20 Ide Makanan untuk Tahun Baru, Wajib Ada!

​Meriahkan tahun baru kali ini dengan makanan favorit!

20 Ide Makanan untuk Tahun Baru, Wajib Ada!

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Tahun Baru 2023 sebentar lagi tiba. Siapa di sini yang sudah punya rencana kumpul-kumpul dengan keluarga dan kerabat dekat? Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan pada malam Tahun Baru, seperti karaoke, main games, maraton film, hingga makan makanan yang spesial di malam pergantian tahun. 

Nah, berikut ini ada kreasi makanan yang cocok untuk Tahun Baru. Kalau kamu masih bingung mau menyajikan makanan apa aja, Yummy punya beberapa ide menunya.

Apa saja pilihan makanannya? Berikut ini informasinya khusus untuk kamu!

1. Sate

Sate dengan bumbu kacang dan taburan bawang goreng
Unsplash

Makanan khas Indonesia yang satu ini gak boleh absen dari acara malam pergantian tahunmu. Ada banyak pilihan sate yang bisa kamu buat seperti sate ayam, sate daging, dan sate jamur. Kamu juga bisa menggunakan berbagai macam bumbu untuk menambah cita rasanya, seperti bumbu kacang, bumbu kecap, matah, hingga taichan.

Baca Juga: ​Tips dan Cara Bikin Daging Sate Jadi Super Empuk

2. Sosis Bakar

Sosis yang sedang dibakar di atas arang
Unsplash

Makanan untuk Tahun Baru yang wajib ada salah satunya adalah sosis bakar. Meskipun makanan ini simpel banget dibuatnya, tapi pasti jadi hidangan favorit semua orang. Supaya rasa sosisnya semakin lezat, kamu bisa menambahkan olahan saus dan kecap lagi. Jangan lupa juga sediakan saus sambal sebagai pelengkap!

Baca Juga: 10 Resep Sosis Bakar, Bumbu dan Cara Membuat Sosis Bakar yang Mudah

3. Ayam Bakar

Ayam yang sedang dibakar
Unsplash

Menu makanan malam Tahun Baru lainnya ayam bakar. Ayam menjadi salah satu makanan favorit sejuta umat ini wajib hadir untuk menemani kamu dan keluarga menunggu pergantian tahun kali ini. Kamu bisa menggunakan berbagai macam bumbu untuk memarinasi ayam sebelum dibakar.

Baca Juga: ​6 Resep Bumbu Oles Ayam Bakar Rumahan yang Mudah Dibuat

4. Jagung Bakar

Jagung yang baru selesai dibakar
Unsplash

Makanan yang gak boleh terlewatkan dari acara Tahun Baru adalah jagung bakar. Makanan yang enak banget kalau disantap hangat-hangat ini, sangat cocok menemani malammu di hari terakhir tahun ini. Jangan lupa sediakan minuman ringan juga supaya tenggorokanmu gak kering!

Baca Juga: 10 Resep Jagung Bakar untuk Tahun Baruan Seru

5. Snack

Kumpulan berbagai macam jenis snack
Unsplash

Kalau kamu punya agenda nonton film di malam Tahun Baru, snack bisa jadi makanan yang pas untuk dihidangkan. Gak cuma keripik, cokelat, dan biskuit pun cocok, lho! Kamu juga bisa membuat beberapa hidangan simpel dari berbagai bahan yang ada di kulkasmu.

6. Martabak

Martabak manis dnegan topping keju dan coklat
Flickr

Si spesial ini nggak pernah absen di setiap acara-acara istimewa, begitu juga di malam Tahun Baru. Tinggal pilih, kamu lebih suka martabak asin atau martabak manis.

Baca Juga: 9 Resep Martabak Manis Rumahan yang Mudah Dibuat

7. Udang Bakar

Udang yang sedang dibakar di atas bara api
Unsplash

Menu bakar-bakaran lainnya yang bisa kamu buat di rumah adalah udang bakar. Ada dua pilihan bumbu udang bakar yang bisa kamu coba untuk buat di rumah, yaitu udang bakar bumbu tomat dan udang bakar bumbu madu. Nah, apapun bumbu yang kamu gunakan, jangan lupa untuk memastikan udang yang kamu bakar telah matang dan bumbunya meresap sempurna.

8. Barbeque

Barbeque daging dan sayuran dengan saus melimpah
Unsplash

Pencinta daging, mari merapat! Tahun Baru ini pas banget kayaknya buat hidangan barbeque di rumah, bukan? Hidangan berat ini bisa kamu masak sendiri dengan bumbu barbeque instan dengan tambahan beberapa bahan lainnya, seperti saus tiram, bawang bombay, bawang putih, paprika, dan lainnya.

Baca Juga: 5 Resep Saus Barbeque Enak untuk Olahan Steak yang Lezat

9. Pizza

Dua orang yang sedang mengambil pizza
Unsplash

Butuh makanan praktis di malam Tahun Baru? Gak usah khawatir, pizza bisa jadi teman yang pas untuk menemani malam pergantian tahunmu kali ini. Jangan lupa untuk sedia minuman dingin agar tenggorokanmu gak kering!

Baca Juga: Daftar Menu Pizza Hut 2023 Lengkap, Harga dan Rekomendasi Menu Terbaik

10. Shabu-shabu

bahan tambahan untuk membuat shabu-shabu
Unsplash

Buat shabu-shabu ala rumahan? Siapa takut! Kamu cuma perlu menyediakan beberapa bahan, seperti daging slice, jamur enoki, tofu, hingga sayur pakcoy. Buat kuah shabu-shabu bisa dikreasikan sesuai selera. Tinggal celup semua bahan yang kamu punya ke dalam rebusan air yang sudah disiapkan.

Baca Juga: 15 Resep Makanan Ringan yang Mudah Dibuat di Rumah, Pas untuk Camilan!

11. Spaghetti atau Pasta

Spaghetti dengan berbagai topping
Unsplash

Makanan yang cocok untuk Tahun Baru lainnya yaitu pasta. Ada banyak pilihan bumbu pasta yang bisa kamu pilih sesuai selera, mulai dari bolognese, carbonara, hingga aglio e olio. Tenang, semua bumbu ini gak butuh waktu yang lama untuk dibuat. 

12. Roti Bakar

Roti bakar yang disajikan di atas piring putih
Unsplash

Malam-malam memang cocoknya makan roti bakar sambil ditemani minuman hangat di rumah. Kamu bisa buat roti bakar dengan berbagai isian sesuai selera, mulai dari selai strawberry, srikaya, cokelat, karamel, hingga roti bakar dengan taburan gula. Mudah banget, kan?

Baca Juga: ​10 Cara Membuat Roti Bakar Enak dengan Aneka Topping dan Mudah Dibuat

13. Sup

Sup dengan topping ayam
Unsplash

Biar gak kedinginan nunggu sampai tengah malam, kayaknya pas banget kalau kamu buat sup yang gurih dan lezat. Cream soup atau sop bening pasti gak akan gagal bikin malam Tahun Baru lebih hangat.

14. Kentang Goreng

Kentang goreng yang disajikan di dalam mangkuk
Unsplash

Ide makanan Tahun Baru selanjutnya adalah kentang goreng. Makanan ini kayaknya wajib banget kamu hidangkan di malam pergantian tahun. Sambil nunggu makanan yang di bakar jadi, kamu bisa sambil nyemil kentang goreng untuk mengganjal perut.

15. Gorengan

Gorengan tahu isi dan tempe goreng dengan beberapa cabe rawit
ilustrasi tempe goreng (flickr.com/erickpersonanugraha)

Lagi cari makanan murah yang pas untuk nemenin malam Tahun Baru kamu? Gorengan bisa jadi pilihan utama. Kamu bisa pilih berbagai macam gorengan, seperti risol, tahu isi, bakwan, tempe goreng, pisang goreng, dan lainnya.

Baca Juga: Aneka Gorengan: Lezat, Gurih, dan Menggugah Selera

16. Salad

Salad sayur di atas piring putih
Unsplash

Nah, bagi kamu yang sedang diet, salad juga bisa menemani malam Tahun Baru. Makanan yang memadukan buah dan juga sayur ini bisa mengenyangkan kamu di tengah banyaknya pilihan makanan berat yang ada. Ayo, jangan sampai cheating, ya!

17. Marshmallow Bakar

Marshmallow yang sedang dibakar di atas api
Unsplash

Makanan yang sangat melekat dengan tahun baru salah satunya adalah marshmallow bakar. Selain rasanya yang manis dan lembut di mulut, membakar marshmallow juga bisa jadi kegiatan yang seru saat menunggu pergantian tahun tiba. Nah, saat marshmallow sudah selesai di bakar, kamu bisa memberikan beberapa topping sesuai selera seperti cokelat cair, taburan kacang, dan lainnya.

18. Mie

Mie goreng dengan acar, tomat, timun, dan kerupuk
Unsplash

Mie memang jadi pilihan yang tepat untuk menemani malam tahun baru mu. Coba kreasikan mi yang ada di rumah dengan beberapa bahan lainnya, seperti menambahkan sayuran dan bumbu penyedap lainnya. Pasti mi buatanmu akan lebih spesial.

19. Ikan Bakar

ikan yang baru selesai dibakar di atas pembakaran
Unsplash

Ikan bakar bisa jadi pilihan makanan saat malam Tahun Baru tiba. Ikan bakar ini bisa kamu buat dengan bumbu halus yang terbuat dari bawang, kemiri, merica ketumbar, kunyit, kecap manis, dan jahe. Jangan lupa untuk mengolesi setiap bagian ikan dengan bumbunya agar meresap sempurna. Nah, biar lebih sedap, kamu bisa tambahkan pelengkap saus kecap dengan potongan bawang merah dan rawit di dalamnya.

Baca Juga: 10 Resep Ikan Bakar Enak dan Mudah Dibuat

20. Tteokbokki

Tteokbooki dengan bumbu merah dan taburan daun bawang
Flickr

Makanan khas korea yang satu ini lagi digandrungi banyak orang. Yup, apalagi kalau bukan tteokbokki. Kue beras yang dipadukan dengan saus gochujang merah ini sangat pas dimakan dengan hidangan yang dibakar lainnya.

Nah, itulah beberapa ide makanan yang cocok untuk tahun baruan di rumah. Kalau dari daftar di atas, kira-kira makanan mana yang bakal kamu hidangkan di malam pergantian tahun kali ini?

Baca Juga: ​20 Street Food Jajanan Korea yang Paling Populer dan Wajib Dicoba!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Dewi Kurniati

Dewi Kurniati

Chicken Cream Soup

Chicken Cream Soup

(5.0)

7 langkah

474

Artikel Lainnya di kuliner