9 Manisan Khas India yang Populer di Dunia dan Cara Membuatnya

Manisan tradisional ini sering ada di film Bollywood lho!

9 Manisan Khas India yang Populer di Dunia dan Cara Membuatnya

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

India merupakan negeri yang terkenal dengan sejuta rempah di dalamnya. Setiap makanan khas dari negara ini sudah pasti kaya rasa dan gurih. Namun, selain makanan yang gurih, India juga punya makanan manis yang sering disajikan untuk makanan penutup atau pun di perayaan besar keagamaan.

Yup, apalagi kalau bukan manisan India! Kalau kamu sering ngikutin film Bollywood, pasti udah nggak asing lagi dengan jenis-jenis manisan India yang ada. Penasaran nggak sih, manisan India terbuat dari apa saja? Ternyata, sebagian besar manisan di India terbuat dari olahan susu dan sirop gula, lho! Kebayang kan gimana gurih dan manisnya? Pasti enak banget deh!

Nah, supaya kamu bisa coba citarasa khas makanan India, berikut ini beberapa pilihan dan cara membuat manisan India khusus buat kamu! Yuk, intip infonya!

1. Gajar ka Halwa

1. Gajar ka Halwa

Salah satu makanan penutup yang sangat populer di India adalah gajar ka halwa. Makanan yang satu ini ternyata berasal dari Punjab, India. Biasanya makanan ini disajikan untuk acara-acara besar di India. Nah, ini dia salah satu makanan yang sering banget muncul di film Bollywood! Kayak gimana cara buatnya? Yuk, langsung cek resepnya!

Bahan Utama: 

  • 1 kg wortel
  • 1 ½ liter ausu
  • 8 kapulaga hijau
  • 5-7 sdm ghee
  • 5-7 sdm gula
  • 2 sdm kismis
  • 1 sdm almon (diparut)
  • 2 sdm kurma (dicincang)

Cara Membuat:

  1. Kupas dan parut wortel.
  2. Rebus susu dengan kapulaga sampai menguap, jangan sampai mendidih.
  3. Panaskan ghee dalam wajan berat dan tambahkan campuran wortel.
  4. Masak dengan api kecil selama 10 sampai 15 menit.
  5. Masukkan gula dan masak lagi sampai halwa berubah warna menjadi kemerahan.
  6. Tambahkan buah kurma, almon, dan kismis. Aduk hingga merata dan sajikan.

2. Ladoo

2. Ladoo

Ladoo adalah salah satu manisan tradisional India yang sangat digemari. Manisan khas India ini sangat simpel dibuatnya, lho! Biasanya orang India membuat makanan ini setiap hari tanpa harus menunggu momen perayaan besar tiba. Kenapa? Karena bahan yang dibutuhkan pun sangat sederhana. Yuk, lihat resepnya di bawah ini!

Bahan Utama:

  • 2 ½ cangkir tepung gram (besan)
  • 3 cangkir mentega
  • 2 jumput soda kue
  • 1 ½ sendok teh kapulaga hijau
  • ½ sendok teh pewarna makanan 
  • 3 cangkir gula
  • 2 gelas air

Cara Membuat:

  1. Buat adonan boondi terlebih dahulu. Campurkan 2 ½ cangkir tepung gram, lalu campurkan pewarna orange. Aduk adonan hingga warnanya merata. 
  2. Tambahkan air dan sedikit baking soda. Aduk adonan dengan baik dan patikan tidak ada gumpalan. Setelah adonan sudah mencapai konsistensi yang sempurna, adonan pun siap diolah kembali.
  3. Selanjutnya, panaskan ghee dalam wajan. Setelah itu, gunakan sendok berlubang (jhada) untuk mencetak adonan. Biarkan adonan boondi jatuh ke minyak dengan sendirinya dan masak di atas api kecil hingga matang merata.
  4. Tiriskan bondi agar minyak menyusut.
  5. Kemudian, ambil panci dan tambahkan air dan gula, biarkan campuran ini mendidih hingga sedikit mengental. 
  6. Tambahkan bubuk kapulaga dan aduk hingga rata.
  7. Masukkan bondi dan campur dengan gula hingga rata. Ladoo pun siap dinikmati!

3. Kulfi

3. Kulfi

Pecinta ice cream segera merapat! Di sini Yummy bakal kasih kamu resep ice cream khas India, yaitu kulfi. Kulfi adalah makanan penutup yang disajikan dingin dan sering digambarkan sebagai es krimnya India. Secara tradisional. 

Makanan ini dibuat dengan menggunakan susu yang dimasak secara perlahan hingga susu menyusut setengahnya dan menghasilkan susu yang teksturnya menjadi mirip seperti susu kental manis. Selain itu, biasanya makanan ini akan ditambahkan beberapa topping, seperti kapulaga, kunyit, kelopak mawar, dan buah kering.

Penasaran seperti apa rasanya? Yuk, simak resepnya di bawah ini!

Bahan Utama:

  • ⅔ cangkir susu kental
  • 1 cangkir susu evaporasi
  • 1 cangkir krim ganda (krim kental)
  • ½ sendok teh kapulaga bubuk (atau kapulaga yang dihancurkan)
  • sejumput benang safron
  • ½ cangkir pistachio cincang

Cara Membuat: 

  1. Di dalam wadah, campurkan krim dengan susu kental dan susu evaporasi.
  2. Tambahkan kapulaga dan kunyit, aduk rata.
  3. Bagi pistachio ke dalam 5 gelas, lalu tuangkan campuran susu kental untuk mengisi sekitar seperempat dari setiap cangkir.
  4. Taburi dengan pistachio cincang yang tersisa.
  5. Tutupi cangkir dengan alumunium foil, lalu lobangi foil sedikit di bagian tengahnya sajal.
  6. Masukkan es krim atau stik es krim dan bekukan minimal 3 jam.
  7. Untuk mengeluarkan kulfi dari cangkir, celupkan cangkir ke dalam air panas selama beberapa detik, es krim akan keluar dengan sendirinya. Selamat mencoba!

4. Jalebi

4. Jalebi

Jalebi menjadi salah satu makanan penutup populer di negara India. Makanan dengan tekstur yang renyah ini biasanya akan disajikan dengan cara mencelupkan jalebi ke dalam sirup gula. Cara buatnya gampang kok, ikuti resep di bawah ini, yuk!

Bahan Utama:

  • 3 cangkir tepung serbaguna
  • 2 cangkir dadih tergantung
  • 1/2 cangkir ghee
  • 3 cangkir gula
  • 5 helai kunyit
  • 1/2 sendok teh bubuk kapulaga hijau
  • 1/2 cangkir tepung jagung
  • 1 1/2 sejumput soda kue
  • 2 cangkir minyak bunga matahari
  • 3 gelas air
  • 4 tetes esens mawar
  • 1/2 sendok teh pewarna makanan yang bisa dimakan

Cara Membuat: 

  1. Campurkan tepung serbaguna, tepung jagung, dan soda kue dalam mangkuk. Tambahkan ghee dan pewarna makanan ke dalam campuran di atas dan aduk.
  2. Agar adonan kental tambahkan dadih yang digantung dan air. Aduk rata sampai kental tetapi memiliki konsistensi yang sedikit mengalir. Sisihkan selama 8-10 jam untuk difermentasi.
  3. Untuk membuat sirup gula, panaskan air dalam panci dengan api sedang. Tambahkan gula dan aduk sampai benar-benar larut. Didihkan sirup hingga sedikit mengental (jangan terlalu kental dan jangan terlalu cair).
  4. Tambahkan kunyit, bubuk kapulaga, dan esensi mawar. Aduk rata.
  5. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Masukkan adonan jalebi ke dalam kain muslin dan buat lubang kecil di kain tersebut. Kamu bisa menggunakan botol saus tomat dengan nozel kecil di atasnya sebagai alternatif.
  6. Bentuk adonan menjadi lingkaran seperti bunga, gerakkan dari dalam ke luar untuk membuat lingkaran yang sempurna. Goreng jalebis hingga renyah dan berwarna keemasan.
  7. Selanjutnya, rendam jalebis dalam sirup gula selama 3–4 menit dalam sirup gula hangat. Pastikan sirup gulanya hangat dan tidak terlalu panas dan merendamnya terlalu lama, karena akan membuat tekstur renyah jalebis hilang.
  8. Keluarkan jalebi dari rendaman gula, letakkan di nampan atau alumunium foil. Jalebi siap disantap!

5. Rasgulla

5. Rasgulla

Rasgulla adalah makanan manis yang berasal dari India Timur, khususnya Bengal dan Odisha. Pangsit lembut dan manis ini disajikan sebagai makanan penutup dan dengan tambahan keju cottage India (Channa) dan juga gula. Bagaimana cara membuat makanan unik ini? Yuk, lihat resepnya di bawah ini!

Bahan Utama:

  • 2 liter susu (fullcream)
  • 2 sdm jus lemon
  • 1 cangkir gula
  • 5 gelas air
  • 3 buah kapulaga

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama, masukkan ke dalam wadah besar 2 liter susu. Masak susu hingga mendidih sambil sesekali diaduk.
  2. Setelah susu mendidih, tuangkan 2 sdm jus lemon dan aduk rata. Selain itu juga bisa menggunakan dadih atau cuka sebagai alternatif.
  3. Aduk sampai susu mengental dengan api kecil hingga sedang. Matikan api ketika air dan sari susu benar-benar terpisah.
  4. Tiriskan susu kental di atas kain yang dilapisi saringan. Sisa air susu tadi bisa digunakan untuk membuat sup atau menguleni adonan karena karena kaya nutrisi.
  5. Peras air sepenuhnya. hati-hati karena susu kental akan sangat panas.
  6. Bilas susu kental dengan air bersih untuk menghilangkan rasa asam dari jus lemon.
  7. Peras air sepenuhnya. jangan terlalu diperas karena kelembapan di paneer akan hilang.
  8. Diamkan selama 1 jam pastikan air asat seluruhnya, tetapi tetap lembab.
  9. Setelah 1 jam, mulailah menumbuk paneer selama 5 menit.
  10. Tumbuk paneer sampai teksturnya halus, tanpa ada butiran paneer.
  11. Sekarang, bentuk paneer menjadi bola kecil dan sisihkan. 
  12. Dalam wadah besar ambil 1 gelas gula, 5 gelas air dan 3 buah kapulaga. Aduk dan larutkan gula hingga tercampur rata.
  13. Rebus air selama 5 menit. Masukkan bola paneer satu per satu ke dalam air gula yang sudah mendidih.
  14. Tutup dan rebus selama 10 menit atau sampai ukuran rasgulla mengembang dua kali lipat.
  15. Selanjutnya, masukkan adonan rasgulla tadi ke dalam air es, agar tidak menyusut.
  16. Setelah benar-benar dingin, masukkan ke dalam mangkuk saji dan tuangkan sisa air gula. Rasgulla siap dinikmati!

Baca Juga: 12 Makanan Khas Imlek yang Wajib Ada dan Maknanya

6. Gulab Jamun

6. Gulab Jamun

Gulab jamun adalah makanan penutup khas India yang memiliki tekstur lembut dan berair. Makanan yang terbuat dari khoya dan kunyit ini adalah kombinasi dari dua kata Persia, yaitu gol yang artinya 'bunga' dan ab yang artinya 'air'. 

Sementara itu, kata jamun berasal dari kata Hindi yang berati 'jaman'. Katanya, makanan ini dinamakan golab jamun itu karena memiliki kemiripan dengan buah yang berasal dari India, yaitu prem hitam. Penasaran bagaimana cara buatnya? Yuk langsung saja kita lihat resepnya!

Bahan Jamun:

  • ¾ cangkir (100 gram) susu bubuk, tanpa pemanis
  • ½ cangkir (60 gram) maida/tepung terigu
  • ½ sdt baking powder
  • 2 sdm ghee atau mentega murni
  • susu (untuk adonan)
  • ghee atau minyak (untuk menggoreng)

Bahan sirup gula:

  • 2 gelas gula
  • 2 gelas air
  • 2 kapulaga
  • ¼ sdt kunyit / kesar
  • 1 sdt jus lemon
  • 1 sdt air mawar

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama, campurkan ¾ cangkir susu bubuk, ½ cangkir maida dan ½ sdt baking powder ke dalam wadah besar. Aduk rata.
  2. Selanjutnya, tambahkan 2 sdm ghee dan aduk rata agar tepung menjadi lembab.
  3. Lalu, tambahkan susu sesuai kebutuhan dan aduk hingga membentuk adonan yang lembut. Jangan menguleni adonan.
  4. Tutup dan istirahatkan selama 10 menit.
  5. Selanjutnya, siapkan sirup gula dengan mencampurkan 2 gelas gula pasir, 2 gelas air, 2 kapulaga dan ¼ sdt kunyit.
  6. Aduk rata dan didihkan selama 5 menit atau sampai sirup gula menjadi lengket. Jangan sampai mengental.
  7. Matikan api dan tambahkan 1 sdt jus lemon dan 1 sdt air mawar. Tambahkan juga jus lemon untuk mencegah sirup gula mengkristal. Tutup dan sisihkan sirup gula.
  8. Setelah 10 menit mengistirahatkan adonan, bentuk adonan jamun tadi menjadi bentuk bola dengan ukuran kecil.
  9. Pastikan tidak ada retakan pada jamun. Jika ada retakan maka besar kemungkinan jamun pecah saat digoreng.
  10. Goreng dalam minyak tidak terlalu panas atau dengan menggunakan ghee. 
  11. Aduk terus dan goreng dengan api kecil.
  12. Goreng sampai jamun berubah menjadi coklat keemasan. Tiriskan dan pindahkan jamun ke dalam sirup gula panas.
  13. Tutup dan istirahatkan selama 2 jam atau sampai jamun menyerap sirup gula dan ukurannya menjadi dua kali lipat. Gulab jamun siap dinikmati!

7. Rasmalai

7. Rasmalai

Makanan yang satu ini bakal pas banget untuk kamu si pecinta keju! Kenapa? Rasmalai adalah makanan manis dari India yang merupakan bila keju cottage dengan cita rasa manis dan lembut. Makanan ini terkenal nggak hanya di India saja, tetapi hingga negara Bangladesh. Seperti apa manisan khas India yang satu ini? Yuk, intip resepnya!

Bahan Chenna:

  • 2 liter susu
  • 2 sdm cuka
  • 1½ gelas gula
  • 3 buah kapulaga
  • 7 gelas air

Bahan Rabdi: 

  • 1 liter susu
  • sedikit kunyit
  • sejumput warna makanan kunyit
  • ½ cangkir gula
  • ¼ sdt kapulaga bubuk
  • 2 sdm kacang (cincang)

Cara membuat Chenna untuk Rasmalai:

  1. Pertama-tama, didihkan 2 liter susu sambil diaduk agar tidak gosong.
  2. Tambahkan 2 sdm cuka dan aduk. Biarkan susu mulai mengental.
  3. Tambahkan 1 sendok makan cuka lagi dan aduk sampai susu mengental sepenuhnya memisahkan air.
  4. Saring air di atas kain katun tipis. Gunakan kain bersih apa pun untuk melakukan penyaringan ini.
  5. Bilas dengan air dingin untuk menghilangkan rasa asam pada sari susu (paneer).
  6. Peras paneer dengan lembut dan diamkan selama 30 menit.
  7. Selanjutnya, ambil paneer yang lembab dan hancurkan dengan lembut. Gunakan telapak tangan dan uleni paneer dengan lembut.
  8. Uleni sampai adonan paneer menjadi halus tanpa butiran. Namun, jangan terlalu lama menguleni, karena akan merubah teksturnya menjadi lebih keras. 
  9. Bentuk chenna seukuran bola kecil dan pastikan tidak ada yang retak.
  10. Sisihkan bola paneer yang sudah diratakan dan tutupi dengan kain lembab.

Cara membuat sirup gula:

  1. Pertama-tama, masukkan 1½ gelas gula pasir, 3 buah kapulaga dan 7 gelas air ke dalam wadah. Aduk dan larutkan gula.
  2. Rebus air selama 5 menit atau sampai sirup menjadi agak lengket.
  3. Masukkan bola paneer pipih yang sudah disiapkan dengan api besar.
  4. Tutup dan rebus selama 7 menit atau sampai ukuran bola menjadi dua kali lipat. Sisihkan.

Cara membuat rabdi:

  1. Pertama-tama, panaskan 1 liter susu, sedikit kunyit dan sejumput pewarna makanan kunyit. Aduk susu hingga mendidih dan sedikit mengental. Jangan masak susu terlalu kental, karena akan susah diserap oleh chenna.
  2. Tambahkan ½ gelas gula dan aduk terus hingga rata.
  3. Tambahkan juga ¼ sdt bubuk kapulaga dan 2 sdm kacang. Campur dan aduk hingga merata.

Cara merendam rasmalai di rabdi :

  1. Peras sirup gula dari bola paneer yang sudah matang.
  2. Letakkan di nampan dan tuangkan rabdi yang sudah disiapkan.
  3. Istirahatkan minimal 4 jam atau sampai rasmali meresap dengan baik. Rasmalai pun siap dihidangkan!

8. Kakaland

8. Kakaland

Kakaland atau juga sering dikenal sebagai mishri-mawa adalah kue susu India yang terbuat dari susu padat dan manis yang dikenal sebagai khoya. Ada dua jenis kue susu yang dikenal di India, yaitu ajmeri kakaland dan alwari kakaland. Yuk, intip resepnya di bawah ini!

Bahan Utama:

  • 3 liter susu
  • 2 sdm cuka
  • ¾ cangkir gula
  • ¼ sdt kapulaga bubuk
  • 2 sdm kacang (cincang)


Cara Membuat:

  1. Pertama-tama, didihkan 2 liter susu di dalam wadah besar.
  2. Setelah susu mendidih tambahkan 2 sdm cuka dan aduk rata.
  3. Tambahkan cuka sampai susu mengental.
  4. Setelah mengental, tiriskan susu, dan bilas dengan air. Membilas susu yang sudah mengental dengan air membantu menghilangkan rasa asam.
  5. Peras air susu tadi dan pindahkan ke piring besar.
  6. Tumbuk paneer hingga teksturnya halus. sisihkan.
  7. Panaskan 1 liter susu dalam wadah besar. Aduk dan didihkan sampai susu berkurang setengahnya.
  8. Tambahkan ¾ cangkir gula dan aduk hingga gula larut.
  9. Selanjutnya, tambahkan paneer yang sudah disiapkan dan aduk rata.
  10. Tambahkan ¼ sdt kapulaga bubuk dan aduk rata.
  11. Pindahkan campuran ke baki. Taburi dengan kacang cincang dan tekan dengan lembut.
  12. Diamkan selama 8 jam atau sampai benar-benar mengeras. Potong-potong dan kakaland siap disajikan.

9. Balushahi

9. Balushahi

Balushahi adalah salah satu makanan penutup tradisional India. Makanan ini sekilas bentuknya sangat menyerupai donat bukan? Namun, jangan salah, rasa dan teksturnya tentu saja sangat berbeda! Bagaimana cara membuatnya? Yuk, kita lihat resepnya di bawah ini!

Bahan Adonan:

  • 1½ cangkir 250 gm maida/tepung biasa/tepung olahan/tepung serbaguna
  • ½ sdt gula
  • ½ sdt baking powder
  • air secukupnya (kira-kira ¼ cangkir)
  • ¼ cangkir 50 gm ghee/mentega murni
  • ¼ cangkir 65 gram dadih/yogurt
  • minyak untuk menggoreng

Bahan Sirup:

  • 1 cangkir 250 gram gula
  • ½ gelas air
  • beberapa benang saffron/kesar
  • ¼ sdt kapulaga bubuk/elachi bubuk

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama, masukkan 1½ cangkir maida ke dalam wadah. Tambahkan juga ½ sdt gula, ½ sdt baking powder. Aduk hingga merata.
  2. Tambahkan ¼ cangkir ghee dan aduk semua campurannya.
  3. Selanjutnya, tambahkan ¼ cangkir dadih dan campurkan hingga merata.
  4. Tambahkan juga ¼ gelas air dan buat adonan tanpa diuleni.
  5. Tutup dengan kain lembab dan istirahatkan selama 15 menit.
  6. Setelah adonan didiamkan selama 15 menit, uleni sedikit adonan.
  7. Jepit adonan seukuran bola kecil dan buat bola.
  8. Buat penyok di bagian tengah dengan bantuan jari.
  9. Goreng dalam minyak panas sedang dengan api kecil sampai bola berubah menjadi cokelat keemasan dan garing.
  10. Setelah matang, segera masukkan ke dalam sirup gula hangat.
  11. Lapisi badusha dengan sirup gula di kedua sisinya dan rendam selama 5 menit.
  12. Terakhir, beri taburan kacang mete cincang. Balushahi siap dinikmati!

Nah, itulah dia beberapa manisan khas dari India yang bisa kamu coba buat di rumah! Pastinya, rasa dari setiap resep di atas ini enak dan bikin nagih! Resep mana dulu nih yang bakal kamu coba?

Baca Juga: ​15 Makanan Khas Natal dari Indonesia hingga Mancanegara

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Enggar Nugraheni Putri

Enggar Nugraheni Putri

Lapis India #MabarYummyCommunityRamadhan

Lapis India #MabarYummyCommunityRamadhan

(5.0)

9 langkah

recooks-0
Fadil's Kitchen

Fadil's Kitchen

Bread Omelette ala India #JagoMasakPeriode4Week7

Bread Omelette ala India #JagoMasakPeriode4Week7

(5.0)

5 langkah

483

Artikel Lainnya di kuliner