20 Makanan Manis Indonesia yang Wajib Kamu Coba 

Cocok disajikan untuk acara pertemuan santai hingga formal

20 Makanan Manis Indonesia yang Wajib Kamu Coba 

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Makanan adalah salah satu aspek yang paling mencerminkan budaya suatu negara. Indonesia, dengan beragam budaya dan kekayaan alamnya, memiliki banyak hidangan manis yang lezat yang patut dicoba.

Dari seluruh penjuru Nusantara, berikut adalah 10 makanan manis Indonesia yang wajib kamu coba.

1. Klepon

Klepon hijau dengan taburan kelapa
ilustrasi klepon (flickr.com/Deku Kertoharjo)

Rekomendasi makanan manis Indonesia yang pertama adalah kue klepon. Klepon adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan yang digulung menjadi bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah cair. Kemudian, bola-bola ini direbus dan ditaburi dengan parutan kelapa. Rasanya manis dari gula merah dengan sedikit aroma kelapa yang harum.

2. Kue lumpur

kue lumpur dengan taburan kismis
ilustrasi kue lumpur (flirckr.com/Nisa Mufti)

Rekomendasi makanan manis Indonesia yang kedua adalah kue lumpur. Kue lumpur adalah kue tradisional Jawa Barat yang terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasa manisnya yang nikmat. Biasanya, kue ini disajikan dalam bentuk loyang kecil dan diberi hiasan potongan buah.

3. Es campur

es campur
ilustrasi es campur (dok. Yummy App/dyana ika ardiningrum)

Es campur adalah minuman penyejuk yang populer di seluruh Indonesia. Campuran es dengan aneka potongan buah, agar-agar, dan gula merah sirup menciptakan sensasi manis yang segar di setiap tegukan.

4. Dadar gulung

Dadar gulung hijau
ilustrasi dadar gulung (flickr.com/Miss Panama)

Rekomendasi makanan manis Indonesia yang selanjutnya adalah kue dadar gulung. Dadar ulung adalah kue gulung yang terbuat dari adonan berwarna hijau yang dibuat dari daun suji, dan diisi dengan campuran gula merah dan kelapa parut. Ini adalah hidangan penutup yang lezat dan unik.

5. Klethik

Wajik ketan warna coklat
ilustrasi wajik klethik (flickr.com/FX Sudarmadi)

Klethik adalah camilan manis tradisional Jawa Tengah. Terbuat dari ketan yang digulung dengan campuran gula merah, kelapa, dan bumbu tradisional, klethik memiliki rasa yang khas dan manis yang sulit dilupakan.

Baca Juga: ​8 Jenis Pastry dan Macam-Macam Karakteristiknya

6. Es doger

Es doger isi tape, ketan hitam, mutiara, dan susu
ilustrasi es doger (flickr.com/Laurence Januardy)

Es doger adalah minuman segar yang berasal dari Jawa Barat. Terbuat dari es serut dengan campuran alpukat, kelapa muda, cincau, kolang-kaling, dan sirup merah, es doger memiliki rasa yang manis dan kaya akan tekstur.

7. Leker

kue lekker isi coklat
ilustrasi kue leker (flickr.com/Agoong)

Leker adalah jajanan pasar yang populer di Indonesia. Ini adalah kue tipis yang terbuat dari campuran tepung, gula, dan santan. Biasanya, leker diisi dengan cokelat, keju, atau gula merah.

8. Cenil

cenil warna warni dengan taburan kelapa dan gula merah
ilustrasi cenil (flickr.com/yogyabox)

Cenil adalah camilan manis yang berasal dari Jawa Tengah. Terbuat dari tepung sagu yang dibentuk menjadi bulatan kecil, cenil kemudian dilumuri dengan gula kelapa. Rasanya manis dan kenyal.

9. Pisang goreng

Pisang goreng
ilustrasi pisang goreng (flickr.com/tongkm)

Pisang goreng adalah camilan populer di seluruh Indonesia. Potongan-potongan pisang yang digoreng dengan adonan berbahan dasar tepung terigu dan gula ini sangat nikmat ketika masih panas.

10. Bubur sumsum

bubur sumsum dengan gula merah dan pandan sebagai hiasan
ilustrasi bubur sumsum (flickr.com/bundaagnes)

Bubur sumsum adalah hidangan penutup yang terbuat dari beras ketan dan santan yang dimasak hingga mengental. Bubur ini sering disajikan dengan gula merah cair atau sirup, memberikan cita rasa manis yang lembut.

Baca Juga: ​​15 Jajanan Pasar Favorit yang Mudah Dibuat di Rumah

11. Lupis

kue lupis dengan gula merah dalam balutan daun pisang
ilustrasi kue lupis (flickr.com/areta ekarafi)

Siapa yang tidak kenal dengan makanan manis Indonesia yang satu ini? Kue lupis adalah makanan manis tradisional yang terbuat dari ketan yang diolah dengan gula merah dan disajikan dengan kelapa parut di atasnya. Rasanya manis dan gurih sekaligus.

12. Pukis

Kue pukis di atas nampan
ilustrasi kue pukis (flickr.com/Anshar Amin)

Pukis adalah makanan manis Indonesia yang memiliki tekstur lembut dan rasa gurih yang berasal dari adonan santan dan gula kelapa. Makanan ini biasanya dibuat dalam cetakan khusus yang memberikan bentuk bulat dan lubang di tengahnya.

13. Apem

Kue apem
ilustrasi kue apem (flickr.com/Erfan Sah)

Apem adalah makanan manis Indonesia yang berbentuk bundar, terbuat dari beras dan gula kelapa. Makanan ini biasanya dimakan pada saat perayaan dan acara istimewa.

14. Serabi

Kue serabi pandan dan saus kinca
ilustrasi serabi (flickr.com/Maulisa LIsa)

Serabi adalah pancake khas Indonesia yang terbuat dari kelapa parut, tepung beras, dan gula. Makanan ini sering disajikan dengan saus kinca, yang terbuat dari gula kelapa.

15. Es kacang merah

Es kacang merah dalam gelas
ilustrasi es kacang merah (flickr.com/yemaria)

Es kacang merah adalah minuman dingin yang terbuat dari kacang merah yang dimasak dengan santan dan gula, lalu disajikan dengan es serut di atasnya. Rasanya manis dan kaya akan tekstur.

16. Lemper

kue lemper dengan balutan daun pisang
ilustrasi kue lemper (flickr.com/Indrah Jacobus)

Lemper adalah makanan yang terbuat dari ketan yang diisi dengan ayam atau daging, lalu dilapisi dengan daun pisang, dan dimasak dengan uap. Rasanya gurih dan lezat, dan cocok sebagai camilan.

17. Kue mangkok

Kue mangkok warna warni
ilustrasi kue mangkok (flickr.com/Blankski)

Kue mangkok adalah kue manis tradisional yang terbuat dari tepung terigu, gula, dan santan. Bentuknya mirip mangkok, dan rasanya sangat manis.

18. Ronde

Wedang ronde isi kacang, jahe, dan ronde
ilustrasi wedang ronde (flickr.com/Irina M.)

Ronde adalah bola-bola ketan yang direbus dan disajikan dalam kuah jahe manis. Ini adalah camilan yang cocok untuk menghangatkan tubuh di musim hujan.

Baca Juga: Fakta Menarik Udang Rebon yang Tinggi Nutrisi dan Serbaguna

19. Apem selong

resep apem selong
ilustrasi apem selong (dok. Yummy App)

Apem selong adalah varian apem yang memiliki tekstur lebih lembut dan khas dengan bentuk yang panjang. Rasanya manis dan gurih.

20. Klepon ubi

Kue klepon ubi ungu dengan taburan kelapa
ilustrasi klepon ubi (flicker.com/maulisa lisa)

Rekomendasi makanan manis Indonesia yang terakhir adalah klepon ubi. Klepon ubi adalah variasi klepon yang menggunakan ubi sebagai bahan dasarnya. Ini memberikan klepon warna dan rasa yang unik.

Itu dia 20 makanan manis Indonesia yang wajib kamu coba. Keunikan rasa dan tekstur setiap hidangan ini akan memberimu pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Jangan lupa untuk mencicipi semuanya dan merasakan berbagai cita rasa yang menggoda di setiap gigitannya!

Yuk, download aplikasi Yummy sekarang untuk dapatkan informasi dan resep masakan terbaru setiap hari.

Baca Juga: ​20 Jajanan Korea yang Paling Populer dan Wajib Dicoba!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Stefani Dessy Susanti

Stefani Dessy Susanti

Makaroni Schotel

Makaroni Schotel

(5.0)

90 mnt

516

Artikel Lainnya di kuliner