7 Makanan Tahun Baru di Indonesia yang Enak dan Mudah Dibuat

Beragam rekomendasi makanan tahun baru mudah dicari

7 Makanan Tahun Baru di Indonesia yang Enak dan Mudah Dibuat

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Makanan selalu menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan tahun baru di berbagai belahan dunia. Seiring dengan malam pergantian tahun, setiap budaya memiliki tradisi kuliner yang khas, dari yang berkuah, bakar-bakaran hingga goreng-gorengan yang senantiasa akan menemani malam tahun barumu dengan makanan tahun baru yang lezat ini.

Dari sekian banyak hidangan yang enak, gurih dan praktis. Sobat Yummy jangan khawatir, Yummy App akan merekomendasikan 7 makanan tahun baru yang mudah dibuat atau mudah ditemukan di pedagang-pedagang yang ada disekitar Sobat Yummy.

1. Sate

ilustrasi sate (unplash.com/nitaanggraenigoenawan)
ilustrasi sate (unplash.com/nitaanggraenigoenawan)

Sate, dengan cita rasa yang khas dan beragam variasi seperti sate ayam, sate kambing, atau sate sapi, sate merupakan salah satu menu makanan tahun baru yang paling digemari. Makanan tahun baru yang satu ini bisa memberikan nuansa yang meriah dan cocok untuk dinikmati secara bersama-sama.

Baca Juga: ​7 Resep Sate Ayam Aneka Bumbu, Enak dan Mudah Dibuat

2. Sosis Bakar

sosis bakar (freepik.com/montypeter)
sosis bakar (freepik.com/montypeter)

Sosis bakar merupakan salah satu menu makanan tahun baru yang tidak pernah lekang oleh waktu, jika Sobat Yummy sering melakukan bakar-bakaran pasti tidak pernah lupa dengan menu yang satu ini. Karena sosis bakar sangat mudah dibuat, praktis, dan tentunya lezat.

Baca Juga: 10 Resep Sosis Bakar dan Bumbu Olesanya yang Mudah Dibuat Di Rumah 

3. Jagung Bakar

ilustrasi jagung bakar (freepik.com/racool_studio)
ilustrasi jagung bakar (freepik.com/racool_studio)

Selain sosis bakar, jagung bakar juga merupakan menu makanan tahun baru yang tidak pernah lekang oleh waktu. Dengan cara membuat bumbunya yang mudah dan berbagai varian bumbu bisa mewarnai malam tahunan bersama dengan orang terdekat. Sobat Yummy tinggal mencocokan saja rasa bumbu jagung bakar yang mana yang cocok dimakan untuk perayaan tahun baru.

Baca Juga: 10 Resep Jagung Bakar untuk Tahun Baruan Seru

4. Sup

sup (freepik.com/wirestock)
sup (freepik.com/wirestock)

Sup memiliki beragam varian, mulai dari sup ayam, sayuran, hingga seafood, yang merupakan pilihan yang sangat cocok untuk menu makanan tahun baru. Keberagaman dan kandungan nutrisi dalam sup membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk menyambut awal tahun yang sehat dan menyegarkan. 

Baca Juga: Resep Sup Krim Jagung yang Lezat dan Gurih

5. Gorengan

gorengan khas warmindo
ilustrasi gorengan (pinterest.com/buzzfeed)

Gorengan seperti tahu isi, tempe goreng, atau pisang goreng cocok untuk menu makanan tahun baru karena memberikan kesan yang hangat dan menggugah selera. Biasanya disukai oleh banyak orang dalam acara perayaan, menciptakan suasana yang meriah saat berbagi bersama keluarga dan teman-teman.

Baca Juga: Jumlah Kalori Gorengan, Apakah Bikin Gemuk?

6. Roti Bakar

roti bakar (freepik.com/racool_studio)
roti bakar (freepik.com/racool_studio)

Roti bakar dengan berbagai topping seperti selai, keju, atau daging memungkinkan variasi rasa yang menarik untuk dinikmati oleh semua orang. Kehadirannya yang sederhana tapi memuaskan cocok untuk acara tahun baru yang cenderung santai, memungkinkan orang untuk menikmati santapan ringan sambil menunggu pergantian tahun.

Baca Juga: 20 Ide Makanan untuk Tahun Baru, Wajib Ada!

7. Cemilan

keripik singkong oleh oleh khas bogor
ilustrasi keripik singkong (flickr.com/Maicih Pusat)

Cemilan seperti kacang, keripik, atau camilan lainnya merupakan pilihan yang bagus untuk acara tahun baru karena bisa ditaruh di meja sebagai pelengkap saat menunggu pergantian tahun. Cemilan yang ringan ini memberikan variasi rasa dan tekstur yang menyenangkan, sesuai untuk dinikmati bersama dengan sajian lainnya dalam suasana santai.

Semoga hidangan-hidangan istimewa ini menjadi bagian dari kenangan indah dalam merayakan pergantian tahun bersama keluarga atau teman terdekat. Tidak hanya sampai disini saja, jika Sobat Yummy tertarik dengan rekomendasi menu makanan lainnya jangan lupa untuk install Yummy App agar bisa menemukan berbagai referensi makanan yang enak dan praktis.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

laily puspitasari

laily puspitasari

Sosis Bakar Saos Lada Hitam

Sosis Bakar Saos Lada Hitam

(5.0)

30 mnt

128

Artikel Lainnya di kuliner