10 Makanan Viral di Tiktok Terbaru, Ada Es Krim Indomie!

Sajian unik yang bikin ngiler

10 Makanan Viral di Tiktok Terbaru, Ada Es Krim Indomie!

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Media sosial seperti TikTok sudah jadi sarana umum bagi warganet untuk berbagi dan menciptakan tren kuliner. Topik makanan viral TikTok seperti tidak ada matinya, karena deretan hidangan unik silih berganti mengisi FYP (for your page). 

Mulai dari fast food ala supermarket, hidangan lokal khas daerah, hingga aneka dessert dari mancanegara. Orang rela berburu demi mencicipi makanan viral TikTok paling terkini. 

Nah, kira-kira makanan apa saja yang berhasil diviralkan netizen TikTok? Selengkapnya Yummy App sajikan untukmu!

1. Es Krim Indomie Goreng

potret es krim Indomie goreng makanan viral Tiktok
potret es krim Indomie goreng makanan viral TikTok (twitter.com/@7sireya)

Makanan viral TikTok yang sukses mencuri perhatian netizen adalah es krim rasa mi goreng bernama ChocRocks Cone. Produk Indofood ini tampil berani dengan mengeluarkan es krim vanila yang memiliki topping rasa Indomie goreng.

Kamu akan menemukan perpaduan manis-creamy dengan sensasi gurih bumbu Indomie yang tidak asing lagi. Klaim mi goreng juga bukan gimik belaka, sebab kamu akan melihat remahan mi saat membuka kemasan es krim ini. 

Bila ditanya rasa, makanan ini akan menjawab penasaranmu bagaimana jika mi goreng dibuat es krim. Sebagian orang ada yang menikmati inovasi ini, sebagian lagi cukup hanya sekali saja mencicipi. 

Sayangnya produk ini adalah edisi terbatas yang hanya tersedia sampai akhir April 2023. Jadi, buruan beli supaya gak kehabisan, ya!

2. Odeng Lawson

potret odeng Lawson makanan yang viral di tiktok
potret odeng Lawson (twitter.com/@daddyyjima)

Lawson adalah jaringan franchise minimarket asal Negeri Sakura yang juga beroperasi di Indonesia. Toko kelontong yang menyediakan berbagai kebutuhan ini juga terkenal dengan fast food yang enak dan banyak direkomendasikan. 

Salah satunya ada odeng, yang beberapa tahun belakang jadi makanan viral di TikTok. Kudapan sejenis fish cakes ini memiliki rasa daging ikan yang sangat kuat. Tekturnya kenyal, empuk, dan mudah dinikmati hampir semua kelompok umur.

Setiap pembelian odeng sudah termasuk semangkuk kuah bening yang segar dan gurih. Sangat disarankan untuk segera menikmati odeng begitu disajikan, agar hangat kuahnya bisa menambah kelezatan. 

Selain di gerai Lawson langsung, kamu bisa mencicipi odeng di Alfamidi yang telah bekerja sama di beberapa kota di Indonesia.

3. Stik Pedas Latiao

ilustrasi stik pedas makanan viral Tiktok
ilustrasi stik pedas makanan viral TikTok (twitter.com/@bucinkokorenjun)

Beralih ke makanan viral TikTok berikutnya yang datang dari Negeri Tirai Bambu. Ada latiao yang belakangan membuat orang melakukan impulsive buying.

Latiao adalah camilan pedas yang komposisi utamanya dari tepung terigu dan minyak cabai. Adonan tepung yang dicampur bahan lain lalu dimasak dalam suhu tinggi, dan menghasilkan tekstur yang lentur.

Berbentuk spiral memanjang, latiao bisa agak alot ketika digigit. Karena dibumbui dengan cabai dan diolesi chili oil yang melimpah, camilan ini memiliki bau pedas yang sangat membekas. Cita rasa pedas itulah yang membuat banyak orang ketagihan latiao. 

Saat ini kamu bisa dengan mudah menemukan latiao di marketplace dengan harga yang beragam. Namun, makanan viral TikTok ini kurang disarankan kalau kamu tidak tahan pedas, ya.

4. Fruit Roll-ups dan Es Krim

ilustrasi permen fruit roll ups
ilustrasi permen fruit roll-ups (flickr.com/Huy Dang)

Kalau kita terbiasa menikmati es krim dengan cara menjilat atau menyendoknya, ternyata ada cara lain yang lebih asyik, lho.

Siapkan satu gulung permen fruit roll-ups, taruh beberapa sendok es krim di atasnya, lalu bungkus es krim sampai permen menutupi seluruh permukaan. 

Permen yang semula elastis dan kenyal dalam beberapa detik akan mengeras karena tertular dingin dari  es krim. Masukkan mulut, dan kamu akan terkejut itu bisa menjadi krispi dengan es krim yang meleleh di dalam. 

Cara baru menikmati kombinasi permen fruit roll-ups dan es krim itu jadi salah satu makanan viral TikTok yang menarik dicoba. Apalagi kalau kamu tipe yang menghabiskan es krim dengan cepat, trik ini sepertinya tercipta untukmu!

5. Naniura

potret naniura makanan viral Tiktok
potret naniura makanan viral TikTok (flickr.com/a9ust885)

Penampakan sekilas dari Naniura mungkin menyerupai ikan bumbu kuning biasa, ya. Tapi jangan salah, karena ada keistimewaan di baliknya.

Naniura adalah hidangan ikan fermentasi khas Sumatera Utara yang sejenis sashimi alias ikan mentah. Ikan mas adalah jenis ikan yang sering dipakai, dan dibumbui rempah-rempah seperti bawang-bawangan, cabai, dan andaliman.

Ikan yang telah dibersihkan akan dilumuri bumbu halus selama minimal setengah jam sampai meresap sempurna. Penggunaan rempah yang melimpah akan menghilangkan bau amis dari ikan, jadi kamu tak perlu khawatir itu akan mengganggu nafsu makan. 

Naniura memiliki rasa asin, pedas, asam, yang membuatnya cocok dimakan dengan nasi hangat. Karena keunikan cara masak dan rasanya itu, Naniura jadi makanan viral TikTok yang dibicarakan banyak orang. 

Baca Juga: ​2 Cara Mudah Makan Natto, Makanan Khas Jepang yang Sedang Viral

6. Daifuku Mochi

ilustrasi daifuku mochi makanan viral Tiktok
ilustrasi daifuku mochi (pexels.com/Han Sen)

Di negara Jepang, mochi memiliki beragam variasi yang terkenal. Salah satu yang paling sering disebut di TikTok adalah daifuku mochi dengan isian stroberi. 

Sama seperti mochi pada umumnya yang terbuat dari tepung tapioka, keistimewaan daifuku mochi adalah tambahan buah utuh di dalamnya. Jadi, selain isian pasta kacang merah, kamu bisa menemukan satu buah stroberi manis bersembunyi di dalam mochi

Bahkan ada juga daifuku mochi yang isiannya dari anggur, jeruk, hingga kiwi. Kini juga tersedia pilihan kombinasi isian dari cream cheese atau matcha, sehingga banyak rasa yang bisa dicoba. 

7. Freeze Dried Candy

setoples permen manis
ilustrasi permen manis (pexels.com/Silvia Trigo)

Pada hakikatnya, permen adalah makanan yang dinikmati dengan diemut dan akan mencair di dalam mulut. Namun, bagaimana jika permen dibuat tidak memiliki kadar air sehingga tidak perlu lagi dikonsumsi dengan cara ditahan di dalam mulut? 

Inovasi itulah yang disajikan dalam freeze dried candy, permen dengan tekstur mirip kerupuk yang crunchy. Berkat teknologi freeze-drying, permen yang semula lengket bisa jadi renyah saat dikunyah. 

Untuk rasa dan aroma manisnya, permen ini masih bisa menjaganya dengan baik. Kamu juga tak perlu khawatir buat varian rasa yang tersedia, sama beragamnya dengan jenis permen biasa. Kriuk-kriuk seperti makan kerupuk kopong, memang jadi daya tarik utama makanan viral TikTok yang satu ini. 

8. Mendoan Bagong

ilustrasi mendoan bagong
ilustrasi mendoan bagong (flickr.com/Sofiah Budiastuti)

Membicarakan makanan viral TikTok tanpa menyebutkan gorengan tak akan lengkap rasanya. Mendoan Bagong mungkin sudah sering wira-wiri di FYP kamu dan membuat ngiler. 

Ukuran tempe yang lebar mencerminkan nama "bagong" yang disematkan dalam mendoan khas Purbalingga ini. Tempe daun yang tipis digoreng sebentar dalam minyak panas, lalu dibungkus dengan daun pisang yang menambah aroma wangi. 

Kamu bisa menikmati mendoan ini dengan cabai rawit hijau atau saus pedas-manis yang telah disediakan. Saat ini Mendoan Bagong hanya bisa ditemui  di Jl. Palmerah Bar. IX No.66, Jakarta Barat, dengan harga Rp10.000,- kamu bisa membawa 3 buah mendoan hangat. 

9. Aspana Risol

potret Aspana risol makanan viral Tiktok
potret Aspana risol (Google Maps/Deddy Rijanto)

Selain risol Margo yang lebih dulu viral di TikTok, ada Aspana Risol yang sudah menjadi legendaris sejak buka tahun 1993. Kamu bisa berkunjung ke toko pastry-nya yang beralamat di Gang Rambutan Timur VI No. 211, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta. 

Setiap harinya Aspana Risol memproduksi beragam jajanan pasar dan tentu saja risol yang jadi andalan. Ada dua varian risol yang dijajakan, risol dengan isian ragout sayur dan beefegg mayo. Isian yang tidak pelit dijamin membuatmu puas meski hanya makan satu risol. 

Kulit risol yang diproduksi sendiri juga menjadi jaminan kualitas dari luaran risol yang tipis, krispi, dan tidak berminyak. Dibalur dengan tepung panir yang halus, membuat risol tetap lembut saat digigit. 

Tidak hanya bisa dibungkus pulang, kamu bisa membawa risol frozen sebagai buah tangan untuk orang di rumah. 

10. Sup Labi-labi

potret sup labi-labi
potret sup labi-labi (Google Maps/Hasankoh)

Makanan yang jadi buah bibir netizen TikTok selanjutnya adalah sup labi-labi, yang terbuat dari bulus atau kura-kura air tawar. Meski terdengar sebagai makanan yang tak lazim, nyatanya sup labi-labi telah biasa dinikmati dan dipercaya menjadi makanan berkhasiat. 

Sup dengan potongan daging, jeroan, dan telur bulus ini lebih dikenal sebagai pie oh di kalangan penggemarnya. Umumnya, sup labi-labi dibumbui dengan kuah tauco, yang diberi pugasan daun ketumbar untuk menambah aroma wangi. 

Pelengkap sup labi-labi adalah potongan cakwe yang dicelupkan ke kuah, dan dihidangkan bersama nasi hangat. Kalau kamu penasaran dengan rasanya yang konon mirip daging ayam kampung, secara hukum hewan ini boleh dikonsumsi, kok. Jadi, tak perlu ragu dan silakan cicipi!

Aneka makanan viral TikTok menjadi perbincangan karena terkenal unik dan mengundang penasaran. Mulai dari stik pedas latio, odeng Lawson, sup labi-labi, hingga es krim Indomie, ada banyak pilihan yang bisa dieksplor dari FYP Tiktok. Kira-kira, mana yang paling ingin kamu coba, nih?

Baca Juga: 10 Drama Korea Tentang Makanan yang Bikin Ngiler, Sudah Nonton?

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Febriyana W

Febriyana W

Strawberry Biscuit Ice Cream

Strawberry Biscuit Ice Cream

(5.0)

5 langkah

280

Artikel Lainnya di kuliner