​2 Cara Mudah Makan Natto, Makanan Khas Jepang yang Sedang Viral

​Si lengket dari kedelai ini ternyata banyak manfaat!

​2 Cara Mudah Makan Natto, Makanan Khas Jepang yang Sedang Viral

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Natto adalah makanan khas Jepang yang berasal dari kacang kedelai yang difermentasi. Saat proses fermentasi, kedelai memunculkan rasa yang lebih kuat dan tekstur yang lengket serta berserabut. Karena itu, natto sering dianggap makanan yang unik!

Makanan ini termasuk ke dalam budaya negara Jepang lho. Tapi ternyata budaya memakan natto ini sedikit sulit untuk dilacak asal-usulnya. Natto dianggap makanan yang ditemukan karena ketidaksengajaan dan terus berkembang hingga populer di tahun 1800-an. 

Saat ini, natto kembali populer termasuk di Indonesia. Banyak orang yang sengaja mencari hidangan ini untuk mencoba sensasi uniknya. Tapi, apakah memakan natto itu ada cara khususnya? 

Kali ini Yummy App akan berbagi informasi seputar makanan natto, manfaat dibalik natto, hingga cara tepat untuk memakan natto. Simak baik-baik, ya!

Apa Itu Natto?

description
Flickr

Natto adalah kacang kedelai yang difermentasi dan dikenal sebagai makanan tradisional yang bergizi tinggi.

Di Jepang makanan ini biasanya dimakan dengan menggunakan nasi dan shoyu. Nah, biasanya di dalam satu kemasan natto kamu akan menemukan 3 bungkus bumbu berbeda, yang nantinya perlu dicampurkan hingga menyatu.

Natto juga terkenal dengan baunya yang unik dan menyengat. Bau ini berasal dari bakteri yang keluar saat proses fermentasi. Mungkin tidak semua orang menyukai bau yang dikeluarkan ini, namun rasanya yang unik membuat natto tetap digemari!

Makanan ini memiliki kandungan nutrisi tinggi yang di antaranya ada vitamin K, vitamin B2, B6, protein kedelai, mineral, serat tinggi, dan lainnya.

Apakah Natto Halal?

Saat ini makanan natto terbilang sedang hits di Indonesia, banyak orang yang penasaran dengan rasa dari teksturnya yang unik. Banyak pula yang bertanya-tanya, apakah natto halal?

Makanan khas Jepang ini difermentasi dengan bacillus subtilis var. natto (bakteri natto-kin) yang memecah protein. Singkatnya, natto ini aman untuk dikonsumsi karena tidak memiliki kandungan yang non halal.

Tapi, yang harus diperhatikan adalah saus yang ada pada kemasan natto. Sebagian besar saus natto mengandung alkohol, meski persentasenya terbilang rendah dan tidak memabukkan.

Kamu bisa menghindari makanan ini jika dirasa alkohol dalam saus tersebut tidak sesuai dengan syarat halal ya!

Manfaat Natto untuk Kesehatan

description
Flickr

Meski tampilannya sederhana, natto memiliki beragam manfaat lho! Dikategorikan kedalam makanan super fermentasi seperti kimchi dan kombucha, natto kaya akan probiotik yang bermanfaat bagi pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, natto juga mengandung protein, kalsium, dan zat besi yang sangat dibutuhkan untuk tubuh. 

Apabila kamu sensitif dengan kacang-kacangan, kamu tak perlu khawatir karena natto bersifat gluten free. Untuk manfaat natto lainnya, intip di bawah ini.

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Natto mengandung vitamin K2 yang tinggi. Nutrisi ini sangat berkaitan dengan kesehatan tulang, kekuatan tulang, dan pembentukkan tulang.

2. Mengurangi resiko kanker

Kandungan kedelai dan vitamin K2 dipercaya bisa mencegah potensi kanker. Isoflavon kedelai ditemukan bisa mengurangi resiko gastrointestinal, kanker prostat, dan kanker payudara. Vitamin K2 juga sering dikaitkan dengan penurunan resiko terjangkit kanker hati. 

3. Menyehatkan jantung

Probiotik pada natto dapat mengurangi kadar kolesterol dan mengurangi resiko penyakit jantung. Natto mengandung nattokinase yang dapat mengurangi penggumpalan darah, sehingga mencegah penyakit kardiovaskular. 

4. Meningkatkan kesehatan otak

Makanan fermentasi dapat meningkatkan mikrobiota usus yang berdampak pada fungsi kognitif. Dan nattokinase di dalam natto disebut dapat meningkatkan kesehatan jantung. Menurut studi kesehatan, jantung amat berkaitan dengan fungsi kognitif tubuh. 

2 Cara Makan Natto dengan Mudah

description
Flickr

Natto bisa dinikmati dengan berbagai cara. Ada yang langsung menyantap rasa asli natto tanpa tambahan lainnya, namun ada juga yang menggabungkan natto dengan makanan pendamping.

Natto paling umum dihidangkan sebagai hidangan sarapan di Jepang. Biasanya natto akan dimakan polos atau dengan menggunakan nasi dan telur mentah. 

Di bawah ini ada cara makan natto ala Jepang yang bisa kamu ikuti.

Cara makan natto polos

  1. Pertama, buka kemasannya dan keluarkan saus spesial dan mustard jepang;
  2. Sobek plastik bening yang ada di atas natto;
  3. Campur natto secara menyeluruh dan rata agar tekstur menjadi lengket;
  4. Tambahkan saus spesial dan mustard jepang. Aduk lagi semuanya hingga rata;
  5. Natto polos sudah bisa kamu nikmati!

Cara makan natto dengan nasi dan telur mentah

  1. Pertama-tama, masak nasi khas jepang yang berbiji pendek atau nasi sushi. Gunakan sekitar 1 cangkir beras untuk dua porsi. Rendam nasi dengan air dan diamkan selama 10 menit;
  2. Selanjutnya cuci beras hingga air menjadi bening dan masak nasi dengan perbandingan air dan beras 1:1;
  3. Didihkan beras selama 20 menit dengan keadaan panci tertutup;
  4. Setelah 20 menit, matikan api dan diamkan selama 10 menit dengan keadaan panci masih tertutup;
  5. Setelah 10 menit, aduk nasi dari bawah ke atas hingga nasi mengembang;
  6. Masukkan natto sebanyak 3 sendok makan;
  7. Tambahkan sedikit kecap atau tamari bebas gluten secukupnya;
  8. Tambahkan bahan lain sesuai selera (biasanya menggunakan mustard, daun bawang cincang, telur mentah, daun shiso, atau acar plum);
  9. Kocok natto dengan cepat dengan gerakan memutar hingga saus lengket berubah seperti busa;
  10. Setelah itu, masukkan nasi panas ke dalam mangkuk saji dan pindahkan campuran natto ke atas nasi;
  11. Nasi natto siap dinikmati!

Menarik banget kan makanan khas Jepang yang satu ini? Mulai dari kandungan dan manfaat natto hingga cara makan natto dengan mudah sudah kamu ketahui sekarang. Sudahkah kamu coba makanan natto?

Baca Juga: ​Cara Membuat Sushi Mentai Rumahan, Rasa Restoran! 

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Yakimeshi (Nasi Goreng Jepang)

Yakimeshi (Nasi Goreng Jepang)

(4.7)

20 mnt

8.2 rb

Artikel Lainnya di kuliner