7 Makanan yang Dilarang Saat Imlek, Benarkah Membawa Sial?

​Hindari makanan ini agar tahun ini lebih hoki!

7 Makanan yang Dilarang Saat Imlek, Benarkah Membawa Sial?

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Etnis Tionghoa memiliki keunikannya tersendiri dalam memaknai tradisi leluhur yang mereka miliki. Hal tersebut bisa dilihat pada saat hari raya Imlek tiba.

Memiliki tradisi yang kental dihubungkan dengan keberuntungan, warga Tionghoa juga percaya bahwasannya untuk mencapai keberuntungan dalam hidup memerlukan beberapa faktor pendukung yang wajib dilaksanakan.

Sebagai contoh, ketika perayaan hari Imlek tiba, warga Tionghoa akan menyajikan makanan yang dinilai memiliki filosofi membawa keberuntungan. Dengan menyajikan makanan tersebut untuk keluarga, maka semua orang yang menyantapnya akan turut diberkati keberuntungan selama satu tahun kedepan.

Begitu pula dengan kepercayaan akan hal-hal yang perlu dihindari guna mendekatkan diri ke keberuntungan. Ternyata, ada beberapa makanan yang dilarang pada hari perayaan Imlek, karena dianggap membawa sial.

Apa saja daftar makanannya? Simak di bawah ini ya, Sobat Yummy!

1. Durian

1. Durian
Unsplash

Buah dengan wangi semerbak ini ternyata menjadi salah satu makanan yang dilarang saat Imlek tiba.

Apa sebabnya? Menurut warga Tionghoa, makanan yang memiliki kulit luar yang kasar seperti durian ini dianggap tabu untuk disantap karena menggambarkan kehidupan yang penuh dengan kesulitan.

Kulit buah yang bertekstur runcing dan tajam ini juga dikaitkan dengan makna pertengkaran, ketidakharmonisan, hingga petaka.

2. Sayap Ayam

2. Sayap Ayam
Unsplash

Makanan yang dilarang saat Imlek selanjutnya adalah sayap ayam atau hewan unggas lainnya. Menurut warga Tionghoa, kalau kamu memakan sayap dari hewan unggas maka keberuntunganmu di tahun tersebut akan hilang.

Memakan sayap unggas diibaratkan dengan ketidakmakmuran dan hambatan ketika seseorang akan mencari nafkah. Oleh karena itu hindari memakan sayap ayam dulu ya, Sobat Yummy di hari perayaan Imlek!

3. Daun Peterseli

3. Daun Peterseli
Unsplash

Daun peterseli atau parsley memang mampu melengkapi rasa makanan menjadi semakin nikmat. Tapi sayangnya kamu tidak disarankan untuk membuat hidangan dengan tambahan daun peterseli di dalamnya karena dianggap akan membawa nasib buruk bagi keluarga.

Baca Juga: 12 Makanan Khas Imlek yang Wajib Ada dan Maknanya

4. Makanan Berwarna Putih

Tofu fortifikasi tinggi vitamin D
ilustrasi tofu fortifikasi (unsplash.com/Sherman Kwan)

Apa yang kamu pikirkan ketika melihat warna putih? Warna yang bersih? Menggambarkan kesucian? Jawaban kamu benar kok! Namun hal tersebut tidak berlaku untuk yang sedang merayakan tahun baru Imlek.

Warna putih dalam tradisi Tionghoa dianggap sebagai warna kesialan karena melambangkan kematian. Makanan berwarna putih, seperti bubur, tahu, telur, nasi, kembang kol, dan keju putih harus kamu hindari dalam sajian tahun baru Imlek. 

Sebagai gantinya, kamu bisa menghidangkan makanan-makanan yang memiliki warna cerah seperti hijau, kuning, hingga merah yang melambangkan kemakmuran dan keberuntungan.

Baca Juga: 8 Resep Makanan Khas Imlek, Wajib Ada!

5. Pare

5. Pare
Unsplash

Makanan pahit yang satu ini juga ternyata termasuk makanan yang dilarang saat Imlek. Menurut tradisi Tionghoa, sayur pare dilarang karena mengartikan akan adanya cobaan hidup yang terus-menerus terjadi di sepanjang tahun. 

Baca Juga: ​7 Macam Sayur yang Wajib Dimakan Setelah 7 Hari Imlek

6. Roti Berongga

6. Roti Berongga
Unsplash

Roti biasanya umum kamu temukan di berbagai perayaan besar bukan? Tapi jangan harap kamu menemukan roti di perayaan tahun baru Imlek!

Roti yang berongga bagi tradisi Tiongkok ternyata dapat membawa kesialan. Kalau kamu memakan roti jenis ini, konon katanya akan mendekatkan kamu dengan kematian. Makanya makanan ini dianggap sangat tabu untuk disajikan ketika Imlek.

7. Lobster

daging lobster goreng
ilustrasi lobster (unsplash.com/davidtoddmccarty)

Pecinta seafood harap bersabar karena lobster termasuk ke dalam makanan yang dilarang saat Imlek tiba! Kenapa?

Menurut tradisi Tionghoa, lobster yang berjalan dengan cara mundur ini bisa membuat kehidupanmu ikut bergerak. Atau dalam artian lain, kamu akan mengalami kemunduran di sepanjang tahun. 

Menurut tradisi Tionghoa, lobster yang berjalan dengan cara mundur ini bisa membuat kehidupanmu ikut bergerak. Atau dalam artian lain, kamu akan mengalami kemunduran di sepanjang tahun. 
Jason Leung on Unsplash" target="_blank">Unsplash.com/Jason Leung

Nah, selain beberapa makanan di atas, ternyata ada juga cara makan yang perlu kamu hindari ketika hari perayaan Imlek. Contohnya ketika menyantap mie panjang umur, kamu tidak boleh memotong mie pada saat memakannya. Hal ini dipercaya akan memperpendek umurmu, karena pada dasarnya mie panjang umur diibaratkan dengan umur panjang.

Selain itu kamu juga dilarang untuk meminum obat ketika perayaan tahun baru imlek. Menurut tradisi Tionghoa meminum obat di hari raya akan membuat kamu terbebani dengan penyakit sepanjang tahun.

Dan yang terakhir, ketika kamu makan hidangan Imlek jangan menghabiskan semua makanan. Hal tersebut dipercaya akan mendatangkan kesialan dan membuat kamu tidak mendapatkan apa-apa di tahun ini. 

Itu dia pembahasan seputar makanan yang dilarang saat Imlek dan beberapa cara makan yang harus dihindari. Terdapat makna mendalam bagi setiap pantangan yang ada, serta harapan untuk kedepannya.

Apabila kamu merayakan Tahun Baru Imlek tahun ini, kamu perlu mengetahui beberapa fakta unik di atas dan mempersiapkan sajian nikmat untuk disantap bersama orang terkasih!

Baca Juga: 8 Kue Khas Imlek dan Filosofinya di Tahun Baru Imlek 2023

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Rinka Loumitha

Rinka Loumitha

Nastar Fantasi #ImlekanDiYummy

Nastar Fantasi #ImlekanDiYummy

(5.0)

8 langkah

recooks-0
Dapur Embun

Dapur Embun

Sup Pangsit #ImlekanDiYummy

Sup Pangsit #ImlekanDiYummy

(5.0)

10 langkah

384

Artikel Lainnya di kuliner