20 Menu Buka Puasa untuk Dicoba di Rumah

Dari menu pembuka hingga menu utama, coba resepnya yuk!

20 Menu Buka Puasa untuk Dicoba di Rumah

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Setelah menjalani ibadah puasa selama seharian, pasti kamu butuh hidangan yang bernutrisi untuk mengisi kembali perut kosongmu. Agar tidak bingung memikirkan menu makanan buka puasa hari ini, kamu bisa lihat ide makanan berbuka puasa dari Yummy App berikut ini!

1. Puding Mangga

description

Bulan Ramadan biasanya jatuh pada musim kemarau di Indonesia. Iklim yang kering dan cuaca yang panas merupakan ujian tersendiri.

Yummy App merekomendasikan puding mangga sebagai menu buka puasa kamu. Gunakan mangga harum manis untuk memberikan rasa mangga yang lezat. Jangan lupa biarkan dingin di dalam lemari es sebelum disajikan, ya. Simak resep selengkapnya berikut ini.

Bahan-bahan:

  1. 1 buah mangga harum manis ukuran sedang
  2. 1 bungkus jelly rasa mangga
  3. 3 sdm gula pasir (bisa sesuaikan selera)
  4. 200 ml air
  5. 100 ml susu cair full cream

Cara membuat:

  1. Ambil setengah buah mangga, simpan sisa buah untuk digunakan nanti sebagai tambahan dalam puding.
  2. Campurkan buah mangga yang sudah dipotong dengan sedikit gula dan air, lalu haluskan menggunakan blender.
  3. Pindahkan campuran mangga yang sudah halus ke dalam sebuah panci, kemudian tambahkan susu segar. Aduk campuran ini hingga merata sebelum menyalakan api.
  4. Panaskan campuran di atas kompor sambil terus diaduk hingga mulai mendidih, lalu segera matikan api.
  5. Tuangkan adonan puding ke dalam cetakan pilihan, dan masukkan beberapa potongan mangga ke dalam adonan yang masih cair. Diamkan hingga puding mengeras.
  6. Setelah puding mengeras dengan sempurna, keluarkan dari cetakan dan potong-potong sesuai keinginan kamu sebelum disajikan.

2. Sosis Telur

description

Setelah menyantap minuman atau puding dingin, enaknya santap makanan yang lebih ringan terlebih dahulu. Yummy App menyarankan sosis telur yang sangat mudah dibuat.

Cukup dengan menggoreng sosis hingga matang lalu gulung sosis goreng bersama telur. Masak dengan api kecil agar tidak gosong. Terakhir, tusuk dengan tusuk sate dan sajikan dengan saus atau mayonais. Simak resep selengkapnya berikut ini.

Bahan-bahan:

  1. 5 buah sosis sapi
  2. 5 butir telur ayam
  3. ½ sdt garam
  4. ¼ sdt merica
  5. 1 batang bawang daun
  6. 50 ml susu cair

Cara membuat:

  1. Dalam sebuah wadah, gabungkan bahan-bahan seperti telur, sedikit garam, merica bubuk, susu cair, dan irisan halus bawang hijau. Aduk merata menggunakan pengocok telur hingga semua bahan tercampur baik.
  2. Lakukan sayatan ringan pada sisi sosis untuk memberikan tekstur saat dimasak.
  3. Dalam wajan anti-lengket yang sudah diberi sedikit minyak dan dipanaskan, letakkan sosis dan masak hingga warnanya berubah dan matang sempurna.
  4. Kecilkan api, tuangkan adonan telur ke dalam wajan, letakkan sosis di salah satu sisi wajan dan mulai gulung telur dengan hati-hati saat bagian bawahnya mulai mengeras namun bagian atas masih lembut.
  5. Hidangkan gulungan telur tersebut dengan tambahan saus sambal dan mayones sebagai pelengkap.

3. Cheese Bites

description

Bagi penggemar keju, chicken cheese bites ala Yummy adalah salah satu menu masakan berbuka puasa wajib untuk dicoba!

Cukup dengan 3 bahan utama dan 5 langkah yang mudah diikuti di Yummy App, kamu bisa mendapatkan hidangan snack yang cocok dimakan untuk berbagai situasi termasuk buka puasa. Simak resep selengkapnya berikut ini.

Bahan-bahan:

  1. 250 gr dada ayam fillet
  2. 100 gr keju cheddar
  3. 5 lembar smoked beef, bagi 4 memanjang
  4. 1 sdt garam
  5. 1 sdt lada hitam
  6. 1 sdt bawang putih bubuk

Cara membuat:

  1. Iris daging ayam menjadi beberapa potongan berbentuk dadu berukuran besar, dan buatlah semacam lubang di bagian tengah setiap potongan tanpa membelah sepenuhnya.
  2. Lumuri setiap potongan ayam tersebut dengan campuran bumbu yang terdiri dari garam, bawang putih yang telah dihaluskan, dan sedikit lada hitam untuk menambah rasa.
  3. Isilah lubang pada ayam dengan irisan keju, kemudian bungkuslah ayam dengan lembaran smoked beef, gunakan tusuk gigi untuk menjaga agar smoked beef dan isian keju tetap pada tempatnya.
  4. Panaskan minyak dan gorenglah ayam yang sudah dibungkus hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan dan teksturnya renyah.
  5. Sajikan hidangan ini bersama dengan sambal atau mayones sebagai pelengkap untuk menambah kelezatan.

4. Tofu Oatmeal

description

Garing, mengenyangkan, dan mudah dibuat. Tofu oatmeal ala Yummy ini cocok sebagai hidangan buka puasa yang cepat dimasak.

Pertama, goreng tofu dan oatmeal secara terpisah. Kedua, tumis bahan bumbu yang tertera di Yummy App hingga matang. Ketiga, masukkan tofu dan oatmeal lalu aduk hingga merata. Tofu Oatmeal ala Yummy siap disajikan. Simak resep selengkapnya berikut ini.

Bahan-bahan:

  1. 3 bungkus tofu udang
  2. 250 gr oatmeal
  3. 3 siung bawang putih
  4. 10 buah cabai rawit merah
  5. 3 lembar daun jeruk, iris
  6. 1 sdt garam
  7. 1 sdt lada hitam
  8. ½ sdt gula
  9. 2 sdm margarin
  10. 50 gr tepung maizena
  11. Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Siapkan tofu sesuai dengan metode favorit Sobat Yummy untuk menggoreng tofu hingga teksturnya menjadi renyah di luar tetapi tetap lembut di dalam.
  2. Dalam minyak yang sudah dipanaskan, celupkan oatmeal sebentar menggunakan saringan. Ini hanya memerlukan waktu singkat, sekitar 10 detik, untuk membuat oatmeal menjadi renyah tanpa terbakar.
  3. Dengan menggunakan sedikit margarin, tumis bawang putih cincang dan irisan cabai merah hingga harum. Tambahkan sedikit garam, daun jeruk untuk aroma, dan lada hitam untuk menambahkan rasa pedas.
  4. Campurkan oatmeal goreng ke dalam tumisan bumbu, aduk hingga tercampur rata.
  5. Masukkan tofu yang sudah disiapkan ke dalam campuran oatmeal dan bumbu, aduk pelan agar semua bagian tofu terlapisi

5. Omelet Tortilla

description

Omelet adalah salah satu hidangan paling sederhana untuk dimasak. Namun, kalau kamu sedikit bosan dengan resep omelet yang terlalu biasa, cobain omelet tortilla ala Yummy App ini!

Bahannya mudah ditemukan, seperti telur, kulit tortilla, smoked beef, hingga keju parut. Untuk langkah-langkahnya, simak resep selengkapnya berikut ini.

Bahan-bahan:

  1. 8 butir telur kocok
  2. 4 lembar kulit tortilla
  3. 8 lembar smoke beef
  4. 200 gr keju parut
  5. 1 sdt garam
  6. 1 sdt lada
  7. Saus sambal secukupnya

Cara membuat:

  1. Dalam sebuah mangkuk, kocok bersama telur, merica, dan sedikit garam hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  2. Panaskan wajan non-stick dengan api yang rendah, kemudian oleskan sedikit minyak.
  3. Tuang adonan telur ke dalam wajan tersebut.
  4. Ketika telur mulai mengeras di bagian bawah namun masih lembek di atas, letakkan selembar tortilla di atas telur.
  5. Tambahkan lapisan smoke beef dan taburan keju parut di atas tortilla, kemudian tuang lagi adonan telur di atasnya untuk membuat beberapa lapis. Masak hingga semua lapisan telur matang.
  6. Angkat dari wajan, biarkan sejenak sebelum dipotong menjadi beberapa porsi.
    Sajikan bersama saus sambal sebagai pelengkap.

6. Oseng-Oseng Ayam

description

Bahan-bahan menu masakan berbuka puasa satu ini sederhana. Kamu akan membutuhkan paha ayam (atau bagian daging ayam kesukaanmu yang lain), kubis, tomat, daun salam, daun jeruk, kecap manis, dan saus tiram.

Langkahnya pun mudah yang dimulai dengan menumis bumbu, disusul dengan daging, lalu tambahkan air setelah daging rata dengan bumbu. Terakhir, tunggu hingga air menyusut dan mengental. Untuk lebih lengkapnya, simak resep oseng-oseng ayam berikut ini ya.

Bahan-bahan:

  1. 250 gr paha ayam
  2. 8 lembar kubis, potong
  3. 1 buah tomat, potong
  4. 1 lembar daun salam
  5. 2 lembar daun jeruk
  6. 4 sdm kecap manis
  7. 1 sdt saos tiram
  8. 2 siung bawang merah
  9. 3 siung bawang putih
  10. 1 buah cabai merah
  11. 3 buah cabai rawit
  12. 1 buah kemiri
  13. 1 sdt garam
  14. 1/2 sdt gula pasir
  15. 1/2 sdt lada bubuk
  16. Air secukupnya
  17. Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Haluskan semua bumbu rempah yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kemiri, garam, gula pasir, dan lada bubuk dengan menggunakan alat penghalus tradisional hingga tercampur sempurna serta membentuk pasta yang lembut.
  2. Panaskan sedikit minyak di wajan, lalu masukkan pasta bumbu bersama dengan daun aromatik seperti daun salam dan daun jeruk. Biarkan sejenak hingga aroma bumbu tercium kuat dan daun-daun mulai layu.
  3. Tambahkan potongan ayam ke dalam wajan, aduk bersama bumbu hingga semua bagian ayam terlapisi rata. Biarkan sebentar hingga ayam berubah warna, menandakan ayam mulai matang.
  4. Tuangkan air secukupnya ke dalam wajan, aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata. Biarkan hingga air mendidih dan bumbu meresap ke dalam ayam.
  5. Terakhir, tambahkan potongan kubis, sedikit kecap manis untuk rasa manis yang khas, dan saus tiram untuk menambah kedalaman rasa. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan biarkan hingga semua bahan matang sempurna.

7. Salad Buah Yogurt

description

Salad buah yogurt ala Yummy ini sangat mudah untuk dibuat. Pertama, siapkan buah-buahan kesukaan kamu. Kamu juga bisa menambahkan agar-agar, jeli, atau nata de coco sebagai tambahan.

Setelah dicuci bersih dan dipotong kecil, campurkan dengan campuran saus. Campuran saus ini terdiri dari yogurt, mayonnaise, kental manis, dan parutan keju. Campur semua bahan dan sajikan dalam keadaan dingin. Untuk lebih jelasnya, simak resepnya berikut ini ya.

Bahan-bahan:

  1. 1 buah apel malang, potong dadu rendam di air garam
  2. 100 gr raspberry
  3. 100 gr anggur hitam, potong sesuai selera
  4. 100 gr nata de coco, tiriskan
  5. 100 gr buah melon, potong dadu
  6. 100 gr rock melon, potong dadu
  7. 200 ml yogurt plain / rasa buah
  8. 5 sdm mayonnaise
  9. 5 sdm krim kental manis
  10. 100 gr keju cheddar parut

Cara membuat:

  1. Dalam sebuah mangkuk besar, kumpulkan buah-buahan segar seperti potongan apel dan biji anggur hitam.
  2. Lanjutkan dengan menambahkan buah-buahan lain seperti raspberry, potongan melon, dan rock melon, serta beberapa sendok nata de coco. Aduk semua buah dengan lembut untuk menyatukannya.
  3. Dalam wadah terpisah, buat saus salad dengan mencampur yogurt plain, sedikit mayones, dan krim kental yang sudah diberi pemanis. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  4. Tuangkan saus yogurt yang telah dibuat ke atas campuran buah, pastikan semua bagian buah terlapisi dengan merata.
  5. Sebagai sentuhan akhir, taburkan parutan keju cheddar di atas salad buah sebagai topping.

8. Es Bubur Sumsum

description

Biasa menyantap bubur sumsum yang hangat? Kali ini cicipi es bubur sumsum ala Yummy yang segar dan manis ketika berbuka.

Setiap bahan mudah ditemukan dan cepat dimasak di rumah. Bubur sumsum disajikan di atas es dan bisa ditambahkan topping lain seperti biji salak atau mutiara. Tertarik membuatnya?kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya dalam resep berikut ini.

Bahan-bahan:

  1. 100 gr tepung beras
  2. 250 ml santan
  3. 25 gr gula pasir
  4. ½ sdt pewarna hijau
  5. 6 batang daun pandan potong
  6. 50 ml air
  7. Biji salak (lihat video yummy Kolak Biji Salak)
  8. Bubur mutiara
  9. Santan
  10. Gula merah

Cara membuat:

  1. Ambil beberapa lembar daun pandan segar, potong-potong kecil, lalu blender bersama sedikit air hingga halus. Saring untuk mendapatkan ekstrak daun pandan yang pekat.
  2. Dalam sebuah panci, campurkan tepung beras dengan sedikit gula dan tuangkan santan. Aduk semua bahan ini hingga homogen.
  3. Panaskan campuran di atas api yang tidak terlalu besar, aduk terus menerus untuk mencegah adonan menggumpal. Tambahkan ekstrak daun pandan yang telah disiapkan sebelumnya. Teruskan memasak hingga campuran menjadi kental, lalu angkat dan biarkan hingga agak mengeras.
  4. Siapkan mangkuk penyajian, isi dengan lapisan es serut, lalu tambahkan adonan yang telah mengental, serta beberapa tambahan seperti biji salak dan mutiara sagu.
  5. Akhiri dengan menyiramkan santan yang telah diberi pemanis serta sedikit saus gula merah untuk menambah kekayaan rasa.

9. Lodeh Tahu Kacang Panjang

description

Jangan lupa untuk makan sayur saat bulan puasa karena kamu akan membutuhkan asupan gizi seimbang untuk tetap sehat dalam menjalankan ibadah puasa.

Yummy App merekomendasikan Lodeh Tahu Kacang Panjang sebagai menu sayurmu di bulan puasa. Bahan-bahannya mudah didapatkan dan murah. Cara memasaknya pun mudah hanya dengan 5 langkah, simak resep selengkapnya berikut ini ya.

Bahan-bahan:

  1. 5 lonjor kacang panjang, potong-potong
  2. 5 buah tahu, potong dadu
  3. 600 ml air
  4. 3 sdm munjung krimer
  5. 1 sdt lada putih bubuk
  6. Gula secukupnya
  7. Garam secukupnya
  8. Kaldu bubuk secukupnya
  9. 5 sdm minyak, untuk menumis
  10. 1 lembar daun bawang
  11. 3 cm lengkuas, geprek
  12. Minyak secukupnya, untuk menggoreng tahu
  13. 6 siung bawang merah
  14. 3 siung bawang putih
  15. 3 butir kemiri

Cara membuat:

  1. Setengah matangkan tahu dengan cara menggorengnya ringan, kemudian taruh ke samping.
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, dan daun salam menggunakan minyak secukupnya hingga mengeluarkan aroma yang khas, kemudian tambahkan irisan cabe merah untuk sedikit pedas dan tumis secara singkat.
  3. Tambahkan air ke dalam tumisan bumbu dan masukkan tahu yang telah disiapkan, pastikan semuanya tercampur dengan baik.
  4. Potong kacang panjang dan tambahkan ke dalam masakan, bumbui dengan lada, sedikit gula, garam, dan penyedap rasa kaldu ayam untuk menambah kekayaan rasa. Masak hingga semua bahan menjadi lembut.
  5. Tuangkan sedikit krimer ke dalam masakan untuk menambahkan kekentalan dan kekayaan rasa, lalu biarkan hingga mendidih sebelum diangkat dari api.

10. Jangan Bali Santen

description

Kalau kamu menginginkan menu yang agak pedas, kamu bisa mencoba Jangan Bali Santen yang tentu saja resepnya tersedia di Yummy App.

Bahan utama menu ini terdiri dari tempe dan telur ayam yang dimasak dengan bumbu khas Bali. Kamu juga bisa menyesuaikan jumlah cabai yang sesuai selera. Simak resep selengkapnya berikut ini ya.

Bahan-bahan:

  1. 1 bungkus tempe, potong segitiga
  2. 6 butir telur ayam
  3. 200 ml air
  4. 300 ml santan
  5. 1 sdm gula merah
  6. 3 sdm kecap manis
  7. 1 sdm asam jawa
  8. Gula secukupnya
  9. Garam secukupnya
  10. Lada bubuk secukupnya
  11. 5 sdm minyak goreng
  12. 2 lembar daun salam
  13. 4 lembar daun jeruk
  14. 2 buah serai, geprek
  15. 5 buah cabe rawit utuh
  16. 10 siung bawang merah
  17. 5 siung bawang putih
  18. 4 butir kemiri, sangrai
  19. 7 buah cabe keriting
  20. 6 buah cabe merah
  21. 3 cm jahe

Cara membuat:

  1. Gunakan blender untuk menghaluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe keriting, cabe merah, dan jahe hingga menjadi bumbu halus.
  2. Didihkan telur hingga matang sempurna, kemudian dinginkan, kupas kulitnya dan letakkan ke samping.
  3. Goreng tempe hingga setengah matang untuk mempertahankan teksturnya, lalu letakkan ke samping.
  4. Dalam wajan dengan minyak panas, masak pasta bumbu, tambahkan lembaran daun jeruk, daun salam, dan batang sereh hingga aroma bumbunya tercium kuat.
  5. Campurkan tempe dan telur rebus ke dalam wajan, tuangkan sedikit air untuk membuat sausnya, lalu aduk hingga semuanya terlapisi bumbu dengan baik.
  6. Perkaya rasa saus dengan menambahkan sedikit gula merah dan garam sesuai selera.
  7. Untuk menambah kedalaman rasa, masukkan kecap manis dan sedikit air asam jawa, biarkan semuanya masak hingga tempe menjadi lembut dan bumbu meresap.
  8. Sebelum diangkat, tuangkan santan ke dalam masakan dan aduk hingga merata untuk menambahkan kekentalan dan rasa gurih pada saus.
  9. Akhirnya, tambahkan beberapa cabe rawit utuh, biarkan hingga saus mendidih lagi dan cabe sedikit layu untuk menambahkan sentuhan pedas.

11. Timus Ubi Jalar

description

Timus Ubi Jalar adalah salah satu makanan ringan khas indonesia. Bahan dasarnya tentu saja dari ubi jalar. Rasanya manis, legit, dan gurih karena rasa manis dan tekstur dari ubi jalar dan gula juga rasa gurih dari proses menggorengnya.

Timus Ubi Jalar cocok jadi menu buka puasa karena cukup mengenyangkan bagi kamu yang tidak mau langsung makan makanan berat ketika berbuka.

Bahan-bahan:

  1. 500 gram ubi jalar
  2. 4 sdm gula pasir
  3. 1/4 sdt garam
  4. 3 sdm tepung tapioka
  5. 1 sdm tepung terigu
  6. 50 gram gula jawa, potong kecil
  7. Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Kupas dan potong ubi jalar menjadi beberapa bagian, kemudian kukus hingga lunak dan matang sempurna.
  2. Gunakan alat penghancur untuk menghaluskan ubi jalar yang sudah dikukus hingga teksturnya lembut.
  3. Campurkan ubi jalar halus dengan gula pasir dan garam untuk menambah rasa, serta campurkan dengan tepung tapioka dan sedikit tepung terigu untuk memberi tekstur yang pas.
  4. Gula jawa diiris tipis atau dicincang untuk dijadikan isi.
  5. Ambil sejumlah adonan, tambahkan inti gula merah, lalu bentuk menjadi bulatan yang kemudian pipihkan sedikit.
  6. Ulangi proses pembentukan hingga seluruh adonan terpakai.
  7. Goreng kudapan ini hingga berwarna keemasan dan matang merata.

Baca Juga: 15 Resep Makanan Ringan yang Mudah Dibuat di Rumah, Pas untuk Camilan

12. Es Kuwut

description

Minuman khas Bali ini sangat cocok disajikan pada saat bulan puasa. Hal ini dikarenakan bahan-bahannya yang menyegarkan seperti sirup, jeruk nipis dan buah melon.

Cara membuatnya pun mudah dengan menyusun sirup, serutan buah melon, potongan jeruk nipis dan es. Lalu, siram dengan air jeruk nipis, air matang, dan hias dengan selasih. Simak resep es kuwut melon berikut ini ya

Bahan-bahan:

  1. 1/4 buah melon
  2. Selasih secukupnya
  3. Es batu secukupnya
  4. 4 sdm sirup coco pandan
  5. 200 ml air matang

Cara membuat:

  1. Serut daging buah melon hingga halus.
  2. Tuangkan sirup coco pandan ke dalam gelas saji sebagai dasar.
  3. Tambahkan melon yang telah diparut ke dalam gelas.
  4. Sisipkan beberapa irisan jeruk nipis untuk menambah kesegaran, dan peras sedikit airnya ke dalam campuran.
  5. Isikan gelas dengan es batu untuk menambah kesegaran.
  6. Akhiri dengan menambahkan air matang ke dalam campuran dan taburkan biji selasih yang telah direndam hingga mengembang.

Baca Juga: 12 Minuman Khas Bali, Segar dan Wajib Dicoba!

13. Chicken Pok-Pok Asam Manis

description

Menu berbuka puasa yang bernama chicken pok-pok asam manis ini pasti akan menjadi favorit anak-anak. Rasa paduan asam dan manis juga gurihnya ayam adalah paduan rasa kesukaan anak-anak. Pembuatannya mudah ditemukan di Yummy App. Sajikan untuk para penggemar hidangan ayam.

Bahan-bahan:

  1. 250 gram ayam fillet (potong-potong)
  2. 1 butir telur (kocok lepas)
  3. Minyak goreng secukupnya
  4. 1 sdt bubuk bawang putih
  5. ½ sdt garam
  6. ¼ sdt lada bubuk
  7. ¼ sdt kunyit bubuk
  8. 70 gram tepung crispy serba guna
  9. ¼ buah bawang bombay
  10. 1 siung bawang putih
  11. 3 sdm saus tomat
  12. 2 sdm saus sambal
  13. 1 sdt minyak wijen
  14. 1 sdm saus tiram
  15. 1 sdt kecap asin
  16. ¼ sdt lada bubuk
  17. ¼ sdt kaldu bubuk
  18. 1 sdm kecap manis
  19. ½ sdt gula pasir
  20. 40 ml air mineral
  21. 1 sdm margarin

Cara membuat:

  1. Bersihkan ayam lalu lumuri dengan campuran perasa yang terbuat dari bawang putih bubuk, garam, lada, dan kunyit. Biarkan bumbu meresap selama satu jam.
  2. Lumuri ayam yang telah dibumbui dengan telur yang sudah dikocok lepas.
  3. Balutkan ayam tersebut dengan tepung sampai tertutup sempurna.
  4. Deep-fry ayam sampai warnanya berubah menjadi keemasan.
  5. Setelah digoreng, letakkan ayam di sisi untuk meniriskan minyaknya.
  6. Dalam sebuah wajan, tumis irisan bawang bombay dan bawang putih hingga aroma keduanya tercium kuat.
  7. Campur dan panaskan saus yang terbuat dari kombinasi saus tomat, sambal, tiram, ditambah dengan sedikit minyak wijen, kecap, dan beberapa bumbu lain untuk rasa yang kaya.
  8. Celupkan ayam goreng krispi ke dalam saus yang telah mendidih, pastikan setiap bagian ayam terlapisi dengan saus.
  9. Teruskan memasak hingga saus meresap ke dalam ayam.

14. Spaghetti Daging Ayam

description

Bosan dengan nasi? Pasta seperti spaghetti bisa menjadi alternatif sumber karbohidrat pada saat berbuka puasa. Yummy App merekomendasikan Spaghetti Daging Ayam sebagai menu makanan utamamu. Pembuatannya mudah dan cepat. Simak resep selengkapnya berikut ini ya!

Bahan-bahan:

  1. 100 gr spaghetti, rebus
  2. 250 gr dada ayam, potong-potong
  3. 2 siung bawang putih, cincang
  4. 150 ml air
  5. 10 sdm saus bolognese
  6. 3 sdm saos pedas
  7. 1/4 sdt lada bubuk
  8. 1/4 sdt garam
  9. 1/4 sdt kaldu bubuk
  10. 1/2 sdt gula pasir

Cara membuat:

  1. Masak spaghetti dalam air mendidih selama sekitar 10 menit hingga al dente, lalu saring dan sisihkan.
  2. Panaskan minyak dan tumis bawang putih cincang hingga aroma wangi tercium.
  3. Tambahkan potongan daging ayam, beberapa potongan tomat segar, sedikit garam, kaldu ayam bubuk, secukupnya gula, dan merica bubuk. Biarkan hingga daging ayam berubah warna dan matang.
  4. Tuangkan sedikit air untuk memasak daging ayam hingga empuk.
  5. Campurkan dengan saus tomat bolognese dan sedikit saus pedas untuk menambah kekayaan rasa. Aduk rata dan cicipi untuk penyesuaian rasa.
  6. Gabungkan spaghetti yang sudah ditiriskan ke dalam saus ayam, aduk hingga semua bahan tercampur sempurna.
  7. Matikan api dan sajikan spaghetti ini selagi hangat.

15. Tomyam Seafood

Ilustrasi Tomyam Seafood
Ilustrasi Tomyam Seafood (yummy.co.id/Dapur Khansa)

Rekomendasi Yummy App selanjutnya adalah Tomyam Seafood. Hidangan yang satu ini dijamin terasa segar dengan kuahnya yang dibumbui serai dan daun jeruk. Selain itu, penggemar masakan pedas juga pasti akan menyukainya.

Setelah menahan haus dan dahaga, rasa asam, gurih, dan pedas akan terasa semakin lezat. Simak resep selengkapnya berikut ini ya.

Bahan-bahan:

  1. 200 gr udang kupas
  2. 100 gr bakso ikan (cadea)
  3. 2 pcs jamur
  4. Pakcoy secukupnya
  5. Kulit dan kepala udang
  6. 2 liter air bersih
  7. Daun seledri
  8. 5 lembar daun jeruk
  9. 3 lembar daun salam
  10. 1 ruas lengkuas
  11. 1 batang sereh
  12. 5 buah cabe merah
  13. 10 buah cabe rawit
  14. 3 siung bawang putih
  15. Minyak goreng
  16. 1 sdt kecap asin
  17. 1 sdt minyak wijen
  18. 1 sdm kaldu bubuk
  19. 1 sdm garam
  20. 1 sdt gula pasir
  21. 1 pcs lemon

Cara membuat:

  1. Uleg bawang putih dan cabai bersama sedikit minyak sampai lumat, kemudian sisihkan.
  2. Siapkan kaldu dengan merebus air bersama kulit udang dan kepalanya, tambahkan serai, daun jeruk, lengkuas, daun salam, dan daun seledri, biarkan selama sekitar 10 menit.
  3. Campurkan bumbu yang telah dilumatkan ke dalam rebusan kaldu dan masak lagi hingga aroma bumbu tercium kuat dan minyak dari bumbu mulai terlihat, sekitar 10 menit.
  4. Bumbui dengan kaldu bubuk, secukupnya garam, dan sedikit gula, lalu masak lagi untuk memastikan semua bumbu tercampur rata.
  5. Buang semua bahan padat dari kaldu, sehingga yang tersisa hanyalah kuah yang kaya rasa.
  6. Berikan sentuhan akhir dengan menambahkan sedikit perasan lemon untuk menambah kesegaran.
  7. Tambahkan bahan utama seperti bakso, udang, jamur, dan sayuran pilihan kamu ke dalam kuah.
  8. Sebagai penambah rasa, masukkan sedikit minyak wijen dan kecap asin sesuai selera.
  9. Sajikan tomyam hangat ini sebagai hidangan utama yang menggugah selera.

16. Ayam Ungkep Goreng Bawang

description

Menu yang satu ini akan banyak menguntungkanmu dalam menyiapkan hidangan buka puasa maupun sahur. Selain digoreng, hidangan ayam ungkep seperti Ayam Ungkep Goreng Bawang ini dapat kamu simpan untuk waktu lain.

Setelah digoreng untuk menu buka puasa, kamu bisa menggorengnya untuk menu sahur tanpa harus memakan waktu lama. Apabila disimpan dalam freezer, ayam ungkep juga dapat awet untuk beberapa jam selanjutnya. Menguntungkan bukan? Simak resepnya berikut ini ya.

Bahan-bahan:

  1. 500 gram ayam (5 potong)
  2. Air secukupnya
  3. Minyak goreng secukupnya
  4. 5-8 siung bawang putih, geprek tanpa kupas
  5. 4 siung bawang putih
  6. 3 siung bawang merah
  7. ½ sdt ketumbar bubuk
  8. ½ sdt garam
  9. ¼ sdt merica bubuk

Cara membuat:

  1. Pastikan ayam dibersihkan terlebih dahulu.
  2. Haluskan bawang merah dan bawang putih bersama dengan ketumbar, garam, dan lada hingga tercampur menjadi bumbu yang halus.
  3. Letakkan ayam dalam sebuah panci, tambahkan air cukup dan campurkan bumbu yang telah dihaluskan.
  4. Masak ayam dengan api sedang hingga seluruh air meresap dan bumbu menyerap ke dalam daging.
  5. Untuk membuat bawang goreng, geprek terlebih dahulu bawang putih dan goreng hingga keemasan.
  6. Terakhir, goreng ayam dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan dan matang sempurna.

17. Es Dawet

es dawet

Es Dawet adalah satu minuman yang populer saat bulan puasa. Rasa segar dan manisnya memang cocok menjadi menu berbuka puasa. Kamu bisa membuatnya di rumah, loh! Bahannya juga mudah ditemukan di pasar maupun supermarket. Ini juga bisa menjadi peluang usahamu pada bulan puasa, simak resep selengkapnya berikut ini ya.

Bahan-bahan:

  1. Dawet siap pakai secukupnya
  2. 100 ml kuah gula aren
  3. 250 ml kuah santan
  4. Es batu secukupnya
  5. 100 gr gula aren
  6. 1 sdm gula pasir
  7. 100 ml air
  8. 1 lembar daun pandan
  9. 65 ml santan instan
  10. 200 ml air
  11. 1 lembar daun pandan
  12. Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Masak bahan kuah gula aren yang terdiri dari gula aren, gula pasir, air dan daun pandan.
  2. Kemudian masak kuah santan yang terdiri dari santan instan, air, daun pandan, dan garam secukupnya. Sisihkan dan tunggu sampai dingin.
  3. Isi gelas dengan sirup gula aren yang telah disiapkan.
  4. Tambahkan es batu sesuai keinginan untuk kesegaran.
  5. Sertakan dawet hijau sebagai komponen utama dalam minuman.
  6. Akhiri dengan menuangkan campuran santan yang telah disiapkan, aduk sebentar sebelum menikmati.

18. Es Campur

description

Selain Es Dawet, Es Campur juga cukup populer pada saat bulan Ramadhan. Segarnya buah-buahan dipadu dengan kuah santan yang dingin dengan es, cocok menjadi obat dahaga begitu waktu berbuka puasa tiba.

Kamu juga bisa membuatnya di rumah dengan mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Bahan-bahan:

  1. 100 gr kolang kaling
  2. 100 gr cincau
  3. 100 gr kelapa muda kerok
  4. 1 buah alpukat
  5. 50 gr tape singkong
  6. 50 - 100 ml kental manis putih
  7. 100 ml syirup cocopandan
  8. Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Isi mangkuk dengan es batu yang sudah dihancurkan dan potongan cincau hijau untuk dasar minuman.
  2. Masukkan aneka topping di atas es batu dan cincau.
  3. Tuangkan sirup dengan rasa favorit kamu secara merata di atas campuran di mangkuk.
  4. Tambahkan sedikit susu kental manis untuk rasa manis dan krem yang kaya.
  5. Sebelum disajikan, aduk semua bahan agar rasa sirup dan susu kental manis meresap sempurna ke dalam es dan topping.

19. Es Doger

description

Menyantap Es Doger yang segar, gurih, manis, dan topping legit seperti ketan hitam terdengar sedap bukan? Kamu tidak perlu membeli Es Doger untuk menu buka puasa karena kamu dapat menemukan resepnya di Yummy App. Langkahnya pun mudah diikuti dan bahannya juga mudah ditemukan. Simak resepnya berikut ini ya!

Bahan-bahan:

  1. 1 buah kelapa, parut
  2. 1 lembar daun pandan
  3. 4 sdm gula pasir
  4. 1/4 sdt pewarna makanan
  5. 1 sdm maizenna
  6. 1 sdm sirup coco pandan
  7. Kopyor
  8. Tape ketan hitam

Cara membuat:

  1. Ambil kelapa dan parut, kemudian tuangkan air panas dan peras untuk mendapatkan santan kental.
  2. Dalam sebuah panci, campurkan santan dengan gula dan daun pandan, lalu panaskan dengan api kecil sambil terus diaduk untuk mencegahnya gosong.
  3. Ketika campuran mulai mendidih, tambahkan larutan maizena untuk mengentalkan.
  4. Berikan warna dengan menambahkan sedikit pewarna makanan dan tuangkan sirup coco pandan untuk aroma yang khas, biarkan hingga mendidih dan kental.
  5. Setelah itu, tuang campuran ke dalam wadah dan dinginkan dalam freezer hingga set.
  6. Untuk penyajiannya, tambahkan kelapa muda serut atau kopyor dan tape ketan hitam untuk menambah kekayaan rasa dan tekstur.

20. Es Cincau Buah Diet-Friendly

20. Es Cincau Buah Diet-Friendly

Kalau kamu mengkhawatirkan pola makanmu ketika bulan puasa, Yummy App merekomendasikan Es Cincau Buah Diet Friendly ala Chef Avita Unaiya. Dijamin, bahan-bahan yang dipilih rendah kalori dan kaya serat. Simak resepnya berikut ini ya!

Bahan-bahan:

  1. 100 gram buah semangka
  2. 100 gram buah pepaya
  3. 10 gram bubuk jelly rasa cincau
  4. 3 sachet pemanis 0 kalori
  5. 350 ml air
  6. 4 sdm sirup cocopandan rendah kalori
  7. 1 liter air
  8. Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan agar-agar sesuai dengan instruksi paket, biasanya dengan mencampurkannya dengan air panas, lalu aduk hingga larut. Setelah itu, biarkan agar-agar tersebut dingin dan mengeras.
  2. Ketika agar-agar telah mengeras, potong menjadi bentuk dadu atau sesuai dengan preferensi kamu.
  3. Sementara itu, potong buah-buahan segar seperti semangka dan pepaya menjadi potongan dadu kecil untuk menambahkan tekstur dan rasa segar ke dalam dessert.
  4. Letakkan agar-agar yang sudah dipotong, bersama dengan potongan buah-buahan ke dalam mangkuk saji.
  5. Campurkan semua bahan untuk membuat kuah manis, seperti campuran gula, air, esens, dan bahan lain sesuai resep, dalam satu wadah. Setelah tercampur rata, tuang ke atas agar-agar dan buah di dalam mangkuk.
  6. Hidangkan segera untuk menikmati kelezatan dan kesegaran dari kombinasi agar-agar, buah, dan kuah manis.

Menu masakan berbuka puasa tak perlu sulit dibuat. Yummy App selalu siap sedia menyajikan resep-resep mudah sebagai bagian dari hidangan buka puasa atau sahur kamu.

Seperti 20 inspirasi menu masakan berbuka puasa di atas, kamu juga bisa menemukan pilihan resep lain selama Bulan Ramadan di Yummy App. Recook sekarang dan rasakan lezatnya memasak dengan simple.

Baca Juga: ​60 Resep Buat Buka Puasa dan Sahur Selama Sebulan Penuh

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Tofu Oatmeal

Tofu Oatmeal

(4.7)

20 mnt

16 rb

Yummy Official

Yummy Official

Es Bubur Sumsum

Es Bubur Sumsum

(4.7)

20 mnt

recooks-0

Artikel Lainnya di kuliner