12 Makanan Khas Vietnam yang Lezat dan Wajib Kamu Cicipi!

Tidak hanya wisatanya, kuliner Vietnam juga ok punya, lho!

12 Makanan Khas Vietnam yang Lezat dan Wajib Kamu Cicipi!

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Jika Sobat Yummy mendengar kata Vietnam, makanan khas apa yang pertama kali muncul di imajinasimu? Pho? Spring rolls? Perlu Sobat Yummy tahu, negara Vietnam memiiki banyak macam kuliner yang ok punya dan tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Karena masih dalam satu Asia, makanan khas Vietnam tidak luput dilengkapi berbagai rempah-rempah yang menambah rasa nikmat.

Tidak hanya itu, wisatawan mancanegara juga menaruh perhatian pada warna cantik dari makanan khas Vietnam yang disajikan. Karena menggunakan berbagai macam bahan makanan berwarna lebih dari satu, hingga tekstur makanan yang terasa menakjubkan dari setiap suapan kuliner asal negara tersebut.

Sobat Yummy tidak boleh melewatkan beberapa makanan khas Vietnam jika kamu berencana untuk bertamasya ke sana. Banyak gem kuliner Vietnam yang dijamin lezat dan memanjakan lidahmu. Jika kamu ingin tahu lebih, yuk, kita cek daftarnya!

1. Banh Mi

banh mi khas makanan khas Vietnam
ilustrasi banh mi khas Vietnam (unsplash.com/ben lei)

Makanan khas Vietnam ini berupa sandwich. Banh mi merupakan kuliner turunan dari Prancis, karena menggunakan roti bagguette. Isian banh mi sangat ramai, dan umumnya didominasi oleh sayuran, seperti wortel, timun, lobak, acar, dan daun ketumbar. Sedangkan untuk protein, banh mi biasa diisi dengan daging ayam, sapi, ataupun fish cake.

2. Chao

Chao merupakan bubur dari nasi dengan cita rasa asin gurih khas Vietnam. Makanan ini biasa disantap masyarakat Vietnam saat sedang sakit atau menjadi hangover comfort food. Chao disajikan dengan berbagai topping seperti suwir ayam, ikan, daging sapi ataupun babi, dan jeroan. Kemudian diberi taburan bawang pre, merica hitam, dan tauge.

3. Cao Lau

cao lau makanan khas Vietnam
ilustrasi cao lau khas Vietnam (instagram.com/feedmedan)

Hidangan mi ini berasal dari daerah Hoi An, Vietnam. Cao lau menggunakan jenis mi tebal seperti udon, yang disajikan dengan daging babi dan kerupuk pangsit.

Kuah kaldu dari cao lau terbuat dari berbagai rempah-rempah khas Vietnam dengan cita rasa gurih. Untuk menyantap cao lau biasanya kamu harus menambahkan sedikit perasaan jeruk nipis untuk memunculkan rasa asam sehingga kenikmatannya semakin sempurna.

4. Cha Ko To

Cha ko to merupakan makanan tradisional khas Vietnam, yang dihidangkan diatas clay pot.Cha ko to atau disebut caramelized fish, merupakan hidangan berupa ikan yang dimasak dengan gula dan rempah khas Vietnam.

Daging ikan yang lembut karena dimasak di atas clay pot panas dipadukan dengan cita rasa manis gurih dari gula dan rempah, berkolaborasi menghasilkan makanan yang lezat. Jika Sobat Yummy ingin hunting makanan khas Vietnam dengan taste klasik negara tersebut, cha ko to adalah rekomendasi yang harus kamu cicipi.

5. Goi Cuon (Spring Rolls)

spring rolls makanan khas vietnam
ilustrasi spring rolls khas Vietnam (instagram.com/namaste.misako)

Goi cuon atau biasa dikenal sebagai spring rolls, merupakan salah satu hidangan khas Vietnam yang sangat populer di kancah internasional. Hidangan berupa gulungan salad berisi sayur hijau, rempah aromatik, dan daging seperti udang, atau babi, kemudian digulung dengan rice paper. Penyajian goi cuon biasanya dilengkapi dengan saus asam manis ataupun saus kacang.

Baca Juga: 10 Jenis Dressing Salad Paling Populer yang Lezat 

6. Pho

Karena selalu dicari, Pho menjadi makanan khas Vietnam yang sangat mudah ditemukan di sana. Banyak kedai hingga restoran turut mencantumkan menu satu ini.

Pho sendiri merupakan hidangan mi kuah kaldu yang disajikan dengan daging sapi atau ayam, dan sayuran, seperti tauge, daun ketumbar, daun mint, kemangi, hingga bawang. Pho disantap dengan tambahan chilli oil, ataupun fish sauce.

7. Banh Cuon

banh cuon makanan khas vietnam
ilustrasi banh cuon khas Vietnam (instagram.com/ezstay_hanoi)

Banh cuon merupakan hidangan rice cake yang dikukus dengan daging babi dan isian jamur cincang. Banh cuon tidak lengkap tanpa taburan bawang goreng. Hidangan yang memiliki tekstur lembut ini disajikan dengan kacang hijau dan saus nuoc cham yang terbuat dari ikan.

8. Banh Xeo

Jika biasanya sajian crepes memiliki cita rasa manis, kamu akan menemukan crepes dengan rasa asin gurih bernama banh xeo, saat berwisata ke Vietnam. Kulit banh xeo terbuat dari tepung beras yang dilarutkan dengan santan dan diberi kunyit. Isian dari hidangan ini yakni tumisan daging dan tauge. Banh xeo biasa disantap dengan selada.

9. Nem Ran

nem ran makanan khas Vietnam
ilustrasi nem ran khas Vietnam (instagram.com/momi_02)

Makanan khas Vietnam satu ini mirip dengan hidangan lumpia khas Indonesia. Nem ran memilliki isian daging kepiting atau udang cincang, wortel, jamur, dan bawang bombay, yang digulung dengan kulit yang terbuat tepung beras. Kemudian digoreng secara deep-fry hingga kulit Nem Ran crunchy. Sajian Nem Ran biasa dimakan dengan dicelupkan pada saus nuoc cham.

10. Goi

Bedanya goi atau salad sayur Vietnam yaitu tidak menggunakan selada seperti salad pada umumnya. Goi berisi acar wortel, bunga pisang, kacang, dan daun ketumbar. Salad dressinggoi yakni dari saus nuoc cham. Hidangan ini biasa disajikan diatas kubis.

11. Com Tam (Broken Rice)

com tam makanan khas vietnam
illustrasi com tam khas Vietnam (instagram.com/nomzbysue)

Com tam merupakan makanan khas Vietnam yang terbuat dari beras yang telah patah, maka dari itu istilah lain com tam adalah broken rice. Konon katanya, dahulu petani beras Vietnam tidak bisa menjual beras-beras yang patah, sehingga mereka mengonsumsinya sendiri.

Tapi seiring berjalannya waktu, beras patah menjadi populer di Vietnam karena memiliki tekstur yang lebih lembut. Sehingga beras patah ini dibuat menu tersendiri bernama com tam. Hidangan ini disajikan lengkap dengan berbagai bagian daging babi, dan telur.

12. Banh Tet

Satu lagi hidangan khas Vietnam yang harus kamu cicipi adalah banh tet. Hidangan satu ini biasa disantap saat perayaan lunar new year. Banh tet berupa beras ketan yang berisi daging dan kacang hijau, kemudian dibungkus daun pisang. Lembut dari beras ketan dipadukan dengan tumisan daging menciptakan cita rasa klasik yang lezat.

Unik-unik bukan, kuliner khas Vietnam? Karena banyak yang mencampurkan daging babi, kamu bisa meminta untuk tidak menyertakannya saat pesan. Walaupun ada pula makanan khas Vietnam yang halal, namun kamu perlu effort untuk mencari penjualnya.

Selain kuliner, Vietnam juga juara dalam segi pariwisatanya, salah satunya yakni Teluk Ha Long yang menakjubkan. Bagaimana Sobat Yummy? Tertarik melakukan journey ke Vietnam?

Baca Juga: 15 Makanan dan Minuman Khas Thailand, Wajib Dicoba Semua!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Erna

Erna

Bakcang Ayam

Bakcang Ayam

(5.0)

8 langkah

631

Artikel Lainnya di kuliner