15 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba dan Bikin Nagih

Surabaya punya banyak makanan khas yang wajib dicoba!

15 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba dan Bikin Nagih

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Surabaya merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki julukan sebagai Kota Pahlawan. Salah satu keistimewaan kota metropolitan satu ini yakni ragam makanannya yang terasa unik dan enak, seperti rujak cingur yang menggunakan bahan dasar hidung sapi.

Penasaran, kan, makanan apa saja yang bisa kamu temui di Surabaya? Ini dia 15 macam makanan khas Surabaya yang sudah Yummy App rangkum khusus untuk Sobat Yummy!

1. Rawon Setan khas Surabaya

rawon khas Surabaya
ilustrasi rawon khas surabaya (dok. Yummy App/Rayna Kitchen)

Banyak dari Sobat Yummy pasti sudah tahu, nih, kalau rawon merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang wajib banget dicoba. Jika dilihat sekilas, rawon mungkin terlihat seperti soto daging yang biasa menjadi hidangan di rumah. 

Namun, rawon setan khas Surabaya ini mempunyai perbedaan pada kuahnya yang berwarna hitam pekat, dan juga bumbunya yang kaya akan rempah-rempah. Hal inilah yang membuat rawon setan khas Surabaya memiliki ciri khas tersendiri, dan berbeda dengan soto daging pada umumnya. Rasa kuahnya yang pedas dan gurih juga menjadi ciri khas dari rawon setan.

2. Lontong Balap

lontong balap khas Surabaya
ilustrasi lontong balap (dok. Yummy App/Astri Anjarwati)

Untuk kamu yang menyukai lontong, sudah pasti harus mencoba salah satu makanan khas Surabaya yang bernama lontong balap ini. Lontong balap ini berisikan beberapa potongan lontong, tauge, tahu, lentho, yang dihiasi dengan taburan bawang goreng di atasnya, serta dicampur kuah yang pedas dan gurih. Melihat tampilannya saja sudah sangat menggiurkan, ya!

3. Sate Klopo

sate klopo surabaya
ilustrasi sate klopo surabaya (dok. Yummy App/Siti Mudrikah)

Selanjutnya, ada sate klopo yang juga merupakan makanan khas Surabaya. Walaupun namanya sate klopo, bukan berarti sate ini berisikan kelapa yang ditusuk dan dibakar di atas api.

Bahan dasar dari sate klopo ini tetap daging sapi, kok. Hanya saja, sesaat sebelum dibakar, sate daging yang masih mentah dilumuri dengan kelapa terlebih dahulu.

4. Sego Sambel

sego sambel Surabaya
ilustrasi sego sambel surabaya (dok. Yummy App/Laila Fitria)

Siapa di antara kamu yang sangat menyukai makanan pedas? Kalau kamu salah satunya, jangan sampai ketinggalan untuk mencoba salah satu makanan khas Surabaya yang bernama sego sambel ini. Kamu bisa menikmati sego sambel dengan pilihan lauk yang bervariasi, seperti ayam, bebek, maupun ikan pari.

5. Almond Crispy

almond crispy khas Surabaya
ilustrasi Almond Crispy (wisatarasasurabaya.com)

Beralih dari makanan utama, Surabaya juga mempunyai camilan yang tidak kalah lezatnya. Almond crispy menjadi salah satu camilan yang cukup banyak digandrungi warga lokal, hingga orang-orang dari luar Surabaya.

Almond crispy terbuat dari bahan-bahan yang sederhana, seperti tepung, susu, keju, telur, dan pastinya kacang almond yang dipotong-potong menjadi sangat tipis. Kamu bisa menikmati almond crispy Surabaya dengan tiga rasa, seperti coklat, green tea, dan keju.

6. Tahu Campur Surabaya

tahu campur Surabaya
ilustrasi tahu campur surabaya (dok. Yummy App/Laylla gama)

Kini ada tahu campur Surabaya, yang terdiri dari tahu, mie, tauge, lentho, dan kubis. Berbeda dengan tahu campur pada umumnya yang disajikan dengan bumbu kacang, tahu campur Surabaya disajikan dengan kuah soto sapi yang terasa gurih. Karena terlihat tidak biasa, Yummy App juga tidak sabar, loh, untuk mencoba tahu campur Surabaya!

Baca Juga: 15 Oleh-oleh Khas Surabaya yang Wajib Dibawa Pulang

7. Lontong Kupang

lontong kupang surabaya
ilustrasi lontong kupang surabaya (instagram.com/surabaya_foodies)

Ternyata, di Surabaya bukan hanya ada lontong balap saja, tetapi ada juga salah satu makanan khas Surabaya yang bernama lontong kupang yang terkenal lezat. Lontong kupang sangat berbeda jauh dari lontong balap, karena bahan dasarnya adalah kupang putih. Kupang putih sendiri merupakan sejenis kerang, yang juga bisa dinikmati dengan berbagai olahan masakan, salah satunya lontong kupang. 

Biasanya lontong kupang disajikan bersama lontong dan perasan air jeruk nipis.

8. Lontong Mie

lontong mie surabaya
ilustrasi lontong mie surabaya (dok. Yummy App/Hemi Chanel)

Masih berbicara tentang lontong, di Surabaya juga ada lontong mie, loh. Sebenarnya, bahan dasar dari lontong mie ini hampir sama saja dengan lontong balap yang sudah disebutkan sebelumnya. Perbedaannya dari lontong balap adalah mie yang dicampurkan ke dalam sajian lontong.

9. Rujak Cingur

ilustrasi rujak cingur
ilustrasi rujak cingur (flickr.com/GREGORIUZ)

Rujak cingur merupakan makanan khas Surabaya yang tampilan luarnya sederhana, namun rasanya luar biasa. Seperti namanya, sudah sangat jelas kalau rujak cingur ini menggunakan potongan bibir hingga hidung sapi. Cukup unik, ya? Tapi, rujak cingur Surabaya juga tetap menggunakan sayur ataupun buah-buahan sebagai isiannya.

10. Sate Karak

sate karak surabaya
ilustrasi sate karak surabaya (youtube.com/TRANS7 OFFICIAL)

Tidak lengkap rasanya kalau kamu hanya mengenal sate klopo saja. Ada sate khas Surabaya lainnya yang wajib kamu ketahui, yaitu sate karak. Sate karak ini merupakan sate yang terbuat dari usus atau daging sapi, dengan campuran bumbu khas Surabaya.

11. Sate Lisidu

sate lisidu surabaya
ilustrasi sate lisidu surabaya (instagram.com/satelisidu)

Surabaya memiliki cukup banyak masakan sate yang unik-unik, seperti halnya sate klopo, sate karak, dan juga sate lisidu. Bahan dasar sate lisidu adalah daging ayam yang sudah melalui proses marinasi dan pengukusan terlebih dahulu. Setelah itu, baru sate akan dibakar dan dilumuri bumbu kacang kental yang nikmat.

12. Bebek Mercon Surabaya

bebek mercon surabaya
ilustrasi bebek mercon surabaya (instagram.com/kokobuncit)

Jika Madura terkenal dengan nasi bebek Madura, ada makanan khas Surabaya yang terkenal dengan rasanya yang sedap untuk dinikmati, makanan ini bernama bebek mercon. Para pecinta pedas harus mencoba bebek mercon ketika berwisata ke Surabaya.

13. Pecel Semanggi

pecel semanggi surabaya
ilustrasi pecel semanggi surabaya (dok. Yummy App/Zunita Salim)

Bukan hanya orang Sunda, Surabaya pun mempunyai pecel semanggi sebagai makanan khasnya. Perbedaannya, pecel semanggi yang merupakan salah satu makanan khas Surabaya ini menggunakan daun semanggi sebagai sayur, dan kerupuk karak untuk menambah kelezatannya.

14. Belut Goreng

belut goreng surabaya
ilustrasi belut goreng surabaya (instagram.com/foo.ga)

Jika kamu bosan dengan makanan berbahan dasar daging sapi, daging ayam, dan juga bebek, kamu bisa mencoba belut goreng yang merupakan makanan khas Surabaya. Belut goreng Surabaya terasa gurih, sehingga rasanya tidak kalah dengan makanan yang lainnya.

15. Klanting

klanting surabaya
ilustrasi klanting surabaya (dok. Yummy App/Retno Adiesty)

Makanan khas Surabaya yang juga wajib kamu cicipi ketika berwisata ke Surabaya adalah klanting. Klanting termasuk ke dalam jajanan pasar yang ada di Surabaya. Klanting memiliki tekstur yang kenyal, karena bahan dasarnya terbuat dari tepung jagung.

Makanan khas Surabaya yang sudah disebutkan dalam artikel ini, bisa menjadi referensi kuliner kamu ketika berkunjung ke Surabaya. Jadi, ada berapa makanan khas Surabaya yang belum pernah kamu coba?

Baca Juga: Makanan Enak Khas Bekasi, Sudah Pernah Coba?

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Laila Dawud

Laila Dawud

Gado Gado Surabaya

Gado Gado Surabaya

(5.0)

5 langkah

1.6 rb

Artikel Lainnya di kuliner