7 Makanan Khas Tomohon, Kuliner Unik yang Wajib Dicoba

Selain kuliner ekstrem, Tomohon juga punya kuliner unik!

7 Makanan Khas Tomohon, Kuliner Unik yang Wajib Dicoba

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Kota Tomohon di Sulawesi Utara terkenal dengan beragam kuliner ekstrem yang biasanya dijual di Pasar Extreme Tomohon, atau juga seringkali dijumpai di beberapa rumah makan khas Minahasa.

Kuliner ekstrem ini menyajikan beberapa makanan dengan bahan baku yang tidak biasa, seperti; tikus hutan, daging kucing, daging anjing, hingga kelelawar. Inilah yang menjadi daya tarik banyak wisatawan saat berkunjung ke Tomohon.

Tentunya Kota Tomohon tidak hanya menawarkan jenis kuliner yang bikin heran seperti yang disebutkan di atas, tapi ada juga beberapa kuliner unik dan sedap yang layak kamu coba saat berkunjung ke sini.

Penasaran seperti apa makanan khas Tomohon yang bisa kamu coba ketika berkunjung? Yuk, simak rangkumannya dari Yummy App!

1. Cakalang Fufu

1. Cakalang Fufu
app.yummy.co.id

Cakalang Fufu, seperti namanya, terbuat dari ikan cakalang yang sudah sangat familiar diolah menjadi masakan lezat di daerah yang kaya hasil laut seperti wilayah Sulawesi Utara. Cakalang Fufu adalah makanan khas Tomohon yang merupakan ikan asap yang diolah dengan cara menjepitnya menggunakan bilah bambu, kemudian diasapi hingga kering.

Kuliner ini bisa ditemui di banyak tempat di Kota Tomohon, dan bisa diolah kembali menjadi kuliner lain yang lebih unik dengan memasaknya menggunakan bumbu rempah dan dijadikan lauk yang nikmat.

2. Dodol Amurang

2. Dodol Amurang
www.instagram.com/chandralikke

Amurang merupakan salah satu daerah yang berada di Kabupaten Minahasa Selatan, cukup dekat dengan Kota Tomohon. Kedekatan lokasi ini membuat daerah Tomohon dan Minahasa berbagi budaya yang sama dan terpengaruh kuliner yang sama pula.

Meskipun masyarakat Indonesia sudah akrab dengan dodol, namun dodol khas Sulawesi Utara ini tetap menjadi pemikat wisatawan saat berkunjung ke Tomohon karena dodol ini cukup berbeda.

Dodol Amurang yang merupakan makanan khas Tomohon merupakan makanan dengan bahan dasar beras ketan yang dicampur dengan gula aren, kayu manis, dan kelapa. Perpaduan bahan-bahan tersebut menciptakan dodol yang lembut, manis, dan legit.

Dodol yang satu ini juga memiliki rasa yang mirip dengan jenang dari Jawa. Selain itu, pembungkus yang digunakan adalah daun kelapa yang memberikan kesan unik dan tradisional.

Dodol Amurang bisa didapatkan di setiap sudut Kota Tomohon dengan harga yang sangat terjangkau, sehingga sangat cocok kamu jadikan camilan selama liburan atau pun oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Baca Juga: 20 Makanan Khas Maluku, Kuliner Unik Indonesia Timur

3. Halua Kenari

3. Halua Kenari
app.yummy.co.id

Camilan khas Tomohon yang satu ini hampir mirip dengan ampyang yang ada di Jawa. Namun alih-alih menggunakan kacang tanah, Halua Kenari menggunakan bahan dasar kacang kenari dan diolah tanpa jahe.

Kacang kenari memang tumbuh subur di daerah Sulawesi Utara, jadi tidak heran, kuliner ini adalah salah satu ciri khas unik dari Tomohon. Biasanya kacang kenari dimasak dengan campuran gula merah cair yang kemudian dicampur merata dan ditunggu hingga mengeras.

Selain di Tomohon, kamu juga bisa menemukan kuliner manis ini di Kota Manado yang dijual dengan harga beragam. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan Halua Kenari dalam daftar belanjaan oleh-oleh kamu saat berkunjung ke kota ini, ya!

4. Kacang Goyang

4. Kacang Goyang
www.instagram.com/bevyagneslydia

Jika diperhatikan, makanan khas Tomohon yang satu ini memang unik, ya! Memiliki tampilan yang berwarna-warni sehingga menjadikan tampilannya cukup menonjol dan menarik banyak orang. Kacang ini bisa dinikmati sebagai camilan dan dibawa pulang sebagai buah tangan. Selain diincar wisatawan karena tampilannya, harganya pun sangat terjangkau. Cocok untuk dijadikan pilihan jajanan ringan untuk ngemil-ngemil sore kamu.

5. Pia Amurang

5. Pia Amurang
www.instagram.com/sectiovanda

Pia Amurang memiliki cita rasa yang hampir mirip dengan pia lainnya yang bisa kamu jumpai di daerah lain. Rasanya tidak terlalu manis, sehingga cocok dinikmati oleh siapa pun. Selain di wilayah Tomohon, Pia Amurang bisa dibeli di banyak daerah lainnya di Sulawesi Utara seperti di Manado. Cocok sekali untuk kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh karena bertahan lama di perjalanan.

Baca Juga: 8 Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Enak dan Unik

6. Mujair Saus Tomat

6. Mujair Saus Tomat
app.yummy.co.id

Terkenal dengan hasil ikannya yang melimpah, Ikan Mujair Saus Tomat ini menjadi salah satu makanan khas Tomohon yang bisa kamu cicipi di kota ini. Ikan mujair ini bisa kamu olah sesuai dengan selera, baik dibakar atau digoreng. Setelah matang, ikan mujair disajikan dengan saus tomat yang kaya rempah dan dapat juga ditambah dengan sambal pedas yang akan meningkatkan cita rasa.

7. Nasi Bungkus Daun Laikit

7. Nasi Bungkus Daun Laikit
www.instagram.com/bojak_id

Nasi bungkus pasti sudah tidak asing untuk kamu. Namun, apakah kita akan menemui nasi bungkus yang sama di Tomohon dengan nasi bungkus lainnya yang dapat dijumpai dengan mudah di daerah lain? Jawabannya tentu tidak.

Nasi bungkus di Tomohon adalah nasi yang dibungkus dengan daun laikit. Daun ini banyak tumbuh dan dijumpai di Minahasa. Bentuk nasinya pun lebih mengarah pada sajian lontong dibanding nasi bungkus di daerah lain yang memiliki konsep nasi campur.

Pembuatan Nasi Bungkus Daun Laikit cukup mudah. Nasi yang yang sudah diaron, kemudian dibungkus dengan laun laikit untuk kemudian dikukus di dalam periuk atau penanak nasi.

Setelah matang nasi ini dimakan bersama lauk pauk dan sayuran, tidak lupa dengan sambal pedas cita rasa khas Tomohon. Sajian ini bisa kamu jumpai di beberapa rumah makan khas Minahasa.

Setelah mengetahui informasi mengenai makanan khas Tomohon, pastinya kamu penasaran untuk menjelajah kotanya dan berburu kuliner Tomohon yang unik, bukan? 

Penulis: Ikhsanny Novira Ishlah

Baca Juga: ​10 Resep Masakan Khas Manado yang Terkenal Lezat 

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Cakalang Fufu Pampis

Resep Teruji

Cakalang Fufu Pampis

(4.5)

449,8 Kj

recooks-0
Yummy Official

Yummy Official

Halua Kenari

Resep Teruji

Halua Kenari

(4.4)

1412,8 Kj

4.1 rb

Artikel Lainnya di kuliner