10 Menu Buka Puasa Bersama dengan Teman atau Keluarga Besar

Berbagai rekomendasi menu buka puasa bersama

10 Menu Buka Puasa Bersama dengan Teman atau Keluarga Besar

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Dalam suasana bulan suci Ramadan, saatnya merayakan kebersamaan melalui santap berbuka puasa. Artikel ini akan membahas menu buka puasa bersama yang lezat dan penuh keberagaman, memberikan inspirasi untuk menjadikan momen berbuka puasa bersama keluarga dan teman-teman semakin istimewa.

1. Sup Buah

Ilustrasi sop buah (youtube.com/lisachmady)
Ilustrasi sop buah (youtube.com/lisachmady)

Sup buah adalah takjil favorit banyak orang. Takjil ini memiliki rasa manis, tetapi menyegarkan. Isinya bermacam-macam, seperti beragam buah, biji selasih, dan jeli. Oleh karena rasanya yang menyegarkan dan manis, hidangan berbuka ini cocok sebagai menu buka puasa bersama teman atau keluarga.

2. Kolak

ilustrasi kolak singkong
ilustrasi kolak singkong ala Yummy App (app.yummy.co.id/YummyApp)

Sebagai salah satu khazanah kekayaan kuliner Indonesia, kolak merupakan takjil yang cocok untuk buka puasa bersama. Kolak biasanya terbuat dari kuah santan, gula palem, dan berbagai isian, seperti pisang, ubi, dan nangka.

Hidangan beraroma dan manis ini sering dinikmati ketika puasa dan berbuka bersama teman dan keluarga.

3. Es campur

es campur
Ilustrasi es campur (Instagram.com/panganlestari)

Es campur merupakan pilihan lain untuk menu buka puasa bersama. Es campur biasanya berisi kombinasi berbagai jenis es, sering kali dikonsumsi untuk berbuka puasa karena rasanya yang manis dan menyegarkan.

Es campur berisi campuran es serut, berbagai bahan manis seperti buah-buahan, jeli, dan susu kental manis akan tetapi dapat disesuaikan dengan selera lidah masing-masing.

4. Gorengan

Ilustrasi gorengan (youtube.com/tripujis)
Ilustrasi gorengan (youtube.com/tripujis)

Gorengan bisa menjadi pilihan untuk menu buka puasa bersama teman atau keluarga karena rasanya yang enak, mudah dibagikan, dan dapat dinikmati dalam suasana santai.

Biasanya memakan gorengan sebagai camilan di awal ketika sebelum menyantap makanan berat. Gorengan juga sering kali disantap berbarengan dengan makanan lainnya sebagai pelengkap.

5. Roti bakar

ilustrasi roti bakar kornet (youtube.com/ikhwanaamaliyah)
ilustrasi roti bakar kornet (youtube.com/ikhwanaamaliyah)

Roti bakar menjadi pilihan populer untuk menu buka puasa bersama keluarga karena rasanya yang manis, cukup untuk mengganjal perut jika sedang tidak ingin makan-makanan yang berat. Selain rasanya yang manis dan gurih, roti bakar juga mudah ditemukan di mana pun dan sangat mudah dibuat.

Baca Juga: 6 Menu Sahur ala Dokter Zaidul Akbar, Puasa Tetap Bertenaga!

6. Sate

Ilustrasi sate (youtube.com/devinahermawan)
Ilustrasi sate (youtube.com/devinahermawan)

Berbuka puasa dengan hidangan seperti sate bisa menjadi pilihan yang cocok untuk kumpul keluarga saat berpuasa karena memberikan kombinasi protein, lemak sehat, dan rempah-rempah yang seimbang sehingga enak dan bergizi.

Variasi daging berbagai daging sapi, ayam ataupun kambing dapat disesuaikan dengan preferensi lidah teman atau keluarga sehingga sate cocok dijadikan menu buka puasa bersama.

7. Ayam Bakar

Ilustrasi ayam bakar (youtube.com/devinahermawan)
Ilustrasi ayam bakar (youtube.com/devinahermawan)

Ayam bakar merupakan pilihan tepat untuk menu buka puasa bersama karena merupakan sumber protein yang memberikan nutrisi penting untuk mengisi kembali energi setelah berpuasa. Makanan ini juga cocok dihidangkan  dengan berbagai pilihan varian sambal untuk melengkapi ayam bakarnya.

Baca Juga: ​12 Menu Takjil Buka Puasa Kekinian, Pasti Jadi Favorit!

8. Ikan bakar

ilustrasi ikan bakar (freepik.com/timolina)
ilustrasi ikan bakar (freepik.com/timolina)

Menu buka puasa bersama selanjutnya tidak jauh dari menu buka puasa bersama sebelumnya, ikan bakar merupakan hidangan yang pas untuk berbuka bersama apalagi yang suka dengan bakar-bakaran.

Dengan berbagai jenis ikan yang ada dan bumbu sambal yang bervariatif bisa menambah cita rasa enak, gurih, dan pedas ikan bakarnya.

9. Seafood

Ilustrasi seafood (youtube.com/kubiler)
Ilustrasi seafood (youtube.com/kubiler)

Seafood kerap dianggap cocok untuk berbuka puasa bersama keluarga karena bisa sharing. Seafood juga menyediakan sumber protein yang baik, asam lemak omega-3, dan berbagai nutrisi tanpa membebani sistem pencernaan setelah seharian berpuasa.

10. Pizza

pizza (pexels.com/muffincreatives)
pizza (pexels.com/muffincreatives)

Pizza bisa menjadi pilihan yang cocok untuk dijadikan menu buka puasa bersama teman atau keluarga karena banyaknya variasi yang ditawarkan. Dalam sepotong pizza, terdapat karbohidrat, protein, dan lemak, menjadikannya pilihan yang seimbang.

Selain itu, kamu dapat menyesuaikan topping pizza sesuai dengan selera kamu dan keluarga atau teman. Selain itu, pizza juga memiliki berbagai ukuran, sehingga porsinya bisa disesuaikan dengan jumlah teman atau keluarga.

Baca Juga: 15 Resep Minuman Buka Puasa Segar Mudah Dibuat

Semoga ide-ide menu buka puasa bersama yang telah dibagikan dalam artikel ini dapat menginspirasi Sobat Yummy untuk menciptakan momen berbuka puasa yang penuh keceriaan dan keberagaman.

Selamat berbuka puasa bersama keluarga dan sahabat, serta selamat menjalani Ramadhan dengan penuh makna. Jangan lupa install Yummy App untuk rekomendasi menu buka puasa bersama lainnya!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Astri Anjarwati

Astri Anjarwati

Tahu Crispy ala Gorengan Batik

Tahu Crispy ala Gorengan Batik

(5.0)

40 mnt

577

Artikel Lainnya di kuliner