10 Makanan Khas Sumatera Selatan Enak yang Wajib Dicoba

Ingin mencoba makanan khas Sumatera Selatan yang enak? Simak artikel ini tentang 10 makanan khas yang wajib kamu coba!

10 Makanan Khas Sumatera Selatan Enak yang Wajib Dicoba

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Sumatera Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan kuliner yang tidak kalah menarik. Makanan khas Sumatera Selatan terkenal dengan rasa yang khas dan cita rasanya yang lezat.

Jika kamu mengunjungi Sumatera Selatan, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khas yang enak dan menggugah selera. Artikel ini akan membahas 10 makanan khas Sumatera Selatan yang wajib kamu coba.

1. Pempek

Pempek merupakan makanan khas yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Makanan ini terbuat dari ikan yang diolah menjadi adonan yang dicampur dengan sagu. Pempek memiliki tekstur kenyal dan cita rasa yang gurih.

Biasanya disajikan dengan kuah cuka yang asam dan pedas. Pempek terdiri dari beberapa varian, seperti pempek kapal selam yang diisi dengan telur dan pempek lenjer yang memiliki bentuk seperti jari.

Pempek menjadi salah satu hidangan yang paling populer di Sumatera Selatan dan telah menjadi ikon kuliner daerah ini. Rasanya yang enak dan teksturnya yang kenyal membuat pempek menjadi makanan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Sumatera Selatan.

2. Tekwan

tekwan
ilustrasi tekwan (flickr.com/N@_NO)

Tekwan adalah hidangan sup yang biasanya terbuat dari daging ikan yang dihaluskan dan sagu. Tekwan memiliki cita rasa yang segar dan gurih, serta disajikan dengan tambahan irisan daun bawang dan emping goreng. Hidangan ini sangat cocok untuk dinikmati saat cuaca dingin atau sebagai menu pembuka sebelum menikmati hidangan utama.

Dalam kuliner Sumatera Selatan, tekwan menjadi salah satu hidangan yang cukup populer. Rasanya yang lezat dan tekstur isian yang kenyal membuat tekwan menjadi hidangan yang banyak dicari oleh wisatawan dan penduduk setempat.

3. Lempet

Lempet adalah makanan tradisional Sumatera Selatan yang terbuat dari ketan yang dibungkus dengan daun pisang. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan aroma yang harum. Biasanya lempet disajikan dengan kuah yang terbuat dari santan dan diberi taburan parutan kelapa.

Lempet merupakan salah satu makanan yang cukup populer di Sumatera Selatan. Rasanya yang manis dan harum membuat lempet menjadi camilan yang cocok untuk menemani secangkir teh atau kopi.

4. Mie Celor

mi celor makanan khas sumatera selatan
ilustrasi mi celor (flickr.com/ sastrisas3)

Mie celor adalah mie kuah khas Palembang yang terbuat dari mie telur yang disajikan dengan kuah santan yang gurih. Hidangan ini biasanya ditambahi dengan potongan telur rebus, irisan daun bawang, dan irisan sambal. Mie celor memiliki citarasa yang lezat dan beraroma.

Mie celor merupakan salah satu hidangan yang sangat populer di Sumatera Selatan. Kelezatannya membuat mie celor menjadi hidangan yang wajib kamu coba jika berkunjung ke Sumatera Selatan.

5. Rendang Palembang

Rendang Palembang adalah masakan khas Sumatera Selatan yang terkenal dengan cita rasa pedas dan gurihnya. Rendang Palembang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah yang kaya akan rasa.

Rendang Palembang merupakan salah satu masakan yang sangat terkenal di Indonesia. Kelezatannya membuat rendang Palembang menjadi hidangan yang banyak dicari dan menjadi hidangan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Sumatera Selatan.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Betawi yang Terkenal Melegenda dan Enak

6. Pindang Ikan

pindang ikan makanan khas sumatera selatan
ilustrasi pindang ikan (flickr.com/ruspratikto abimanyu)

Pindang ikan adalah masakan berkuah yang terbuat dari ikan dan bumbu rempah. Pindang ikan memiliki cita rasa gurih dan segar. Hidangan ini biasanya ditambahi dengan irisan tomat, cabai hijau, dan daun kemangi untuk memberikan sentuhan segar pada rasanya.

Pindang ikan merupakan hidangan yang cukup populer di Sumatera Selatan. Kelezatannya membuat pindang ikan menjadi hidangan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Sumatera Selatan.

7. Tempoyak

Tempoyak adalah hidangan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari daging durian yang difermentasi. Tempoyak memiliki rasa yang unik, asam, dan sedikit pedas. Hidangan ini biasanya dimasak dengan ikan dan bumbu rempah untuk menghasilkan cita rasa yang kaya dan lezat.

Tempoyak merupakan hidangan yang cukup terkenal di Sumatera Selatan. Rasanya yang unik dan lezat membuat tempoyak menjadi hidangan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Sumatera Selatan.

8. Pindang Musi

ikan pindang
ilustrasi ikan pindang (flickr.com/diditho)

Pindang Musi adalah hidangan ikan yang berasal dari Sungai Musi, Sumatera Selatan. Hidangan ini terbuat dari ikan yang dimasak dengan bumbu rempah yang kaya akan rasa. Pindang Musi memiliki citarasa gurih, segar, dan sedikit pedas.

Pindang Musi merupakan hidangan yang cukup terkenal di Sumatera Selatan. Kelezatannya membuat pindang Musi menjadi hidangan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Sumatera Selatan.

9. Kerupuk Kulit

Kerupuk kulit adalah makanan ringan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau. Kerupuk kulit memiliki tekstur yang renyah dan gurih. Makanan ini biasanya disajikan sebagai pelengkap hidangan atau sebagai camilan.

Kerupuk kulit merupakan makanan yang cukup populer di Sumatera Selatan. Rasanya yang gurih dan renyah membuat kerupuk kulit menjadi camilan yang nikmat dan wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Sumatera Selatan.

10. Pindang Patin

pindang patin makanan khas sumatera selatan
ilustrasi pindang patin (flickr.com/batiqa.com)

Pindang patin adalah hidangan ikan patin yang dimasak dengan bumbu rempah yang kaya akan rasa. Pindang patin memiliki citarasa yang gurih, segar, dan sedikit asam. Hidangan ini biasanya disajikan dengan kuah bening yang ditambahi dengan irisan tomat, daun bawang, dan cabai hijau.

Pindang patin merupakan hidangan yang cukup terkenal di Sumatera Selatan. Kelezatannya membuat pindang patin menjadi hidangan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Sumatera Selatan.

Itulah 10 makanan khas Sumatera Selatan yang enak dan wajib kamu coba. Dari pempek yang kenyal hingga rendang Palembang yang gurih, setiap hidangan memiliki cita rasa yang khas dan akan memanjakan lidahmu. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan kuliner Sumatera Selatan saat kamu berkunjung ke provinsi ini. Selamat menikmati dan selamat mencoba!

Baca Juga: 3 Resep Minuman Khas Manado yang Bersantan, Manis Gurih Legit!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Cicik Ary

Cicik Ary

Rendang Daging

Rendang Daging

(5.0)

360 mnt

1.8 rb

Artikel Lainnya di kuliner