10 Makanan Khas Tegal Paling Populer, Enaknya Kebangetan!

Nomor 5 jadi asal penemuan warung tegal

10 Makanan Khas Tegal Paling Populer, Enaknya Kebangetan!

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Hal yang identik dengan Kota Tegal adalah rumah makan sederhana yang tersebar di penjuru Nusantara, yakni warteg atau warung tegal. 

Tidak banyak yang tahu, bahwa sejarah perkembangan warteg ternyata bermula dari warga Tegal yang menjual makanan khas Tegal di Jakarta pada masa kemerdekaan awal. 

Makanan khas Tegal itu kini masih lestari dan banyak diminati. Selain menu-menu rumahan yang biasa tampil di rak warteg, kamu mungkin tidak pernah benar-benar tahu hidangan lokal yang jadi ciri khas Tegal. 

Nah, kita akan melihat keragaman makanan khas dari kota yang dijuluki "Jepangnya Indonesia" lewat artikel berikut. 

1. Soto tauco

potret soto tauco makanan khas Tegal
potret soto tauco makanan khas Tegal (Google Maps/Cemet LH dan Faozan Rizal)

Soto adalah makanan pemersatu bangsa Indonesia. Di setiap daerah, soto memiliki karakteristik unik yang membedakan dengan masakan soto wilayah lain. 

Seperti di Kota Bahari ini, soto tauco adalah makanan khas Tegal yang cukup menjadi andalan. Kuah soto bening disatukan dengan bumbu tauco yang asam segar akan menambah nafsu makan.

Soto tauco dilengkapi dengan irisan daging sapi atau ayam, daun bawang, tak lupa tauge, serta nasi atau lontong sebagai sumber karbohidrat. 

Buat penikmat soto, hidangan ini pasti meninggalkan kesan yang mendalam. Karena rasa asin-asam tauco yang diperoleh dari fermentasi kedelai akan menyatukan semua kondimen di dalam soto. 

2. Glotak

potret glotak makanan khas Tegal
potret glotak makanan khas Tegal (facebook.com/Ginger Ma Niac)

Makanan asli Tegal berikutnya adalah glotak, yang terbuat dari tempe gembus. Meski dinamai tempe, gembus sebenarnya adalah ampas tahu yang dicetak kemudian diferementasikan, sehingga memadat menyerupai tempe. 

Untuk glotak sendiri, terdiri dari tempe gembus dihancurkan, lalu ditumis bersama bumbu halus dan disiram kaldu tulang ayam atau sapi. Kamu bisa menemukan balungan ayam, tetelan, hingga ceker sebagai isian glotak.

Hasil akhir glotak cenderung mengental seperti sambal kacang dengan rasa asin pedas karena tambahan cabe rawit utuh. Warga Tegal biasa menikmati glotak dengan mencelupkan kerupuk mi ke dalamnya. 

3. Kupat blengong

potret kupat blengong makanan khas Tegal
potret kupat blengong makanan khas Tegal (facebook.com/Agus Rochadi)

Beralih ke makanan khas Tegal berikutnya ada kupat blengong, hidangan berkuah santan dengan ketupat sebagai sumber karbohidrat. 

Penyajiannya cukup sederhana, yakni dengan ditabur bawang goreng dan remahan kerupuk mi. Sementara lauk pauk biasa dihidangkan terpisah. 

Kupat ini mulai dijual dari pagi sampai menjelang sore hari. Kalau kamu sedang mampir ke Tegal, kamu bisa menemukan banyak kedai kupat blengong yang buka di pinggir sawah. 

Sempatkan mampir untuk mencoba sensasi makan kupat, dengan pemandangan alam dan angin sepoi-sepoi. Duh, pasti nikmat!

4. Sate blengong

potret sate blengong makanan khas Tegal
potret sate blengong makanan khas Tegal (facebook.com/Agus Rochadi)

Inilah bintang utama dari hidangan kupat blengong. Sate blengong terbuat dari daging hewan blengong yang merupakan hasil kawin silang antara bebek dan entok. 

Irisan daging blengong sebelumnya akan ditumis bersama bumbu dasar, lalu ditusuk menjadi sate, dan dimasak lama dalam kuah merah yang pedas.

Selain daging, kamu juga bisa menemukan jeroan, kulit, bahkan balungan blengong yang disate. Karena dimasak lama sampai bumbunya meresap sempurna, sate blengong memiliki cita rasa kuat nan medok.

Pastikan untuk mencicipi makanan khas Tegal ini saat berkunjung ke sana, ya.

5. Sego ponggol setan

potret sego ponggol setan makanan khas Tegal
potret sego ponggol setan makanan khas Tegal (Google Maps/Pepeng Tegal)

Kalau kamu kurang menikmati ketupat, kamu bisa mencoba alternatif ini. Sego penggol setan adalah nasi khas Tegal yang dihidangkan dengan berbagai macam lauk sesuai yang kamu suka. 

Dari oseng tempe, tumis sayur, mi goreng, sambal merah, semur telur, hingga peyek udang bisa jadi lauk pendamping. Pilihan lauk yang seolah tak ada habisnya ini bukankah mengingatkanmu pada nasi rames khas warteg? 

Karena memang, sego ponggol adalah menu pelopor di awal berdirinya warung tegal. Pilihan lauk yang tak pasti dan berubah-ubah sesuai keinginan pelanggan adalah daya tarik utama makanan khas Tegal ini. 

Namun, satu ciri khas yang melekat, sambal merah pedas tak boleh absen dari tiap nasi yang dibungkus daun pisang ini.

Baca Juga: 20 Makanan Khas Aceh yang Menggiurkan dan Wajib Coba

6. Nasi lengko

potret nasi lengko
potret nasi lengko (Google Maps/Bayu Naft)

Nasi lengko adalah makanan khas dari Tegal dan sekitarnya. Satu bungkus hidangan ini berisi nasi, dengan pugasan irisan tahu, tempe, tauge rebus, dan mentimun. 

Kunci yang menyatukan kondimen tersebut adalah gurihnya bumbu kacang dan tambahan rasa manis dari kecap. Tidak ketinggalan, penyajian nasi lengko dilengkapi kerupuk mi yang menambah tekstur kriuk di setiap gigitan.

Menu yang biasa disantap untuk sarapan atau makan siang ini sebenarnya lebih dulu populer di Cirebon. Namun, karena nasi lengko begitu disukai di Tegal, alhasil dikenal pula sebagai makanan khas dari sana.

Ada ciri khusus yang membedakan nasi lengko dari Tegal dan nasi lengko dari Cirebon. Penyajian nasi lengko khas Cirebon ditambah taburan kucai dengan sambal kacang yang lebih pekat. 

Sementara bumbu kacang di nasi lengko khas Tegal biasanya dicampuri kentang dan cabai. Perbedaan tipis itu bisa memengaruhi keseluruhan cita rasa dari masing-masing nasi lengko yang dihidangkan. 

Kamu bisa membuktikan sendiri dengan menyantap nasi lengko langsung dari kedua tempat tersebut.

7. Rujak teplak

potret rujak teplak khas Tegal
potret rujak teplak khas Tegal (Google Maps/Ira Puspitasari)

Makanan khas Tegal berikutnya adalah rujak teplak. Berbeda dari rujak buah, makanan ini memiliki komposisi utama dari sayur mayur. 

Di antaranya ada rebusan kankung, daun lembayung, daun singkong, pare, tauge dan timun. Sambal yang digunakan juga tidak kalah unik. 

Yakni terbuat dari singkong rebus yang dilembutkan bersama bumbu pedas. Sambal dengan tekstur yang kental itu dikenal dengan sambal gaul. 

Guyuran sambal gaul di atas rujak teplak akan membuat siapa pun sulit menolak. Apalagi jika ditambah kerupuk mi yang renyah, wah lengkap sudah!

8. Gemblong

potret gemblong ocar acir khas Tegal
potret gemblong ocar acir khas Tegal (facebook.com/Vania)

Selain makanan berat yang kaya akan rempah-rempah, Tegal juga memiliki jajanan tradisional yang legendaris. Makanan ini disebut gemblong kocar kacir, dengan bahan utama berupa ketan putih yang diberi topping parutan kelapa bercampur gula merah. 

Gemblong sendiri merupakan nama lain dari ketan putih di daerah Jawa Tengah. Sementara "kocar kacir" bermakna berserakan, yang merujuk pada taburan kelapa yang seolah tak beraturan. 

Ketan putih yang gurih, cocok dipadukan dengan manisnya parutan kelapa. Gemblong ocar acir biasa dijual bersama jajanan pasar lain di waktu pagi hari. Jadi, pas untuk mengganjal perut sehabis bangun tidur.

9. Tahu aci

potret tahu aci makanan khas Tegal (flickr.com/Happy Tjahyono)
potret tahu aci makanan khas Tegal (flickr.com/Happy Tjahyono)

Barangkali kita sudah tidak asing dengan makanan satu ini, karena di berbagai kota telah banyak yang menjajakannya. 

Namun, tahukah kamu kalau tahu aci adalah makanan khas Tegal? Well, kalau belum, saatnya untuk berkenalan. 

Tahu aci adalah gorengan yang dibuat dari tahu yang diisi oleh adonan aci alias tepung kanji. Bumbu yang digunakan sederhana saja, seperti bawang putih, garam, dan ditambah potongan daun bawang. 

Di balik kesederhanaan resep tahu aci, itu mampu menggoyang lidah dengan rasa gurih dan tekstur kenyalnya yang khas. Apalagi jika dinikmati dengan cabai rawit hijau, dijamin kamu sulit berhenti. 

Buat yang tidak suka cabai, tahu aci juga biasa dimakan dengan saus sambal yang menambah kelezatan!

10. Olos

potret olos makanan khas Tegal (facebook.com/Arga Bocahe)
potret olos makanan khas Tegal (facebook.com/Arga Bocahe)

Masih ada satu lagi makanan khas Tegal yang berbahan dasar tepung kanji, nih. Sekilas memang mirip seperti cimol, tapi olos punya ciri unik yang menonjol. 

Jika cimol pada umumnya kopong, resep original olos justru memiliki isian sayur dan cabai yang ditumis lebih dulu. Bahkan kini kamu bisa mencoba varian lain yang berisi isian ayam, keju, dan sosis.

Olos yang digoreng sampai garing biasanya sampai permukaannya terbuka sedikit. Selain kenyal saat dikunyah, isian sayur kol dan wortel menambah rasa manis alami yang menyeimbangkan rasa olos.

Nah, dari semua daftar makanan khas Tegal yang terkenal, mana yang paling ingin kamu coba?

Sebagian makanan memiliki kesamaan unik, yaitu dinikmati dengan kerupuk mi yang menambah kelezatan. Sebagiannya lagi hadir dengan produk kearifan lokal. 

Jika sedang mengunjungi Tegal, sempatkan untuk mampir, ya! 

Baca Juga: 14 Makanan Khas Magleang Legendaris dan Wajib Dicoba!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Hera Muchlisany

Hera Muchlisany

Nasi Lengko

Nasi Lengko

(5.0)

60 mnt

534

Artikel Lainnya di kuliner