencernaan dan kesehatan usus.

9. Mie Lendir

mie lendir pekanbaru
ilustrasi mie lendir (instagram.com/hhengkii)

Mie lendir adalah hidangan unik dengan kuah kacang yang kental. Resepnya melibatkan berbagai bahan seperti kacang tanah goreng, ubi jalar, dan bumbu rempah, disajikan dengan pelengkap seperti telur rebus, daun bawang, bawang goreng, ayam suir, dan cabai. Ini adalah pilihan yang berbeda dan menarik bagi pecinta kuliner.

10. Rendang Riau

rendang Riau
ilustrasi rendang Riau (youtube.com/Asri Saputra)

Rendang Riau adalah versi rendang yang khas dari Riau. Rendang ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah seperti cabai, lengkuas, serai, dan santan kelapa. Proses memasak rendang Riau memakan waktu yang lama sehingga dagingnya menjadi empuk dan bumbunya meresap dengan sempurna.

Rendang Riau memiliki cita rasa yang kaya dan tekstur yang lembut. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan dilengkapi dengan pelengkap seperti kerupuk, telur rebus, dan acar. Rendang Riau menjadi salah satu hidangan istimewa saat perayaan Idul Fitri atau acara-acara spesial di Riau.

Baca Juga: Resep Tempe Bacem Basah Khas Indonesia yang Mudah Dibuat

11. Asam Pedas Ikan Sambal Hijau

asam pedas ikan makanan khas riau
ilustrasi asam pedas ikan (yummy.co.id/Ika Sarjani)

Asam pedas ikan sambal hijau adalah makanan khas Riau dengan bahan utama ikan patin yang dimasak dengan sambal hijau yang asam pedas. Ikan patin yang digunakan memiliki daging yang lezat dan bumbu sambal hijau memberikan rasa pedas dan segar.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan dilengkapi dengan pelengkap seperti irisan tomat, terong, dan daun kemangi.

Asam pedas ikan sambal hijau adalah salah satu hidangan yang populer di Riau dan mudah ditemui di restoran-restoran atau warung makan di sana. Rasanya yang segar dan pedas membuat hidangan ini menjadi favorit para pecinta makanan pedas.

12. Bolu Kemojo

bolu kemojo makanan khas riau
ilustrasi bolu kemojo (flickr.com/Abihansky1)

Bolu kemojo, atau bolu kojo, adalah kue tradisional Riau. Makanan khas Riau ini memiliki rasa yang manis dan teksturnya yang lembut, menjadikannya camilan sempurna di waktu senggang atau sebagai teman minum teh.

13. Roti Jala Kuah Kari

roti jala kuah kari makanan khas riau
ilustrasi roti jala kuah kari (flickr.com/shireenbakes)

Roti jala, disajikan dengan kuah kari, adalah pilihan lain dari makanan khas Melayu. Teksturnya yang lembut dan rasa kari yang kaya menjadikannya pilihan yang sempurna untuk makan siang atau makan malam.

14. Kue Bangkit

kue bangkit makanan khas riau
ilustrasi kue bangkit (flickr.com/lia_azkia)

Makanan khas Riau yang terakhir dari Yummy App kali ini adalah kue bangkit. Kue bangket dikenal dengan warna cokelat kremnya. Asalnya dari Kepulauan Riau, kue ini kini populer di berbagai daerah. Pembuatannya praktis dan cepat, cocok untuk camilan ringan atau sajian khusus.

Makanan khas Riau memiliki keunikan dan kelezatan yang tidak boleh dilewatkan. Dari mulai sup tunjang yang sangat terkenal, setiap makanan khas Riau tersebut memiliki ciri khas dan cita rasanya sendiri.

Jadi, saat Sobat Yummy berkunjung ke Riau, jangan lupa mencicipi beberapa makanan khas Riau tersebut ya. Sobat Yummy pasti akan dimanjakan dengan kelezatan kuliner Riau.

Baca Juga: 14 Makanan Khas Medan Paling Terkenal Enak, Incaran Wisatawan

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Muthia

Muthia

Sate Maranggi Teflon Mix Tahu #KURCEPPEJUANGRESEPNUSANTARA

Sate Maranggi Teflon Mix Tahu #KURCEPPEJUANGRESEPNUSANTARA

(5.0)

30 mnt

508

Artikel Lainnya di kuliner